cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Humaniora
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan humaniora baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Negeri Malang dengan Nomor ISSN 2338-8110.
Arjuna Subject : -
Articles 201 Documents
Demotivating Factors in Learning English: Students’ Perceptions Khusyabaroh, Lutfiyan; Widiati, Utami; Anugerahwati, Mirjam
Jurnal Pendidikan Humaniora Vol 6, No 3: September 2018
Publisher : Pascasarjana UM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.453 KB)

Abstract

Abstract: Students’ demotivation is an area which is not widely reached from studies. It is essential to revover the students’ demotivation factors in learning English. 240 ninth grade of junior high schools students were taken part. There were four factors of demotivation, they were seen from teacher, classmates, text books and activities, and students’ characteristics aspects.Key Words: students’ demotivation, learning English, perceptionsAbstrak: Demotivasi siswa merupakan topik yang belum begitu tersentuh oleh penelitian. Oleh karena itu, penting untuk menguak penyebab demotivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Ada 240 siswa yang bersedia menjadi sampel penelitian ini. Hasil penelitian menemukan empat faktor demotivasi siswa, yaitu aspek giri, teman sekelas, buku pelajaran dan kegiatan, dan karakteristik siswa.Kata kunci: demotivasi siswa, belajar bahasa Inggris, persepsi
Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Strategi Genius Learning pada Siswa MI Darut Taqwa Pasuruan Achmad Yusuf
Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) Vol 1, No 1 (2013)
Publisher :

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.944 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi genius learning pada siswa MI Darut Taqwa Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif/kritis dengan bentuk Peneliti-an Tindakan Kelas (PTK), bersifat kolaborasi. Data penelitian ini diambil dari 38 siswa MI Darut Taqwa Pasuruan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi genius learning dapat meningkatkan kualitas proses: respons, motivasi, keaktifan, dan kerjasama; dan hasil pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi: penggunaan unsur narasi, penggunaan bahasa, dan mekanikal. Penelitian menyimpulkan bahwa penerapan strategi genius learning dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas V MI Darut Taqwa Pasuruan.Kata kunci: strategi genius learning, kemampuan menulis karangan narasi, pengalaman pribadi
Bentuk Tuturan Imperatif Bahasa Indonesia dalam Interaksi Guru-Siswa di SMP Negeri 1 Sumenep Andriyanto Andriyanto
Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) Vol 1, No 1 (2013)
Publisher :

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.74 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) bentuk tuturan imperatif bahasa Indonesia dalam interaksi guru-siswa di SMP Negeri 1 Sumenep, (2) jenis-jenis tuturan imperatif bahasa Indonesia dalam interaksi guru-siswa di SMP Negeri 1 Sumenep, (3) pesan tuturan imperatif bahasa Indonesia dalam interaksi guru-siswa di SMP Negeri 1 Sumenep. Data penelitian ini adalah wujud verbal bentuk tuturan imperatif yang digunakan guru-siswa dalam berinteraksi di sekolah. Data dikumpulkan dengan perekaman, observasi, catatan lapangan, dan wawancara yang ditata dalam bentuk transkripsi data. Hasil penelitian adalah: (1) bentuk tuturan imperatif formal dan nonformal bahasa Indonesia interaksiguru-siswa di sekolah, (2) jenis tuturan imperatif langsung dan jenis tuturan imperatif tidak langsung bahasa Indonesia interaksi guru-siswa di sekolah, dan (3) tiga belas pesan tuturan imperatif bahasa Indonesia interaksi guru-siswa di sekolah.Kata kunci: tuturan imperatif, bahasa guru, makna pragmatik imperatif
Asesmen Kebutuhan Pengembangan Profesionalisme Guru SMK Canni Loren Sianturi
Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) Vol 1, No 1 (2013)
Publisher :

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.12 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan profesionalisme guru SMK RSBI. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Malang dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan rancangan studi kasus. Instrumen kunci penelitian adalah peneliti sendiri dan informannya adalah guru, siswa, dan orangtua siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi, member check, dan expert judgement, untuk menjamin keabsahan temuan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan karakteristik kompetensi guru, kebutuhan primer pengembangan profesionalisme guru adalah diklat tentang konsep dasar dan penerapan pembelajaran berbasis character building, bilingual, ICT, dan cara melaksanakan PTK, kebutuhan sekundernya adalah workshop strategi peningkatan kinerja dan keterampilan guru dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan stakeholders; berdasarkan bentuk, lokasi, dan waktu pelaksanaan kegiatan pengembangan profesionalismenya dibuat dalam bentuk belajar secara teori dan praktik, dilaksanakan di lokasi yang mudah dijangkau tanpa harus meninggalkan tugas di sekolah dan keluarga, dan intensitasnya ditingkatkan.Kata kunci: asesmen kebutuhan, pengembangan profesionalisme, profesionalisme guru
Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Economic Literacy melalui Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS di SMA Kota Malang Denik Wulandari
Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) Vol 1, No 1 (2013)
Publisher :

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh (1) kompetensi pedagogik guru terhadap economic literacy melalui prestasi belajar siswa, (2) kompetensi profesional guru terhadap economic literacy melalui prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XII IPS di SMA RSBI se-Kota Malang pada tahun 2012, data diperoleh dari angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif signifikan terhadap economic literacy; (2) kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar; (3) prestasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap economic literacy; (4) kompetensi profesional guruberpengaruh positif signifikan terhadap economic literacy; dan (5) kompetensi profesional guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut secara keseluruhan dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru dapat mempengaruhi economic literacy siswa melalui prestasi belajar siswa. Kata kunci: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, prestasi belajar, economic literacy
Dekonstruksi Jaques Derrida sebagai Strategi Pembacaan Teks Sastra Marcelus Ungkang
Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) Vol 1, No 1 (2013)
Publisher :

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.641 KB)

Abstract

Artikel ini membahas dua masalah utama, yaitu (1) gagasan-gagasan kunci dekonstruksi Derrida dan (2) dekonstruksi sebagai strategi pembacaan teks sastra. Gagasan-gagasan kunci dekonstruksi adalah (1) differance, (2) tilas, (3) suplemen, (4) teks, (5) iterabilitas, (6) ketiadaan putusan, dan (7) diseminasi. Sebagai strategi pembacaan, dekontruksi berpijak pada asumsi dasar bahwa bahasa ditandai instabilitas, tidak ada metode yang bisa menafsirkan teks secara tuntas, dan ketakterbatasan kemungkinan pembacaan teks. Pola minimal tahapan pembacaan dekonstruksi adalah(1) rekonstruksi, (2) dekonstruksi, dan (3) reinskripsi. Kemungkinan hasil pembacaan dekonstruksi dapat berupa (1) invensi, (2) “yang lain”, atau (3) teks mendekonstruksi dirinya sendiri.Kata kunci: dekonstruksi, teks, derrida
Representation of Teachers’ Identity in EFL Classroom Interactions Meinarni Susilowati
Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) Vol 1, No 1: Maret 2013
Publisher :

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.918 KB)

Abstract

This sociocultural linguistic study aimed investigating the teachers’ identity representation in their classroom interactions. This study was conducted by considering the significant roles the teachers played in orchestrating classroom activities which involved the accumulation of the teachers’ efforts, values and beliefs. The findings revealed that the teachers exposed their identity in differentways for both different roles and local positioning which were culturally, socially, politically, and religiously constructed. The teachers also perceived their identity which could be clustered into four broad areas which showed their understanding and the significant functions of their identity representation. Some pedagogical implications were derived from these findingsKey Words: teachers’ identity representation, classroom interactions
Keberlanjutan Kemitraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pramuji Wibowo
Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) Vol 1, No 1: Maret 2013
Publisher :

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.499 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kemitraan dalam pemaknaan lembaga mitra kerja yang telah bekerjasama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Sehingga diketahui alasan mitra kerja mempertahankan keberlanjutan kemitraan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tradisi metode fenomenologi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kemitraan dapat terus bertahan dan berlanjut karena adanya kepercayaan dari pihak mitra PKBM. Kepercayaan ini dihasilkan dari kepuasan kinerja, kenyamanan penyelenggaraan, dan kesesuaian latar belakang keilmuan pengurus PKBM. (2) Kepuasan dikarenakan niat awal kemitraan yang baik, penyelenggaraanprogram maksimum, dan kebanggaan lembaga mitra. (3) Kenyamanan disebabkan tidak ada komplain dan keluhan masyarakat, kendala dan permasalahan, saling menghargai, lancar koordinasi dan komunikasi. (4) Kesesuaian latar belakang keilmuan pengurus dikarenakan keefektifan dalam penjelasan program, mampu mempertahankan motivasi, dan mendukung kreatifitas alumni mahasiswa PLS.Kata kunci: keberlanjutan, kemitraan, pusat kegiatan belajar masyarakat
Using Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Strategy to Improve the Students’ Speaking Skill at Vocational School Rumiarsih Rumiarsih
Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) Vol 1, No 1: Maret 2013
Publisher :

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.43 KB)

Abstract

The present study was conducted in order to describe how Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Strategy can improve the students’ speaking skill. The researcher used Classroom Action Research (CAR) and applied it in the teaching of speaking of XII TKR 2 of SMK Negeri 1 Madiun. The finding of this research indicated that the STAD Strategy was successful in improving the students’ speaking skill. The STAD Strategy employed in this study consisted five steps, namely: (1) forming teams; (2) class presentation; (3) quiz; (4) individual improvement score; and (5) team recognition. The activities in those five steps which were don chronologically improved both in the students’ speaking achievements and the students’ participation during the teaching and learning of speaking.Key Words: speaking skill, student teams-achievement divisions (STAD) strategy
Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan dan Pengetahuan Dasar Ekonomi terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi Sari Mei Nokadianti
Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) Vol 1, No 1: Maret 2013
Publisher :

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.681 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua, per-sepsi siswa atas lingkungannya dan pengetahuan dasar ekonomi siswa terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMA di Kota Madiun. Hasil penelitian ini me-nunjukkan bahwa: semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua, makin tinggi tingkat pengetahuan dasar ekonomi siswa; semakin kuat persepsi siswa atas lingkungannya, makin rendah tingkat pengeta-huan dasar ekonomi siswa; semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua, makin tinggi tingkat rasi-onalitas perilaku konsumsi siswa; semakin kuat persepsi siswa atas lingkungannya, makin tinggi tingkat rasionalitas perilaku konsumsi siswa; semakin tinggi tingkat pengetahuan dasar ekonomi sis-wa tidak memiliki pengaruh terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa; tidak terdapat  pengaruh tidak langsung antara status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa melalui pengetahuan dasar ekonomi siswa; tidak terdapat pengaruh tidak langsung persepsi siswa atas lingkungannya melalui pengetahuan dasar ekonomi siswa terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa.Kata kunci: status sosial ekonomi, lingkungan, rasionalitas

Page 1 of 21 | Total Record : 201