cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 245 Documents
DAMPAK DESENTRALISASI FISKAL TERHADAP OUTCOMES PELAYANAN PUBLIK BIDANG PENDIDIKAN (STUDI KASUS: PROVINSI JAWA TENGAH) -, Solechah
VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus
Publisher : VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fiscal decentralization was held since 2001 is purpose to give more capacity of public service that government do for people. Implementation of the regional autonomy through fiscal decentralization is expected to improve the quality of public services. This research is purpose to see the effect of fiscal decentralization to outcomes of public service in education sector. Education Outcomes is one measure that can be used to view the quality of public services. This research use panel data from ten residence and city in Central Java in 2007 until 209. The method to get the result of this research is use regression analysis approach to find the effect of fiscal decentralization to output and outcome of education sector of public service. The result of this research shows that fiscal decentralization have effect for outcome of education sector of public service. Fiscal decentralization has negatif effect and no significant to school participation rate. If fiscal decentralization increase one percent school participation rate down up to 2.364 and then pupil and teacher ratio has positif effect for school participatian rate, if pupil and teacher ratio increase one percent school participation rate rise up to 1.427, but Gross Regional Domestic Product percapita has positif effect and significant for school participation rate, if Gross Regional Domestic Product percapita increase one percent school participation rate rise up to 3.563.
PENINGKATAN MINAT PEMBELIAN MEREK LOKAL MELALUI CONSUMER ETHNOCENTRISME Sudarti, Ken
VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus
Publisher : VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk dapat tetap bertahan dalam jangka panjang, sebuah merek harus mempunyai equity. Ekuitas merek berhubungan positif dengan preferensi dan minat beli konsumen termasuk minat beli merek lokal. Salah satu variabel yang mempengaruhi minat pembelian merek lokal adalah sikap ethnocentrisme. Semakin ethnocentris seorang konsumen, semakin berminat membeli merek lokal. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap ethnocentrism seseorang adalah: openness to foreign cultures, patriotism, conservationm, collectivism/individualism. Selain itu faktor demografi seperti : umur, gender, pendapatan dan pendidikan juga mempengaruhi sikap ethnocentrism seseorang.
PERAN HALANGAN BERPINDAH DALAM MEMEDIASI KEPUASAN DAN RETENSI PELANGGAN Ghoniyah, Nunung
VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus
Publisher : VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang peran dari faktor-faktor yang menyebabkan konsumen tidak berpindah ke penyedia jasa lain. Selama ini, kepuasan pelanggan menjadi fokus strategi perusahaan, karena kepuasan pelanggan menjadi prediktor utama retensi pelanggan. Namun perlu dipahami bahwa terdapat variabel lain yang berperan memediasi kepuasan dengan retensi pelanggan, yaitu halangan berpindah. Hal ini penting sehubungan dengan sifat-sifat khusus jasa yang menyebabkan pencapaian kepuasan menjadi berfluktuasi. Halangan berpindah yang dimaksud adalah hubungan interpersonal, biaya berpindah dan daya tarik pesaing. Jika perusahaan dapat menciptakan hubungan yang baik antara pelanggan dengan karyawan, menciptakan biaya berpindah yang tinggi dengan berbagai program loyalitas dan pelanggan tidak mempunyai alternatif lain karena keunikan jasa, maka kinerja yang tidak optimalpun dapat menahan konsumen untuk tidak berpindah.
PRANATA HUKUM LEMBAGA KEUANGAN DAN INVESTASI BODONG Murdadi, Bambang
VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus
Publisher : VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Praktek investasi yang merugikan masyarakat (investasi bodong) sering terjadi. Yang terakhir dilakukan oleh perusahaan yang menamakan dirinya Iqro Management. Meskipun masyarakat berungkali menjadi korban penipuan dimaksud, namun nampaknya masyarakat sendiri tidak jera. Mengapa masyarakat tidak jera?. Penyebab yang sering muncul adalah karena adanya tawaran keuntungan (return) dari investasi tersebut yang sangat menggiurkan misalnya dari investasi yang dilakukan, investor dijanjikan bunga sekitar 8%/bulan. Return yang tidak wajar tersebut tidak dipedulikan oleh masyarakat yang cepat mengambil langkah-langkah yang spekulatif. Namun tentu masyarakat juga tidak bisa dislahkan begitu saja kalau lembaga-lembaga tersebut tidak bebas beroperasi. Lembaga-lembaga semacam itu bebas beroperasi karena perundangan-undangan dan ketentuan yang tidak jelas dan lemah, overlaping (tumpang tindih) sehingga dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sekalipun degan kedok nama yang dekat dengan lingkup agama.
DAMPAK PERIKLANAN TERHADAP MINAT BELI PADA HP SAMSUNG GALAXY ( STUDI EKSPLORASI PENGGUNA HP SAMSUNG GALAXY DI SEMARANG ) Mufarihah, Hanik; -, Triyono
VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus
Publisher : VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to determine the influence of advertising on buyer interest of Samsung Galaxy cell phone user in Semarang. Knowing and analyzing what factor of the message in the advertisement, the model of the advertisement, and the frequency of the advertisement broadcast on the television can influence the buying interest of Samsung Galaxy cell phone users. This research also determines which factor that has big influence on buying interest of Samsung Galaxy cell phone user. The populations of the research are the user of Samsung Galaxy cell phone in Semarang city. The data for the research are taken by interviews with the respondents. There are 15 respondents whose the background of education are Junior high, Senior high, Diploma/ Scholar degree. There 5 persons from junior high background, 5 persons from senior high background, and the last are 5 persons from the Diploma/ Scholar degree background. Besides that, there are also some addition data from observations and documentations. The analysis of the data is using data reduction technique, data serving, and concluding. The result of the research is based on the respondent’s responses on questions of the interview. the conclusion of the interview are messages, model, and frequency of the advertisement have the influence on buying interest of Samsung Galaxy cell phone user in Semarang city. Based on the analysis result which can be seen from the education background, message in the advertisement had influence the buying interest from the background education of junior high, Senior high, and Diploma/ Scholar. The model factor of the advertisement which can be seen from the education background had the influence the buying interest of junior high and senior high users. And the factor of broadcast frequency on television had dominant influenced the buying interest among students. From those three factors, the message in the advertisement was the most factor which has great influence of the buying interest of Samsung Galaxy cell phone users on the entire of respondents from education background of Junior high, Senior high, and Diploma/ Scholar degree users.
KEPUASAN PELANGGAN: PETUNJUK PENTING UNTUK MEMBINA RELASI DENGAN PELANGGAN Sasono, Eko
VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus
Publisher : VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mencapai tingkat kepuasan pelanggan tertinggi adalah tujuan utama pemasaran. Pada kenyataannya, akhir-akhir ini banyak perhatian tercurah pada konsep kepuasan “total”, yang implikasinya adalah mencapai kepuasan sebagian saja tidaklah cukup untuk membuat pelanggan setia dan kembali lagi. Ketika pelanggan merasa puas akan pelayanan yang didapatkan pada saat proses transaksi dan juga puas akan barang atau jasa yang mereka dapatkan, besar kemungkinan mereka akan kembali lagi dan melakukan pembelian-pembelian yang lain dan juga akan merekomendasikan pada teman-teman dan keluarganya tentang perusahaan tersebut dan produk-produknya. Juga kecil kemungkinan mereka berpaling ke pesaing-pesaing Anda. Mempertahankan kepuasan pelanggan dari waktu-ke-waktu akan membina hubungan yang baik dengan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang. Pemasaran bukanlah semata-mata membuat penjualan; melainkan tentang bagaimana memuaskan pelanggan terus-memerus. Ketika pelanggan merasa puas, penjualan berikutnya akan terjadi.
MEMPEROLEH KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI HUBUNGAN Sasono, Eko
VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS Vol 9, No 1 (2012): Vallue Added - Manajemen Unimus
Publisher : VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini menyajikan tinjauan strategis tentang bagaimana perusahaan dapat menjalin hubungan dengan pelanggan dan pihak lain, suatu komponen yang penting bagi strategi pertumbuhan perusahaan dan sukses jangka panjang. Bagaimana sebuah perusahaan dapat memposisikan dan membuat dirinya berbeda berdasarkan tentang bagaimana dia menciptakan hubungan pelanggan. Konsep segmen hubungan, mengeksplorasi pandangan bahwa semua pelanggan berbeda dan oleh karena itu membutuhkan jenis hubungan yang berbeda.
SUKARNO: SUATU TINJAUAN PERSPEKTIF SEJARAH DAN PERILAKU ORGANISASI Wilardjo, Setia Budhi
VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS Vol 9, No 1 (2012): Vallue Added - Manajemen Unimus
Publisher : VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kita mengenang kembali Presiden Pertama Republik Indonesia Sukarno, yang akrab dipanggil Bung Karno. Selama hidup beliau sejak dari masa muda, lalu menjadi tokoh pergerakan nasional, dan menjadi Presiden RI Pertama, sampai meninggal dunia diceritakan secara lugas dari perspektif sejarah dan perilaku organisasi. Beliau dikenal juga sebagai orator ulung yang ahli membangkitkan semangat. Banyak masalah timbul selama beliau memimpin negara ini dari masalah kecil sampai masalah besar seperti terjadinya pemberontakan diberbagai daerah di Indonesia. Sayangnya beliau meninggal dunia ketika masih dalam tahanan rumah setelah sakit ginjal waktu dan dimakamkan di Blitar disebelah makam ibunya. Kita juga akan melakukan critical review terhadap kepemimpinan beliau.
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP JUMLAH MAHASISWA BARU DAN ANALISIS PROMOSI MIX DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Iriyanto, Setia
VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus
Publisher : VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh beaya promosi terhadap jumlah mahasiswa baru dan analisis promosi mix di UNIMUS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru UNIMUS tahun akademik 2012/2013. Sampel yang diambil sebanyak 421 mahasiswa dari seluruh mahasiswa baru kelas reguler yang memang menjadi sasaran utama program promosi dengan teknik sensus dari semua aktif melaksanakan kegiatan perkuliahan. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis model regresi linier dan analisis deskriptif dari promosi mix. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung dari pengaruh variabel beaya promosi terhadap jumlah mahasiswa baru UNIMUS. = 0,360 < t tabel = 2,132, dengan angka signifikansi = 0,743 > a = 0,05 ( tidak signifikan ). Dengan demikian maka hipotesis (H1) bahwa Beaya Promosi berpengaruh positif terhadap Jumlah Mahasiswa Baru UNIMUS tidak terbukti. Hasil analisa promosi mix terhadap calon mahasiswa baru UNIMUS tahun 2012/2013 menunjukkan 6 (enam) bauran promosi yang menjadi efektif, yaitu pemberitaan UNIMUS melalui buletin/ koran/ majalah/ Internet = 205 mahasiswa atau 49 %, informasi melalui Web/ Internet = 185 atau 43,9 %, informasi/ oeran dari ortu/keluarga= 177 atau 42 %, baru disusul dengan brosur/ leaflet= 173 atau 41,1 %, kemudian promosi potongan harga/ diskon = 121 atau 29 %, serta melalui teman = 111 atau 26,4 %
PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food And Beverage) -, Farkhan; -, Ika
VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS Vol 9, No 1 (2012): Vallue Added - Manajemen Unimus
Publisher : VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Laporan keuangan mencerminkan suatu gambaran kinerja keuangan bagi sebuah perusahaan. Rasio-rasio pada laporan keuangan dapat memberikan gambaran tentang kondisi kesehatan keuangan pada sebuah perusahaan. Kinerja keuangan akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat untuk menanamkan investasinya. Masyarakat biasanya akan melihat perkembangan saham yang terjadi di Bursa Efek. Faktor keamanan keuangan sebuah perusahaan akan menjadi pertimbangan masyarakat untuk memutuskan pilihan investasi. Saat ini masyarakat kebanyakan menentukan investasinya pada pembelian saham. Bagi masyarakat saham masih dianggap paling aman untuk investasi. Salah satu alasan memilih saham,karena return saham dianggap memberikan nilai harapan lebih dari investasi lainnya. Pada perusahaan manufaktur memberikan persepsi bahwa, dengan banyaknya peredaran saham di masyarakat, maka bertambah pula kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan tersebut. Ini akan memberikan pengaruh positif perkembangan Bursa Efek Indonesia, terutama bagi perusahaan manufaktur.

Page 1 of 25 | Total Record : 245


Filter by Year

2005 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 2 (2019): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 15, No 1 (2018): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 15, No 1 (2018): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 12, No 2 (2016): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 12, No 1 (2016): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 11, No 1 (2015): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 11, No 2 (2015): Value Added - Manajemen Unimus Vol 11, No 1 (2015): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 9, No 1 (2012): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 8, No 2 (2012): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 9, No 1 (2012): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 8, No 2 (2012): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 8, No 1 (2011): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 7, No 2 (2011): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 8, No 1 (2011): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 7, No 2 (2011): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 7, No 1 (2010): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 6, No 2 (2010): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 7, No 1 (2010): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 6, No 2 (2010): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 6, No 1 (2009): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 5, No 2 (2009): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 6, No 1 (2009): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 5, No 2 (2009): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 5, No 1 (2008): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 4, No 2 (2008): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 5, No 1 (2008): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 4, No 2 (2008): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 4, No 1 (2007): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 3, No 2 (2007): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 4, No 1 (2007): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 3, No 2 (2007): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 3, No 1 (2006): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 2, No 2 (2006): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 3, No 1 (2006): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 2, No 2 (2006): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 2, No 1 (2005): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 2, No 1 (2005): Vallue Added - Manajemen Unimus More Issue