cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
T R A K SI
ISSN : 16933451     EISSN : 25799738     DOI : -
TRAKSI (eISSN 2579-9738 / ISSN 1693-3451) adalah Majalah Ilmiah Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dengan cakupan bidang material teknik, konversi energi dan manjfaktur. Jurnal ini terbit 2 kali dalam satu tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 9, No 2 (2009): mechanical engineering" : 5 Documents clear
ANALISA FRACTURE PADA DISC BRAKE Pribadi, Rubijanto Juni
T R A K SI Vol 9, No 2 (2009): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Dengan menggunakan bahan baja untuk ditempa, pengembangan piringan untuk sistem pengereman kendaraan bermotor dimulai. Namun kegagalan berupa patah pada piringan yang ditempa tetap terjadi pada uji ketahanan. Dan kemudian untuk meningkatkan sisi ketahanannya, diperlukan peningkatan ketahanan bahan terhadap fracture yang diakibatkan oleh akumulasi tegangan tensil residual. Untuk meningkatkan ketahanan ini, pembentukan saata penempaan merupakan titik berat peningkatan ketahanan terhadap fracture.
STUDI PENGARUH HEAT INPUT TERHADAP KETANGGUHAN IMPACT LAS SMAW POSISI VERTIKAL BAJA ST 60 TEMPER Effendi, Nizam
T R A K SI Vol 9, No 2 (2009): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Baja St 60 adalah baja karbon sedang yang banyak dipergunakan untuk peralatan mesin,roda gigi dan untuk konstruksi umum karena mempunyai sifat mampu las dan kepekaan terhadapretak las. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh heat input terhadap ketangguhanimpact las SMAW vertikal naik baja St 60 temper.Pada hasil uji struktur mikro daerah Las terurai menjadi tiga jenis grain boundary ferrite,widmanstatten ferrite, dan acicular ferrite. Grain boundary ferrit tersebar merata didaerah las,struktur ini mempunyai sifat ulet. Pada logam induk fasa ferit lebih banyak daripada perlit dan perlityang terbentuk tersebar merata. Sedangkan pada daerah Haz terjadi pertumbuhan martensit. Hal inimenunjukan bahwa baja St 60 yang mengalami proses pengelasan terjadi peningkatan kekerasanpada daerah Haz seiring dengan semakin tingginya heat input dan laju pendinginan. Ketangguhanimpact tertinggi di dapat pada masukan panas 275 j/mm dengan nilai 2.61 j/mm2 dan ketangguhanimpact terendah terdapat pada masukan panas 175 j//mm dengan nilai 0.85 j/mm2.
PENGARUH TEKANAN KOMPAKSI DAN SUHU SINTERING TERHADAP DENSITAS KERAMIK LUMPUR LAPINDO Amin, Muh
T R A K SI Vol 9, No 2 (2009): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Lumpur Lapindo merupakan suatu limbah yang sangat mengganggu keberadaan masyarakatsetempat dan aplikasi dari lumpur tersebut masih dalam taraf penelitian awal sehingga nilai jual darilimbah tersebut masih sangat rendah. Agar Lumpur Lapindo dapat diaplikasikan sebagai materialkeramik teknik maka harus diketahui terlebih dahulu sifat fisis dan mekanis yang dimilikinya agardalam penggunaannya dapat dioptimalkan. Oleh sebab itu perlu adanya suatu penelitian yang simultanuntuk mengetahui sifat fisis dan mekanis dari keramik Lumpur Lapindo sebelum diaplikasikan dibeberapa industri maju.Penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi dalam penanganan limbah Lumpur Lapindoyang mendesak keberadaan warga setempat dengan memanfaatkan bahan limbah sebagai pembuatanproduk berupa material keramik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan data tambahan mengenaimaterial baru terutama dibidang keramik teknik sebagai material refraktori (material tahan terhadapsuhu tinggi) yang berasal dari limbah Lumpur Lapindo (material lokal /Indonesia). Sehingga materiallokal tersebut dapat dioptimalkan dalam penggunaannya.Pada proses pessureless sintering dengan tekanan kompaksi 100 MPa (pada pembuatangreen body) dengan suhu sinter 8000C diperoleh harga kekerasan Vickers tertinggi adalah(914,340±92, 06) MPa.
METODE BIMBINGAN TEMAN SEJAWAT PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PROSES PRODUKSI I Raharjo, H. Samsudi
T R A K SI Vol 9, No 2 (2009): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi praktek mahasiswa, melalui penerapanmetode bimbingan teman sejawat, mempersiapkan satu kelompok praktik yang terdiri dari campuranmahasiswa yang berasal dari SMU dan SMK. Metode yang dipakai adalah menggunakan penelitiantindakan kelas, dengan subjek penelitian mahasiswa Fakultas Teknik UNIMUS semester III yangmenempuh mata kuliah praktik proses produksi I. Hasil penelitian menunjukan tidak ada peningkatanyang signifikan terhadap prestasi praktik mahasiswa yang berasal dari SMK dengan yang berasal dariSMU. Namun harapan mahasiswa, metode ini tetap layak untuk diterapkan, terutama mengenai polapembagian kelompok tetap memperhatikan mempertimbangkan latar belakang pendidikan mahasiswa.
PENGARUH SUHU NORMALIZING TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PENGELASAN BAJA PLAT KAPAL Sutrisna, -
T R A K SI Vol 9, No 2 (2009): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Pengelasana adalah proses penyambungan dua buah logam atau lebih melalui prosespencairan setempat. Pengelasan yang dilakukan menggunakan las listrik dengan elektroda terbungkusdengan arus listrik bolak-balik (AC) pengelasan dilakukan pada plat kapal dengan kampuh V.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu normalizing terhadap sifat fisis dan mekanispada plat kapal.Pengelasan dilakukan pada baja plat kapal dengan tebal 12 mm yang di las menggunakanmetode shielded metal arc welding (SMAW) dengan kampuh V. Pengujian yang dilakukan adalah ujikomposisi, uji tarik, uji densitas dan struktur mikro.Hasil uji komposisi menunjukkan bahwa baja plat kapal termasuk dalam golongan bajakarbon rendah karena kandungan karbonnya kurang dari 0,3 %. Wolfram (W) 0,468 % berpengaruhmeningkatkan kekuatan, densitas dan kekuatan pada suhu tinggi dan Mangan (Mn) akanmeningkatkan kekuatan, densitas, tahan aus dan mampu tempa tetapi menurunkan kemampukerjaandengan mesin-mesin perkakas. Kekuatan tarik maksimum terjadi pada proses normalizing pada suhu750 oC (σu = 43,69 kg/mm2) sedangkan kekuatan tarik minimum terjadi pada raw material (σu =32,74 kg/mm2). Hasil uji densitas menunjukan densitas tertinggi terjadi pada daerah las sebelummedapatkan perlakuan normalizing yaitu 142,6 kg/mm2, sedangkan densitas terendah pada daerah rawmaterial 94,9 kg/mm2 pada perlakuan normalizing 750 oC. Struktrur mikro pada logam induk (rawmaterial) terdapat struktur ferit dan perlit dalam bentuk butiran kasar. Struktur mikro logam las terdiridari ferit acicular, ferit side plate dan ferit batas butir. Pada perlakuan 750 oC, logam lasan didominasiferit acicular sehingga bahan makin ulet, dan mempunyai kekuatan tarik tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5