cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 143 Documents
Metoda Pembuktian dalam Matematika Hernadi, Julan
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program studi magister Pendidikan Matematika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.407 KB)

Abstract

Di dalam matematika, bukti adalah serangkaian argumen logis yang menjelaskan kebenaran suatu pernyataan. Argumen-argumen ini dapat berasal dari premis pernyataan itu sendiri, teorema-teorema lainnya, definisi, dan akhirnya dapat berasal dari postulat dimana sistem matematika tersebut berasal. Yang dimaksud logis di sini, adalah semua langkah pada setiap argumen harus dijustifikasi oleh langkah sebelumnya. Jadi kebenaran semua premis pada setiap deduksi sudah dibuktikan atau diberikan sebagai asumsi. Pada tulisan sederhana ini dibahas sekilas tentang bukti dalam matematika dan beberapa metoda pembuktiannya.
APLIKASI ANALISIS FAKTOR KONFIRMATORI UNTUK MENGETAHUI HUBUNGAN PEUBAH INDIKATOR DENGAN PEUBAH LATEN YANG MEMPENGARUHI PRESTASI MAHASISWA DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNSRI Maiyanti, Sri Indra; Dwipurwani, Oki; Desiani, Anita; Aprianah, Betty
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program studi magister Pendidikan Matematika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.37 KB)

Abstract

To know the correlation between indicator variables and latent variables that the influence students’ achieviement in majors of mathematics of FMIPA UNSRI used Confirmatory Factor Analysis by maximum likelihood method to estimate the model parameters. Confirmatory Factor Analysis is one of the methods of multivariate analysis used to confirm whether or not the model that is build is match the hypothesis.  The result of tained that the latent variable of has a background of family could be measured by indicator variables of father’s education (x1), mother’s education (x2) and parent’s income (x3), where indicator variables that give great contribution is mother’s education is 0.84.  The latent variables of learning environment of campus (ξ2) could be measured by indicator variables of time using far house to campus (x4), learning facilities at home (x5) and learning concentration (x8), where indicator variables that give great contribution is learning facilities at home is 0.80.  The latent variables of attitude toward almamater (ξ3) could be measured by indicator variables of classroom facilities in major (x11), library facilities (x12) and computer facilities (x13), where indicator variables that give great contribution is classroom facilities in major is 1.08.  The latent variable of perseption toward lecturers (ξ4) could be measured by indicator of evaluation system given by lecturer (x16), learning system given by lecturer (x17), assigment system given by the lecturer (x18), and the relationship with academic advisor (x19), where indicator variables that give great contribution is learning system is 0.73.
PENGEMBANGAN MATERI POKOK MATA UANG DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XI DI SLBC KARYA IBU PALEMBANG Wahyuni, Najmi; Hiltrimartin, Cecil; Zulkardi, Zulkardi
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program studi magister Pendidikan Matematika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.499 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi pokok mata uang dengan pendekatan PMRI yang menghasilkan buku siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Tunagrahita Ringan kelas XI SLBC Karya Ibu Palembang. Dalam mengembangkan materi terdapat uji coba terhadap materi yang diberikan kepada siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa. Penilaian hasil belajar dilakukan melalui penilaian tertulis dan penilaian sikap. Penilaian tertulis dilihat dari kemampuan siswa mengerjakan soal-soal pada buku siswa sedangkan penilaian sikap dilakukan dengan cara observasi prilaku. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan terdiri dari empat langkah yaitu expert review, one-to-one evaluation, small group, dan field test. Karena hasil belajar siswa baik melalui penilaian tertulis maupun penilaian sikap menunjukkan kategori baik atau sangat baik maka buku siswa materi mata uang dengan pendekatan PMRI dapat membantu siswa memahami materi pelajaran. Kata-kata kunci : Tunagrahita, PMRI, Pengembangan, Mata Uang
PENGEMBANGAN MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUM LIMAS YANG SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK PMRI DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 PALEMBANG Hariyati, Hariyati; Indaryanti, Indaryanti; Zulkardi, Zulkardi
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program studi magister Pendidikan Matematika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.536 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi luas permukaan dan volum limas dengan pendekatan PMRI. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palembang. Dalam mengembangkan materi terdapat proses evaluasi formatif dan uji coba terhadap materi, yaitu expert review, one-to-one evaluation, small group, dan field test. Dari tiga tahap pertama, materi dinyatakan valid. Kemudian materi diujicobakan di lapangan (field test). Dari hasil uji coba diperoleh simpulan yaitu menghasilkan buku siswa untuk materi luas permukaan dan volum limas yang sesuai dengan karakteristik PMRI. Dan buku siswa ini baik karena dilihat dari aktivitas siswa yang menunjukkan kategori aktif, hasil belajar siswa yang menunjukkan kategori baik, dan sikap siswa yang cenderung positif terhadap proses pembelajaran matematika menggunakan buku siswa yang sesuai dengan karakteristik PMRI.
PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PRAKTIK MINIATUR TANDON AIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 3 KOTA MANNA Budi, Rahmad Ramelan Setia
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program studi magister Pendidikan Matematika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.293 KB)

Abstract

Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan efektivitas pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada pembelajaran logika matematika melalui alat peraga praktik miniatur tandon air dengan alat peraga charta rangkaian listrik seri dan parallel, (2) Untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada pembelajaran logika matematika melalui alat peraga praktik miniatur tandon air terhadap peningkatan mutu pembelajaran matematika yang ditengarai dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen.Ukuran keberhasilan penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil belajar antara siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen pada pelajaran matematika  yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar secara individual dan klasikal serta nilai rata-rata kelas. Hasil belajar matematika siswa di kelas kontrol menunjukkan: ketuntasan belajar individual 20 orang, ketuntasan belajar klasikal 62,5 % dan rata-rata kelas 64,8 sedangkan hasil belajar matematika di kelas eksperimen menunjukkan: ketuntasan belajar individual 28 orang, ketuntasan belajar klasikal 87,5% dan rata-rata kelas 75,3. Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia melalui penggunaan alat peraga praktik miniatur tandon air terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika bila dibandingkan dengan alat peraga charta rangkaian listrik seri dan paralel. Kata Kunci:     Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Alat Peraga Peraga Praktik Miniatur Tandon Air
DEVELOPMENT RESEARCH : STUDI KASUS PADA COMPUTER AIDED LEARNING (CAL) Susanti, Ely; Purwoko, Purwoko; Zulkardi, Zulkardi
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2008): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program studi magister Pendidikan Matematika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (713.997 KB)

Abstract

This study aims to (1) develop prototype software called computer aided learning (CAL) for Real Analysis courses, and (2) produce a valid and practice prototype software CAL in Real Analysis. CAL was tried out to prospective math teachers at the Department in Faculty of Teacher Training and Education of Sriwijaya University. That is used in this study is a developmental research that consists of analyzing, designing, evaluating, and revising. The Instruments for collecting data are questioner, observation, and test. Questioner is used to evaluate CAL. Observation is used to see the students’ skills and the students’ activities. Test is used to see students’ achievement after using CAL uses test. All data are analyzed using descriptive technique. The results of analysis are: (1) CAL Developing is just for sequences, series and limit function and the cycles are analyzing, designing, evaluating, and revising. (2) CAL prototype which is developed has been valid based on expert review and practice based on try out.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DALAM PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI SMPN 17 PALEMBANG Rahayu, Tuti; Purwoko, Purwoko; Zulkardi, Zulkardi
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2008): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program studi magister Pendidikan Matematika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (899.127 KB)

Abstract

This study aims to develop assessment instruments in Indonesian version of Realistic Mathematics Education (PMRI) with the topic special quadrilateral including the aspect of validity, of practicality, and of the effectivity. The methodology that use in this study is a developmental research. This form of research consists of self evaluation and prototyping. The subject of this study is 32 students of the first grade of SMPN 17 Palembang. Experts review, and documentary analysis were used incollecting data. For evaluating process, observation sheet, learning log, the use of student’s strategy and solution from the result of their achievement. The collected data were analyzed using qualitative descriptive. The findings show that assessment instruments in PMRI in the topic special quadrilaterals could be categorized as valid, practical, and effective. The validity is measured by using the aspects of contents, contruction, and language based on assessment’s principles of PMRI. Based on the experts coments, the assesement instruments developed can be practically in the teaching learning process. According to the observer , the observation sheet and learning log show that students are motivated to be individual or group in doing the exercises. The effectivity is analyzed operationally that is to see student’s ability when the instruments are trying out including the process and the products. Students can argue either orally or writen. Key words : Developing research, instruments, assessment
PENGEMBANGAN MEDIA WEBSITE PEMBELAJARAN MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Afgani, Muhammad Win; Darmawijoyo, Darmawijoyo; Purwoko, Purwoko
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2008): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program studi magister Pendidikan Matematika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.331 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah website dengan konten program linear. Responden penelitian ini adalah para siswa kelas XII SMA Negeri 1 Palembang. Media ini dikembangkan melalui empat tahapan, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap perancangan, tahap evaluasi, dan tahap revisi. Untuk melihat keefektifannya, peneliti melakukan uji pakar dan uji coba ke lapangan dengan indikator bagaimana motivasi, sikap, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan prototype media website yang ketiga merupakan disain yang efektif  ketika digunakan pada saat pembelajaran dengan 71,79% siswa Termotivasi; 61,54% siswa mempunyai sikap Tertarik, dan hasil belajar siswa yang mencapai 51,28% masuk dalam kategori Baik Sekali, sehingga dapat disimpulkan bahwa website yang peneliti kembangkan efektif digunakan pada saat pembelajaran matematika.
PANDANGAN MATEMATIKA SEBAGAI AKTIVITAS INSANI BESERTA DAMPAK PEMBELAJARANNYA Sugiman, Sugiman
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2008): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program studi magister Pendidikan Matematika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.868 KB)

Abstract

Pandangan matematika sebagai aktivitas insani rupanya merupakan pilihan yang tepat dalam kerangka menjadikan warga negara Indonesia menjadi literasi dalam matematika. Kemampuan literasi matematika harus dikuasai oleh setiap warga Indonesia dalam menuju  “mathematics for all”. Fungsi dari mathematics for all tentu saja harus (1) mendasari matematika lebih lanjut serta (2) dapat diaplikasikan dalam kehidupan keseharian umumnya bagi mereka yang tidak akan melanjutkan studinya (Soedjadi, 1999).   Kata kunci : Matematiks sebagai aktivitas insani, mathematich for all
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SIKAP SISWA SMP Ismaimuza, Dasa
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program studi magister Pendidikan Matematika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.013 KB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis, dan sikap positif siswa terhadap matematika merupakan komponen penting yang harus dimiliki oleh seorang siswa, sehingga dengan memiliki kemampuan ini akan membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika, maupun masalah sehari-hari. Salah satu cara mengembangkan kemampuan ini adalah dengan pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif (PBLKK). PBLKK merupakan pembelajaran yang berdasarkan masalah, dimana pada masalah yang dikemukakan terdapat fakta, keadaan, situasi yang mempertentangkan struktur kognisi siswa. Dalam situasi ini terjadi konflik antara pengetahuan yang dimiliki siswa dengan situasi yang sengaja disediakan. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kritis matematis dan sikap siswa SMP kelas VIII Palu berdasarkan model pembelajaran, PAM siswa, dan level sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di kota Palu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan matematika, nilai rapor, tes kemampuan berpikir kritis matematis, skala sikap siswa terhadap matematika. Tujuan dari penelitian yang akan dilakukan adalah: mengkaji dan menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis, sikap siswa siswa yang menerima pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif (PBLKK) dan pembelajaran konvensional (KV) ditinjau dari: a) keseluruhan, pengetahuan awal siswa (tinggi, sedang, dan rendah), dan level sekolah.   Kata Kunci: PBL, konflik kognitif, berpikir kritis matematis, sikap, PAM, level sekolah

Page 1 of 15 | Total Record : 143