cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
C H E M I C A
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian buku
Arjuna Subject : -
Articles 203 Documents
Pengembangan Rubrik Asesmen Kinerja untuk Mengukur Kompetensi Mahasiswa Melakukan Praktikum Kimia Analisis Volumetri Sudrajat, Ajat; Permanasari, Anna; Zainul, Asmawi; Buchari, ,
C H E M I C A Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.491 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh rubrik asesmen kinerja untuk mengukur kompetensi mahasiswa dalam melakukan praktikum kimia analitik dasar, khususnya analisis volumetri dengan validitas dan reliabilitas yang memadai. Pengembangan dimulai dari analisis kebutuhan, perumusan draf rubrik, revisi berdasarkan saran dan pertimbangan pakar dan mahasiswa, validasi dan uji coba lapangan  sehingga diketahui reliabilitasnya. Rubrik yang diperoleh mempunyai validitas dan reliabilitas yang sangat baik (excellent) dengan harga a =0,8935. Hampir seluruh mahasiswa berkompeten dalam melakukan praktikum analisis volumetri. Kata kunci : rubrik, asesmen, kompetensi ABSTRACT This study aims to obtain a performance assessment rubric to measure student competency in performing basic analytical chemistry practicum, especially volumetric analysis with adequate reliability and validity. Development starts from the needs analysis, formulation of the draft rubrics, revisions based on expert advice and consideration and students, validation and field trials so that the known reliability. Rubric validity and reliability have gained a excellent at a = 0.8935. Almost all students are competent in performing volumetric analysis practicum. Key words: the rubric, assessment, competency
Potensi Antioksidan Ekstrak Kloroform Kulit Batang Tumbuhan Mangrove (Sonneratia alba) Herawati, Netti
C H E M I C A Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.995 KB)

Abstract

ABSTRAK Ekstrak kloroform kulit batang tumbuhan mangrove Sonneratia alba dianalisis untuk menentukan aktivitas antioksidannya dengan metode DPPH. Ekstrak kloroform ini  menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat dengan nilai IC50 41,9 µg/ml. Aktivitas antioksidan ekstrak kloroform tersebut termasuk kuat berdasarkan kriteria Blois (<100 µg/mL termasuk antioksidan kuat), namun aktivitas ini lebih rendah dari control positif yang digunakan (asam askorbat) dengan nilai IC50 sebesar 17,64 µg/mL. Dari hasil uji ini, disimpulkan bahwa S. alba berpotensi sebagai sumber antioksidan alami. Kata kunci: Sonneratia alba, antioksidan, mangrove ABSTRACT Chloroform extract of the bark of mangrove Sonneratia Alba were analyzed to determine theantioxidant activity by DPPH method. Chloroform extract showed strong antioxidant activitywith IC50 value is 41.9 µg/ml. The antioxidant activity of chloroform extract was strongly based on criteria including Blois (<100 µg/mL included a powerful antioxidant), but this activity is lower than the positive control used (ascorbic acid) with IC50 values​​ of 17.64 mg/mL. From the results of this test, it was concluded that S.alba potential as asource of natural antioxidants. Key words: Sonneratiaalba, antioxidants, mangrove.
Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Kemampuan Interkoneksi Multiplelevel Representasi Mahasiswa Calon Guru pada Topik Kesetimbangan Larutan Asam-Basa Farida, Ida; ,, Liliasari; Sopandi, Wahyu
C H E M I C A Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.517 KB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan representasi merupakan aspek penting agar dapat berhasil memecahkan masalah kimia. Pemahaman pebelajar ditunjukkan oleh kemampuannya  mentransfer dan menghubungkan multiple representasi kimia, yaitu makroskopik,  submiskroskopik dan simbolik dengan berbagai mode representasi atau disebut juga interkoneksi multiple level representasi kimia (IMLR). Mahasiswa calon guru harus memahami hubungan ketiga level representasi kimia secara internal dan  dapat menyajikannya kembali ketiga representasi tersebut dalam pembelajaran, agar kelak menjadi guru yang handal. Untuk itu  dikembangkan suatu model perkuliahan menggunakan sistem manajemen belajar berbasis Moodle 2.0. Adapun desain pembelajaran dikembangkan dengan memanfaatkan fitur-fitur ; lesson page, forum diskusi, penugasan (assignment).  Implementasi model menggunakan metode quasi eksperimen dengan one group pretes-postes design terhadap 37 mahasiswa calon guru di salah satu LPTK di Bandung menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan IMLR mahasiswa  pada topik kesetimbangan larutan asam-basa. Mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menyarankan perlunya dikembangkan lebih luas desain belajar  IMLR  berbasis web untuk meningkatkan mutu program pendidikan calon guru ataupun program peningkatan kompetensi professional guru kimia di lapangan. Kata kunci : Pembelajaran berbasis web, interkoneksi multiple level representasi, Kesetimbangan larutan asam-basa ABSTRACT Representational competence is an important aspect of successful problem solving in chemistry. Students understanding indicated by the ability to transfer and connection between macroscopic phenomena, submicroscopic and symbolic representation or also called the interconnection of multiple levels representation (IMLR) competence.  Preservice chemistry teachers should be achieved IMLR competence so that later will be applied it after they become   teachers.  Development of web-based learning management system that support the IMLR competence to improve the quality of preservice chemistry teachers carried out by  Web-based learning with Moodle 2.0 utilize features; lesson page, discussion forums, and assignment.  The  implementation of web-based learning using quasi experiment method with one group pretest-postest design. Involvement of  37 preservice chemistry teachers at teacher education program in Bandung. Results showed that IMLR competence preservice chemistry teachers increased significantly in topic of acid-base equilibrium. Most of students gave positive feedback and expected to continue web-based learning on other topics of chemistry. It is suggested to applied web-based learning design to enhance IMLR competence preservice chemistry teachers widely as well as to enhance professional competence of inservice chemistry teachers. Key words: Web-based learning, interconnection of multiple levels of representation, acids-bases solution equilibrium
Pengaruh pH Impregnasi terhadap Daya Adsorpsi Zeolit 2-merkaptobenzotiazol (ZEOLIT-MBT) pada ion Cd2+ ,, Ramlawati; Darminto,
C H E M I C A Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.997 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh pH Impregnasi terhadap daya adsorpsi zeolit 2-merkaptobenzotiazol (Zeolit-MBT) pada ion Cd2+. Sampel berasal dari Sangkaropi Kec.Saddang Balusu Kab.Toraja Utara Sulawesi Selatan yang diambil oleh dinas Pertambangan Sulawesi Selatan. Tahapan penelitian terdiri dari preparasi sampel zeolit, proses dealuminasi, proses impregnasi MBT pada zeolit dan adsorpsi zeolit MBT pada ion Cd2+. Hasil analisis zeolit dengan menggunakan XRF dan XRD menunjukkan bahwa zeolit yang digunakan termasuk dalam golongan mordenit. Keberhasilan impregnasi MBT pada zeolit ditinjau dari spektra FTIR zeolit MBT pada frekuensi 1321 cm-1 (gugus C-N), 605,6 cm-1 (gugus C-S), dan 1955,7 cm-1 (gugus S-H). Kuantitas ion Cd yang teradsorpsi pada zeolit-MBT dianalisis dengan AAS. Dari hasil analisis diperoleh daya adsorpsi maksimum zeolit terhadap ion Cd2+ terjadi pada pH 8 sebesar 79,3373 mg/L. Dari hasil identifikasi memberi petunjuk bahwa pH Impregnasi mempengaruhi daya adsorpsi Zeolit-MBT. Kata Kunci : pH impregnasi, Zeolit-MBT, Ion Cd2+ ABSTRACT The purpose of this experiment is to know The Impregnation pH Effect toward adsorbent potenceof zeolite 2-mercaptobenzothiazol (Zeolite-MBT) on Cd2+ ion). The sample is taken from Sangkaropi Kec.Saddang Balusu Kab.Toraja Utara Sulawesi Selatan by Dinas Pertambangan Sulawesi Selatan. The preparation started from dealumination, Impregnation zeolite by MBT and adsorb Cd2+ ion  by zeolite MBT. Result of zeolite analysis based on XRF and XRD spectra indicate that the zeolite used is mordenit group. Efficiency of MBT impregnation to zeolite was evaluated by spectra FTIR zeolite MBT in frequency 1321 cm-1 (C-N group), 605,6 cm-1 (C-S group), and 1955,7 cm-1for (S-H group). The amount of Cd2+ ion that is adsorb by zeolite-MBT was AAS analyzed is obtained 79,3373 mg/L on pH 8 and from identifying result show that pH impregnation influence adsorb power of zeolite-MBT. Keywords : Impregnation pH, Zeolite-MBT, Cd2+ ion
Skrining Senyawa Bioaktif pada Tumbuhan Mangrove yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Bakteri Penyebab Penyakit Red Spot Disease ,, Darminto,; Ali, Alimuddin; Dini, Iwan
C H E M I C A Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.643 KB)

Abstract

ABSTRAKTelah dilakukan penelitian mengenai skrining senyawa bioaktif dari tumbuhan mangrove yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri MAS. Penelitian dilakukan dengan metode skrining senyawa aktif dengan menggunakan kolom kromatografi dan pengujian antibakteri dengan metode difusi agar. Uji IC50 dilakukan dengan menggunakan sel vero yang dilajutkan dengan uji mortalitas ikan uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen bioaktif dari Avicennia sp memiliki nilai IC50 > 200µg/ml, viabilitas ikan uji lebih tinggi dengan konsentrasi senyawa 15-25g/Kg pakan dan berbeda nyata dengan 1-10g/Kg pakan pada Uji BNT1%. Kata kunci: Senyawa Bioaktif, Mangrove, Red Spot Disease ABSTRACT Screening of bioactive compounds from mangrove plants that can inhibit bacterial growth MAS used column chromatography and the antibacterial test by agar diffusion method. IC50 test by vero cells that continued by fish mortality test. The results showed that all the bioactive components of Avicennia sp have IC50 values ​​> 200μg/ml, the viability of fish with higher concentrations of test compound 15-25g/Kg significantly different from the feed on the test 1-10g/Kg BNT1%. Key words: Bioactive compounds, Mangrove, Red Spot Disease
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Konsep Ekosistem bagi Siswa Kelas VII.A, SMPN 5 Takalar Daud, Firdaus; Mifta Fausan, Muhammad
C H E M I C A Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.401 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada konsep ekosistem melalui penerapan model pembelajaran kooperatif  Numbered Head Together (NHT). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.A di SMPN 5 Takalar tahun akademik 2010/2011 sebanyak 28 orang siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian digunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, dan tes obyektif untuk menentukan hasil siswa belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kegiatan belajar pada konsep ekosistem dengan persentase 63% (sangat aktif) pada siklus pertama dan 72% (aktif) pada siklus kedua. Aplikasi NHT juga dapat meningkatkan hasil belajar pada konsep ekosistem dengan persentase 42,86% (atau kurang) pada siklus pertama dan 67,86% (baik) pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VII.A SMPN 5 Takalar melalui penerapan model pembelajaran tipe NHT koperasi. Kata kunci: model pembelajaran NHT, hasil belaajr dengan konsep ekosistem. ABSTRACT Classroom Action Research aimed to know the increase in activity and student learning outcomes on the concept of ecosystem through the implementation of cooperative learning model of numbered heads together type. The subject of this research are all of students in VII.A grade at SMPN 5 Takalar active during the academic year 2010/2011 with the number of students as many as 28 peoples. The data obtained were analyzed using descriptive statistical analysis of qualitative and quantitative descriptive statistics. The instrument of this research was used the observation sheet to find out students learning activities, and objective tests to determine student learning outcomes. The results showed that the implementation of cooperative learning model of NHT type can enhance learning activities on the ecosystem concept with the percentage of 63% (quite active) on the first cycles and 72% (active) on the second cycles. Application NHT type model of cooperative learning can also improve learning outcomes on the concept of ecosystem with percentage 42.86% (or less) on the first cycle and 67.86% (good) on the second cycle. Based on this research the writer can concluded an increase in activity and students classroom in VII.A grade at SMPN 5 Takalar through the implementation of cooperative learning model NHT type. Keywords: Cooperative learning NHT type, learning outcomes biology to the concept of ecosystems.
Aktivitas Anti-Leukemia Senyawa Oleanan Dari Kayu Akar Tumbuhan Pterospermum Subpeltatum C.B.Rob Salempa, Pince
C H E M I C A Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.896 KB)

Abstract

ABSTRAK Telah diisolasi satu senyawa turunan triterpenoid yaitu olean -12-en-2,3,23-triol-28-oat dari fraksi kloroform kayu akar Pterospermum subpeltatum C.B. Rob (Sterculiaceae) .Elusidasi  struktur berdasarkan data spektroskopi IR, 1H dan              13C-NMR. Senyawa ini menunjukkan aktivitas biologis terhadap sel murin leukemia P-388 dengan nilai  IC50 : 58 μg/mL. Kata kunci: Pterospermum subpeltatum C.B.Rob, olean-12-en-2,3,23-triol-28-oat, sel tumor P-388 ABSTRACT Isolation of a derivative triterpenoid compound, oleane-12-en-2,3,23-triol-oate from the chloroform fraction of the root wood of P.subpeltatum (Sterculiaceae). The structure elucidation is based on spectroscopic data of IR,  1 H dan  13C-NMR.The Oleane compound which has been isolated, showed biological activity to wards murine leukemia P-388 cells IC50 value 58 μg/mL. Keyword: Pterospermum subpeltatum C.B.Rob, olean-12-en-2,3,23-triol-28-oat, sel tumor P-388
Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan Menggunakan Lembar Kerja Berstruktur dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X3 SMAN 6 Makassar pada Pokok Bahasan Kimia Karbon Yonto, Muliati; Rahmah, Mutahharah,; ., Rahmah
C H E M I C A Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.098 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk  mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan menggunakan lembar kerja berstruktur terhadap hasil belajar siswa kelas X3 SMA Negeri 6 Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X3 tahun pelajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive yaitu pengambilan dua kelas sampel. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dilengkapi dengan lembar observasi siswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas X3 SMAN 6 Makassar setelah diadakannya pembelajaran kooperatif tipe TAI selama dua siklus yaitu siklus I  berada pada kategori rendah  dengan nilai rata-rata 50,24 dari nilai tertinggi 70,00 dan nilai terendah 40,00 dengan standar deviasi 13,69, sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 81,46 dari nilai tertinggi 100,00 dan nilai terendah 50,00 dengan standar deviasi 13,33. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe TAI, aktivitas belajar ABSTRACT This is a classroom action research, which aims to determine the effect of cooperative learning TAI type using structured worksheets on student learning achevement of X3 class SMA 6 Makassar. The population was all students in grade X3 academic year 2009/2010. Sample were two classes which is taken by purposive sampling. Data collection using the test results of study the student is equipped with observation sheets. From the research found that an increase in the X3-grade students studying chemistry SMAN 6Makassar after the holding of the type of cooperative learning for twoc ycles of TAI is the cycle I was in the low category withan average value of 50.24 from70.00 the highest value and lowest value of 40,00 with a standard deviation of 13.69, while in the second cycleis in the high category withan average value of 81.46 from the highest value of 100.00 andthe lowest value of 50.00 with a standard deviation of 13.33. Key words:cooperative learning TAI type, learning activities
Kapasitas Adsorpsi Tanah Diatomeae (Diatomaceous earth) terhadap Ion Kromium (VI) ,, Rahmah; Ramlawati, ; Side, Sumiati
C H E M I C A Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.157 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian bertujuan untuk menentukan kapasitas adsorpsi tanah diatomeae terhadap ion kromium (VI). objek penelitian adalah tanah diatomeae yang diambil dari laboratorium teknik kimia UGM Yogyakarta. Tanah diatomeae kemudian diaktivasi secara fisika pada suhu 350oC selama 3 jam di dalam tanur. Tanah Diatomeae dianalisis daya serapnya dengan mencari waktu kontak optimum dengan variasi waktu kontak 1, 2, 4, 6 dan 12 jam. Setelah itu, menentukan daya serap tanah diatomeae pada berbagai konsentrasi, yakni 10, 20, 30, 40 dan 50 ppm dan kapasitas adsorpsinya. Penentuan ion kromium (VI) yang teradsorpsi oleh tanah diatomeae dilakukan dengan metode titrasi iodometri dengan menghitung selisih konsentrasi ion kromium (VI) sebelum dan sesudah adsorpsi. Penentuan kapasistas adsorbsi menggunakan pola isoterm adsorbsi yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu kontak yang optimum adalah 2 jam, kapasistas adsorpsinya sebesar 6,452 g/L dan mengikuti pola isoterm adsorpsi Freundlich dengan nilai R­­­2 = 0,8550. Kata kunci: ion kromium (VI), tanah diatomeae, kapasitas adsorpsi ABSTRACT This study aimed to determine the adsorption capacity of diatomae towards chromium VI ion. The object was taken from chemical engineering laboratory UGM Yogyakarta. Diatomeaes was physicall activated 350oC for 3 hours in furnace. Absorption potence determined by finding the optimum contact time with a variation of the contact time 1, 2, 4, 6 and 12 hours. Also to determine the absorption of diatomeaes at various concentrations; 10, 20, 30, 40 and 50 ppm and then determine the adsorption capacity. Cumulatif chromium (VI) ion adsorbed by diatomeaes performed by iodometric titration method, calculating the difference ion concentration of chromium (VI) before and after adsorption. Determination of adsorption Capacity using appropriate isotherms adsorption pattern and is obtained the optimum contact time was 2 hours, Capacity adsorption 6.452 g/L and follow the Freundlich adsorption isotherm type with R2 value is 0.8550. Key words: chromium (VI), diatomeae soil, adsorption capacity
Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Hiperteks Pada Materi Ikatan Kimia Lolo Allo, Eda
C H E M I C A Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.58 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk  mengembangkan model pembelajaran berbasis teknologi infomasi dan hiperteks. Rancangan penelitian menggunakan model rancangan pengembangan Plomp meliputi tahap pengkajian awal, tahap perencanaan, tahap realisasi/konstruksi dan tahap implementasi. Pembelajaran dikembangkan interaktif dengan memanfaatkan program aplikasi Author Point Lite. Hasil implementasi pada siswa SMA Kristen Elim Makassar Kelas X2 menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan hiperteks pada materi pokok ikatan kimia memenuhi kriteria valid dan praktis tetapi belum efektif. Kata Kunci: Media pembelajaran, Teknologi Informasi, Hiperteks ABSTRACT This development research is aimed to develop learning model based on information technology and hypertext using the Plomp model includes; planning stage, realization/construction and implementation phase. Learning is developed interactively by utilizing an application program Author Point Lite. The results of the implementation to students X2 class of Kristen Elim Makassar school suggests that information technology based learning model and hypertext on the chemical bonding subject valid and practical criteria, but hasn’t effective.

Page 1 of 21 | Total Record : 203