cover
Contact Name
Ajib Hanani, M.T
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
matics@uin-malang.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
MATICS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 2 (2015): Matics" : 6 Documents clear
SISTEM PAKAR UNTUK IDENTIFIKASI MASALAH PRINTER CANON SERI IP DAN MP DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER Mahmudi, Ali
MATICS Vol 7, No 2 (2015): Matics
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mat.v7i2.3279

Abstract

Printer adalah salah satu dari sekian banyak perangkat keras yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Printer berfungsi untuk mencetak suatu dokumen, gambar, grafik dan data lainnya dari komputer ke media kerats atau lainnya. Salah satu merk printer yang cukup populer adalah Canon. Akan tetapi printer canon juga tidak lepas dari masalah kerusakan, mulai dari hasil print yang bergaris atau tidak bagus, tidak mau mencetak atau macet, terdapat komponen hardware yang rusak, hingga printer mengalami mati total (Matot). Karena kekurangtahuan pengguna dalam menghadapi masalah atau kerusakan pada inkjet printer canon, sehingga pengguna tidak dapat secara cepat dan tepat menganalisa dan menemukan pemecahannya. Aplikasi ini untuk membantu pengguna dalam memecahkan masalah atau kerusakan pada inkjet printer canon.Penelitian ini menggunakan Dampster-shafer sebagai metode yang mampu menyelesaikan permasalahan berdasarkan nilai kepercayaan. Penelitian ini menggunakan algoritma penelusuran Breadth-first search yang digunakan untuk melakukan pencarian atribut secara melebar. Metode penalaran maju / forward chaining digunakan sebagai pondasi utama dalam penelitian. Karena metode Dempster-shafer merupakan metode dari suatu teori matematika untuk pembuktian berdasarkan Belief functions and plausible reasoning (fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) untuk mengkalkulasi kemungkinan dari suatu peristiwa.
Deteksi Non-RTH(Ruang Terbuka Hijau) Kota Malang Berbasis Citra Google Earth Dengan Menggunakan Naïve Bayes Classifier Santoso, Irwan Budi
MATICS Vol 7, No 2 (2015): Matics
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mat.v7i2.3284

Abstract

  Banjir, polusi udara dan naiknya temperatur udara di perkotaan, dewasa ini semakin marak persoalan tersebut tidak lain bersumber dari aktifitas manusia yang tidak terkendali sehingga mengakibatkan kerusakan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk membantu menyelesaikan persoalan tersebut adalah adanya fasilitas yang dapat memantau kondisi lingkungan secara riil berupa non-Ruang Terbuka Hijau (non-RTH), melalui komputer. Penyediaan fasilitas tersebut sangatlah mungkin dilakukan dengan memanfaatkan foto satelit seperti yang disediakan oleh Google Earth. Studi kasus dalam penelitian ini adalah kota Malang, dengan metode yang digunakan untuk mendeteksi objek non-RTH dipermukaan bumi kota Malang berdasarkan image atau citra satelit adalah Naïve Bayes Classifier (NBC).Hasil uji coba dengan menggunakan sampel pengujian, menunjukkan tingkat akurasi metode tersebut dalam mendeteksi objek non-RTH kota Malang adalah 81%.
SISTEM TERINTEGRASI UNTUK TOKO PERACANGAN di Toko Kita dan Warung Pojok (Wapo) Malang Andarwawti, Mardiana
MATICS Vol 7, No 2 (2015): Matics
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mat.v7i2.3280

Abstract

Abstract—Mother-housewife is now pretty much do a sideline in order to assist in meeting the economic needs of the family, in addition to fulfilling its obligation to take care of the household. One of them with a business carried retail shop at home or near home to sell groceries and other household purposes. Currently the constraints are reduction in turnover of goods that is not maximized, because many competitors of similar business and reach customers only residential environment,  a lot of goods in warehouses and on display is lost, and are not know for sure and written for most items sold in the market.Solutions offered to help improve the circulation of goods made to maximize inventory system that records the entry and exit of goods and cash flow reporting system in order to determine the most goods sold and can find out the benefits for each month or each year. As for the campaign to reach out not only around the housing but also outside its territory by using SMS Gateway .The expected outcome of this program is the partner can set the system inventory information, analyze sales reports for most items sold in the market, and could use a particular computer application program control supplies. Besides, by using the SMS gateway can be used as a medium for marketing of goods for the purpose that increasingly wide range of market share not only a residential area or neighborhoodKeywords : retail shop, inventory, SMS Gateway
Game Bahari Menggunakan Algoritma Fisher Yates Suffle Sebagai Pengacak Posisi NPC Kurniawan, Fachrul
MATICS Vol 7, No 2 (2015): Matics
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mat.v7i2.3281

Abstract

Abstrak- Latar belakang laut merupakan sebuah hal yang unik dan bisa dikembangkan, karena game dengan latar belakang darat dan udara telah banyak digunakan. Game bahari yang berbentuk 2 dimensi dan dimainkan menggunakan sensor accelerometer adalah pengembangan game berlatar belakang bawah laut. Karakter penyelam sebagai pembersih sampah bawah laut, dimana algoritma fisher yatesshuffle digunakan untuk menentukan posisi dari Non Playable Character(NPC). Dari hasil pengujian implementasi algoritma Fisher Yates Shuffle untuk menentukan posisi NPC pada game Bahari dapat berjalan dengan baik, yaitu dapat digunakan untuk mengacak posisi NPC agar posisinya tidak berulang pada permainan berikutnya. Pengujian dilakukan pada perangkat mobile yang menggunakan platform Android. 
Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan dengan Menerapkan Metode Akuntansi Persediaan Rata-rata Supriyono, Supriyono
MATICS Vol 7, No 2 (2015): Matics
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mat.v7i2.3282

Abstract

Abstrak- Sistem informasi penjualan merupakan bagian terpenting didalam suatu perusahaan. Implementasi program aplikasi penjualan tidak terlepas dengan adanya manajemen persediaan. Pada penelitian berikut ini menggunakan metode akuntansi persediaan rata-rata didalam proses manajemen persediaan. Perusahaan yang menerapkan metode persediaan rata-rata dapat menghitung harga pokok penjualan. Dari hasil penghitungan dapat dihasilkan laba penjualan yang lebih akurat. Hasil yang diperoleh dari program aplikasi yang dihasilkan pada rancangan sistem informasi penjualan mencapai keakuratan penghitungan 90 % dengan berbagai macam skenario yang dilakukan.
APLIKASI PERMAINAN SUSUN KATA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN ALGORITMA KNUTH–MORRIS–PRATT DAN FISHER-YATES SHUFFLE Sampurno, Suryo Hadi
MATICS Vol 7, No 2 (2015): Matics
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mat.v7i2.3283

Abstract

Abstrak -Proses pembelajaran bahasa Inggris tentu perlu mempelajari tentang tata bahasa Inggris (grammar). Dengan definisi, rumus, dan contohnya yang cukup rumit, aplikasi komputer interaktif (game) yang memuat konten edukasi bahasa Inggris ini hadir sebagai hiburan yang mendidik. Penggunaan game susun kata sebagai sarana edukasi dikarenakan sifatnya yang interaktif sekaligus menghibur. Pemain diminta aktif untuk merangkai kata menjadi kalimat yang sesuai dengan tata bahasa tertentu. Permainan dibangun dengan mengimplementasikan metode Knuth–Morris–Pratt pada proses koreksi susunan kata dan metode Fisher–Yates shuffle pada proses membangkitkan permutasi susunan soal. Hasil uji coba metode Knuth–Morris–Pratt didapatkan hasil akurasi sebesar 100% dengan konsumsi waktu rata-rata adalah  detik menunjukkan proses koreksi susunan kata pada permainan berjalan efektif dari segi akurasi dan konsumsi waktu. Hasil uji coba metode Fisher–Yates shuffle didapatkan frekuensi permutasi dengan nilai rata-rata range sebesar 1,61% menunjukkan permutasi acak dari suatu himpunan terhingga terdistribusi secara hampir merata sehingga susunan soal yang ditampilkan permainan seimbang dan lebih bervariasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6