cover
Filter by Year
Berkala Ilmiah MIPA
ISSN : -     EISSN : -
Articles
99
Articles
Pengaruh Konsentrasi Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Stabilitas Emulsi Kosmetik dan Nilai Sun Protection Factor (SPF)

Mu’awanah, Isnin Aulia Ulfah ( UGM ) , Setiaji, Bambang ( UGM ) , Syoufian, Akhmad ( UGM )

Berkala Ilmiah MIPA Vol 24, No 1 (2014)
Publisher : FMIPA UGM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh konsentrasi Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap stabilitas emulsi kosmetik dan nilai Sun Protection Factor (SPF). Emulsi kosmetik dibuat dengan melakukan variasi VCO pada konsentrasi 1-25% dan tanpa VCO sebagai kontrol. Sediaan emulsi kosmetik tersebut, diuji kestabilan emulsinya meliputi uji pH dan viskositas yang dilakukan selama 4 minggu penyimpanan, uji ukuran droplet, uji pemisahan fase dengan sentrifugasi, uji serapan UV dan dihitung nilai Sun Protector Factor (SPF). Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa konsentrasi VCO mempengaruhi stabilitas emulsi kosmetik dan nilai SPF-nya. Semakin tinggi konsentrasi VCO dalam emulsi kosmetik maka pH dan viskositas emulsi cenderung semakin kecil, ukuran droplet semakin besar dan nilai SPF cenderung semakin tinggi. Emulsi kosmetik dengan konsentrasi VCO 7% merupakan emulsi kosmetik terbaik yang memiliki penampakan homogen, pH berkisar 6,94-6,96 dan viskositas 295 poise, sedangkan berdasarkan kriteria SPF, semua emulsi kosmetik yang diperoleh belum memenuhi standar sediaan emulsi kosmetik di Indonesia.

Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Penempatan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Menggunakan Metode Profile Matching

Wijaya, Vanie ( UGM ) , Azhari, Azhari ( UGM )

Berkala Ilmiah MIPA Vol 24, No 1 (2014)
Publisher : FMIPA UGM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Mahasiswa Politeknik Terpikat Sambas Program Studi Manajemen Informatika dibekali berbagai ketrampilan praktik dalam bidangnya. Untuk mengaplikasikan gabungan praktek tersebut dalam suatu entitas bisnis, mahasiswa diwajibkan mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL). Dalam penentuan lokasi PKL, masalah yang sering terjadi adalah ketidaksesuaian kompetensi dalam penempatan mahasiswa PKL yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat PKL. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu sistem komputer berupa sistem pendukung keputusan yang dapat membantu menentukan kesesuaian mahasiswa yang dibutuhkan oleh lokasi PKL.Penelitian ini adalah bertujuan membangun sebuah sistem berbasis web untuk mendukung keputusan penempatan PKL mahasiswa. Metode yang digunakan adalaha pencocokan profil (profile matching) dengan menggunakan analisis GAP dengan pencarian profil mahasiswa yang memiliki nilai profil sedekat mungkin dengan nilai profil yang diinginkan oleh perusahaan/instansi tempat PKL. Sistem ini dibuat berbasiskan web dengan harapan siistem ini bersifat dinamis terhadapa penambahan dan atau pengurangan kebutuhan kriteria yang menjadi acuan dalam penilaian. Hasil akhir dari proses profile matching tersebut adalah berupa perankingan dari nilai profil mahasiswa PKL yang akan ditempatkan pada salah satu perusahaan. Dan dijadikan sebagai rekomendasi pengambila keputusan penempatan PKL mahasiswa prodi manajemen informatika polteknik terpikat sambas

Model Sederhana Gerak Meteor di Atmosfer

Alfatah, Arif ( UGM ) , Rosyid, Muhammad Farchani ( UGM )

Berkala Ilmiah MIPA Vol 24, No 2 (2014)
Publisher : FMIPA UGM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Telah dirumuskan model persamaan gerak meteor di atmosfer akibat pengaruh perubahan medan gravitasi bumi dengan teori gangguan. Dalam perumusan tersebut, meteor dianggap sebagai sebuah bola padat bulat sempurna, kelengkungan permukaan bumi tidak diperhitungkan, gerak rotasi bumi tidak berpengaruh terhadap gerakan meteor, dan medan gravitasi bumi berubah terhadap ketinggian. Model persamaan gerak meteor dirumuskan melalui beberapa tinjauan, yaitu gesekan diabaikan dan gesekan konstan. Selanjutnya, ditampilkan dalam bentuk lintasan gerak meteor di atmosfer akibat pengaruh perubahan medan gravitasi bumi. Penggambaran lintasan tersebut menggunakan model persamaan gerak meteor yang telah di dapatkan terbatas pada dua dimensi.

Implementasi Replikasi Data Asynchronous untuk Keamanan Data Sistem Informasi Akademik Online

Purnomo, Endro ( UGM ) , Ashari, Ahmad ( UGM )

Berkala Ilmiah MIPA Vol 24, No 2 (2014)
Publisher : FMIPA UGM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sebuah sistem informasi akademik (SIA) online mempunyai vulnerabilitas dalam hal akses data karena tersedia online sepanjang waktu. Disamping pengamanan di sisi aplikasi dan user interface, perlu dirancang pengamanan di sisi rancangan sistem database. Replikasi data asynchronous dapat dimanfaatkan untuk keamanan sebuah SIA online terhadap serangan perubahan data dan take down sistem dari internet. SIA dibagi menjadi 2 yaitu aplikasi SIA intranet dan aplikasi SIA online disesuaikan dengan kebutuhan akses pengguna. SIA online terhubung ke internet sedangkan SIA intranet tidak terhubung ke internet dan hanya dapat diakses oleh bagian administrasi. Masing-masing aplikasi SIA mempunyai database yang berada di satu komputer server. Komunikasi data antara kedua aplikasi ada di sisi database menggunakan replikasi data asynchronous. Replikasi data asynchronous tidak mengurangi kinerja SIA tersebut.

Pengembangan Metode Analisis Kreatinin Secara Spektrofotometri Dengan Menggunakan Spektrofotometer UV-Visible

Natsir, Taufik Abdillah ( UGM ) , Siswanta, Dwi ( UGM ) , Roto, Roto ( UGM )

Berkala Ilmiah MIPA Vol 24, No 1 (2014)
Publisher : FMIPA UGM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode analisis kreatinin. Metode yang sering digunakan untuk analisis kreatinin secara spektrofotometri adalah dengan menggunakan Jaffe reaction yaitu mereaksikan kreatinin dengan asam pikrat sehingga menghasilkan senyawa kompleks yang dapat dianalisis dengan menggunakan spektrofotometri UV Vis dalam pelarut air. Pengembangan metode analisis kreatinin dilakukan dengan menambahkanTri octylmethylammoniumchloride (TOMAC) dalam pelarut kloroformsehingga membentuk pasangan ion asam pikrat-kreatinin-TOMA. Larutan organik kemudian dipisahkan dari larutan sampel dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan spektrofotometer UV Vis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi metode analisis kreatinin dengan menggunakan TOMA memiliki kelinearitas 98%, limit deteksi 1.089 ppm, SENScal 0.0107, SENSanal 1.089, dan presisi 0.3705.

Teknologi Multimedia untuk Visualisasi Titik-titik Pengobatan Akupunktur Berdasarkan Jenis Penyakit

Andanatapa, Agung ( UGM ) , Wardoyo, Retantyo ( UGM )

Berkala Ilmiah MIPA Vol 24, No 1 (2014)
Publisher : FMIPA UGM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Multimedia adalah kombinasi dari masukan lebih dari dua media dan output. Mislnya termasuk audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar. Penggabungan dua unsur teks dan multimedia yang dapat membentuk gambar dua dimensi dari aplikasi multimedia. Elemen gambar yang akan ditampilkan dalam berbasis vektor aplikasi multimedia. Mislanya gambar ditampilkan adalah gambar dari tubuh manusia bersama dengan titik akupunktur berdasarkan jenis penyakit Vertigo, mulut miring, sakit kepala, sakit perut, dan diabetes mellitus. Sementara teks berfungsi untuk memberikan informasi tentang penyakit dan informasi lainnya yang diperlukan untuk memberikan informasi kepada aplikasi multimedia pengguna. Teknologi multimedia dapat mendukung proses pembelajaran akupunktur. teknologi multimedia dapat menampilkan gambar atau animasi yang menarik perhatian orang-orang yang tertarik di bidang pengobatan akupunktur pada umumnya dan khususnya untuk pengenalan titik akupunktur berdasarkan jenis penyakitnya. Akupuntur adalah teknik pengobatan yang digunakan dalam pengobatan tradisional Cina. Jarum yang sangat tajam digunakan untuk menstimulasi titik-titik tertentu pada tubuh. Titik-titik ini terletak pada jalur energi yang disebut meridian.Pengobatan akupunktur dirancang untuk meningkatkan aliran dan keseimbangan energi sepanjang meridian ini. Pengobatan akupunktur adalah pengobatan alternatif selain ke dokter umum dengan bahan kimia atau obat herbal. Akupunktur medis semakin dikenal dan kepentingan umum, terutama mereka yang memahami bahaya bahan kimia dalam obat-obatan medis.

Sintesis Cu(II)/Silika dengan Metode Sol-Gel Sebagai Antibakteri Terhadap Escherichia coli dan Staphylococcus aureus

Tania, Lisa ( UGM ) , Wijaya, Karna ( UGM ) , Trisunaryanti, Wega ( UGM )

Berkala Ilmiah MIPA Vol 24, No 2 (2014)
Publisher : FMIPA UGM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Telah dilakukan sintesis Cu(II)/silika dengan metode sol-gel sebagai material antibakteri terhadap Esherichia coli (E.coli) dan Staphylococcus aureus (S.aureus). Proses sol-gel dilakukan dengan mereaksikan TEOS, H2O, HCl, etilen glikol dan CuCl2 Konsentrasi CuCl2 divariasi 0,25; 0,5; 0,75; 1; dan 1,25 M. Perlakuan pemanasan pada proses sol-gel dilakukan dengan variasi kombinasi microwave dan oven. Proses aging dilakukan selama 24 jam. Cu(II)/silika dikarakterisasi dengan metode Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR), difraksi sinar-X (XRD), dan Transmission Electron Microscopy (TEM). Konsentrasi ion Cu(II) yang lepas dari Cu(II)/silika ditentukan dengan Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS). Kandungan Cu pada Cu(II)/silika ditentukan dengan X-Ray Fluoresence (XRF). Porositas Cu(II)/silika ditentukan melalui adsorpsi monolayer gas N2. Uji antibakteri dilakukan dengan menghitung jumlah bakteri yang masih hidup setelah kontak dengan Cu(II)/silika melalui metode plate count.Hasil analisis XRF menunjukkan bahwa konsentrasi CuCl2 0,25 M memberikan kandungan Cu yang optimum dalam Cu(II)/silika sebesar 38,4%. Cu(II)/silika A yang disintesis dengan pemanasan pada oven 150oC selama 3 jam setelah dikeringkan dengan microwave dan melalui proses aging menghasilkan Cu(II)/silika optimum karena menunjukkan konsentrasi ion Cu(II) yang paling sedikit lepas dari Cu(II)/silika setelah dianalisis dengan AAS yaitu sebesar 10,35%. Cu(II)/silika dengan konsentrasi 163 ppm mampu membunuh E.coli dan S.aureus dari konsentrasi 1,5x106 CFU/mL menjadi 0 CFU/mL dengan waktu kontak selama 2 jam, sedangkan silika dengan konsentrasi yang sama tidak menunjukkan efek antibakteri terhadap E.coli maupun S.aureus.

Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kelompok untuk Seleksi Proposal Penelitian Hibah Bersaing (Studi Kasus: UPT P2M Politeknik Negeri Malang)

Ariyanto, Rudy ( Politeknik Negeri Malang ) , Azhari, Azhari ( UGM )

Berkala Ilmiah MIPA Vol 24, No 2 (2014)
Publisher : FMIPA UGM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang (Polinema) adalah unit yang berfungsi menyelenggarakan Penelitian Hibah Bersaing (PHB) secara mandiri. Tahapan pelaksanaan didalam pengelolaan PHB meliputi selektif administratif dan penilaian proposal oleh tim evaluator yang telah tersertifikasi oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Pendikan Tinggi (Dikti). Keterbatasan UPT P2M Polinema adalah belum tersedianya tim evaluator yang diakui oleh Dikti sehingga membutuhkan model evaluasi yang dapat menghilangkan keterbasan waktu, lokasi serta dapat mengkolaborasikan hasil penilaian tim evaluator.Sistem Pendukung Keputusan Kelompok sebagai solusi permasalahan yang dihadapai oleh UPT P2M Polinema dikembangkan menggunakan metode Fuzzy AHP (FAHP) dan Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM). Metode FAHP diterapkan dalam pemilihan dan penentuan bobot kriteria, sementara FMCDM digunakan dalam penilaian proposal, sintesa bobot dengan nilai proposal untuk setiap kriteria serta penentuan peringkat proposal.Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem pengambilan keputusan dengan menggunakan metode FAHP, dan FMCDM terbukti dapat menghasilkan peringkat alternatif dan kepastian diterima atau ditolaknya proposal PHB yang diajukan oleh peneliti.

Preparasi Film Elektrolit Gel Kitosan-Ki/I2sebagai Elektrolit Redoks pada Dye-Sensitized Solar Cells(DSSC)

Purwanti, Ratih ( UGM ) , Kartini, Indriana ( UGM ) , Kunarti, Eko Sri ( UGM )

Berkala Ilmiah MIPA Vol 24, No 1 (2014)
Publisher : FMIPA UGM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Telah dilakukan preparasi film elektrolit gel polimer kitosan-KI/I2 dengan metode solvent casting. Pada tahap awal, dilakukan kajian waktu pembentukan gel dan pengaruh jumlah KI terhadap sifat redoks dan konduktivitas ionik elektrolit gel kitosan. Elektrolit gel kitosan selanjutnya dibuat film disertai penambahan EG dan gliserol sebagai plasticizer. Waktu pembentukan elektrolit gel optimum adalah 6 jam dengan konduktivitas sebesar 1,73 x 10-4 S. Konduktivitas ionik dan puncak arus oksidasi-reduksi meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah garam KI.Kristalinitas kitosan menurun dengan bertambahnya garam KI. Konduktivitas ionik tertinggi diperoleh dari film elektrolit gel kitosan/EG-KI/I2 yaitu sebesar 1,84 x 10-6 S cm-1.

Pengembangan Aplikasi Pencarian Rute Terbaik Pada Sistem Operasi Android (Studi Kasus Rute Trans-Jogja)

Priyantoro, Aris ( UGM ) , Mustofa, Khabib ( UGM )

Berkala Ilmiah MIPA Vol 24, No 1 (2014)
Publisher : FMIPA UGM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Layanan Trans-Jogja memiliki banyak rute perjalanan, dimana setiap rutenya akan melewati banyak tempat pemberhentian (shelter). Pengguna Trans-Jogja hanya dikenakan satu kali pembayaran apabila tidak keluar dari shelter meskipun harus berpindah-pindah jalur. Pengguna akan kesulitan menghitung waktu total perjalanan, total jarak ataupun jumlah pergantian bis dikarenakan tidak adanya informasi ataupun jadwal setiap armada yang lengkap pada setiap shelter.Penelitian ini berhasil membangun aplikasi pencarian rute terbaik (berdasarkan jadwal keberangkatan, jarak terdekat dan jumlah pergantian armada) berbasis Google Map pada sistem operasi Android dengan studi kasus Trans-Jogja. Pengguna dalam aplikasi ini akan dapat menentukan node awal pencarian dan node akhir pencarian dengan beberapa cara, yaitu manual menunjuk shelter, otomatis menunjuk shelter awal berdasarkan posisi saat ini, dan menunjuk shelter terdekat dengan Point Of Interest (POI) tertentu. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa waktu yang diperlukan untuk mer