cover
Contact Name
Ansari Saleh Ahmar, M.Sc.
Contact Email
sainsmat@unm.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sainsmat@unm.ac.id
Editorial Address
Ruang Unit Publikasi dan Penjaminan Mutu Gedung ICP Lantai 2 Fakultas MIPA UNM Jalan Daeng Tata Raya Makassar, 90223
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
SAINSMAT
ISSN : 25795686     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
The objective of this journal is to publish original, fully peer-reviewed articles on a variety of topics and research methods in both sciences, mathematics, its education, and applied science. The journal welcomes articles that address common issues in mathematics, sciences, education, applied science and cross-curricular dimensions more widely. Sainsmat memuat tulisan hasil penelitian dan kajian pustaka (reviews) dalam bidang ilmu dasar ataupun terapan dan pembelajaran dari disiplin Ilmu Biologi, Fisika, Geografi, Kimia dan Matematika
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2016): September" : 10 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dengan Bantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terpadu pada Siswa Kelas VII SMP Frater Makassar Sari, Nur Indah
Sainsmat Vol 5, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.145 KB) | DOI: 10.2685/sainsmat5232452016

Abstract

Penelitian ini adalah  jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Terpadu melalui penerapan model pembelajaran Treffinger dengan bantuan media audio visual pada materi ekosistem siswa kelas VII SMP FRATER Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas belajar siswa dan evaluasi pada setiap akhir siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan dilengkapi dengan tabel frekuensi dan presentase. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, siklus I sebanyak 14 orang dengan presentase 37,83%, sedangkan pada siklus II sebanyak 32 orang dengan persentase 86,48%. dan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, Semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA Terpadu pada siklus I 50,15% dan  meningkat pada siklus II menjadi 80,05%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Treffinger dengan bantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu pada materi ekosistem pada siswa kelas VII A SMP FRATER Makassar.Kata kunci: model pembelajaran treffinger, hasil belajar, ipa terpadu.ABSTRACTThis study is classroom action research study that aims to increase activity and study results of Integrated Science of  student by using Treffinger model with audio visual media on ecosystem material of Class VII Student at SMP Frater Makassar. Data collection used in this study was observation and achievement test in the end of every cycle. Analytical data by using descriptive statistical analysis include the frequency tables and percentages. The results of this study indicate that: Treffinger  model with audio visual media showed a positive tendency from 14 students with 37,83% in cycle I and improve to 32 students with 86,48% in cycle II and showed a positive tendency on student’s activity in study. Student’s activity in Integrated Science showed a positive tendency with successive result 50,15% in cycle I and 80,05% in cycle II. The results of this study indicate that Treffinger  model with audio visual media can increase study results of Integrated Science on ecosystem material of  Class VII Student at SMP Frater Makassar.Key words: treffinger model, student’s activity, study result, integrated science.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Tepadu Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa Ahmad, Fandi
Sainsmat Vol 5, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.794 KB) | DOI: 10.2685/sainsmat5232412016

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks pada materi sistem pernapasan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan jumlah subjek 21 siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 tabulahan dengan menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa, dan untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan tes hasil belajar siswa pada setiap ahir siklus. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu pada siklus I 73% dan  meningkat pada siklus II menjadi 85,50%, sedangkan untuk  hasil belajar siswa, siklus I sebanyak 10 orang dengan kategori kurang atau dengan persentase 47,60% dan pada siklus II sebanyak 19 orang dengan kategori sangat tinggi atau dengan persentase 90,08%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks.Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks, Hasil Belajar dan Motivasi Belajar.ABSTRACTThis study is a classroom action research that aims to increase motivation and biology learning outcomes by applying cooperative learning model of pair checks type on the respiratory system. The data were collected from 21 students of class VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan by using questionnaires to measure students learning motivation, and learning outcomes test to measure learning outcomes of the students at each end of the cycle. Study result showed that there is improvement of students learning motivation in Integrated IPA subject. In cycle I learning motivation of students is 73% and increase in cycle II become 85,50%. While for student learning outcomes in cycle I there are 10 people with less category or with percentage 47 , 60% and in cycle II there are 19 people with very high category or with percentage 90,08%. From this study it can be concluded that there is an increase in motivation and student learning outcomes with the application of cooperative learning model of pair checks type. Key words: Cooperative Learning Model of Pair Checks Type, Motivation, and Learning Outcomes
Penentuan Nilai Opsi Call Eropa Dengan Pembayaran Dividen Purwandari, Diana
Sainsmat Vol 5, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1206.718 KB) | DOI: 10.2685/sainsmat5232442016

Abstract

Fluktuasi harga saham menyebabkan perdagangan saham memiliki resiko. Opsi merupakan alternatif untuk mengurangi resiko dalam perdagangan saham. Opsi Eropa adalah suatu kontrak keuangan yang memberikan hak, bukan kewajiban, kepada holder, untuk membeli atau menjual aset pokok dari writer pada saat jatuh tempo dengan harga yang sudah ditentukan. Model penilaian harga opsi yang banyak diterima dalam bidang finansial adalah model Black-Scholes. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembagian dividen terhadap harga saham dan menentukan nilai opsi call Eropa dengan pembayaran dividen pada waktu yang telah ditentukan. Nilai opsi call Eropa dengan pembayaran dividen pada waktu yang telah ditentukan diperoleh menggunakan integrasi numerik dengan metode Simpson sebesar 12,6388.Kata kunci: opsi call Eropa, model Black-Scholes, dividen, metode Simpson.ABSTRACT Fluctuations in stock prices lead stock trading risk. An alternative options to reduce the risk in stock trading. European option is a financial contract that gives the right, but not the obligation, to the holder, to buy or sell the underlying asset of the writer at the maturity date at a price specified. Option price valuation models are widely accepted in the field of finance is the Black-Scholes model. The purpose of this study is to determine the effect of dividend distribution to the stock price and determine the value of the European call option with dividend payments at a predetermined time. Value of the European call option with dividend payments at a predetermined time obtained using numerical integration with Simpson method of 12,6388.Key words: European call options, Black-Scholes model, dividend, Simpson method.
Analisis dan Simulasi Model SITR pada Penyebaran Penyakit Tuberkulosis di Kota Makassar Side, Syafruddin; Sanusi, Wahidah; Setiawan, Nur Fajri
Sainsmat Vol 5, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1452.529 KB) | DOI: 10.2685/sainsmat5264482016

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai model matematika SITR untuk penyebaran Penyakit Tuberkulosis. Data yang digunakan adalah data sekunder penderita tuberkulosis yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2015. Pembahasan dimulai dari membangun model matematika SITR penyakit Tuberkulosis, penentuan titik ekuilibrium, kemudian mencari analisis  kestabilan titik ekuilibrium, menentukan nilai bilangan reproduksi dasar (R_0), membuat simulasi model, dan menginterpretasikannya. Dalam artikel ini diperoleh model matematika SITR untuk penyakit tuberkulosis, dua titik ekuilibrium bebas penyakit dan endemik dari model SITR, kestabilan global keseimbangan bebas penyakit dan endemik dari model SITR dengan nilai bilangan reproduksi dasa, R0 = 1,04336331 ini menunjukkan bahwa penyakit tuberkulosis berstatus epidemik.
Tingkat Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Menggunakan Peta Pikir (Mind Map) Afsani, Nazhat; Muis, Abdul; Arifin, Arifah Novia
Sainsmat Vol 5, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1023.388 KB) | DOI: 10.2685/sainsmat5264492016

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang dilaksanakan selama dua siklus. Tujuan penelitian ini meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan peta pikir. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 9 Makassar. Data penelitian yang dikumpulkan ada 2 yaitu aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik dikumpulkan selama proses pembelajaran berlangsung yang diamati oleh 2 orang observer dengan menggunakan lembar observasi, selanjutnya data hasil belajar diperoleh melalui pemberian tes evaluasi yang dilaksanakan dengan mengambil jam pelajaran biologi pada pertemuan ketiga setiap siklus, tes akhir siklus yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 item. Semua data yang diperoleh dianalisis melalui 3 cara yaitu analisis kualitatif untuk aktivitas belajar peserta didik, kuantitatif untuk hasil belajar peserta didik, dan gain ternormalisasi untuk mengetahui kategori selisih peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian mengenai aktivitas belajar peserta didik yang telah dianalisis menunjukkan rata-rata pada siklus I sebesar 75,10%, sedangkan pada siklus II sebesar 88,57%, sehingga selisih peningkatannya sebesar 13,47%. Melalui analisis kuantitatif, maka diketahui kategori ketuntasan hasil belajar peserta didik dimana jumlah persentase peserta didik yang tuntas pada siklus I 71,43%, sedangkan pada siklus II mencapai 91,43%. Diiringi dengan penurunan kategori peserta didik yang tidak tuntas pada siklus I sebesar 28,57% menjadi 8,57% pada siklus II. Berdasarkan analisis gain, rata-rata peningkatan hasil belajar siklus II terhadap siklus I sebesar 0,46 atau kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan peta pikir dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Deskripsi Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Mengerjakan Soal Proporsi Assagaf, Said Fachry; Djadir, Djadir; Mulbar, Usman; Arwadi, Fajar
Sainsmat Vol 5, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1014.975 KB) | DOI: 10.2685/sainsmat5264502016

Abstract

Proporsi merupakan salah satu topik matematika yang mulai diajarkan di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana siswa sekolah dasar kelas 5 memecahkan masalah kontekstual proporsi ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD yang terdiri dari kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Soal tentang konsep proporsi. Hasil menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika rendah tidak menggunakan konsep proporsi untuk menyelesaikan masalah terkait perbandingan. Subjek tersebut hanya membandingkan antara kuantitas yang satu dengan kuantitas yang lain secara langsung. Subjek dengan kemampuan matematika sedang mampu menggunakan konsep proporsi untuk menyelesaikan masalah terkait perbandingan. Akan tetapi, mereka belum menunjukkan alasan yang kuat dalam hal membandingkan tiga buah kuantitas. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu menggunakan konsep proporsi untuk menyelesaikan masalah terkait perbandingan. Subjek tersebut mampu membandingkan ketiga kuantitas dalam masalah yang diberikan.
Pengembangan Media Visual Flash Card pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Damayanti, Elsa; Yunus, Sitti Rahma; Sudarto, Sudarto
Sainsmat Vol 5, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (857.176 KB) | DOI: 10.2685/sainsmat5264462016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan media visual flash card pada materi interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini merujuk pada langkah-langkah pengembangan pembelajaran model Plomp yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap investigasi awal (preliminary investigation), tahap perancangan (design), tahap realisasi konstruksi (realization construction), tahap tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revition) dan tahap implementasi (implementation). Produk yang dihasilkan adalah media visual flash card.  Instrumen penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu instrumen kevalidan yang mencakup lembar validasi media visual flash card dan instrumen keefektifan meliputi angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah media visual flash card yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Palangga tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 43 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data melalui kuesioner dan tes. Analisis validasi media visual flash card oleh dua validator diperoleh hasil rata-rata yaitu 4 yang artinya valid. Berdasarkan analisis angket respon peserta didik diperoleh hasil 86% peserta didik menyatakan bahwa media visual flash card baik sekali digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan tes hasil belajar peserta didik kelas VII diperoleh hasil yaitu sebanyak 40 peserta didik yang mencapai nilai KKM 70 dengan persentase ketuntasan 93%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media visual flash card efektif digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.
Seleksi Bakteri Antagonis Asal Rizosfer Tanaman Cabai (Capsicum sp) untuk Menekan Penyakit Layu Fusarium secara in vitro Karim, Hilda; Arifin, Arifah Novia; Suryani, A. Irma
Sainsmat Vol 5, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (970.737 KB) | DOI: 10.2685/sainsmat5232432016

Abstract

Tanaman cabai (Capsicum sp) merupakan salah satu komiditi yang memiliki nilai ekonomi tinggi yang rentan terserang penyakit layu yang disebabkan oleh cendawan F.o f.sp capsici . Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh cendawan F.o f.sp capsici penyebab penyakit layu pada tanaman cabai yang sakit, untuk memperoleh isolat bakteri antagonis yang mampu menghambat perkembangan cendawan F.o f.sp capsici dan untuk mengetahui keefektifan bakteri antagonis dalam menghambat perkembangan cendawan F.o f.sp capsici penyebab layu pada tanaman cabai. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Biologi FMIPA UNM. Penelitian ini menggunnakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 9 perlakuan dan 3 kali ulangan. Analisis data menggunnakan ANOVA dan uji Duncan. Berdasarkan karakter morfologi secara makroskopis dan mikroskopis cendawan yang diisolasi dari tanaman Lombok yang sakit adalah Fusarium oxysporum f.sp capsici . Isolat bakteri antagonis terbaik menghambat pertumbuhan F.o f.sp capsici secara in vitro yaitu  Bacillus sp  81,0% .Kata kunci: Bakteri antagonis,  F.o  f.sp capsici, Tanaman Cabai.ABSTRACTChili Plants (Capsicum sp) is one commodity that has high economic value susceptible to wilt disease caused by fungus F.o f.sp capsici. The aim of this research is to obtain fungus Fo f cap capsici cause wilt disease in chilli plant that is sick, to obtain isolate of antagonistic bacteria that able to inhibit fungus development fosp capsici and to know effectiveness of antagonistic bacteria in inhibiting fungus development fosp capsici cause of wilting on pepper plant. This research was conducted in Biology Laboratory of FMIPA UNM. This research used Completely Randomized Design (RAL) with 9 treatments and 3 replications. Analyze data using ANOVA and Duncan test. Based on the morphological character of macroscopic and microscopic fungi isolated from the sick Lombok plant is Fusarium oxysporum f.sp capsici. The best antagonistic bacterial isolates inhibited the growth of F.o f.sp capsici in vitro Bacillus sp 81.0%.Key words: Bacterial antagonists, F.o f.sp capsici and Chili Plants.
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Ipa Terpadu Model Connected Yunus, Sitti Rahma; Hadir, Husnul Khatimah; Mamin, Ratnawaty
Sainsmat Vol 5, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (775.655 KB) | DOI: 10.2685/sainsmat5264472016

Abstract

Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Suli yang diajar dengan pembelajaran IPA terpadu model connected ( Persentase ketuntasan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran IPA terpadu model connected. Desain Penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPA terpadu model connected sedangkan variabel terikatnya adalah peningkatan hasil belajar peserta didik. Sampel penelitan ini adalah kelas VII1 dengan jumlah 27 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pencemaran lingkungan berupa pretest dan posttest. Instrumen penelitian ini berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 item yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata N-gain hasil belajar peserta didik adalah 0,6 yang berada pada kategori sedang dengan persentase 52% kategori tinggi dan 48% kategori sedang, 0% kategori rendah. Selanjutnya dilihat dari ketuntasan hasil belajar ditemukan bahwa persentase jumlah peserta didik yang nilainya di atas KKM adalah 81,4%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA Terpadu Model Connected dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Hubungan antara Kemampuan Awal dengan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Takalar Ahmar, Dewi Satria
Sainsmat Vol 5, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.37 KB) | DOI: 10.2685/sainsmat5232462016

Abstract

Kreativitas merupakan aspek yang diamanatkan dalam undang-undang dan menjadi hal yang diperlukan bagi perkembangan suatu bangsa agar dapat bersaing dengan bangsa yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kemampuan awal  dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto menggunakan paradigma ganda dengan dua variabel independen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri Se-Kabupaten Takalar yang terdiri dari 39 kelas atau 1537 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified purposive random sampling dan dipilih kelas XI IPA di SMAN 1 Takalar, SMAN 3 Takalar, SMAN 1 Polongbangkeng Selatan, dan SMAN 3 Polongbangkeng Utara dengan jumlah peserta didik 134 orang. Data dikumpulkan dengan mengunakan tes kemampuan awal yang terdiri dari 16 item (α = 0,883) dan tes kreativitas verbal yang terdiri dari 18 item (α = 0,808). Dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi sederhana, diperoleh bahwa koefisien korelasi antara kedua variabel tersebut adalah 0,619 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan awal dengan kemampuan berpikir kreatif dalam kimia dan hubungan kedua variabel merupakan hubungan yang positif.Kata kunci: kemampuan awal, kemampuan berpikir kreatif.ABSTRACTCreativity is an aspect that is mandated by law and become essential to the development of a nation in order to compete with other nations. The study aimed at examining the correlation between prior knowledge with creative thinking ability of students grade XI IPA at Public Senior high school in entire Takalar district. This study was an ex post facto research. The population was the entire students of grade XI IPA at public senior high school in the entire Takalar which consist of 39 classes with 1537 people. Sample was taken by employing stratified purposive random technique and obtained grade XI  IPA 1 students in SMAN 1 Takalar, SMAN 3 Takalar, SMAN 1 Polongbangkeng Selatan, and SMAN 1 Polongbangkeng Utara with 134 students. The instrument of the study used test of prior knowledge consisting of 16 items (α = 0.883) and test of verbal creativity that consist of 18 items (α = 0.808). by using correlation and simple regression analysis, study founded that coefficient correlation between these two variables is 0.619, p = 0.000 (p <0.05). This value indicated that there was correlation between prior knowledge with creative thinking ability in chemistry and the correlation between the two variables is a positive correlation.Key words: Prior knowledge, creative thinking ability

Page 1 of 1 | Total Record : 10