cover
Contact Name
Muhammad Asrul Sulthan
Contact Email
publikan@unm.ac.id
Phone
0852-5565-6554
Journal Mail Official
publikan@unm.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Makassar PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN, KAMPUS V UNM Jl. Jend. Sudirman No. 56 Kota Parepare
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Publikasi Pendidikan
ISSN : 20882092     EISSN : 25486721     DOI : -
Core Subject : Education,
Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 3 (2012)" : 9 Documents clear
IbM PELATIHAN PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Manggau, Arifin
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.309 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1591

Abstract

Tujuan: (a) Memberikan pengetahuan dasar mengenai cara pengembangan motorik halus untuk pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. (b) Memberikan dasar pengetahuan tentang  jenis permainan yang dapat meningkatkan motorik halus pada anak usia dini dan penerapannya di Taman Kanak-Kanak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah bervariasi dan sekilas praktek dalam cara peningkatan motorik halus pada anak dengan cara bermain. Kesimpulan: (1) Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan, mendapat sambutan dan tanggapan positif dari guru taman kanak-kanak dan atau calon guru taman kanak-kanak di kota Makassar. Hal ini terlihat dengan kesungguhan para peserta untuk mengikuti penyajian materi dan pelatihan pengembangan motorik halus yang kami lakukan, mulai dari awal hingga akhir pertemuan. Saat penyajian materi dan pelatihan terjadi diskusi dan tanya jawab yang mendalam antara pembimbing dan peserta, yang hasilnya sangat memuaskan antara keduanya. (2) Pelatihan atau bimbingan tentang pelatihan pengembangan motorik halus anak usia dini, merupakan suatu kegiatan yang sangat menunjang program pendidikan kreativitas khususnya kreativitas anak untuk pembelajaran pada taman kanak-kanak untuk mengembangkan potensi anak usia dini. Saran: (1)Memperbanyak belajar sendiri tentang pengembanagn motorik halus pada anak usia dini. Seperti mengikuti pelatihan dan membaca buku-buku tentang pengembangan motorik halus .(2) Mengaplikasikan kegiatan-kegiatan pengembangan motorik halus dalam pembelajaran disekolah.(3) Sarana dan prasarana yang mendukung dalam penyajian kegiatan pengembangan motorik halus.(4) Kegiatan yang berkesinambungan tentang pelatihan pengembangan motorik halus pada  anak.Kata kunci: motorik halus, otorik kasar, bermain
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 UNGGULAN WATAMPONE Aras, Latri
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.388 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1596

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Matematika  Realistik (PMR) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Unggulan Watampone. Masalah penelitian ini, yaitu Apakah melalui penerapan pendekatan matematika realistik dalam proses pembelajaran, hasil belajar pada operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri 5 Unggulan Watampone dapat meningkat? Untuk meningkatkan hasil belajar pada operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD  Negeri 5 Unggulan Watampone dengan menerapkan pendekatan matematika realistik. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (action research). Rancangan tindakan ini meliputi persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Prosedur pelaksanaan penelitian direncanakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah 35 orang,  dan seorang guru.  Teknik pengambilan data penelitian ini tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Pengoperasian hitung bilangan bulat melalui pendekatan matematika realistik sangat berpengaruh  terhadap peningkatan hasil belajar matematika murid Kelas V SD Negeri 5 Unggulan Watampone dengan skor rata-rata hasil belajar matematika pada Siklus I masuk pada kategori sedang pada Siklus II masuk pada kategori tinggi.Kata kunci: hasil belajar matematika, pendekatan matematika realistik.
PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJAAN KETERAMPILAN KOMPUTER BAGI MAHASISWA PGSD Makkasau, Andi
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.501 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1592

Abstract

Masalah utama dalam proses pembelajaran komputer saat ini ialah tingkat penguasaan keterampilan komputer bagi mahasiswa yang masih dikategorikan belum baik  karena penerapan media audiovisual  belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan komputer untuk meningkatkan keterampilan mengoperasikan  komputer bagi mmahasiswa PGSD  dan (2) untuk mengetahui peningkatan kinerja dosen melalui penerapan media audiovisual dalam pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran  menggunakan model pengajaran langsung yang dilaksanakan selama dua siklus,  tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan  tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian meliputi dosen dan mahasiswa kelas B.75 yang sedang memprogramkan mata kuliah keterampilan komputer dengan jumlah mahasiswa 45 orang. Hasil yang dicapai menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan mengoperasikan  komputer bagi mahasiswa PGSD yang ditunjukkan dari adanya peningkatan aspek psikomotor.  Demikian pula respon mahasiswa yang sangat positif terhadap penerapan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan komputer.Kata Kunci : media, komputer, mahasiswa, audio visual
PENERAPAN QUANTUM TEACHING DI SD TIMBUSENG MAKASSAR IBM QUANTUM TEACHING ON TIMBUSENG ELEMENTARY TEACHERS MAKASSAR Idrus, Nur Abidah
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.725 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1597

Abstract

Belajar mengajar di sekolah merupakan serangkaian kegiatanyang secara sadar telah terencana. Dengan adanya perencanaan yang baik akan mendukung keberhasilan pengajaran. Usaha perencanaan pengajaran diupayakan agar peserta didik memiliki kemampuan maksimal dan meningkatkan motivasi, tantangan dan kepuasan sehingga mampu memenuhi harapan baik oleh guru sebagai pembawa materi maupun peserta didik sebagai penggarap ilmu pengetahuan.Kata Kunci: Pelatihan, Pembelajaran inovatif, Quantum Teaching.
ARNOLD GESELL DAN MODEL PEMATANGAN Bachtiar, Muhammad Yusri
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.089 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1593

Abstract

Arnold Gesell adalah psikolog dan dokter anak pionir di bidang perkembangan anak. Pertumbuhan dan perkembangan menurut Gesell dipengaruhi oleh dua faktor utama. Pertama, anak adalah produk dari lingkungannya. Kedua adalah perkembangan anak berasal dari dalam, yaitu dari aksi gen-gen tubuhnya. Kedua proses di atas disebut “kematangan”Kata Kunci: Arnold Gesell, Pertumbuhan dan perkembangan, dan Kematangan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI TIPE JIGSAW PADA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 PAREPARE Pada, Amir
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.309 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1589

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini  adalah bagaimana proses penerapan metode diskusi tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS sehingga dapat meningkatkan hasil belajar di SMP Negeri 2 Parepare. Tujuan yang akan dicapai adalah mengetahui bagaimana partisipasi dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode diskusi tipe jigsaw dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam Penulisan ini menggunakan metode deskriptif, yaitu data yang diperoleh dianalisis melalui proses deskripsi yang lebih mendalam sehingga diperoleh sebuah gambaran nyata mengenai hasil dari penanganan masalah yang terjadi. Hasil Penulisan ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi danhasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS masih kurang sebelum penerapan metode diskusi Tipe Jigsaw. Selanjutnya  hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan metode diskusi tipe jigsaw meningkat. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode diskusi tipe jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang studi IPS di SMP Negeri 2 ParepareKata kunci: Penerapan metode diskusi Tipe Jigsaw, Hasil Belajar dan Pembelajaran IPS 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SIMETRI PUTAR DAN LIPAT BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS V SD NEGERI 83 PAREPARE Maryam. M, St.
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.748 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1594

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana meningkatkan aktivitas proses pembelajaran tentang simetri putar dan lipat bangun datar melalui Pendekatan Matematika Realistik di kelas V SD Negeri 83 Parepare dan Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa tentang simetri putar dan lipat bangun datar melalui pendekatan matematika realistik di kelas V SD Negeri 83 Parepare. jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 83 Parepare. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Proses penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa tentang simetri lipat dan putar bangun datar di kelas V SD Negeri 83 Parepare.Kata kunci: hasil belajar, simetri putar, pendekatan matematika realistik
HUBUNGAN PEMBERIAN MOTIVASI ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD INPRES 6/86 BIRU KABUPATEN BONE Nurdin, Makmur
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.214 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: a)Bagaimana gambaran pemberian motivasi orang tua murid SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone?, b) Bagaimana gambaran hasil belajar murid di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone?, c) apakah ada hubungan antara pemberian motivasi orang tua dan hasil belajar murid SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone? Hasil penelitian mengenai pemberian motivasi orang tua dan hasil belajar murid di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone, disimpulkan sebagai berikut: Secara umum tingkat pemberian motivasi orang tua murid di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone dalam kategori cukup baik. Secara umum tingkat pemberian motivasi orang tua murid di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone dalam kategori cukup baik. Ada hubungan positif antara pemberian motivasi orang tua dan hasil belajar murid di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone.      Kata Kunci:    Motivasi, orang tua, murid dan hasil belajar
ISLAM DAN NEGARA (Studi Kritis Atas Pemikiran Ali Abdul Raziq) Muhammadong, Muhammadong
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.406 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1595

Abstract

Salah seorang pemikir Islam tentang hal ini yang gagasannya sangat populer adalah Ali Abd Raziq. Dalam buku Al-Islam wa Ushul Al-Hukm (Islam dan ketatanegaraan) beliau berpandangan bahwa  tidak ditemukan di dalam Al-Qur’an dan hadits, suatu dalil yang menyinggung soal sistem pemerintahan. Oleh karena itu dalam ajaran Islam tidak terdapat ketentuan-ketentuan tentang corak negara. Kalau Nabi Muhammad SAW, dalam menjalankan aktivitas kenabian dan kerasulannya, kemudian beliau menjadi pemimpin yang efektif bagi umatnya baik dalam aspek moral-spiritual, maupun dalam aspek sosial-politik, dan ekonomi, semua itu masih dalam koridor risalah kenabian dan kerasulan,tidak yang lain. Maka tidaklah tepat jika kemudian kekhalifahan atau lembaga khilafah dipandang sebagai bagian dari doktrin di dalam Agama Islam. Sistem khalifah muncul sebagai perkembangan yang seharusnya dari sejarah sosial politik Islam. Ketika Nabi wafat, mestilah ada yang menggantikan beliau dalam mengurus soal umat. Abu Bakar kemudian muncul sebagai khalifah atau pengganti beliau, kemudian berikutnya Umar, Usman, dan Ali. Mereka tidaklah mempunyai tugas keagamaan, mereka hanyalah kepala negara, dan bukan kepala agama. Oleh karena itu, corak dan bentuk negara bukanlah soal agama tetapi soal duniawi, dan diserahkan kepada akal dan pengalaman manusia untuk menentukannya. Dan karena itulah maka tindakan Mustafa Kemal Attaturk menghapuskan lembaga khilafah dan khalifah dari sistem kerajaan utsmani bukanlah sesuatu yang bertentangan dengan ajaran Islam.   Kata kunci: sistem pemerintahan, lembaga khilafah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9