cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Kreatif Tadulako Online
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 1,398 Documents
Meningkatkan Prestasi Belajar IPS melalui Penggunaan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SDN Puunkoilu Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali Adwia, Adwia
Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Puungkoilu, terutama yang berkaitan dengan peninggalan bangunan bersejarah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar tersebut adalah siswa terbiasa belajar dengan cara menghafal, diceramahi, danmenyalin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Puungkoilu pada pelajaran IPS dengan menggunakan media gambar. Penggunaan media gambar diharapkan dapat menyelesaikan masalah tersebut “Apakah menggunakan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS di SDN Puungkoilu?” Untuk menjawab permasalahan diatas peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil Penelitian menunjukkan persentase ketuntasan klasikal pada tes awal 47,82%  daya serap klasikal 61,73% pada pada siklus I ketuntasan klasikal 65,21% daya serap klasikal 71,73%pada siklus II ketuntasanklasikalmenjadi 100 % dandayaserapklasikal 84,70%. Disamping itu berdasarkan pengamatan dan wawancara terjadi peningkatan aktivitas dan motivasi belajar IPS. Dari penelitian ini dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Bertitik tolak dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Puungkoilu. 
Perancangan Smart Campus Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evauasi Model Pembelajaran E-Learning Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut) Bukit, Alexander Victor
Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi telah memberi banyak peningkatan kualitas dalam dunia pendidikan. Dan dengan adanya terobosan-terobosan dalam teknologi pendidikan, maka Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut disingkat STTAL berusaha memanfaatkan dukungan teknologi tersebut dalam mengembangkan sistem pendidikan dengan menerapkan smart campus. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai ciri eksponensial yaitu semakin lama semakin cepat, karena hasil dari suatu tahap menjadi dasar dan alasan bagi tahap selanjutnya.  Inovasi yang diciptakan dan dikembangkan pada dasarnya dilatarbelakangi untuk memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia, sehingga dapat dinikmati dan digunakan sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas mereka.Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, sudah merupakan kebutuhan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung pelaksanaan manajemen pendidikan yang efektif dan efisien.Penggunaan teknologi informasi dalam mendukung manajemen pendidikan di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut, seperti e-catalog, e-library, KRS online, penghitungan IPK mahasiswa, proses keuangan mahasiswa dan sebagainya. Dengan mengintegrasikan seluruh proses inti manajemen pendidikan ke dalam sebuah sistem informasi yang didukung oleh teknologi terkini diharapkan akan meningkatkan mutu layanan secara keseluruha, untuk menciptakan kemudahan dan kecepatan bagi seluruh pihak dalam mengakses data
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN 9 PALU Masmi, Andi
Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online
Publisher : Jurnal Kreatif Tadulako Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 9 Palu melalui bantuan media gambar. Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan media gambar dengan memperhatikan syarat-syarat media gambar yang baik, dan menggunakan beberapa metode yang sesuai dengan materi pembelajaran, untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri 2 pertemuan yang dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 9 Palu, tahun pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian adalah siswa yang memperoleh nilai di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal pada pelaksanaan tes awal. Penelitian ini  menggunakan data kuantitatif yang dikumpulkan dengan memberikan tes akhir, dan data kualitatif yang dikumpulkan dengan melakukan observasi sehingga dapat dianalisis dengan menghitung persentase daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal serta menggunakan model alir dari Milles dan Huberman yang terdiri dari mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu: (1) pra tindakan, dan (2) pelaksanaan tindakan yang diukur tingkat keberhasilannya berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian dengan menggunakan media gambar menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima karena hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 9 Palu berhasil ditingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase ketuntasan klasikal dari 77,5% pada siklus 1 menjadi 87,5% pada siklus 2 (meningkat 10%), dan daya serap klasikal dari 79,38% pada siklus 1 menjadi 85,62% pada siklus 2 (6,24%).
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN Inpres Tabing Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan M, Darusalam
Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online
Publisher : Jurnal Kreatif Tadulako Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan  dalam penelitian ini adalah : Apakah penggunaan pembelajaran model kooperatif  tipe  STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil  belajar IPS pada Siswa kelas V SDN Inpres Tabing Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil  belajar  siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Inpres Tabing Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan, dengan menggunakan  pembelajaran model  kooperatif  tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).Salah satu model pembelajaran yang aktif dan interaktif adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) karena melibatkan seluruh peserta didik dalam bentuk kelompok-kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), dan termasuk penelitian deskriptif.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Gambar di SD Inpres III Tada Ritna, Ritna
Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online
Publisher : Jurnal Kreatif Tadulako Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada hasil belajar siswa yang rendah dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Inpres III Tada, maka akan ditingkatkan dengan menerapkan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi refleksi. Dengan analisis data menerapkan rumus ketuntasan belajar individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis data yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II dengan menerapkan pembelajaran dengan penggunaan media gambar maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Inpres III Tada. Hal ini terlihat dari pencapaian ketuntasan klasikal siklus I adalah 62,07% dan siklus II sebesar 93,10%. Sedangkan daya serap klasikal siklus I adalah 69,24% dan siklus II sebesar 80,28%. Dengan demikian media gambar sangat evektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Inpres III Tada.
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Metode Tanya Jawab di Kelas IV SDN Batangono Kecamatan Buko Kabupaten Bangkep Halim, Ratna Abdul
Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online
Publisher : Jurnal Kreatif Tadulako Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil tes pra tindakan yaitu persentase ketuntasan klasikal adalah 60% atau 8 siswa  yang tidak tuntas dari 20 siswa, dan daya serap klasikal 63,5% serta hasil rata-rata hanya mencapai 6,4. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah minat belajar siswa kelas IV SDN Batangono Kecamatan Buko Kabupaten Banggai Kepulauan dapat meningkat dengan menggunakan metode tanya jawab pada pelajaran IPS?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas IV SDN Batangono Kecamatan Buko Kabupaten Banggai Kepulauan dengan menggunakan metode tanya jawab pada  pelajaran IPS. Jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan penilaian minat belajar siswa, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian minat belajar siswa pada siklus I  rata-rata hasil penilaian adalah 65,4% dalam kriteria aktif  dan meningkat pada siklus II yaitu diiperoleh minat belajar rata-rata dalam kriteria sangat aktif atau persentase mencapai 79,2%. Analisis  tes hasil  belajar siswa yang diperoleh pada siklus I, yakni siswa yang tuntas 15 dari 20 siswa atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 75% dan daya serap klasikal 73,5%. Pada siklus II siswa yang tuntas 19 dari 20 siswa atau ketuntasan klasikal 91% dan dan daya serap klasikal sebesar 80,5%. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tanya jawab pada pelajaran IPS dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN Batangono Kecamatan Buko Kabupaten Banggai Kepulauan. Minat belajar yang telah dicapai oleh siswa kelas IVSDN Batangono dalam pelajaran IPS dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi
Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Pada Siswa Kelas IV SD GKLB Sabang Kab. Banggai Kepulauan Siolan, Sarmin
Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online
Publisher : Jurnal Kreatif Tadulako Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD GKLB Sabang Kecamatan Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament di kelas IV SD GKLB Sabang Kecamatan Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa yang dikenai tindakan, hanya 23 orang atau 76,7% memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan 7 orang lainnya atau 23,3% memperoleh nilai kurang dari 65. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 80% ketuntasan klasikal, untuk itu perlu dilanjutkan  ke siklus berikutnya. Hasil tindakan siklus II menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa yang dikenai tindakan, terdapat 28 siswa  yang  tuntas  atau 93,3% memperoleh nilai 65 ke atas. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD GKLB Sabang Kecamatan Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan.
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD GKLB Sabang Kec. Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan Laslanut, Serlince
Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online
Publisher : Jurnal Kreatif Tadulako Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas II SD GKLB Sabang Kecamatan Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas II SD GKLB Sabang Kecamatan Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan tahun pelajaran 2012/2013. Siswa yang dikenai tindakan kelas berjumlah 28 orang, 15 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 28 orang siswa yang dikenai tindakan, hanya 20 siswa atau 71,43% memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan 8 siswa  lainnya (28,57%) memperoleh nilai kurang dari 65. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan  ke siklus berikutnya. Kekurangan-kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada pelaksanaan siklus II. Ternyata hasil tindakan siklus II menunjukkan bahwa dari 28  siswa yang dikenai tindakan, 26 siswa atau 92,86% memperoleh nilai 65 ke atas dengan daya serap 75,89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas II SD GKLB Sabang Kecamatan Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan pada pembelajaran IPS mengalami peningkatan melalui Pembelajaran kontekstual. Hal ini berarti pula bahwa hipotesis penelitian : “Jika diterapkan pembelajaran kontekstual maka motivasi belajar siswa Kelas II SD GKLB Sabang Kecamatan Bulagi Utara pada mata Pelajaran IPS akan meningkat” dapat diterima.
Penerapan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN 2 Posona Wahyuni, Sri
Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online
Publisher : Jurnal Kreatif Tadulako Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran di SDN 2 Posona belum sepenuhnya maksimal, sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar IPA di sekolah tersebut. Desain penelitian menggunakan metode bersiklus. Tehnik pengumpulan  data diperoleh dari hasil analisis data observasi guru dan siswa,dan analisis tes tindakan hasil belajar  siswa.  Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Posona.Prosedur pelaksanaan tindakan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi.Hasil penelitian pada siklus I siswa yang tuntas 12 dari 22 siswa, presentase ketuntasan hasil belajar klasikal 54,55% kategori kurang, sehingga perlu dilakukan sisklus II dengan hasil penelitian siswa yang tuntas 18 dari 22 siswa, presentase ketuntasan hasil belajar klasikal 81,82% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dilakukan menggunakan dua siklus disimpulkan dengan penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 2 Posona.
Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Melalui Pengintegrasian Permainan Kartu Pada Siswa Kelas II SDN Koyobunga Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan Madasia, Asriani H.L.
Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online
Publisher : Jurnal Kreatif Tadulako Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada permasalahan, yaitu: “Apakah pengintegrasian permainan kartu dapat mengatasi kesulitan membaca siswa di kelas II SDN Koyobunga Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan?” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi kesulitan membaca melalui pengintegrasian permainan kartu pada siswa kelas II SDN Koyobunga Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan. Rancangan penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus yaitu meliputi 4 tahap : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data kuantitatif yakni data yang diperoleh dari hasil pekerjaan siswa melalui pengintegrasian permainan kartu yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima, dengan hasil tes akhir dari nilai rata-rata 58,75 pada saat tes awal menjadi 70,63 pada saat tes akhir siklus 1, dan 81,25 pada saat tes akhir siklus 2. Dari hasil yang diperoleh, maka pembelajaran membaca siswa kelas II SD Negeri Koyobunga Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai kepulauan dinyatakan tuntas.

Page 1 of 140 | Total Record : 1398


Filter by Year

2013 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Kreatif Online Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Kreatif Online Vol 6, No 9 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 8 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 7 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 6 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Kreatif Online Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Kreatif Online Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Kreatif Online Vol 6, No 11 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 10 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Kreatif Online Vol 5, No 9 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 8 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 7 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 6 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 5 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 4 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 4 (2017): Jurnal Kreatif Online Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Kreatif Online Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Kreatif Online Vol 5, No 12 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 11 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 10 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Kreatif Online Vol 4, No 9 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 8 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 7 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 6 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 5 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 4 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 4 (2016): Jurnal Kreatif Online Vol 4, No 3 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 3 (2016): Junal Kreatif Online Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Kreatif Online Vol 4, No 12 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 11 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 10 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 1 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 1 (2016): Junal Kreatif Online Vol 3, No 3 (2015): Junal Kreatif Online Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Kreatif Online Vol 3, No 3 (2015): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 3, No 3 (2015): Junal Kreatif Online Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kreatif Online Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Kreatif Online Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 2, No 4 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 2, No 4 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 1, No 4 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 4 (2013): Jurnal Kreatif Online Vol 1, No 3 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 3 (2013): Jurnal Kreatif Online Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kreatif Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Online More Issue