cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 151 Documents
Analisis implementasi pendidikan berbasis budaya pada lembaga pendidikan nonformal di Daerah Istimewa Yogyakarta Djazifah, Nur; Mulyadi, Mulyadi; Septiarti, Serafin Wisni
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan JPIP Vol 8, Nomor 2, September 2015
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i2.8271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya analisis terhadapimplementasi pendidikan berbasis budaya (Perda no 5 Tahun 2011) di Daerah IstimewaYogyakarta khususnya pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sebagai layananpendidikan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa 1) sosialisasi pendidikan berbasis budaya dilakukansecara terstruktur dari tingkat propinsi hingga lembaga penyelenggara kursus melaluiworkshop, TOT, seminar, FGD; 2) Tingkat kesiapan LKP dalam menjalankan pendidikanberbasis budaya dari aspek isi, proses, sarana prasarana dan sumber daya manusia terlibatdalam layanan pendidikan masyarakat ini berbeda-beda. Terdapat 46 LKP di DIY dengankualifikasi terakreditasi BANPNF ada sebagian yang belum sepenuhnya menerapkanpendidikan berbasis budaya; 3) Beberapa kesulitan yang teridentifikasi kaitannya denganimplementasi Perda no 5 Tahun 2011 tentang pendidikan berbasis budaya ini meliputikompleksitas permasalahan yang dihadapi LKP, kesulitan dalam mencari indikatorpendidikan berbasis budaya berdasarkan nilai-nilai luhur budaya Yogyakarta sehinggatidak mudah untuk diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran, waktu yang digunakanuntuk menyusun kurikulum berbasis budaya ke dalam format-format yang baru sangatpanjang dengan tim yang sering berganti-ganti sehingga terkesan melelahkan
PEMANFAATAN MODAL SOSIAL (SOCIAL CAPITAL) DALAM PROGRAM PENDIDIKAN DESA VOKASI DI GEMAWANG KABUPATEN SEMARANG Tohani, Entoh
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN JPIP Maret 2014
Publisher : JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Program Desa Vokasi sebagai bentuk pendidikan kewirausahaan masyarakat bertujuanuntuk membekali kelompok sasaran dengan kemampuan wirausaha yang dapat digunakanuntuk berusaha baik secara mandiri maupun bekerja bersama orang lain. Keberhasilanprogram ini ditentukan oleh seberapa besar modal sosial (social capital) dimanfaatkan dalampenyelenggaraannya. Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatanmodal sosial dalam penyelenggaraan program dimaksud. Unit analisis dalam penelitian iniadalah program Desa Vokasi Gemawang, Desa Gemawang, Kec. Jambu, Kab. Semarang,Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, danobservasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkanpemanfaatan modal sosial yang dilakukan kelompok lebih cenderung bersifat mengikatdengan para aktor wirausaha yang masih minim. Oleh karenanya, pengembangan programpendidikan ini perlu dilakukan dengan mendasarkan pada pemanfaatan modal sosial yangmampu memberikan dampak yang lebih besar.Kata kunci: modal sosial, pendidikan, kewirausahaan, program Desa Vokasi
IMPLEMENTASI LEARNING CYCLES MODEL ”THREE MURANOI’S INTERACTION ENHANCEMENTS” PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS Mustadi, Ali
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN JPIP Maret 2014
Publisher : JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan Learning Cycles Model‘ThreeMuranoi’s Interaction Enhancements’ pada kompetensi English for Bilingual Instructiondalam proses pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakanpendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek mahasiswa program studi PGSD. Pengumpulandata dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan catatan lapangan.Hasil menunjukkan bahwa implementasi tersebut telah berjalan dengan baik. Dalam prosespembelajaran, kompetensi English for Bilingual Instruction, yang merupakan salah satubagian dari kompetensi Sociolinguistic dan kompetensi Strategic dalam teori CommunicativeCompetence menjadi fokus utama penelitian ini, di mana desain pembelajaran kompetensiEnglish for Bilingual Instruction menggunakan ke-3 tahap yaitu: tahap 1) rehearsal phase,tahap 2) performance phase, dan tahap 3) debriefing phase yang dilaksanakan melalui 3 tahapLearning Cycles model Three Muranoi’s Interaction Enhancements.Kata Kunci: Three Muranoi’s Interaction Enhancements, English for Bilingual Instruction
MODEL PENGEMBANGAN KULTUR AKADEMIK DI LINGKUNGAN FIP UNY Sisca Rahmadonna, Arif Rohman, Farida Hanum, Rahayu Condro, Nany Sutarini,
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN JPIP Maret 2014
Publisher : JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pengembangan kulturakademik di lingkungan FIP UNY. Pendekatan yang dipakai adalah R and D denganmengadopsi model Borg dan Gall. Tahap awal, mengkaji aneka pustaka dan memotretkultur. Tahap kedua, mendalami elemen kultural untuk menemukan modelpengembangan kultur yang akan dilakukan tahap berikutnya. Populasi penelitian adalahseluruh dosen FIP UNY. Tiga puluh subyek dari unsur mahasiswa dan 20 dosen dipilihsecara purposive berdasarkan kriteria pengalaman dan akademik. Data digali denganwawancara mendalam kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasilnyaadalah pengembangan kultur akademik sangat memerlukan keteladan dari figur yangdijadikan contoh dari pimpinan dan dosen senior. Strategi efektif dapat dipakai untukmengembangkan kultur akademik adalah dimulai dari yang simple, visible, feasible,possible, dan passable. Diperlukan sosialisasi secara berulang dan melekat.Pengembangan kultur diadopsi dan diaplikasikan melalui sistem reward bukanpunishment. Perlunya unit khusus non-struktural yang bertugas melakukan sosialisasidan law inforcement terhadap etika dan aturan akademik. Untuk itu, diperlukananggaran yang cukup dan komitmen kolaborasi sinergis antara pimpinan fakultas,jurusan, dan dosen.Kata Kunci: pengembangan model, kultur akademik, kampus FIP
PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DAN DAMPAKNYA DI SD BUDI MULIA DUA SEDAYU BANTUL Husna, Aini
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN JPIP Maret 2014
Publisher : JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan manajemen mutu terpadu danmengetahui dampaknya di SD Budi Mulia Dua Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan Manajemen MutuTerpadu pada aspek: layanan sekolah terhadap siswa sudah cukup baik, sumber daya manusiasudah cukup baik, lingkungan sudah cukup baik, proses pembelajaran sudah baik, dan lulusansudah baik, 2) Dampak positif penerapan Manajemen Mutu Terpadu adalah meningkatnyaprestasi sekolah dan siswa serta guru sehingga berdampak pada peningkatan kepuasan orangtua siswa. Dampak negatifnya adalah adanya peningkatan biaya untuk melakukan perbaikansarana dan prasarana dan pelatihan bagi guru dan karyawan, sehingga menyebabkanmenurunnya minat orang tua untuk mendaftarkan anaknya di sekolah ini, 3) Caramempertahankan dampak positif dari penerapan Manajemen Mutu Terpadu denganmelakukan pengendalian terhadap mutu sekolah baik secara internal maupun secara eksternal.Kata Kunci: penerapan, manajemen mutu terpadu
IMPLEMENTASI MANAJEMEN UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA MATARAM Afriadi Z., Deddy
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN JPIP Maret 2014
Publisher : JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan, kontrol UN, faktor pendukung dan penghambat manajemen UN, serta solusiyang dilakukan dalam menghadapi masalah-masalah dalam manajemen UN SMA di KotaMataram. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datamenggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokmentasi. Hasil penelitian menunjukkanbahwa: 1) Dinas Pendidikan Kota Mataram sudah melakukan perencanaan dan persiapanyang disesuaikan dengan POS UN terkecuali penandatanganan pakta integritas dengan satuanpendidikan, 2) terdapat perbedaan yang cukup berarti dalam intensitas persiapan UN, 3)terjadi perbedaan sistem penunjukkan kepanitiaan dan perbedaan pendapat tentang kriteriakepanitiaan tingkat sekolah, 4) pengawasan terhadap soal dan LJUN masih memberi celahuntuk terjadinya kecurangan, 5) pengamanan terhadap lembar soal dan LJUN dilakukancukup ketat, 6) kendala dalam penyelenggaraan UN adalah kelambanan pengumpulan data,kurangnya dana yang dimiliki sekolah swasta, minimnya sarana prasarana pendukung,kualitas dan kuantitas SDM yang kurang,lambannya pencairan anggaran, terlambatnyadistribusi soal, manajemen waktu yang kurang baik, 7) faktor pendukung yaitu kerjasamayang baik antar panitia, akses informasi yang cepat, kepala sekolah yang sigap, pengalamanpanitia, kesiapan siswa, kesigapan pengawas, sistim 20 paket soal dan barkode, 8) solusi yangdilakukan adalah mengkomunikasikan setiap persoalan dengan pihak terkait.Kata kunci: manajemen pendidikan, manajemen UN, pelaksanaan UN di Kota Mataram
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI SE KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN Sapti Wulandari, Erna
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN JPIP Maret 2014
Publisher : JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi dan gambarankeberhasilan MBS di SMP Negeri Kecamatan Kalasan dalam usahanya menyiapkan lulusanyang berkompeten dan berdedikasi tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif untukmendeskripsikan data/informasi dalam bentuk tabel frekuensi serta analisis atas masingmasingdata yang ada sesuai dengan arah penelitian. Penelitian dilakukan di 2 SMP Negeri diKecamatan Kalasan, yaitu SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 4. Jumlah subjek penelitian ada180 orang terdiri dari 100 orang guru, 50 pegawai TU dan 30 orang pengurus komite sekolah.Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis datamenggunakan deskriptif berupa distribusi frekuensi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa:pertama, pelaksanaan MBS dari aspek input, proses, dan output, masuk kategori sangat baik.Aspek input masuk kategori sangat baik mencapai 62,2%, aspek proses masuk kategorisangat baik mencapai 58,9% dan aspek output masuk kategori sangat baik mencapai 69,4%.Kedua, ketersediaan guru yang berdedikasi tinggi yang mampu memberi bekal ilmupengetahuan dan keterampilan kepada siswa tersedia di sekolah masuk kategori sangat tinggi57,2 %. Ketiga, ketersediaan sarana-prasarana bagi siswa baik dari sisi kuantitas maupunkualitasnya. Persentase kategori mencapai 40,6%. Keempat, partisipasi masyarakat dalammembantu mengembangkan dan meningkatkan sekolah masuk kategori tinggi 43,3 %.Kelima, upaya sekolah meningkatkan prestasi siswa melalui proses pembelajaran dengansistem MBS masuk kategori tinggi yaitu 45,0 %.Kata kunci: manajemen berbasis sekolah, sekolah menengah pertama
HUBUNGAN MOTIVASI KERJA, KEMAMPUAN KOMUNIKASI, DAN MANAJEMEN GURU DENGAN KINERJA GURU SD MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA Rasidi, -
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN JPIP Maret 2014
Publisher : JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja guru dengan motivasi,kemampuan komunikasi dan manajemen. Penelitian ini menggunakan metode korelasionalkuantitatif. Populasinya 253 guru anggota melibatkan sampel 156 responden. Penentuansampel berdasar teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berbentuk angket.Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, korelasi product moment dan analisisregresi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi kerja dalam kategori cukupbaik (64%), kemampuan komunikasi guru kategori baik (80,31%), manajemen guru kategoribaik (77,43%), dan kinerja guru kategori baik (75,18%). Hasil regresi menunjukkan motivasikerja, kemampuan komunikasi guru, manajemen guru mempunyai hubungan yang positif dansignifikan dengan kinerja guru.Kata kunci: motivasi kerja, kemampuan komunikasi guru, manajemen guru, kinerja guru
PERBANDINGAN BERBAGAI METODE PENSKALAAN YANG DIKEMBANGKAN THURSTONE Agus Setiawati, Farida
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN JPIP Maret 2014
Publisher : JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Louis Leon Thurstone adalah pelopor pengukuran karakteristik psikologis manusia. Iamengembangkan penskalaan dengan menggunakan metode perbandingan pasangan, intervaltampak sama, dan interval suksesif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasilpenskalaan instrumen multiple intelligences pada tipe Thurstone. Secara umum penelitian inimenggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang dalam pelaksanaannya terdiri daripengembangan instrumen dan penskalaan data hasil uji instrumen. Pengembangan instrumendilakukan dengan menyusun konstruk, spesifikasi instrumen, penulisan item, validasi isi,ujicoba dan analisis data. Analisis dilakukan secara diskriptif. Hasil penskalaan menggunakanmetode paired comparison didapatkan urutan skor tiap stimulus, yaitu logika matematika,visual-spasial, musik, natural, linguistik, kinestetik, intrapersonal, dan interpersonal. Denganmetode interval tampak setara didapatkan urutan skor terstandar dari yang rendah hinggatinggi pada dimensi interpersonal, intrapersonal, linguistik, logika-matematika, kinestetik,visual-spatial, naturalis dan musik. Dengan menggunakan interval suksesif didapatkan skor zpada tiap respon item. Hasil tersebut menunjukkan skor hasil penskalaan yang berbeda-bedadengan menggunakan metode yang berbeda.Kata kunci: penskalaan, multiple intelligences, tipe Thurstone
PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN ETOS BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH DI DAERAH PINGGIRAN PROVINSI DIY Deni Hardianto, Ariywan Agung, Sugeng Bayu Wahyono,
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN JPIP Maret 2014
Publisher : JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model belajar untuk meningkatkan etosbelajar siswa sekolah menengah di daerah pinggiran provinsi DIY. Penelitian ini merupakankelanjutan dari penelitian sebelumnya tentang etos belajar siswa sekolah menengah di daerahpinggiran provinsi DIY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianpengembangan, dengan langkah penelitian difokuskan pada dua tahap yaitu tahapprelimenary dan tahap formative evaluation. Pada tahap prelimenary akan dilakukanpersiapan dan prosedur kerja penelitian, sedangkan tahap formative evaluation dilakukanprototyping (penyusunan model belajar) yang di expert reviews,one-to-one dan small group,serta field test. Uji coba model belajar dalam penelitian ini dilakukan di salah satu SD diKabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa model pembelajaran centering themargine memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan etos belajar siswa di daerahpinggiran.Kata Kunci: model belajar, etos belajar

Page 1 of 16 | Total Record : 151