cover
Contact Name
Amir
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Setiabudhi No.229 Bandung, 40154 Jawa Barat Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Allemania
ISSN : 20887582     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Bahasa dan Sastra Jerman. ISSN: 2088-7582 Terbit setahun dua kali setiap bulan Juni dan Desember, berisikan artikel hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi) serta resensi pustaka sekitar pendidikan bahasa dan sastra Jerman.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN BAHASA ASING DI SMA Mahfuddin, Azis
Allemania Vol 1, No 1 (2011): Allemania Vol. 1 No. 1 Juni 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.767 KB) | http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/123

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 telah berjalan lima tahun. Mata pelajaran bahasa asing (Jerman, Arab, Prancis dan Jepang) dalam kurikulum tersebut merupakan mata pelajaran pilihan yang tujuannya mengacu pada kebermaknaan dari bahasa asing tersebut (khususnya dalam konteks kehidupan global sekarang ini). Persoalan pokok yang dihadapi dewasa ini adalah bagaimana agar bahasa asing menjadi pengetahuan yang bermakna bagi peserta didik. Pada era global ini, bahasa asing sudah mendapat tempat bagi para peminatnya, karena alur komunikasi, pengetahuan, dan teknologi sangat membutuhkan penguasaan dan kemampuan bahasa tersebut. Namun sejauh mana pembelajaran bahasa asing tersebut sudah memberi makna pada kebutuhan peserta didik dalam kiprahnya, perlu ada evaluasi dan pengkajian ulang mengenai hal ihwal pengajaran bahasa asing.
PENGAJARAN BAHASA ASING DAN USIA PEMBELAJAR Permatawati, Irma
Allemania Vol 1, No 1 (2011): Allemania Vol. 1 No. 1 Juni 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/124

Abstract

Dalam pengajaran bahasa, khusunya bahasa asing, seorang pengajar tidak hanya cukup berbekal pengetahuan bahasa yang baik saja, namun perlu juga memperhatikan karakteristik dari pembelajar bahasa. Anak-anak, remaja, dan dewasa merupakan kelompok pembelajar yang berbeda berdasarkan usia. Masing-masing kelompok usia memiliki keunggulan dan kelemahan dalam konteks pembelajaran bahasa. Hal ini penting untuk diketahui dan diperhatikan oleh seorang pengajar agar ia mampu memilih pendekatan mengajar serta bahan ajar yang tepat guna keberhasilan pengajaran
PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK Setiawan, Setiawan
Allemania Vol 1, No 1 (2011): Allemania Vol. 1 No. 1 Juni 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/125

Abstract

In the teaching and learning process, the speaking skill of German language is still difficult to master. The fact shows that most learners still rarely use German language either in the classroom situation or in the real life. From the research conducted by Nurhani (2007) it is found that one alternative method of learning which can increase university students’ participation is the interactive method. One of the main features of this method is the group division which divided a group into large and small group. In this group the interaction between students can be increase. Based on that explanation, this research will developed a certain learning model which can increase the German speaking skill of university students. Few important results from this research are as follow: (1) the model is new to the German Department of UPI, (2) after implementing it three times, both lecturers and students are familiar with the situation developed and the discussion become more attractive and conducive in increasing the students skill especially in speaking, (3) the themes provided are still lack of variation and the lecturer roles as the facilitator of the discussion still needed to be developed, (4) this method can increase the students participation in the teaching and learning process, (5) it is recognized that lecturer have to develop a certain strategy in delivering the model of learning in speaking through the discussion technique, (6) by using Einstieg (introduction), the students are not only capable in knowing the coverage of the theme, but they also can identify the vocabulary and also the terms related to the theme. This will make the discussion more dynamic, (7) lecturer at least has to consider three aspects in group division: first the student’s competency, it means that all students with high learning achievement are spread into all group. Second, the time in making the groups. Third the class setting, (8) in the class discussion phase, lecturer must to be able to manage the class situation so that the discussion is not monopolize by few students.
“STATIONENLERNEN” SEBAGAI SALAH SATU INOVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN Permana, Pepen
Allemania Vol 1, No 1 (2011): Allemania Vol. 1 No. 1 Juni 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.05 KB) | http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/126

Abstract

Inovasi dalam pembelajaran dapat berdampak pada perbaikan, meningkatkan kualitas pembelajaran serta sebagai alat atau cara baru dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran. Dewasa ini banyak metode-metode pembelajaran inovatif yang ditawarkan, salah satunya adalah ‘Stationenlernen’, yakni sebuah metode belajar, di mana siswa belajar secara mandiri dengan bantuan bahan-bahan yang telah disiapkan dan disusun dalam beberapa stasiun (Stationen). ‘Stationenlernen’ menawarkan sebuah proses pembelajaran terbuka, mandiri, dan interaktif.
PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN Warningsih, Nining
Allemania Vol 2, No 1 (2012): Allemania Vol. 2 No. 1 Juni 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/127

Abstract

Terampil menggunakan bahasa sasaran merupakan tujuan utama yang ingin dicapai dalam pembelajaran bahasa asing, tak terkecuali dalam pembelajaranbahasa Jerman. Untuk terampil dalam berbahasa seseorang harus ditunjang oleh penguasaan kosakata yang baik. Namun yang terjadi di lapangan justrusebaliknya. Pembelajar mengalami kesulitan, baik dalam memahami isi bacaan maupun dalam mengungkapkan gagasan karena kurangnya penguasaankosakata. Seringkali kosakata yang mereka peroleh di dalam pelajaran dengan cepat terlupakan. Berdasarkan alasan tersebut dalam tulisan ini dipaparkanberbagai bentuk latihan untuk memantapkan penguasaan kosakata pembelajar yang dikemas dalam bentuk permainan.
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN UNTUK CALON PEMANDU WISATA BERBAHASA JERMAN DI JAWA BARAT Hutabarat, Mery Dahlia
Allemania Vol 2, No 1 (2012): Allemania Vol. 2 No. 1 Juni 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/128

Abstract

Absolventen von Deutschabteilungen in Indonesien haben zurzeit ganz selten Chance als Deutschlehrer an Schulen zu bekommen. Es wäre nützlich, wenn an Deutschabteilungen Tourismus als einer der Lernstoffe angeboten würde. Deshalb wurde eine Untersuchung durchgeführt, in der Lernmodelle fürFremdenbegleiter bzw. Fremdenführer in Westjava gemacht und geprobt wurden. Untersuchungsmethode dazu ist deskriptiv qulitative Methode und die Probanden waren Studenten im 7. Semester, die am Seminar Deutsch für spezielle Verwendung teilgenommen haben. Dabei benutzte man die Lernstragien wie autonomes Lernen, kommunikativen Unterricht und Rollenspiel. Von den Proben der Lernmodelle ergibt sich, dass mehr Studenten aktiv sind, um ihre Rolle als Fremdenführer an einer bestimmten Sehenswürdigkeit zu spielen.
EINFÜHRUNG ZU SPRECHÜBUNGEN Hutabarat, Mery Dahlia
Allemania Vol 2, No 2 (2013): Allemania Vol. 2 No. 2 Januari 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.085 KB) | http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/133

Abstract

Melatih pembelajar untuk berbicara dalam bahasa asing yang sedang ditekuninya membutuhkan tehnik latihan yang beraneka cara. Tehnik latihan itu mengacu kepada berbagai teori yang telah pernah digunakan dalam metode pembelajaran bahasa asing yang aktuil pada tiap-tiap zaman. Namun demikian, tehnik yang lama tetap sangat berguna untuk melatih pembelajar agar dapat berbicara. Saat ini berbicara dalam bahasa asing juga mengacu kepada standar acuan yang ditetapkan dalam Gemeinsamen Europäischen Referenzrahmen.
EFEKTIVITAS PENERAPAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA BAHASA JERMAN Permana, Pepen
Allemania Vol 2, No 2 (2013): Allemania Vol. 2 No. 2 Januari 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.195 KB) | http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/137

Abstract

Pemanfaatan internet dalam pembelajaran bahasa Jerman yang belum optimal, prestasi mahasiswa dalam kemampuan menulis yang belum memuaskan, dan pembelajaran menulis bahasa Jerman yang kurang inovatif adalah tiga hal utama yang melatarbelakangi diselenggarakannya penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Online dengan penerapan aplikasi Learning Management System (LMS) dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. LMS adalah salah satu cara dalam mengembangkan pembelajaran Online atau e-learning, yang merupakan sebuah aplikasi pengelolaan pembelajaran berbasis web yang memfasilitasi pembelajar untuk belajar sebagaimana mestinya dalam sebuah kelas virtual, kelas dalam dunia maya. LMS yang digunakan dalam penelitian ini adalah LMS berbasis Moodle yang telah tersedia di alamat http://lms.upi.edu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan penerapan LMS, sementara pada kelompok kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional dalam kelas. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari serangkaian tes awal dan tes akhir, dan kemudian dianalisis dengan uji perbandingan rata-rata (uji t) dan uji perbedaan skor gain. Setelah data penelitian terkumpul dan dianalisis, diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa ternyata kemampuan menulis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Terbukti pula bahwa pembelajaran dengan aplikasi LMS lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa. Mengingat penelitian inimenghasilkan sesuatu yang positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, maka disarankan bagi lembaga penyelenggara
CRAZY, BEDEUTUNG UND NUTZUNG VON KINDER- UND JUGENDFILMEN IM DEUTSCH-ALS - FREMDSPRACHENUNTERRICHT (EINE FILMADAPTION VON DEM ROMAN „CRAZY“) Hendra, Dani
Allemania Vol 2, No 2 (2013): Allemania Vol. 2 No. 2 Januari 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.475 KB) | http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/138

Abstract

Penggunaan film dalam pembelajaran bahasa asing, khususnya bahasa Jerman, masih sedikit „tabu“ atau kurang banyak dipergunakan. Film yang sejak lahirnya menyandang status media hiburan lebih terlihat sebagai Ablengkung atau pengganggu konsentrasi dalam proses belajar mengajar. Para orang tua akan lebih menganjurkan kepada anak-anaknya untuk membaca sebuah buku daripada menonton film. Untuk menyanggah argumentasi di atas, dalam artikel ini penulis akan memaparkan pengertian Kinder- und Jugendfilmen dan perbandingannya dengan media buku serta beberapa Vorteile atau keuntungan dari pengintegrasian film dalam pembelajaran bahasa Jerman.
VERFREMDUNGSEFFEKT (EFEK ALIENASI) DALAM TEKS DRAMA MUTTER COURAGE UND IHRE KINDER KARYA BERTOLT BRECHT Hayati, Isti
Allemania Vol 2, No 2 (2013): Allemania Vol. 2 No. 2 Januari 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.975 KB) | http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/139

Abstract

This research aims to reveal the Epic Theater and Alienation Effects (Verfremdungseffekt) in the text of Drama Mutter Courage und ihre Kinder by Bertolt Brecht. To make an audience think critically of the story presented, Bertolt Brecht’s use of effects called alienation effects (Verfremdungseffekt). In the text of the Drama entitled Mutter Courage und ihre Kinder, Alienation effects appearance in the form of songs, history record, language that was made foreign, an estimate of titles and contents, and contact with the audience, and the two different things go together. Alienation effect was made by Brecht that the reader / viewer can take a distance with the story, which was staged and can think rationally on Mutter Courage stories that live in the age of the war.

Page 1 of 2 | Total Record : 17