cover
Filter by Year
BioEdu
ISSN : -     EISSN : -
BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Articles
250
Articles
PENERAPAN LKS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X

NUR IZZA, HASNA, Fitrihidajati, Herlina, Sri Prastiwi, Muji

BioEdu Vol 5, No 1 (2016): BioEdu
Publisher : BioEdu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Lembar kegiatan siswa (LKS) dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis didasarkan pengalaman ilmiah. Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlaksanaan penerapan LKS scientific approach materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X. Keterlaksanaan penerapan LKS scientific approachdiketahui dari hasil LKS dan tes berpikir kritis. Metode penelitian yaituOne Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis di LKS memperoleh rata-rata persentase 89,3% dengan kategori sangat baik dan tes berpikir kritis memperoleh rata-rata persentase pretest dan posttest sebesar 33,5% dan 91,0%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan keterlaksanaan penerapan LKS scientific approach materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X.

VALIDITAS, KEPRAKTISAN, DAN EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN MAGNETIK  PADA MATERI MUTASI GEN

HESTARI, SELVIRA, Susantini, Endang, Lisdiana, Lisa

BioEdu Vol 5, No 1 (2016): BioEdu
Publisher : BioEdu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan pengembangan media pembelajaran papan magnetik mutasi gen sebagai salah satu alternatif untuk mengajarkan materi mutasi gen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media papan magnetik mutasi gen yang valid, praktis dan efektif. Prosedur pengembangan media yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain media, validasi desain, revisi desain, dan uji coba terbatas pada 20 siswa. Uji coba media dilakukan di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Media papan magnetik dinyatakan sangat valid dengan persentase sebesar 96,15%, sangat praktis dengan persentase 93,96% berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa, efektif berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 85% dan respon siswa 86%.

VALIDITAS BUKU AJAR BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI EKOLOGI UNTUK KELAS X SMA

Susantini, Endang, Fitrihidajati, Herlina

BioEdu Vol 5, No 1 (2016): BioEdu
Publisher : BioEdu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas buku ajar berbasis scientific approach materi ekologi kelas X SMA. Buku ajar dikembangkan di jurusan Biologi Fakultas MIPA Unesa menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Buku ajar diuji cobakan secara terbatas pada 16 peserta didik kelas X MIA SMA NU 1 Gresik. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli pendidikan, ahli materi, dan guru biologi menunjukkan bahwa buku ajar dinyatakan sangat valid dengan rata-rata skor sebesar 3,60 sehingga buku ajar dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran.

VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAMES PUZZLE SUB MATERI PERANAN KLOROPLAS DAN MITOKONDRIA

ROHMAN, ABDUR, , Isnawati, Lisdiana, Lisa

BioEdu Vol 5, No 1 (2016): BioEdu
Publisher : BioEdu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Materi sel merupakan salah satu materi yang terdapat dalam pembelajaran biologi yang pada umumnya memiliki banyak istilah berupa hafalan. Hal tersebut membuat motivasi siswa relatif rendah dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media games puzzle pada sub materi peranan kloroplas dan mitokondria yang layak digunakan dan mendeskripsikan kelayakan media games puzzle berdasarkan hasil telaah media. Validitas media diukur berdasarkan hasil telaah yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru biologi SMA terhadap media pembelajaran games puzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan persentase skor telaah media sebesar 81,5%. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis games puzzle pada sub materi peranan kloroplas dan mitokondria yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.

PROFIL INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA MATERI FAKTOR LUAR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

BUDIASRI AZMAH, KHOLIDIYAH, Sri Rahayu, Yuni, Sri Prastiwi, Muji

BioEdu Vol 5, No 1 (2016): BioEdu
Publisher : BioEdu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Profil Instrumen Penilaian Kinerja pada materi Faktor Luar yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan berdasarkan hasil validasi, reliabilitas instrumen, dan respon siswa. Instrumen Penilaian Kinerja digunakan sebagai alat penilaian yang menilai siswa secara komprehensif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode angket untuk validitas dan respon siswa dan observasi untuk reliabilitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan validitas sebesar 93,33%, reliabilitas instrumen sebesar 0,698, dan respon positif siswa sebesar 94,45%.

VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI PENGAMATAN BURUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI AVES KELAS X

ADI SAPUTRA, BACHTIAR, Kuntjoro, Sunu, Ambarwati, Reni

BioEdu Vol 5, No 1 (2016): BioEdu
Publisher : BioEdu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mempunyai keanekaragaman burung yang tinggi, namun juga memiliki jumlah jenis burung yang terancam punah cukup banyak. Semangat konservasi burung dapat ditanamkan kepada generasi muda melalui pembelajaran materi Aves dengan memanfaatkan alam sekitar yang dibantu dengan LKS berorientasi pengamatan burung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas LKS untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4D, yaitu define (pendefinisian); design (perancangan); develop (pengembangan); dan disseminate (penyebaran). Tahap Pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi Unesa selanjutnya diujicobakan terbatas kepada 15 siswa SMAN 16 Surabaya. Hasil validasi dinyatakan sangat valid berdasarkan validasi ahli dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata ketercapaian indikator sebesar 88,33%.

KELAYAKAN LKS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SUB POKOK BAHASAN ANGIOSPERMAE UNTUK SMA KELAS X

RIZA RIZQIYAH, IKA, Faizah, Ulfi, , Wisanti

BioEdu Vol 5, No 1 (2016): BioEdu
Publisher : BioEdu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

                Pola pembelajaran dengan pendekatan saintifik merubah pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi pola pembelajaran bersifat interaktif. Konsep pembelajaran dengan metode saintifik merupakan usaha  sistematik untuk mendapatkan jawaban atas masalah melalui penalaran dan pengamatan. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa dengan pendekatan saintifik pada sub pokok bahasan Angiospermae untuk SMA kelas X. Kegiatan dalam LKS meliputi dua kegiatan yaitu kegiatan pertama mengamati, mengklasifikasikan tumbuhan Angiospermae ke dalam kelas monokotil dan dikotil, dan kegiatan kedua melakukan praktikum perkecambahan serbuk sari dari tumbuhan Angiospermae (pacar air).    Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dimulai dari mengetahui   potensi dan masalah pembelajaran pada materi Angiospermae sampai dengan merevisi produk. Penelitian ini   dilaksanakan di SMA Shafta Surabaya pada bulan Mei 2015. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi LKS dengan pendekatan saintifik berdasarkan   identitas LKS (98,33%), syarat teknik (100%), syarat konstruksi (100%), isi (98,33%), dan kegiatan   keterampilan saintifik (100%) dengan interpretasi sangat valid, kepraktisan LKS berdasarkan aspek aktivitas    siswa      masing-masing sebesar 98,75% dan 97,50% dengan interpretasi sangat aktif dan respons siswa   dengan persentase sebesar 89,29% dengan interpretasi sangat efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKS dengan pendekatan saintifik pada sub pokok bahasan Angiospermae dapat melatihkan keterampilan   saintifik mulai dari kegiatan mengamati sampai dengan kegiatan mengkomunikasikan data hasil pengamatan.

KELAYAKAN TEORITIS LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SUBMATERI TUMBUHAN PAKU UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS X

MIRNAWATI, IVA, Indana, Sifak, Kartika Indah, Novita

BioEdu Vol 5, No 1 (2016): BioEdu
Publisher : BioEdu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan saintifik submateri tumbuhan paku untuk melatihkan keterampilan proses siswa kelas X yang layak secara teoritis berdasarkan hasil validasi para ahli. Penelitian ini mengacu pada pengembangan Model 4D define, design, develop tanpa disseminate. Pengembangan LKS ini diharapkan dapat membantu siswa melatihkan keterampilan proses khususnya keterampilan mengamati, mengklasifikasidan mengkomunikasikan.Uji coba terbatas dilakukan di SMA Negeri 17 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan LKS layak secara teoritis meliputi aspek identitas LKS, teknis (penampilan), didaktik (isi), konstruksi (bahasa), kegiatan saintifik dan keterampilan proses yang dilatihkan yang mendapatkan persentase 95,38 % dengan kriteria sangat layak.

KELAYAKAN PERANGKAT PENILAIAN MATERI EKOLOGI YANG SESUAI DENGAN TAGIHAN KURIKULUM 2013

FEBRIANA, MAYA, Rachmadiarti, Fida, Faizah, Ulfi

BioEdu Vol 5, No 1 (2016): BioEdu
Publisher : BioEdu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

       Penilaian sangat penting untuk mengetahui tingkat kompetensi peserta didik. Implementasi penilaian kurikulum 2013 tidak hanya dari segi pengetahuan saja, akan tetapi juga dari segi sikap dan keterampilan. Kurikulum 2013 mempersyaratkan penilaian otentik (penilaian tugas, observasi sikap, dan portofolio) selain itu juga penilaian non-otentik (penilaian tes). Berdasarkan wawancara dengan guru Biologi SMA kelas X di SMAN 3, SMAN 8, dan SMAN 19 Surabaya menyatakan bahwa guru merasa kesulitan dalam membuat rubrik penilaian dan melakukan proses penilaian pada materi Ekologi yang sesuai dengan tagihan penilaian Kurikulum 2013 dikarenakan materi yang disampaikan banyak dan waktu tatap muka terhitung singkat. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat penilaian pada materi Ekologi yang sesuai dengan penilaian Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat menggunakan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) namun disseminate tidak dilakukan. Pembuatan perangkat dilakukan pada bulan Agustus 2015 – Januari 2016 di Jurusan Biologi. Validasi instrumen penilaian ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan konstruksi menggunakan lembar validasi. Perangkat penilaian yang dikembangkan dan dihasilkan berupa penilaian sikap (sosial dan spiritual), pengetahuan, dan keterampilan. Kelayakan perangkat penilaian ditentukan berdasarkan hasil validasi dari dua dosen penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil validasi menunjukan bahwa perangkat penilaian pada materi Ekologi dinyatakan layak dengan persentase 83,61 %.

VALIDITAS DAN KETERLAKSANAAN LKS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI SISTEM INDERA

YULIRISNAWATI, INTAN, Kuswanti, Nur, Indana, Sifak

BioEdu Vol 5, No 1 (2016): BioEdu
Publisher : BioEdu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Guided discovery merupakan suatu model untuk melatih siswa menemukan, menyelidiki sendiri secara aktif sehingga konsep yang diterima dapat bertahan dalam memori jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS guided discovery untuk menunjang pelaksanaan pendekatan saintifik materi sistem indera berdasarkan validitas dan keterlaksanaan LKS. Model pengembangan LKS yang digunakan yaitu R&D. Uji coba LKS secara terbatas dilaksanakan pada Mei 2015 di SMAN 1 Madiun. Validitas dan kepraktisan ditentukan berdasarkan hasil validasi dan keterlaksanaan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS mendapatkan skor rata-rata 3,64 dengan kategori sangat valid dan keterlaksanaan tahap-tahap kegiatan LKS mencapai 100% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan keterlaksanaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS guided discovery untuk menunjang pelaksanaan pendekatan saintifik pada materi sistem indera berkategori layak.