cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Nalar Pendidikan
ISSN : 23390794     EISSN : 24770515     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini belum pernah diterbitkan dimedia cetak. Format penulisan artikel yang diterima sesuai dengan draft pedoman penulisan dan gaya selingkung jurnal nalar pendidikan LPM Penalaran UNM.
Arjuna Subject : -
Articles 139 Documents
AN ANALYSIS OF THINKING ORDER OF READING COMPREHENSION QUESTIONS IN ENGLISH TEXTBOOK FOR YOUNG FORESTERS OF FORESTRY VOCATIONAL SCHOOL OF SAMARINDA ., Muchlis
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Nalar Pendidikan
Publisher : JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.404 KB)

Abstract

AbstractThis study aimed at investigating thinking order of reading comprehension questions in English textbook for young foresters of Forestry Vocational school of Samarinda. It also used content analysis method in which the researcher collected, analyzed and classified reading questions based on Bloom Taxonomy cognitive level as well as high and low order thinking. The findings showed that the reading comprehension questions covered all Bloom’s Taxonomy cognitive levels. They were knowledge, comprehension, application, analysis, synthesis and evaluation. The most frequently appeared were knowledge and comprehension level. However, most of the questions were dominated low order thinking and had small number in high order thinking.  Besides that, it suggested recommendations and pedagogical implications to develop students thinking skills ability in English classroom.Keywords:  English textbook, Thinking skill, Bloom’s taxonomy, Reading comprehension question.
Komparasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Matematika Humanistik dan Problem Based Learning dalam Setting Model Pelatihan Innomats Cahyaningsih, Restu; Asikin, M.
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Nalar Pendidikan
Publisher : JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.404 KB)

Abstract

   Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat kesesuaian antaraproses pembelajaran dengan RPP, untuk menguji apakah pendekatan Pembelajaran Matematika Humanistik (PMH) dan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat mencapai ketuntasan belajar dan apakah terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan pendekatan PMH, pendekatan PBL, dan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN4 Semarang tahun pelajaran 2013/2014 dan secara cluster random sampling diperolehtiga sampel kelas yaitu siswa kelas VIIA dan VIIB sebagai kelas eksperimen serta kelasVIIC sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji proporsi dan uji ANAVA SatuJalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara prosespembelajaran dengan RPP. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kedua kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Selain itu, terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan pendekatan PMH, pendekatan PBL, dan pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan pendekatan PBL lebih baik daripada menggunakan pendekatan PMH, dan pembelajaran konvensional.Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif matematis, PBL, PMH 
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN PENGGUNAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS Fajar, Fitri
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 2, No 2 (2014): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.404 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan penggunaan kosakata bahasa Inggris melalui penerapan pendekatan kontekstual pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kota Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas model siklus. Fokus penelitian adalah pendekatan kontekstual dan penguasaan penggunaan kosakata bahasa Inggris. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 sebanyak 40 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yaitu penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan penguasaan penggunaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kota Makassar. Penguasaan penggunaan kosakata bahasa Inggris melalui pendekatan kontekstual pada siklus pertama dalam kategori baik tetapi belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan, karena tuntas belajarnya hanya 72,50 persen, kemudian siklus kedua dalam kategori baik sekali dan telah memenuhi ketuntasan belajar yang ditetapkan karena tuntas belajarnya mencapai 100 persen. Ditinjau dari aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa Inggris melalui pendekatan kontekstual, siswa semakin aktif ditinjau dari segi keaktifan mendengarkan atau memperhatikan penjelasan guru tentang kosakata, mencatat materi, keaktifan dalam kerja kelompok/percakapan, keaktifan mengajukan pertanyaan, keaktifan menjawab pertanyaan guru, dan keaktifan menanggapi pertanyaan teman atau kelompok lain. Kata kunci : Pendekatan  Kontekstual Penggunaan Kosa Kata, hasil belajar.
PENINGKATAN KETERAMPILAN GAMBAR TEKNIK DENGAN METODE REINFORCEMENT LEARNING MENGGUNAKAN PROTEUS 7.10P UNTUK SISWA PROGLI ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN Jamal, Syamsul
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Nalar Pendidikan
Publisher : JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.404 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian media pembelajaran berbasis komputer ini adalah untuk melakukan proses pembelajaran dan mengetahui hasil pembelajaran menggunakan media software Proteus 7.10 Professional melalui metode reinforcement learning dalam mata diklat Gambar Teknik pada siswa di Progli Elektronika Industri SMK Negeri 1 Tambelangan. Penelitan ini menggunakan desain Classroom Action Research atau penelitian tindakan  kelas  dengan  model  spiral  dari  Kemmis  dan  Taggart.  Siklus  yang dugunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  siklus  pendek,  artinya  setiap  satu  kali pertemuan adalah satu siklus. Pada praktik pembelajaran menggukan metode reinforcement learning dikombinaskan ke dalam setiap siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa semester 1 Progli Elektronika Industri SMK Negeri 1 Tambelangan tahun. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siswa tidak begitu mengalami kesulitan dalam layout PCB, mampu menyelesaikan ISIS (skematik), mampu mengkonversi ke ARES (layout PCB),mampu menampilkan fasilitas 3D. Model of environment kelas terlihat kondusif dan siswa mulai menemukan cara-cara mereka dalam mempercepat suatu  proses  menggambar  skematik  dan  proses  layout  (ISIS  dan  ARES)  dan mampu meningkatkan pencapaian nilai akhir rerata kelas dari   72,8 menjadi 78,4.Kata Kunci : Metode Reinforcement Learning, Proteus 7.10 Professional, gambar teknik
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BAJO KABUPATEN LUWU SULAWESI SELATAN Baharuddin, Ilham
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 2, No 2 (2014): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.404 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media video tutorial. Penelitian ini merupakan pre eksperimen dan menggunakan one-group pretest-posttest design. Data dikumpulkan menggunakan angket minat dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan minat belajar matematika peserta didik sebelum menggunakan video tutorial dalam kategori sedang dan setelah menggunakan video tutorial juga berada pada kategori sedang, dengan normalisasi gainnya berada pada kategori rendah. Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan video tutorial berada pada kategori sangat rendah dan setelah menggunakan video tutorial berada pada kategori sedang, dengan normalisasi gainnya berada pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial (uji t berpasangan) menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata minat peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan media video tutorial.Kata Kunci: Video Tutorial, Minat Belajar, Hasil Belajar
PENINGKATAN AKTIVITAS, SIKAP DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI ., Seniwati
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Nalar Pendidikan
Publisher : JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.404 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA 1 Bontonompo semester genap tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 43 orang.Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain instrumen lembar observasi, angket dan sikap,serta tes evaluasi hasil belajar.Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu rata-rata hasil belajar meningkat dari 47,67% menjadi 53,77% sedangkan peningkatan prestasi siswa yang tuntas meningkat dari 62,80% menjadi 95,35%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa yang meliputi: (1) Siswa yang memperhatikan materi yang dibawakan guru, (2)Siswa yang mengajukan pertanyaan, tanggapan atau komentar, (3)Siswa yang mengerjakan LKS, (4) Siswa yang meminta bimbingan guru, (5)Siswa yang berani tampil di depan kelas saat presentase dan menyimpulkan materi, (6) Mengamati atau melakukan pengamatan,(7) Siswa yang melakukan kegiatan Inti, (8) Siswa yang mampu merumuskan masalah dan merumuskan jawaban melalui kegiatan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan antivitas dan hasil belajar biologi saswa kelas X1 SMA 1 Bontonompo melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri.Kata Kunci: Aktivitas, Sikap, Hasil Belajar  Biologi dan Model Pembelajaran Inkuiri.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENULIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALISATION PADA SISWA KELAS XI MA MA’ARIF BULUKUMBA Risna, Sulva
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 2, No 2 (2014): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.404 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus pada semester pertama tahun ajaran 2011/2012 di MA Ma’ Arif Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar keterampilan menulis siswa kelas XI MA Ma’ Arif Bulukumba melalui pembelajaran kooperatif tipe Tiem Assisted Individualisation. Data penelitian ini terdiri dari dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes pada siklus pertama dan siklus kedua. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa pada siklus pertama mencapai 62,22% dan pada siklus dua mencapai 76,22%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Tiem Assisted Individualisation dapat meningkatkan keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI  MA Ma’ Arif Bulukumba.Kata Kunci: Keteramplan Menulis, Prestasi Belajar dan Team Assisted Indivudualisation
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA ANALOG SISWA KELAS X TKJ 1 DI SMK NEGERI 1 SIDENRENG Husain, Ade Ilham
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Nalar Pendidikan
Publisher : JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.404 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Elektronika Analog siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Sidenreng melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMKN 1 Sidenreng tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 44 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes pada tiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Elektronika Analog siswa kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Sidenreng mengalami peningkatan melalui metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Saran dari penelitian ini, yaitu model pembelajaran koopertif tipe TGT (Team Games Tournamet) menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan pada mata pelajaran Elektronika Analog.Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Tipe TGT
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 9 MAKASSAR Salam, Reskiwati
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 2, No 2 (2014): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.404 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan komunikasi matematis siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)dan pembelajaran dengan model konvensional (2) mengetahui apakah ada perbedaan kepercayaan diri siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)dan pembelajaran dengan model konvensional. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata komunikasi matematis siswa kelas XI IPA 4 yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS berada pada kategori sangat tinggi yaitu 88. Rata-rata hasil komunikasi matematis siswa kelas XI IPA 5 yang diajar dengan metode ceramah berada pada kategori sangat tinggi yaitu 85. Dengan persentase nilai siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode ceramah. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kepercayaan diri siswa kelas XI IPA 4 yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS yaitu 69,39. Rata-rata skor kepercayaan diri siswa kelas XI IPA 5 yang diajar dengan metode ceramah yaitu 63,63. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai komunikasi matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan siswa yang diajar dengan metode ceramah dan tidak terdapat peningkatan skor kepercayaan diri siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan siswa yang diajar dengan metode ceramahKata Kunci: Think Pair Share (TPS), Metode Ceramah, Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMK NEGERI 2 SIMBANG MAROS Hasbi, Muh.
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Nalar Pendidikan
Publisher : JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.404 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang Sistem Informasi Akademik pada SMK Negeri 2 Simbang Maros untuk memudahkan dalam proses pelayanan akademik di sekolah. Data diperoleh dengan teknik observasi dan dokumentasi serta studi literatur. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengembangkan suatu perangkat lunak (software development) dengan model pengembangan prototyping. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini memberikan kemudahan dalam pengaksesan ataupun manajemen data dan informasi akademik sehari-hari, seperti informasi data pelajaran, data guru, data siswa, data kelas dan data nilai siswa, dapat dilihat dari hasil pengujian kelayakan adalah 41,3 persen tanggapan user/pengguna pada kategori cukup baik.Kata Kunci : Sistem informasi akademik, prototyping

Page 1 of 14 | Total Record : 139