cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Publikasi Pendidikan
ISSN : 20882092     EISSN : 25486721     DOI : -
Core Subject : Education,
Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 152 Documents
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD INPRES 12/79 BIRU 1 WATAMPONE Nurdin, Makmur
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.386 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i2.1415

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif terhadap peningakatan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres 12/79 Biru 1 Watampone. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil penelitian,maka dapat ditarik kesimpulan bahwa; 1) hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres 12/79 Biru 1 Watampone yang diajar dengan pembelajaran kooperatif dikategorikan sedang degan skor rata-rata 11,45, 2) Hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres 12/79 Biru 1 Watampone yang diajar dengan pembelajaran non-kooperatif dikategorikan rendah dengan skor rata-rata 10.10,dan 3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres 12/79 Biru 1 Watampone yang diajar dengan pembelajaran kooperatif dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran nonkooperatif,baik bedasarkan kategori  rata-rata. Kata kunci: Efektif, kooperatif, hasil belajar.
CEMARAN AIR DAN TERCAPAINYA LINGKUNGAN SUMBER DAYA ALAM YANG BERKELANJUTAN Sahabuddin, Erma Suryani
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.646 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i2.1411

Abstract

Seperti di banyak negara lain, kondisi sumber daya air di Indonesia telah sampai pada tahap di mana tindakan terpadu diperlukan untuk membalikkan tren yang terjadi saat ini yaitu pencemaran air,  penggunaan air yang berlebihan,  dan meningkatnya ancaman kekeringan dan banjir. Proses terjadinya pencemaran air, apabila air tersebut sudah terkontaminasi dengan bahan pencemar air seperti bahan organik, anorganik, radioaktif,  asam/basa, sebagai akibat dari aktifitas manusia. Pencemaran air sangat mempengaruhi kehidupan manusia dalam hal ini kesehatannya. Pencemaran air itu banyak membawa penyakit bahkan wabah bagi manusia. Disamping itu manusia  juga akan kekurangan pasokan air bersih. Keadaan lingkungan pun akan terganggu. Dalam keseharian kita, kita dapat mengurangi pencemaran air, dengan cara mengurangi jumlah sampah yang kita produksi setiap hari (minimize), mendaur ulang (recycle), mendaur pakai (reuse). Kata Kunci: Pencemaran air, Lingkungan, Sumber Daya Alam
KEBUTUHAN PELATIHAN APRESIASI SENI TARI NUSANTARA DAERAH SETEMPAT PADA GURU SEKOLAH DASAR DI MAKASSAR Wahira, Wahira
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.174 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i2.1416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kebutuhan pelatihan apresiasi seni daerah setempat bagi guru sekolah dasar, bentuk kegiatan pembelajaran apresiasi seni tari yang sudah pernah dilakukan oleh guru sekolah dasar, dan jenis bahan ajar apresiasi seni tari yang sudah pernah dilaksanakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Responden penelitian adalah guru sekolah dasar di Makassar. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini, kebutuhan dan keberhasilan pelaksanaan pelatihan dipengaruhi oleh materi pelatihan, program pelatihan, bentuk pelatihan, instruktur pelatihan, sarana & prasarana pelatihan dan CD tari pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kebutuhan akan pelatihan apresiasi seni tari Nusantara daerah setempat  sangat tinggi dan sangat dibutuhkan oleh guru sekolah dasar di Makassar terbukti dari angket kebutuhan yang diberikan kepada guru sekolah dasar sebanyak 30 orang, bentuk kegiatan pembelajaran apresiasi seni tari yang sudah pernah dilakukan oleh guru sekolah dasar kurang baik, dengan rerata skor 2.01, dan jenis bahan ajar apresiasi seni tari yang sudah pernah dilaksanakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan di sekolah dasar juga kurang baik, dengan rerata skor 2,19.Kata Kunci: pelatihan, apresiasi, seni tari, Nusantara daerah setempat.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PINRANG Maryam. M, St.
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.297 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i2.1412

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pinrang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dua siklus yang mana setiap siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I berada pada kategori kurang, siklus II pada kategori cukup dan siklus III pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sifat operasi hitung bilangan bulat pada kelas V SD Negeri 1 Pinrang.Kata Kunci:  Model Numbered Head Together, hasil belajar.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BTN IKIP II MAKASSAR Hafid, Hasaruddin
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.06 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i2.1409

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran yang mengarah kepada peningkatan hasil belajar matematika. Subyek siswa sebanyak 32 orang semester I 2012. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan pembelajaran. Data kuantitaf diperoleh melalui tes untuk hasil belajar dan data kualitatif tentang kegitan guru dan siswa melalui lembaran observasi. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I skor rata-rata hasil belajar matematika berada pada kategori “cukup” dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar berada pada kategori “baik”. Secara kualitatif terjadi peningkatan motivasi, minat, dan aktivitas siswa, serta kegiatan guru dalam proses pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pecahan siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Makassar. Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe STAD.
PERANAN BAHASA DALAM MENGUNGKAP KEBENARAN (SUATU TINJAUAN EPISTEMOLOGI) Rukayah, Rukayah
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.838 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i2.1413

Abstract

Pikiran dan bahasa menjadikan manusia sebagai makhluk yang termulia di muka bumi ini. Bahasa senantiasa hadir dan dihadirkan, berada dalam diri manusia, dalam alam, dalam sejarah, dalam wahyu Tuhan. Bahasa adalah sine qua non sesuatu yang mesti ada bagi kebudayaan dan masyarakat dan memiliki kesesuaian dengan struktur realitas dan fakta yang disebut gambaran realitas. Sedangkan tugas filsafat yang utama adalah mencari jawab atau makna dari seluruh simbol yang menampakkan diri di alam  semesta ini.  Bahasa juga merupakan alat untuk membongkar seluruh rahasia simbol-simbol tersebut. Namun demikian bahasa dalam kenyataan sehari-hari memiliki sejumlah kelemahan dalam hubungannya dengan ungkapan dalam aktivitas berfilsafat. Kelemahan tersebut antara lain: vagueness (kesamaran), inexplicitness (tidak eksplisit), ambiquity (ketaksaan), contex-dependence (tergantung pada konteks), misleadngness (menyesatkan). Masalah formulasi bahasa yang digunakan dalam mengungkapkan pengetahuan manusia yaitu pengetahuan apriori dan apostreriori, serta problema kebenaran pengetahuan  manusia. Terdapat tiga  teori kebenaran dalam epistemologi yaitu: teori kebenaran koherensi,  teori kebenaran korespondensi, dan  teori kebenaran pragmatik.Kata Kunci: peranan bahasa, kebenaran epistemologi.
KORELASI ANTARA BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SDN 101 PINRANG KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG Pada, Amir
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.447 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i2.1410

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengkaji bagaimana korelasi antara bimbingan belajar kelompok dengan peningkatan hasil belajar.  Tujuan yang  akan dicapai adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran bimbingan belajar kelompok kooperatif dalam pembelajaran IPS siswa kelas VI SDN 101 Pinrang, 2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 101 Pinrangr dan 3) Untuk mengetahui hubungan bimbingan belajar kelompok kooperatif dengan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 101 Pinrang. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: 1) Bimbingan belajar kelompok kooperatif siswa kelas VI SDN 101 Pinrang berada pada kategori sedang, 2) Hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 101 Pinrang tergolong pada kategori sedang, dan 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar kelompok dengan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 101 Pinrang. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,855, tergolong kategori tinggi, artinya semakin sering dan berkualitasnya bimbingan belajar kelompok maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai siswa dalam pembelajaran IPS. Kata kunci: Bimbingan belajar, Pembelajaran IPS dan hasil belajar siswa.
PARADIGMA PENDIDIKAN MASA DEPAN Hasnah, Hasnah
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.326 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i2.1414

Abstract

Paradigma baru pembelajaran kita pahami bersama , banyak pandangan yang memberikan arah baru terhadap proses dan dimensi-dimensi  pendidikan yang semakin  mendorong terjadinya  perubahan konsep  dan cara pandang terhadap eksistensi pembelajaran sehingga dapat dijadikan sebagai kerangka berpikir didalam memahami  lebih dalam persoalan persoalan pembelajaran. Dengan mengkaji paradigma alternatif pembelajaran ini para pendidik atau calon pendidik diharapkan dapat memandang suatu masalah, mengambil tindakan/keputusan yang terkait dengan pembelajaran secara arif sehingga upaya pengembangan potensi peserta didik sebagai muara dari seluruh kegiatan pembelajaran. Sehubungan dengan itu maka lembaga pendidikan harus bergeser untuk mengembangkan kultur pembelajaran yang holistik termasuk mengembangkan visi pendidikan yang jelas, konsisten, disertai dengan kepemimpinan yang dapat memberikan arah, memajukan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, mengembangkan masyarakat pembelajaran, mendorong munculnya iklim belajar yang demokratis dimanapun jugaf dan secara sadar mengembangkan  proses sosialisasi profesional, baik  dikalangan guru maupun siswa. Kata Kunci: Paradigma, Baru, Pendidikan  masa depan, dan holistik.
IbM PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING/CTL) DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU DI SDN INPRES BIRA 2 BONTOA MAKASSAR Nurhaedah, Nurhaedah
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.191 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i2.1417

Abstract

Permasalahan utama dalam kegiatan ini adalah rendahnya pemahaman guru-guru tentang pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dalam pembelajaran dan rendahnya kemampuan guru-guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan adalah mengadakan penyuluhan, yaitu ceramah dan diselingi dengan diskusi, mengadakan bimbingan dan latihan penerapan CTL, dan praktek CTL yang sesuai dengan pokok bahasan mata pelajaran. Hasil yang dicapai adalah pada umumnya peserta pelatihan sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Pelatihan penerapan pendekatan kontekstual ini membuka wawasan baru bagi guru-guru tentang metode dan pendekatan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengajar.Kata kunci: Pendekatan Kontekstual.
Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar Melalui Penerepan Model Pembelajaran Predict Observe, Discuss, Explain (PODE) Irfan, Muhammad; Syahrani, Syahrani
Publikasi Pendidikan Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.349 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v8i1.4239

Abstract

This study objective is to determine how the description of the skills of science process skills of grade V students of Primary Inpres superior of BTN PEMDA through the application of Learning Model Predict Observe, Discuss, and Explain (PODE). This research is designed in descriptive form to explain exactly what kind of science classroom process skill V SD Inpres superior BTN PEMDA Makassar City. The use of descriptive method aims to get an overview of the skills of science process students in grade V SD Inpres Superior of BTN PEMDA in depth, detailed and intact. The type of data taken is descriptive quantitative data type, where the data is taken from direct observation by the researcher related to science process skill of grade V SD Inpres Superior of BTN PEMDA. The results of the research are: 1) the ability to observe is categorized well; 2) the ability to make predictions / hypotheses is categorized well; 3) the ability of the child to experiment is categorized as good; 4) the ability to draw conclusions and report the observed results are adequately categorized. Overall student process skills can be categorized well although there are still some aspects that need to be improved

Page 1 of 16 | Total Record : 152