cover
Contact Name
Muhammad Asrul Sulthan
Contact Email
publikan@unm.ac.id
Phone
0852-5565-6554
Journal Mail Official
publikan@unm.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Makassar PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN, KAMPUS V UNM Jl. Jend. Sudirman No. 56 Kota Parepare
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Publikasi Pendidikan
ISSN : 20882092     EISSN : 25486721     DOI : -
Core Subject : Education,
Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 2 (2016)" : 10 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PEMBELAJARAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS III SDN 44 PAREPARE Pasinggi, Yonathan Saba’
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.649 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1900

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman siswa soal cerita operasi hitung campuran di kelas III, serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa soal cerita operasi hitung campuran di kelas III melalui penerapan model kooperatif tipe STAD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif jenisnya  PTK Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan hasil evaluasi pada masing-masing siklus sebagai berikut. Siklus I berada pada kualifikasi cukup (C), penelitian dilanjutkan pada siklus ke II hasilnya baru berada pada kategori B sehingga melanjutkan  ke siklus III dan hasilnya berada pada kategori sangat baik (SB), sehingga penelitian dihentikan.Kata Kunci: Hasil Belajar, Operasi Hitung Campuran, Model Kooperatif Tipe STAD
MENGULIK PENGEMBANGAN NASIONALISME GENERASI MUDA DI ERA GLOBALISASI Amrah, Amrah
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.597 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.2094

Abstract

Rasa nasionalisme sangat penting sekali bagi generasi muda Indonesia untuk bisa menjadi bangsa yang maju, bangsa yang moderen, bangsa yang aman, dan damai, adil dan sejahtera di tengah-tengah arus globalisasi yang semakin hari semakin menantang negara Indonesia. Sebagai bangsa dan negara di tengah bangsa lain di dunia membutuhkan identitas kebangsaan (Nasionalisme) yang tinggi dari warga negara khususnya di kalangan generasi muda Indonesia. Semangat nasionalisme dibutuhkan tetap eksisnya bangsa dan negara Indonesia. Nasionalisme yang tinggi dari warga negara atau generasi muda  sehingga akan membuat perilaku positif dan terbaik untuk bangsa dan negara. Dalam dekade, ada beberapa kecenderungan menipisnya jiwa nasionalisme dikalangan generasi muda. Hal ini dapat diliahat dari beberapa tolak ukur yaitu kurang apresiasinya generasi muda terhadap kebudayaan asli Indonesia, pola dan gaya hidup remaja yang kebarat-baratan, dan sebagainya. Kata Kunci: nasionalisme, generasi muda, globalisasi
EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG DI KELAS 1 SD INPRES PANRENGE KABUPATEN BARRU Supriadi, Supriadi
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.166 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1895

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas metode Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongen di SD Inpres Panrenge Kabupaten Barru. Serta menguji teori apakah model Mind Mapping efektif diterapkan dalam meningkatkan kemampuan menyimak dongen di kelas I SD Inpres Panrenge Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan mengguanakan desain penelitian eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan Hasil tersebut berdasarkan uji t diperoleh nilai t hitung: 5,186. Kriteria pengujiannya adalah H0 diterima jika t hitung < t Tabel dan H0 ditolak jika t hitung > t tabel. Nilai t tabel = db =1= 32-1 = 31 (Angka 31 atau 30 inilah yang dilihat dalam tabel). Pada taraf signifikan 5% diperoleh = 2,04, ternyata t hitung > t tabel dan hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian metode mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak dongen siswa kelas I SD inpres Panrenge Kabupaten Barru serta teori Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng di Sekolah Dasar.Kata Kunci: menyimak dongen, metode Mind Mapping
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA TEKNIK LARI MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 2 WATAMPONE KABUPATEN BONE Mardiana, Mardiana
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.181 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1901

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Teknik Lari Melalui Pembelajaran Langsung Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone. Subjek penelitian ini adalah kelas X-2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone dengan jumlah siswa 34 orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari lima tahap, yaitu tahap refleksi awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil    penelitian ini menyimpulkan bahwa; (1) Secara kuantitatif, hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada teknik lari melalui pembelajaran  langsung siswa Kelas X-2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone pada teknik lari sebelum pelaksanaan tindakan dikategorikan kurang. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 59,68 dan siklus II dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 67,42, (2) Secara kualitatif persentase siswa kelas X-2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan pada teknik lari. Dari hasil analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan memberikan strategi pembelajaran langsung, dan memberikan umpan balik pada setiap tugas yang diberikan kepada siswa, dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan pada teknik lari melalui pembelajaran  langsung siswa Kelas X-2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.Kata Kunci: Pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan, teknik lari, pembelajaran langsung
PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER II Veryani, Andi Nur
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1897

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan buku ajar biologi siswa SMA kelas XI semester II berbasis pemecahan masalah yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan adaptasi model pengembangan 4-D (four-D model). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data mengenai hasil validasi buku ajar siswa berbasis pemecahan masalah yang diperoleh dari lembar instrumen validasi yang diisi oleh validator ahli, data mengenai tingkat kepraktisan yang diperoleh dari angket kepraktisan yang diisi oleh para validator dan para praktisi, dan data mengenai keefektifan yang diperoleh dari angket respon siswa yang diisi oleh siswa. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan menurut Hobri (2009). Hasil penelitian pengembangan buku ajar siswa berbasis pemecahan masalah menunjukkan bahwa nilai total hasil validasi dari para validator adalah 4,3 dan termasuk kategori valid. Hasil penelitian rata-rata tingkat kepraktisan dari para validator dan para praktisi  adalah 87,3%. Hasil penelitian keefektifan berdasarkan respon siswa adalah 94,7% siswa memberi respon positif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa buku ajar biologi siswa SMA kelas XI semester II berbasis pemecahan masalah  yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar Siswa, Biologi.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING DI KELAS VI SDN IV KOTA PAREPARE Tuken, Ritha
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.18 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1902

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model role playing dalam meningkatkan hasil belajar PKn di kelas VI SDN IV Kota Parepare. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada proses aktivitas siswa dan guru dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe role playing dan fokus hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing. Penelitian dilaksanakan di SDN IV Kota Parepare dengan subjek adalah guru dan siswa kelas VI SDN IV Kota Parepare yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan.  Prosedur dan desain penelitian yang digunakan yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diolah secara kualitatif. Hasil belajar yang diperoleh dari taraf keberhasilan siswa yang tuntas mencapai KKM sekolah, yang cenderung mengalami peningkatan, berturut-turut: siklus I, kualifikasi cukup, dan siklus II, kualifikasi baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe role playing di kelas VI SDN IV Kota ParepareKata Kunci: hasil belajar, metode role playing
PENGARUHTEKNIK MIND MIPPINGTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM BILINGUAL PGSD FIP UNM Nurhaedah, Nurhaedah
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.959 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1898

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswaProgram Bilingual PGSD FIP UNM sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan sampel kelompok (cluster sample) yaitu mahasiswa Bilingual kelas BC.1.1 yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes membaca pemahaman. Hasil penelitian yang telah dikemukakan pada bagian pembahasan membuktikan bahwa penggunaan teknik mind mapping sangat membantu mahasiswa untuk memahami isi bacaan dengan mengorganisasikan ide yang mereka dapatkan dalam bacaan dalam bentuk mind mapping. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bacaan yang berbahasaInggris.Hal tersebut dibuktikan dengan perbedaan nilai yang diperoleh mahasiswa sebelum dan sesudah menerima perlakuan.Kata Kunci: membaca pemahaman, metode Mind Mapping
MAKNA KOMPETENSI EMOSI BAGI MANAJER DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN Hamid, Andi Nasrawati
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.013 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1903

Abstract

Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini bertujuan untuk memahami makna kompetensi emosi bagi manajer dalam melakukan proses pengambilan keputusan di ruang lingkup organisasi. Keterlibatan emosi tidak dapat dihindari ketika individu menghadapi kondisi pengambilan keputusan, oleh karena itu dibutuhkan keterampilan yang berbasis potensi emosi dan berdampak pada pencapaian kinerja yang tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara yang mendalam untuk mengumpulkan data dari responden. Pengumpulan responden dengan menggunakan teknik ”snow-ball” dan pemilihan responden menggunakan purposive sampling. Penelitian kualitatif fenomenologi ini terdiri dari empat proses yang dilalui yaitu epoche, phenomenological reduction, imaginative variation, dan synthesis of meaning. Proses analisis dan interpretasi data meliputi: bracketing, horizonalizing, meaning units untuk mendapatkan deskripsi tekstural; imaginative variation untuk mendapatkan deskripsi struktural; dan memadukan deskripsi tekstural dan struktural menjadi suatu makna yang universal dan mewakili responden secara keseluruhan. Validitas hasil penelitian dengan menggunakan intersubjective validity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman emosi merupakan sejumlah perasaan yang telah dialami manager dalam mengambil keputusan. Emosi yang dialami berupa: senang, kecewa, marah, dan cemas, yang ditimbulkan oleh adanya intervensi lingkungan, kondisi yang pasti dan ketidakpastian, serta terbatasnya kemampuan dalam menghadapi masalah dan adanya masalah pribadi yang dihadapi oleh manager. Sejumlah perasaan ini dimaknai sebagai sumber motivasi ataupun sebagai sumber stressor yang akan mempengaruhi cara atau strategi manager dalam mengambil keputusan. Kompetensi emosi menjadi sumber strategi manager dalam mengelolah emosi ketika melakukan proses pengambilan keputusan. Adapun bentuk kompetensi emosi manager dalam melakukan proses pengambilan keputusan yaitu: memahami emosi diri, mengendalikan emosi, memiliki motivasi, berempati, memiliki keterampilan sosial.Keyword: Pengalaman emosi, kompetensi emosi, manager, pengambilan keputusan 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI SISWA KELAS V SD NEGERI 68 KEC. BACUKIKI KOTA PAREPARE Nurjanah, Nurjanah
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.072 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1899

Abstract

Studi ini menelaah penerapan model inkuiri pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu Apakah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil blajar IPA tentang gaya dengan menerapkan metode inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah proses dan hasil pembelajaran IPA mengenai gaya. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare, sebanyak 17 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki – laki dan 7 siswi perempuan. Data dikumpulkan berdasarkan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dan dikategorikan kurang, namun pada siklus II indikator keberhasilan telah tercapai dan dikategorikan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare.Kata Kunci: hasil belajar, metode inquiry
PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP TAQWA ANAK DI SEKOLAH DASAR Arif K., Muh.
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.886 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1904

Abstract

Peranan pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap taqwa pada anak di sekolah dasar, pada dasarnya diperlukan kesadaran, penghayatan serta pengalaman dari beberapa unsur yang bertalian dengan isi pendidikan agama Islam mengandung keimanan, amaliah, ilmiah, dam pendidikan tentang akhlakul karimah sebagai wujud akibat dari pendidikan agama Islam dengan berfokus unsur-unsur obyek kajian tersebut di atas. Pendidikan dalam arti umum mencakup segala usaha dan perbuatan dari generasi tua untuk mengalihkan pengalamannya, pengetahuannya, kecakapannya serta keterampilannya kepada generasi muda untuk memungkinkan melakukan fungsi hidupnya dalam pergaulan bersama, dengan sebaik-baiknya. ”Pendidikan nasional berdasarkan pada Pancasila, bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadapa Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa”.Kata kunci: Pendidikan agama Islam, peran dan sikap taqwa

Page 1 of 1 | Total Record : 10