cover
Contact Name
Eko Prianto
Contact Email
eko_prianto@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
edukasielektro@uny.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Elektro
ISSN : 25488252     EISSN : 25488260     DOI : -
Edukasi Elektro is a open access peer reviewed research journal that is published by Electrical Engineering Education Department - Faculty of Engineering - Yogyakarta State University. Edukasi Elektro is providing a platform for the researchers, academicians, professional, practitioners and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews and book reviews on education.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Edukasi Elektro Volume 2 Nomor 1 Mei 2018" : 7 Documents clear
PERANCANGAN DAN ANALISIS PENGIRIMAN DATA DIGITAL BERBASIS VLC DENGAN LED DAN PHOTOTRANSISTOR ARRAY Nugroho, Retno Renggani
Jurnal Edukasi Elektro Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Edukasi Elektro Volume 2 Nomor 1 Mei 2018
Publisher : JPTE FT UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

AbstractVisible Light Communication (VLC) is a communication system using visible light as information carrier. The development of VLC is based on the some banning of radio frequency usage and the increasing use of LEDs. LED consumes low power and has high switching speed, which suitable for transmitting data. This study designed VLC prototype with LED array and phototransistor array that sends digital data of text in various sizes. Test is done by combination of different distance and bitrate. As results, this prototype can send and receive data at distance 1-100 cm and speed 2400, 4800, and 9600 bps. Keywords: VLC, LED, Phototransistor, Array. AbstrakVisible Light Communication (VLC) adalah sistem komunikasi yang menggunakan cahaya tampak sebagai pembawa informasinya. Perkembangan VLC didasarkan atas pelarangan penggunaan frekuensi radio di beberapa tempat serta meningkatnya penggunaan LED. Kelebihan LED yaitu mengkonsumsumsi daya rendah serta memiliki kecepatan switching yang tinggi sehingga cocok untuk mentransmisikan data. Pada penelitian ini dirancang prototipe VLC dengan LED array dan phototransistor array. Prototipe ini mengirimkan data digital berupa teks dalam berbagai ukuran. Pengujian dilakukan dengan kombinasi jarak dan bitrate yang berbeda-beda. Prototipe dapat mengirim dan menerima data pada jarak 1-100 cm kecepatan 2400, 4800, dan 9600 bps. Kata kunci: VLC, LED, Phototransistor, Array.
ASPEK PENDUKUNG PERILAKU ATAU KARAKTER MENUNDA PENYELESAIAN TUGAS KULIAH JPTE Pramono, Herlambang Sigit
Jurnal Edukasi Elektro Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Edukasi Elektro Volume 2 Nomor 1 Mei 2018
Publisher : JPTE FT UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

AbstractThe purpose of this research to know relationship of intelligence adversitas and learning climate to the behavior of delaying completion of academic tasks of students, and to know the condition of climate study in electro department of YSU. The method used by the questionnaire is quantitative to obtain the respondents response. Place of study in the Department of Electrical Engineering Education using sample Mechatronics class of 2014 and Electro class of 2015. Data analysis technique using quantitative descriptive analysis. The results of this research is a adversity intelligence seen from the self, the habits, the duties, the self-factor and the responsibility of the students is well, this is in line with the average length of the student study in 2017 is 4-5 years. Factors that support a good learning climate have been given and self-awareness factors are classified. Keywords: Adversity, Character, Delaying Task Settlement AbstrakPenelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk Mengetahui seberapa jauh hubungan kecerdasan adversitas dan iklim belajar terhadap perilaku menunda penyelesaian tugas akademik mahasiswa, dan mengetahui kondisi iklim belajar di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY. Metode yang digunakan angket tertutup kuantitatif untuk memperoleh respon responden. Tempat penelitian di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro dengan menggunakan sampel Prodi P.T. Mekatronika angkatan 2014 dan prodi S1 P.T. Elektro angkatan 2015. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh menyatakan kecerdasan adversitas yang dilihat dari pengendalian diri, kebiasaan, penundaan penyelesaian tugas, faktor diri dan tanggung jawab mahasiswa JPTE dikatakan baik, hal ini selaras dengan lama rata-rata studi mahasiwa pada tahun 2017 ini 4-5 tahun. Sedangkan faktor yang mendukung iklim belajar yang baik telah diberikan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro dan faktor kesadaran diri sendiri digolongkan cukup serta perlu ditingkatkan. Kata kunci: Adversitas, Karakter, Menunda Penyelesaian Tugas
PENGAMAN HUBUNG SINGKAT TEGANGAN SEARAH MENGGUNAKAN KOMPARATOR PADA MODUL RANGKAIAN ELEKTRONIK UNTUK PEMBELAJARAN Asmara, Andik
Jurnal Edukasi Elektro Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Edukasi Elektro Volume 2 Nomor 1 Mei 2018
Publisher : JPTE FT UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

AbstractElectronic circuit module for learning allows damage to occur, caused by the occurrence of source installation problem. Occurred in an unknown do to short circuit. Therefore, in the results of this study aims to build a circuit of short circuit, and see the results of the performance of the circuit. The method used is a research development that divided the stages of designing, manufacturing, testing and application. The results obtained from this research show that the circuit works well, with indicator by a breaker relay work when a DC voltage short circuit occurs, accompanied by a buzzer sound. Good circuit can look from performance short circuit sensor using zanier diode 3.3V for regulator 5V and 5.6V for 12V regulator. Keywords: short circuit, DC voltage, learning AbstrakModul rangkaian elektronik untuk pembelajaran memungkinkan terjadi kerusakan, yang disebabkan oleh terjadinya kesalahan pemasangan sumber tegangan. Hal ini menyebabkan terjadinya hubung singkat yang tidak diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah rangkaian pengaman hubung singkat, dan melihat hasil unjuk kerja rangkaian tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang menggunakan tahapan perancangan, pembuatan, pengujian dan penerapan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa rangkaian bekerja dengan baik ditandai dengan kerja relay pemutus saat terjadi hubung singkat tegangan searah, disertai dengan bunyi buzzer. Selanjutnya untuk mendapatkan kinerja rangkaian sensor hubung singkat yang baik digunakan diode zener 3,3V untuk regulator 5V dan 5,6V untuk regulator 12V. Kata kunci: hubung singkat, tegangan DC, pembelajaran
PENGEMBANGAN ALAT CONTROL CHARGING PANEL SURYA MENGGUNAKAN ADUINO NANO UNTUK SEPEDA LISTRIK NIAGA Prasetyo, Kurnifan Adhi
Jurnal Edukasi Elektro Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Edukasi Elektro Volume 2 Nomor 1 Mei 2018
Publisher : JPTE FT UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Abstract The purpose of this research is to know the stages of manufacture, the performance and the development of solar panel control charging devices using arduino nano for commercial electric bicycle. Development of solar panel control charging device is expected to be used in utilizing solar thermal energy as a source of energy on a commercial electric bike with parameters generated from solar panels and battery charging. The result of this research is a solar panel charging control device that is used to control the input voltage from the solar panel to the battery used as a power source for the electric bicycle. The result are, the average battery charging power using 100 Watt Peak (WP) solar panel was 39.03 Watt with 160 minutes, the average efficiency of 85.82% and the yield of the battery voltage from 11 Vdc to 12.5 Vdc. While the average power charging battery using 300 WP solar panel is 57,43 Watt with time 50 minutes, average efficiency of 88.48% and battery voltage from 11 Vdc become 12,2 Vdc. Average percentage error of measurement parameter control charging solar panels below 10%. Keywords: control charging, solar panels, electric bike AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pembuatan, unjuk kerja dari pengembangan alat control charging panel surya menggunakan arduino nano untuk sepeda listrik niaga. Pengembangan alat control charging panel surya ini diharapkan dapat digunakan dalam memanfaatkan energi panas matahari sebagai sumber energi pada sepeda listrik niaga dengan parameter parameter yang dihasilkan dari panel surya dan pengisian aki. Hasil dari pembuatan proyek akhir ini berupa alat control charging panel surya yang digunakan untuk mengontrol tegangan masukan dari panel surya menuju aki yang dimanfaatkan sebagai sumber tenaga sepeda listrik niaga. Hasil pengujian, daya rata rata pengisian aki menggunakan panel surya 100 Watt Peak (WP) yang diuji adalah 39,03 Watt dengan waktu 160 menit, rata-rata efisiensi 85,82% dan hasil tegangan aki dari 11 Vdc menjadi 12,5 Vdc. Sedangkan daya rata rata pengisian aki menggunakan panel surya 300 WP yang diuji adalah 57,43 Watt dengan waktu 50 menit, rata-rata efisiensi 88.48% dan tegangan aki dari 11 Vdc menjadi 12,2 Vdc. Rata-rata persentase kesalahan parameter pengukuran alat control charging panel surya dibawah 10%. Kata Kunci : control charging, panel surya, Sepeda Listrik Niaga
PEMBELAJARAN BERBASIS TRAINER PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Eliza, Fivia
Jurnal Edukasi Elektro Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Edukasi Elektro Volume 2 Nomor 1 Mei 2018
Publisher : JPTE FT UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

AbstractThe problem in learning Electromagnetic Control System that implemented at SMKN 1 Padang is about media. This research is oriented because there are many students learning outcomes that still not reach the KKM at Electromagnetic Control System subject grade XI TITL in SMKN 1 Padang. There are many factor which influence the low of students learning outcomes such as learning process by using conventional method and media that used by teacher in learning are module and only use the whiteboard. Based on these factors, then conducted the research in experiment form to increase students learning outcomes by using learning media of electromagnetic control trainer. The method that use in this research is quasi experiment with Pretest-Posttest One Group Design. Subject of this research are students grade XI TITL A SMKN 1 Padang, which consist of 31 students. Data collecting in the research use objective test (Pretest-Posttest). The result of research indicated that there is an increasing of students learning at Electromagnetic Control System subject. Increasing occurs at high level (0,71) where 18 students are on high level and 13 others are on middle level increasing. Key words : Learning Media, Trainer, Electromagnetic Control System  AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) yang mengakibatkan banyaknya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik kelas XI TITL di SMKN 1 Padang. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa diantaranya adalah proses pembelajaran dengan metode yang bersifat kovensional dan media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran berupa modul dan menggunakan papan tulis saja. Berdasarkan faktor tersebut, maka dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media trainer pengendali elektromagnetik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Pretest-Posttest One Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL A SMKN 1 Padang, yang terdiri dari 31 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (Pretest-Postest) berupa soal objektif. Soal tes yang digunakan terlebih dahulu dilakukan ujicoba untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Berdasarkan hasil ujicoba, diperoleh 25 item soal tes sebagai instrumen penelitian.Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TITL di SMKN 1 Padang pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik. Peningkatan yang terjadi berada pada taraf tinggi (0,71), 18 orang siswa mengalami peningkatan taraf tinggi dan 13 siswa lainnya mengalami peningkatan taraf sedang. Kata kunci : media trainer, pengendali elektromagnetik, hasil belajar
STUDI KINERJA KENDALI DAYA KANAL UPLINK 4G LTE BERDASARKAN SIGNAL TO INTERFERENCE RATIO (SIR) Nugraha, Sapta
Jurnal Edukasi Elektro Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Edukasi Elektro Volume 2 Nomor 1 Mei 2018
Publisher : JPTE FT UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Abstract4G Long Term Evolution (LTE) has a standard for wireless communication with high-speed data access on cellular phones which have standard parameter i.e. power control. Power control is a method to avoid interference inter-users, as a result of power variations. Interference inter-users will cause performance limitations of the quality of service telecommunications operator. In this paper, we will design power control on the uplink channel based on the Signal to Interference Ratio (SIR) so that power level of mobile station (MS) are approximately equal. Simulation results show that power of MS can reach -7 dB, average time above 17 ms. The results of the SIR can order MS to equalize the SIR power levels transmitted by some MS with SIR reference value. Keywords: power control, uplink channel, SIR, mobile station Abstrak4G Long Term Evolution (LTE) memiliki standar komunikasi nirkabel akses data berkecepatan tinggi pada telepon seluler yang memiliki parameter standar yaitu kendali daya. Kendali daya merupakan metode untuk menghindari interferensi antar pengguna akibat variasi daya. Interferensi antar pengguna menyebabkan keterbatasan kinerja kualitas layanan operator telekomunikasi. Pada penelitian ini, akan dirancang kendali daya kanal uplink berdasarkan SIR agar daya mobile station (MS) mendekati sama. Hasil simulasi menunjukkan bahwa daya MS dapat mencapai -7 dB, rerata waktu di atas 17 ms. Hasil menunjukkan SIR dapat memerintahkan MS menyamakan daya yang ditransmisikan beberapa MS dengan nilai SIR referensi. Kata Kunci: kendali daya, kanal uplink, SIR, mobile station
VALIDITAS KONSTRAK INSTRUMEN ADAPTABILITAS KARIER BIDANG KELISTRIKAN Nuha, Muhammad Yafie
Jurnal Edukasi Elektro Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Edukasi Elektro Volume 2 Nomor 1 Mei 2018
Publisher : JPTE FT UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

AbstractThis research aims to get a proof of the validity career adapt-ability scale in the field of electrical construction. The samples in this research are electrical engineering education students, amounting to 146 students. The data analysis technique used in this research is second order confirmatory factor analysis (CFA). The compatibility of theoretical models with empirical data is determined with the coefficients of Chi-Square, p-value, CFI (Comparative Fit Index), and RMSEA (Root Mean Square Error of Approximation). The validity of each item in the career adapt-ability scale is determined with the value of factor loading, t value, and the significance level. Item is considered valid if the factor load is more than 0.3, the t-value is greater than 1.96, and the significance level is less than 5%. The validity of each factor of career adapt-ability is determined with CR (Construct Reliability) and average variance extracted (AVE). Based on the results of the analysis, it is found that the career adapt-ability instrument in the field of electricity consists of 20 items representing four factors, namely concern, control, curiosity, and confidence are categorized valid. Keywords: Construct Validity, Confirmatory Factor Analysis, and Career Adaptability. AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti validitas instrumen pengukur konstrak adaptabilitas karier bidang kelistrikan. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa pendidikan teknik elektro yang berjumlah 146 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor konfirmatori orde kedua. Kesusuaian model teoritis dengan data empiris ditentukan dengan melihat koefisien Chi-Square, p-value, CFI (Comparatie Fit Index), dan RMSEA (Root Mean Square Error of Approxiamation). Validititas tiap item dalam konstrak adaptabilitas karier ditentukan dengan melihat nilai muatan faktor, nilai t, dan taraf signifikasinsi. Item dianggap valid jika muatan faktor lebih dari 0,3, nilai-t lebih besar daripada 1,96, dan taraf signifikansi kurang dari  5%. Validitas tiap faktor dari adaptabilitas karier ditentukan dengan melihat nilai CR (Construct Reliability) dan rerata varian terekstrak. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa instrumen adaptabilitas karier bidang kelistrikan terdiri atas 20 butir yang mewakili empat faktor, yaitu perhatian, kontrol, kengintahuan, dan kepercayaan  dapat dinyatakan valid.   Kata Kunci: Validitas Konstrak, Analisis Faktor Konfirmatori, dan Adaptabilitas Karier.

Page 1 of 1 | Total Record : 7