cover
Contact Name
Ajib Hanani, M.T
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
matics@uin-malang.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
MATICS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " MATICS (Vol. 4 No. 3" : 4 Documents clear
MESIN PENCARI AYAT AL QURAN MENGGUNAKAN INEXACT STRING MATCHING Anwar, Agus Sofiyan; Abidin, Zainal; Kusumawati, Ririen
MATICS MATICS (Vol. 4 No. 3
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mat.v0i0.1569

Abstract

Dengan adanya teknologi digital, al Quran yang dahulu berupa teks manual sekarang sudah dapat dijumpai versi digitalnya. Hal tersebut memicu pengembangan perangkat lunak yang membantu mendapatkan informasi dari teks al Quran, seperti: pencarian ayat berdasarkan kata, frase maupun tema, terjemahan al Quran, tafsir al Quran. Dalam kaitannya dengan pencarian ayat berdasarkan kata atau frase, pada umumnya perangkat lunak yang ada menggunakan teknik exact string matching, yaitu teknik pencarian ayat yang sesuai dengan kata inputan secara tepat. Teknik tersebut sangat sesuai jika pemakai perangkat lunak mengetikkan kata atau frase yang akan dicari dengan benar. Tetapi jika pemakai salah dalam mengetikkan kata inputan, perangkat lunak tidak memberikan solusi atau kemungkinan-kemungkinan dari ayat yang dimaksud. Penelitian ini memadukan teknik stemming dan teknik exact string matching. Stemming berperan sebagai preprocessing untuk exact string matching. Stemming digunakan untuk menemukan kata dasar dari kata berimbuhan dengan cara menghilangkan semua imbuhan baik yang terdiri dari prefiks, sufiks, infiks, konfiks, transfiks, maupun interfiks, namun pada penelitian ini hanya menghilangkan prefiks dan sufiks saja, sebagai contoh jika kata berimbuhan adalah يسطرون maka kata dasarnya adalah سطر. Exact string matching adalah  pencocokan string secara tepat dengan susunan karakter dalam string yang dicocokkan memiliki jumlah maupun urutan karakter yang sama, sebagai contoh kata سطر akan menunjukkan kecocokan hanya dengan kata سطر. Dalam kaitannya dengan pencarian ayat, hasil stemming akan digunakan sebagai kata kunci (keyword) pencarian pada database indeks al Quran. Perpaduan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan hasil pencarian ayat, dan selanjutnya dapat dikategorikan sebagai teknik inexact string matching. Hasil uji coba membuktikan bahwa teknik inexact string matching dapat diimplementasikan untuk mendukung pencarian ayat al Quran dengan nilai F-measure tertinggi pada data uji coba adalah 100 % dan nilai F-measure terendah adalah 66.66 %. Uji coba juga membuktikan bahwa teknik inexact string matching lebih banyak memberikan solusi/kemungkinan dari ayat yang dimaksud dari pada teknik exact string matching. Kata kunci: Arabic Stop Word, Arabic Stemming, Exact String Matching, Inexact Matching
DIAGNOSA PENYAKIT DIABETTUS MELLITUS PADA MANUSIA DENGAN SISTEM PAKAR Nurhayati, Hani
MATICS MATICS (Vol. 4 No. 3
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mat.v0i0.1570

Abstract

Di masa sekarang segala penyakit bertebaran dimana – mana dengan jumlah dan jenis – jenis yang tidak terhitung jumlahnya. Semakin maju pemanfaatan teknologi, semakin banyak timbul penyakit penyakit baru yang lebih ganas. Sebagai makluk ciptaan Allah yang diberikan akal dan pikiran, kita dituntut mempelajari dan memahami berbagai penyakit dan penyebabnya. Salah satu penyakit pada manusia yaitu Dibettus Mellitus. Oleh karena itu perlu dibuat program komputer sistem pakar yang merupakan salah satu aplikasi dari kecerdasan buatan untuk dapat menentukan tipe jenis penyakit Diabetus Mellitus dan pengobatannya berdasarkan aturan (rule) yang ada dalam basis pengetahuan (knowledge base). Kata kunci : Diabetus Mellitus,  aturan (rule), basis pengetahuan (knowledgw base)
FUZZY LOGIC METODE MAMDANI UNTUK MEMBANTU DIAGNOSA DINI AUTISM SPECTRUM DISORDER Matondang, Fithriani; Kusumawati, Ririen; Abidin, Zainal
MATICS MATICS (Vol. 4 No. 3
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mat.v0i0.1571

Abstract

Autism Spectrum Disorder (autis) merupakan gangguan yang dimulai dan dialami pada masa kanak-kanak, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal, akibatnya anak tersebut terisolasi dari manusia lain. Perkembangan yang terganggu terutama dalam komunikasi, interaksi sosial dan perilaku. Namun permasalahan yang muncul adalah bagaimana cara mengetahui seorang anak menderita autis atau tidak, begitu juga cara penanganannya yang optimal. Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, berbagai permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya dengan membangun aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa Autism Spectrum Disorder (ASD) dengan fuzzy logic. Input sistem adalah gejala autis, sedangkan output sistem adalah Anak Normal (bukan autis) dan Anak Autis. Proses perhitungan sistem dilakukan dengan 4 tahapan mamdani yaitu: Pembentukan himpunan fuzzy, Implikasi aturan, Komposisi aturan dan Defuzzyfikasi. Dari hasil uji coba sistem, diperoleh data error sebanyak 40 data dari 1287 data uji coba jika dibandingkan dengan hasil uji coba manual. Dari hasil perbandingan uji coba tersebut, diperoleh persentase Error sebanyak 3.11 %, Recall sebesar 69%, dan Presisi sebesar 99%. Kata Kunci : Autism Spectrum Disorder, Fuzzy Logic, Gejala Autis , Mamdani
INTEGRASI HIERARCHY FINITE STATE MACHINE DAN LOGIKA FUZZY UNTUK DESAIN STRATEGI NPC GAME Arif, Yunifa Miftachul; Hariadi, Mochamad; S. N, Supeno Mardi
MATICS MATICS (Vol. 4 No. 3
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mat.v0i0.1572

Abstract

Tujuan pengembangan kecerdasan buatan adalah untuk membuat aksi dan reaksi otonom agen atau NPC (Non-Player Character) dari game. Dua NPC bisa saling membantu dalam menjalankan strategi menyerang terhadap musuh. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana membuat strategi menyerang yang dilakukan oleh NPC dengan menggunakan Hierarchy Finite State Machine untuk mendesain perilaku . Dua NPC yang dimaksud adalah NPC Scout yang bertugas memancing serangan musuh, dan NPC Sniper yang bertugas memberikan back up serangan dari jarak jauh.. Selanjutnya digunakan logika fuzzy untuk menentukan respon perilaku terhadap kondisi yang dihadapi. Perilaku yangdimaksud adalah menyerang brutal, menyerang, bertahan dan melarikan diri. Masing-masing perilaku diujicobakan dalam game First Person Shooter menggunakan Torque Game Engine. Dalam simulasi game terjadi respon perubahan perilaku masing-masing NPC terhadap kondisi yang dihadapi. Strategi menyerang dalam penelitian ini mempunyai tingkat kemenangan hingga 80% ketika diujicobakan dengan musuh yang mempunyai perilaku umum yaitu menyerang dan menghindari tembakan. Kata kunci: NPC, strategi menyerang, HFSM, logika fuzzy.

Page 1 of 1 | Total Record : 4