cover
Filter by Year
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Sriwijaya
Articles
124
Articles
‚Äč
KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA HISTOGRAM MELALUI PEMBELAJARAN PMRI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG

Nisa, Sholihatun, Zulkardi, Zulkardi, Susanti, Ely

Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran statistis siswa pada materi penyajian data histogram melalui pembelajaran PMRI di SMA Negeri 11 Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5 dengan jumlah siswa 40 orang. Proses pembelajaran yang berlangsung disesuaikan dengan prinsip dan karakteristik dari PMRI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari 4 soal uraian dan wawancara sebagai penguat data dari hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran statistis siswa pada materi penyajian data histogram melalui pembelajaran PMRI terkategori baik dengan rincian 8 siswa terkategori sangat baik; 11 siswa terkategori baik; 9 siswa terkategori cukup, 7 siswa terkategori kurang, dan tidak ada siswa dengan kemampuan penalaran statistis sangat kurang. Indikator penalaran statistis yang memiliki kemunculan tertinggi yaitu organizing dan reducing data sebesar 84,69 %. Sedangkan, indikator penalaran statistis yang memiliki kemunculan terendah yaitu representing data sebesar 29,52 %.

ANALISIS INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING MATEMATIKA SMP

Sa'idah, Nusrotus, Yulistianti, Hayu Dian, Megawati, Eka

Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari instrumen tes matematika yang dilihat dari tingkat kesulitandan daya beda soal. Instrumen yang dikembangkan adalah instrumen tes Higher order Thinking. Bentuk instrumen ini adalah multiple choice. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Jepara dengan mata pelajaran Matematika. Telaah kualitatif meliputi aspek materi, konstruksi dan bahasa. Telaah secara kuantitatif dengan pendekatan Teori Tes Klasik. Dalam teknik analisis data aspek yang diukur adalah validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda soal dan efektivitas Distraktor. Soal ini terdiridari 20 item soal pilihan ganda yang mengacu pada taxonomy blomms. Kognitif level dalam butir ini meliputi C4(evaluasi), C5 (Analisis), dan C6(mengkreasi).† Dari hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa secara konstruksi, bahasa dan materi mempunyai kriteria tinggi atau diterima. Hasil analisis dengan teori tes klasik menggunakan program ITEMAN menunjukkan hasil butir item pilihan ganda 50% mempunyai kriteria tinggi.

MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN OPERASI BENTUK ALJABAR

Malihatuddarojah, Dewi, Prahmana, Rully Charitas Indra

Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Aljabar merupakan subjek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, siswa khususnya pada tingkat SMP kelas VII harus dapat memahami konsep ini dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas VII dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kalasan. Instrumen pada penelitian ini berupa sebuah tes yang terdiri dari 10 soal tentang operasi bentuk aljabar. Hasil menunjukkan bahwa siswa masih melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan tentang operasi bentuk aljabar. †Seluruh kesalahan tersebut adalah kesalahan pada variabel, kesalahan pada tanda negatif, kesalahan pada menyelesaikan bentuk persamaan aljabar, kesalahan pada pengoperasian bentuk aljabar, dan kesalahan dalam penyelesaian bentuk pecahan.

MINAT SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI

Widyastuti, Widyastuti, Wijaya, Agung Putra, Rumite, Wayan, Marpaung, Rini Rita T

Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat siswa terhadap matematika dan hubungannya dengan metode pembelajaran dan efikasi diri. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah menengah pertama di Bandarlampung. Penelitian deskriptif kuantitatif ini mempelajari 691 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Data dalam penelitian ini berupa data minat siswa terhadap matematika (Y), data implementasi metode pembelajaran (X1), dan data efikasi diri siswa (X2) yang diperoleh menggunakan teknik non-tes berupa angket. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi linier berganda dengan . Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (i) secara umum 22,58% siswa memiliki minat terhadap matematika dengan kategori tinggi, 76,56% dengan kategori sedang, dan 0,86% dalam kategori rendah; (ii) terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara variabel implementasi metode pembelajaran dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap variabel minat dengan nilai r = 0,844; (iii) terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara implementasi metode pembelajaran dengan minat terhadap matematika bila peran efikasi diri tidak berubah (tetap) dengan r = 0,505; (iv) terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara efikasi diri dengan minat terhadap matematika bila peran implementasi metode tidak berubah (tetap) dengan r = 0,585; dan (v) persamaan model regresi liniernya adalah Y = 22,788+0,972 X1+0,932 X2.

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MATERI MATEMATIKA KELAS VIII

Zulfah, Zulfah, Fauzan, Ahmad, Armiati, Armiati

Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis tahap awal dalam mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning. mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis secara optimal. Penelitian ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, Untuk tahap pertama yaitu tahap awal penelitian dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis konsep, serta analisis bahan ajar yang ada. Berdasarkan hasil analisis pendahuluan (Preliminary Research) maka diperoleh kesimpulan bahwa untuk dapat mengasah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, guru membutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat membantu memfasilitasi peserta didik untuk menumbuh dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Melalui LKPD yang dilandaskan atau didasarkan atas salah satu strategi atau pendekatan yang telah terbukti untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yaitu Problem Based Learning, maka diharapkan dapat membantu peserta didik mengembangkan kemampuan pemecahan masalahnya.

ANALISIS KONSEPSI GURU-GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH TENTANG HAKIKAT MASALAH MATEMATIKA DALAM PENDEKATAN STUDENTS CENTERED LEARNING (STUDI KASUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA KOTA PALEMBANG)

Scristia, Scristia, Hiltrimartin, Cecil, Santoso, Budi

Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini adalah Studi kasus untuk menelaah, membuat interpretasi dan mendapat pemahaman yang mendalam tentang konsepsi dan penggunaan masalah matematika dalam pendekatan SCL yang diterapkan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemahaman guru-guru matematik SMA di kota Palembang terhadap hakikat masalah dalam pendekatan SCL. Penelitian ini menggunakan hasil angket, observasi dan dokumen sebagai data utama serta wawancara sebagai data penunjang. Penelitian ini mengambil sampel 3 guru SMA di Kota Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBERIAN SOAL OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Rumapea, Rindu

Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian soal Open-Ended dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Santa Theresia Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan tes kemampuan awal matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pemberian soal Open-Ended dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada model konvensional, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pemberian soal Open-Ended dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi, (4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pemberian soal Open-Ended dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika rendah.

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 13 PALEMBANG

Yanuarti, Sri

Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) dan hasil belajar siswa pada pembelajaran geometri di kelas X SMA Negeri 13 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 6 tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan adalah observasi dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis POE terlaksana dengan sangat baik dari segi kegiatan guru dan kegiatan siswa terlaksana dengan nilai akhir 63,54 berkategori cukup. Hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi jarak pada dimensi tiga, diperoleh hasil tes siswa berkategori sangat baik sebesar 2,6%. Siswa berkategori baik 7,7%, berkategori cukup 46,15% dan berkategori kurang 43,6%

STRATEGI DAN TINGKAT KEPEKAAN BILANGAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPERASI BILANGAN BULAT

Putrawangsa, Susilahudin, Hasanah, Uswatun

Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap strategi dan tingkat ekspresi kepekaan bilangan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah terkait dengan operasi bilangan bulat, yang meliputi operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Responden dalam penelitian ini terdiri atas 5 orang siswa yang diambil secara acak dari sebuah Sekolah Dasar di Pulau Lombok. Data dikumpulkan melalui tes. Analisis data menggunakan tiga indikator kepekaan bilangan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi yang digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah terkait operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian bilangan bulat adalah seragam dan terpaku pada penggunaan algoritma atau prosedur berhitung yang bersifat baku dan rutin, yaitu prosedur penjumlahan bersusun, pengurangan bersusun, dan perkalian bersusun. Kedua, berdasarkan empat tingkatan ekspresi kepekaan bilangan, yaitu belum nampak, nampak, terungkap, dan terampil, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepekaan bilangan siswa termasuk dalam katagori belum nampak, yaitu level terendah dari 4 tingkatan tersebut.

PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Meryansumayeka, Meryansumayeka, Virgiawan, M. Dimas, Marlini, Sri

Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuis interaktif berbasis e-learning pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika dengan menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan modifikasi antara Rowntree dan Tessmer. Terdapat 3 tahap dalam penelitian ini yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Dalam proses pengembangannya, penelitian ini melibatkan ahli sebagai validator kuis interaktif yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika tahun ajaran 2016/2017. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kuis interaktif yang dikembangkan oleh peneliti ini dinyatakan valid oleh para ahli yang menguji 3 aspek yaitu aspek materi, tampilan media serta design pembelajaran; dinyatakan praktis berdasarkan hasil penelitian pada skala satu satu yaitu mengujicobakan produk pada 3 orang siswa yang berkemampuan berbeda dan pada skala kelompok kecil yang berjumlah 6 orang; serta efektif dari segi waktu dan ekonomi berdasarkan hasil uji coba lapangan.