cover
Contact Name
Muhammad Asrul Sulthan
Contact Email
publikan@unm.ac.id
Phone
0852-5565-6554
Journal Mail Official
publikan@unm.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Makassar PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN, KAMPUS V UNM Jl. Jend. Sudirman No. 56 Kota Parepare
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Publikasi Pendidikan
ISSN : 20882092     EISSN : 25486721     DOI : -
Core Subject : Education,
Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 3 (2015)" : 10 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 PAREPARE Krismanto, Wawan; Halik, Abdul; Sayidiman, Sayidiman
Publikasi Pendidikan Vol 5, No 3 (2015)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.421 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v5i3.1616

Abstract

Berbagai studi internasional menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa di Indonesia bergategori rendah. Kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar terutama di kelas lanjut sering diabaikan sehingga hasilnya rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitianyaitu siswa dan guru kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Data diperoleh dengan tehnik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi proses pembelajaran membaca pemahaman dengan metode SQ3R di siklus I, II dan III semakin baik. Seiring dengan itu, kemampuan membaca pemahaman siswa juga semakin meningkat di siklus I, II dan III. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 46 Parepare.Kata Kunci: metode SQ3R, membaca pemahaman
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 54 KOTA PAREPARE Syam, Natriani; Ramlah, Ramlah
Publikasi Pendidikan Vol 5, No 3 (2015)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.03 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v5i3.1612

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPS tentang perkembangan teknologi di kelas IV SDN 54 Kota Parepare dan untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang perkembangan teknologi siswa kelas IV SDN 54 Kota parepare melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV SDN 54 Kota Parepare, sebanyak 26 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan dan peneliti. Data diperoleh melalui teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan cara mengelompokan data aspek guru dan aspek siswa. Tiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Pada siklus I hasil belajar  masih dalam kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas IV SDN 54 Kota Parepare.Kata kunci : Model Mind Mapping, Ilmu Pengetahuan Sosial, Hasil Belajar
IbMSTABILISASI PADA ATLET TINJU SULSEL MAJU (PERSIAPAN PRAPON) SULAWESI SELATAN Muis, Joni
Publikasi Pendidikan Vol 5, No 3 (2015)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.623 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v5i3.1647

Abstract

IbMStabilisasi Pada Atlet Tinju Sulsel Maju (Persiapan Pra-PON) Sulawesi Selatan.Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan koordinasi, kekuatan dan kelentukan dalam melontarkan pukulan pada cabang olahraga tinju. Identifikasi kebutuhanan pelatihan adalah meneliti adanya kekurangankemampuan, kondisi fisik khususnya kekuatan, kelentukan dan koordinasi gerak dan sikap pada seseorang yang dikaitkandengan pergerakan yang akan dilakukan oleh atlet. semua kekurangan-kekuranganini dapat diatasi dengan pelatihan akan tetapi tetap diharapkan sebuah pelatihandapat memberi nuansa dan wawasan yang benar serta tambahan pengetahuan yangmenunjang segala aktivitas gerak atlet yang efektif dan efesien.Upaya mengatasi permasalahanyangditempuh sebagai berikut.Observasi awal atau orientasi lapangan mengenai masalah-masalah yang dihadapi oleh pelatih dalam mengatasi peningkatan unsur kondisi fisik, Memberikan pemahaman tentang jenis pelatihan stabilisasi, Materi latihan, Mengadakan evaluasi, guna mengetahui kemampuan atlet dalam mencapai unsur kondisi fisik yang diharapkan guna peningkatan kekuatan, kelentukan dan koordinasi.Kata Kunci : Latihan Stabilisasi, Persiapan Prapon
PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK SEI. BULU MUARA BULIAN Hafrida, Hafrida; Monita, Yulia; Siregar, Elisabeth
Publikasi Pendidikan Vol 5, No 3 (2015)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.16 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v5i3.1613

Abstract

This research is a multi-years research that is planned to be completed in 2 (two) years.  In this year this research aims to see the implementation of child offender in The Children Penitentiary  Sei. Bulu Muara Bulian Jambi. This research is an “Empirical Research”, that conducted  field research on The Child Penitentiary Sei. Bulu Muara Bulian, and conduct interviews to Children Inmates and   observations tothe implementation of the development ofthe children inmates, in addition this research also conducted on The Law and Human Rights Ministry of Jambi. The result of the research shows in The Children Penitentiary Sei. Bulu Muara Bulian Jambi not only populated by children in mates, but also combined with adult female in mates. The result of the field research on the 27 may 2015 the number ofadult female in mates reached47 (Forty-seven) people, the number ofchildinmatesare36 (thirty six) people. The results offield research hasserious problems: 1) from Goal of Development aspect ofthere isa big differences, the purpose of fosteringa child in mates are education and training while the fostering goal of adult women in mates are correctional. 2) From the practical aspectsof the available labor builder is a builder who should have the power (tupoksi) to foster in mates child obtains heavier burden than duties that are supposed, the obligation to implement the guidance to adult female in mates. 3) From the aspect of facilities there is no additional facilities relating with the increasing of the work load. 4) from the aspects of employee resources builder also there is no special addition.The head of the law Ministry and Human Rights Jambi province says the consideration of the merger because of the proximity characteristic still possible to combine. Seeing the empirical condition shows the needs  for the application of Law No.11 of 2012 concerning Juvenile Justice System where the children criminals tries to avoid a child in the punishment imprison ment through the efforts diversion andrestorative justice. The research on the effectiveness of restorative justice through the application of this diversion will be continued in the research studyon the second year. Keywords: Inmates Children, Children Penitentiary, Development of Inmates Children.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 10/73 ARALLAE KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE Nasaruddin, Nasaruddin
Publikasi Pendidikan Vol 5, No 3 (2015)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.476 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v5i3.1684

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan dalam memahami pokok bahasan perubahan energi gerak dan untuk mengetahui hasil belajar perubahan energi gerak melalui pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 10/73 Arallae. Adapun hipotesis dalam penelitian ini yaitu jika menggunakan pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 10/73 Arallae akan meningkat. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengamatan, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penggunaan pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD yaitu dapat mempermudah siswa dalam memahami materi perubahan energi gerak dan dapat meningkatkan hasil belajar perubahan energi gerak pada siswa kelas IV SDN 10/73 Arallae.Kata kunci:     Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, STAD
KONTRIBUSI PERMAINAN HITAM HIJAU TERHADAP KETERAMPILAN LARI SPRIN MURID SMP NEGARI 11 KOTA JAMBI Ilham, Ilham; Arsil, Arsil; Ali, Muhammad
Publikasi Pendidikan Vol 5, No 3 (2015)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (829.818 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v5i3.1609

Abstract

Generally this research is for knowing the contribution of hitam hijau and sentuh batu games on the ability to sprints for female student of SMPN 11 jambi, specificially this research is for knowing : (1) the contribution of hitam hijau games on the ability to sprints. (2) the contribution of sentuh batu games on the ability to sprints. (3) differences in the contribution of hitam hijau and sentuh batu games on the ability to sprint. And the advantage of this research are (1) for the physical education teacher is as the information form of the game that can be used as a learning media  in order to achieve the indicator skills to run sprints . (2) For the trainers, is for building the ability to sprint for athlete can be done with the hitam hijau and sentuh batu games. The research method that used in this research is the experimental method, using the two groups pretest post test design. The variable in this research is the ability to sprint as the binding variable and the hitam hijau and sentuh batu games as  the free variable . The data that we collected were analyzed with the t test, but before that we conducted the normality and homogenity test. The hypothesis testing result are (1) t hitung (9,35) > t table (1,69). (2) t hitung (6,44) > t table (1,69). (3) t hitung (4,54) > t tabel (2,24).  Thus it can be concluded that (1) hitam hijau games gives the significant contribution for the ability to sprint. (2) sentuh batu games gives the significant contribution for the ability to sprint. (3) there are significant differences  in the contribution of hitam hijau and sentuh batu games for the ability to sprint. Hitam hijau game is far better than sentuh batu games.Keywords : Hitam hijau, Sentuh batu, The ability to sprint
THE USE OF FOLKTALES IN TEACHING LISTENING COMPREHENSION Sultan, Muhammad Asrul
Publikasi Pendidikan Vol 5, No 3 (2015)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.64 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v5i3.1614

Abstract

The objectives of this research are: (1) To find out whether or not the use of folktales in teaching listening comprehension is effective to improve the students’ listening comprehension ability and (2) To elaborate the students motivation toward the use of folktales in teaching listening comprehension is effective to improve the students’ listening comprehension ability.This research is a quasi experimental research and it employed a cluster random sampling technique. The researcher randomly select two class from six class of the tenth years students. Group A was as experimental group and group B became control group. The data were collected by using test and questionnaire. The data of the students’ learning outcomes on listening were collected by using listening test while the data on the students’ motivation were collected by using questionnaire. Those data were then analyzed descriptively and inferentially using SPSS 16.0 and Likert Scale.The result of data analysis indicated that: (1)the learning outcomes on listening of the tenth years students of SMA Negeri 1 Parepare taught by using folktales in teaching listening significantly increased after the treatment. “The use of folktales in teaching listening comprehension” effective in improving listening comprehension achievement of the students better than conventional activity as indicated by the t-test value 7.571 and the p-value (2-tailed) .000 which was not greater than .05 level of significance; (2) the students were motivated in learning listening by using folktales, as indicated by the mean score 83.83 from the questionnaire. It means that the students were classified strongly motivated students.Key words: folktales and listening comprehension
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 21 PAREPARE Maryam. M, St.
Publikasi Pendidikan Vol 5, No 3 (2015)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.357 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v5i3.1610

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD N 21 Parepare Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 21 Parepare Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dua siklus yang mana setiap siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I berada pada kategori kurang, siklus II pada kategori cukup dan siklus III pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sifat operasi hitung bilangan bulat pada kelas IV SD N 21 ParepareKata Kunci:  Model Numbered Head Together, hasil belajar.
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI DAN STAD PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI SEKOLAH DASAR Wahid, Herniwati
Publikasi Pendidikan Vol 5, No 3 (2015)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.265 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v5i3.1615

Abstract

Model-model pembelajaran tidak semua sudah diterapkan di kelas. Seorang guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan memperhatikan keadaan atau kondisi siswa. Banyak model kooperatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS tetapi harus dicari model yang efektif. Masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah hasil proses pembelajaran IPS siswa, bagaimanakah hasil analisis deskriptif model, dan bagaimana keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Grup Investigasi dibandingkan tipe STAD mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi yang diterapkan pada siswa sekolah  SSN dan RSSN?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan memberikan opic diskriptif untuk mengetahui gambaran selama proses pembelajaranmenggunakan cara Randomized Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive random samplingmenggunakan 2 kelas eksperimen dan 2 kelas opic diambil dari 91 SD sebagai sampel yang ada di Kota Parepare. Intrumen penelitian, lembar observasi afektif dan psikomotorik, angket respons dan tes hasil pre-test dan post-test kognitif. Analisis data secara deskriptif, Uji keektifandan Uji perbedaan  menggunakan Uji-t anava dua jalan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran.hasil penelitian padapelaksanaan pembelajaran di sekolah SSN dan RSSN, Siswa berinteraksi opic kelompok dalam bentuk diskusi yang pada akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan. Siswa melakukan investigasi terhadap suatu opic secara sistematis dan analitik. Hal ini mempunyai implikasi yang positif terhadap pengembangan keterampilan penemuan dan membentu mencapai tujuan. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Model group investigation, Hasil belajar siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 118 PINRANG Hasnah, Hasnah
Publikasi Pendidikan Vol 5, No 3 (2015)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.966 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v5i3.1611

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 118 Pinrang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 118 Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dua siklus yang mana setiap siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I berada pada kategori kurang, siklus II pada kategori cukup dan siklus III pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN118 Pinrang.Kata Kunci:  model pembelajaran ARIAS, menulis karangan narasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10