cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Pythagoras
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 161 Documents
Peningkatan Pembelajaran Geometri dengan Soal Open Ended Menantang Siswa Berpikir Tingkat Tingg Ekowati, Endah; Guntoro, Kukuh
PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: Desember 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.341 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui minat atau motivasi belajar siswa kelas 6 SD Buin Batu dalam  pembelajaran Geometri dengan soal Open Ended menantang siswa berpikir tingkat tinggi  (2)  untuk mengetahui bagaimana tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas 6 SD Buin Batu dalam  pembelajaran Geometri dengan soal  Open Ended menantang siswa berpikir tingkat tinggi. Adapun tempat penelitian di dalam kelas 6 SD Buin Batu untuk penelitian peningkatan prestasi belajar. Metode penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Tanggart dengan tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan serta refleksi untuk setiap siklus dan  penelitian ini bersifat kolaboratif dengan  Kepala sekolah sebagai observer di kelas 6 SD – 3 SMP Buin Batu Sumbawa Barat. Hasil pengolahan data untuk tiap siklus diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (a) untuk siklus pertama, dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu, terdapat 7 orang yang telah tuntas belajarnya secara individual dan 13 orang siswa yang tidak tuntas, sehingga secara klasikal terdapat 35 % dari seluruh siswa yang tuntas. Jadi penelitian ini perlu dilanjutkan dengan siklus selanjutnya, (b) dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu, terdapat 10 orang yang telah tuntas belajarnya secara individual dan 10 orang siswa yang tidak tuntas, sehingga secara klasikal terdapat 50 % dari seluruh siswa yang tuntas sehingga terdapat peningkatan sebesar 15 %. Jadi penelitian ini perlu dilanjutkan dengan siklus selanjutnya, (c) pada siklus ketiga (terakhir) dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu yang telah tuntas belajarnya 17 orang dan yang tidak tuntas 3 orang, sehingga pada siklus ini dihentikan penelitiannya karena terdapat 85 % secara klasikal telah tuntas belajarnya.  Kata kunci  :  Geometri, soal Open Ended ,berpikir tingkat tinggi, ketuntasan individu, ketuntasan klasikal    
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP BILINGUAL Listyani, Endang; Marsigit, Marsigit; Hidayati, Kana
PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: Desember 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.436 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaranMatematika di SMP bilingual yang mengembangkan kreativitas siswa. Pembelajaranyang dimaksud adalah pembelajaran yang mengembangkan metode yang mendorongsiswa meningkat keaktifannya, memenuhi berbagai macam kebutuhan akademik siswa,mendorong siswa meningkat kemampuan penalaran Matematika dan strategi belajarnya,serta mengembangkan penggunaan alat peraga dalam pelaksanaan pembelajaranMatematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dalam bentuk studi lanjutan(follow up study). Penelitian dilaksanakan dengan diawali memilih 3 SMP Bilingual yangmasing-masing mewakili 3 kabupaten atau kotamadya yang berbeda yaitu Bantul (SMPN I Bantul), Yogyakarta (SMP N 5 Yogyakarta), dan Kulonprogo (SMP N I Galur),kemudian tim peneliti dibantu 3 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematikamerencanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada tiap sekolah yang telah ditentukandan dilaksanakan pada tahun 2008. Data pada masing-masing PTK dikumpulkan melaluiinstrumen yang disusun berdasarkan kajian teori tentang kreativitas siswa dalam belajarMatematika dari Shigeo Katagiri (2004) yang dituangkan dalam bentuk lembar observasi,angket, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaanpembelajaran Matematika dengan model pembelajaran tipe think pair share dapatmeningkatkan keaktifan siswa di kelas VIII Bilingual SMP Negeri 1 Bantul, denganmodel cooperative learning tipe STAD dapat mengembangkan kreativitas siswa dalamhal peningkatan pemenuhan kebutuhan akademik siswa dalam belajar matematika dikelas VIII Bilingual SMP Negeri 5 Yogyakarta, sedangkan penggunaan alat peragamenjadi salah satu metode yang dapat digunakan dalam rangka mengembangkankrativitas siswa khususnya dalam aspek penalaran Matematika dan strategi belajarMatematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Galur.Kata Kunci : Kreativitas, Matematika, SMP Bilingual.
Internet Virtual Storage sebagai Alternatif Penyimpanan Data Hernawati, Kuswari
PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: Desember 2006
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.633 KB)

Abstract

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Revolusi Teknologi Informasi(TI) ikut mengubah perilaku masyarakat modern yang mencoba masuk dan menghirup atmosfer sebuah kebudayaan baru, suatu kecenderungan terciptanya “masyarakat tanpa kertas”. Untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Selain itu pengarsipan data sudah mulai meninggalkan kertas, dan menyimpannya dalam media penyimpanan seperti disket, CD, hardisk dan sebagainya. Banyaknya kejadian seperti kerusuhan, bencana alam yang terjadi misalnya gempa bumi, banjir yang menghancurkan gedung-gedung perkantoran yang sekaligus menghancurkan komputer beserta data-data didalamnya, telah memunculkan alternatif penyimpanan data dengan memanfaatkan TI,  yaitu dengan metode penyimpanan data di server, yang back-upnya bisa dibuat dalam beberapa versi dan bisa dilindungi dengan sistem keamanan berlapis.    Beberapa cara yang dapat digunakan diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas email dan menggunakan layanan perusahaan penyedia internet service storage. Perusahaan penyedia layanan bertugas menyimpan dan membackup data yang dikirimkan pada server mereka, dengan demikian data yang tersimpan dapat diambil, diakses kembali kapanpun dan dimanapun berada selama masih terhubung ke internet.    Perlu diingat bahwa keamanan data di email tidaklah 100% terjamin dan selalu ada resiko terbuka untuk umum, dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan oleh karena data itu akan melewati banyak server sebelum sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap data yang dikirimkan tersebut.  Untuk itu data dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan atau enkripsi. Begitu juga pada  internet service storage, meskipun penyedia layanan sudah melakukan pengamanan dengan secure http (https), tak ada salahnya apabila dilakukan pengamanan sendiri terhadap data dengan cara dienkripsi.Kata kunci : email, internet service storage
ANALISIS BUTIR SOAL DENGAN TEORI TES KLASIK (CLASSICAL TEST THEORY) DAN TEORI RESPONS BUTIR (ITEM RESPONSE THEORY) (Studi Kasus: Soal Ujian Olimpiade Sains Provinsi Bidang Informatika 2009) Mariati, Ida
PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Desember 2009
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.389 KB)

Abstract

ANALISIS REGRESI LOGISTIK ORDINAL UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI BALITA NELAYAN KECAMATAN BULAK SURABAYA Susilaningrum, Destri; Megahardiyani, Citra Elok
PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Desember 2009
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.323 KB)

Abstract

Keadaan gizi balita di Indonesia belum seluruhnya memenuhi kriteria baik, salah satunya adalah di kecamatan Bulak Surabaya. Standart penilaian status gizi di Indonesia menggunakan aturan WHO-NCHS, melalui nilai Zscore yang merupakan salah satu indikator antropometeri yaitu pengukuran berat badan berdasarkan umur (BB/U). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik ibu dan balita nelayan serta menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi balita nelayan di Kecamatan Bulak Surabaya. Metode yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi logistik ordinal. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa karakterstik ibu balita nelayan di kecamatan Bulak Surabaya 66% berpendidikan tidak tamat SMP, 67% usia ibu menikah ≤ 20 tahun dan 55% dari ibu yang melahirkan dengan usia ≤ 20 tahun. Sedangkan karakteristik balita di kecamatan Bulak Surabaya sebagian besar balita status gizinya normal yaitu sebesar 58.7%, 51% rumah tangga nelayan tergolong keluarga besar dan 61% berpenghasilan ≤ Rp1.500.000,-. Apabila dilihat dari sarana sanitasi, 71%. rumah tangga nelayan  sarana sanitasinya belum baik. Sebagian besar balita balita diberi ASI < 2 tahun dan tidak diimunisasi secara lengkap yaitu sebesar 63% dan 60%. Mayoritas balita diasuh sendiri oleh ibu dikarenakan ibu balita berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan sebagian besar diberi asupan makanan yang memenuhi empat sehat lima sempurna yaitu sebesar 80%. Status gizi balita nelayan secara signifikan ( =20%) dipengaruhi faktor-faktor: pendidikan ibu, kelengkapan imunisasi, dan penghasilan rumah tangga.Kata kunci : status gizi balita, statistik diskriptif, regresi logistik ordinal
ANALISIS KONJOIN UNTUK MENILAI PEMBUKAAN PROGRAM STUDI STATISTIKA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA Rusyana, Asep; Salwa, Nanny; Muzamil, Muzamil
PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Desember 2009
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.264 KB)

Abstract

Analisis konjoin biasa digunakan untuk mengukur tingkat kesukaan responden terhadap suatu produk. Pada penelitian ini, analisis konjoin diterapkan untuk mengidentifikasi penilaian dosen terhadap rencana pembukaan Program Studi Statistika di FMIPA Unsyiah. Atribut-atribut yang dilibatkan adalah dosen, peminat, pengguna lulusan, ruang kuliah, dan laboratorium. Responden terdiri atas 40 orang dosen FMIPA Unsyiah. Pengambilan contoh menggunakan penarikan contoh acak berlapis. Jurusan Matematika, fisika, kimia, dan biologi adalah masing-masing lapisan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ruangan adalah atribut yang paling penting untuk diperhatikan dan dosen FMIPA berpendapat bahwa ruangan kuliah kurang, pengguna lulusan banyak, dosen cukup, ruang laboratorium buruk, dan peminat kurang; sehingga kekurangannya harus diantisipasi. Kata kunci : Analisis konjoin, program studi Statistika
INTEGRAL HENSTOCK-STIELTJES FUNGSI BERNILAI VEKTOR Hanung, Umi Mahnuna; Indrati, Ch. Rini
PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Desember 2009
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.522 KB)

Abstract

This paper discusses about the generalization of the Henstock-Stieltjes integral for vector-valued functions which are defined on a closed interval [a,b]⊂R. The generalization has been done up to the existance of this integral.Key words: Henstock-Stieltjes integral, vector-valued function and bounded function.
PEMODELAN REGRESI ZERO INFLATED POISSON (APLIKASI PADA DATA PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI KLINIK REPRODUKSI PUTAT JAYA SURABAYA) Lestari, Alia; Purhadi, Purhadi; Ratna, Madu
PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Desember 2009
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.28 KB)

Abstract

Dalam menganalisis hubungan antara beberapa variabel, terdapat sejumlah fenomena dimana variabel responsnya berbentuk biner ataupun berbentuk diskrit. Fenomena dimana variabel responsnya berbentuk diskrit tapi tidak biner, biasanya dianalisis dengan Regresi Poisson. Namun demikian dalam kasus tertentu sering dihadapi suatu peristiwa yang sangat jarang terjadi atau responsnya mempunyai data nol yang sangat banyak, sehingga analisis dengan pendekatan distribusi Poisson seringkali tidak lagi memberikan kesimpulan yang tepat. Pada penelitian ini akan dikaji suatu metode untuk mengatasi banyaknya respons bernilai nol yang telah dikembangkan oleh Lambert (1992) yaitu Regresi Zero-Inflated Poisson (ZIP). Estimasi parameter model ini menggunakan Algoritma EM dan pengujian hipotesisnya menggunakan Likelihood Ratio Test. Aplikasi pada data Pekerja Seks Komersial di Klinik Reproduksi Putat Jaya Surabaya menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi zero state atau peluang yi bernilai nol sama dengan variabel yang mempengaruhi poisson state atau peluang yi berdistribusi Poisson, yaitu lamanya seorang PSK menjalani profesinya dan proporsi pemakaian kondom. Statistik Vuong yang dihasilkan menunjukkan bahwa Pemodelan Regresi ZIP menghasilkan model yang lebih baik daripada Regresi Poisson.Kata kunci :    Algoritma EM, Pekerja Seks Komersial (PSK), Penyakit Menular Seksual (PMS), Regresi Poisson, Zero Inflated Poisson (ZIP).
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DALAM ASPEK PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII Sulianto, Joko
PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Desember 2009
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.999 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk menganalisis keefektifan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan open ended dalam aspek penalaran dan pemecahan masalah pada materi segitiga di kelas VII. Permasalahan yang dikaji: 1) Apakah siswa yang mendapatkan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan open ended dapat mencapai ketuntasan belajar?, 2) Apakah kemampuan memecahkan masalah siswa yang mendapatkan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan open ended lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran metode ekspositori?, 3) Apakah penalaran siswa dapat mencapai kriteria sedang setelah mendapatkan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan open ended? Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Kesatrian 2 Semarang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Variabel yang dikaji adalah penalaran dan pemecahan masalah. Data diperoleh dari dokumentasi, tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji rata-rata, korelasi, analisis dwifaktor, dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat mencapai ketuntasan belajar, Penalaran siswa menunjukkan 33,33% menunjukkan siswa memiliki penalaran tinggi, 38,88% siswa memiliki penalaran sedang, dan 27 % siswa memiliki penalaran rendah kemudian dari tabel nilai sig 0,000 < 0,05 dengan nilai r = 0,745 artinya penalaran dan pemecahan masalah memiliki hubungan yang sangat kuat sebesar 74,5 %. Kemampuan memecahkan masalah siswa pada kelas pembelajaran kontekstual dengan pendekatan open ended lebih baik. Disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dengan pendekatan open ended dalam aspek penalaran dan pemecahan masalah pada materi segitiga di kelas VII efektif dan mencapai ketuntasan belajar.Kata kunci : keefektifan, pembelajaran kontekstual, open ended, penalaran, pemecahan masalah
SUATU KAJIAN ANALITIS PADA SISTEM PERSAMAAN AIR DANGKAL Mungkasi, Sudi
PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Desember 2009
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.65 KB)

Abstract

Makalah ini mengkaji sistem persamaan air dangkal secara analitis. Dua bentuk sistem persamaan air dangkal dibuktikan ekuivalen. Sifat hiperbolik, karakteristik, gelombang sederhana, pertidaksamaan entropi, dan gelombang shock dipaparkan.Kata kunci : persamaan air dangkal, sistem hiperbolik, gelombang sederhana,pertidaksamaan entropi, gelombang shock

Page 1 of 17 | Total Record : 161