cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
T R A K SI
ISSN : 16933451     EISSN : 25799738     DOI : -
TRAKSI (eISSN 2579-9738 / ISSN 1693-3451) adalah Majalah Ilmiah Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dengan cakupan bidang material teknik, konversi energi dan manjfaktur. Jurnal ini terbit 2 kali dalam satu tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 9, No 1 (2009): mechanical engineering" : 6 Documents clear
ANALISIS HARGA FRACTURE TOUGHNESS DENGAN METODE INDENTASI KEKERASAN VICKERS PADA KERAMIK KAOLIN Amin, Muh
T R A K SI Vol 9, No 1 (2009): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Pengujian Fracture Toughness (K1C) bertujuan untuk mengetahui ketangguhan terhadap retak pada specimen. Metode yang sering dipergunakan adalah Single-Edge Notched Beam (SENB).Pada material yang getas (britle) seperti halnya keramik dapat dicari harga fracture toughnesnya dengan cara pintas yaitu dengan memanfaatkan bekas injakan Vickers pada saat pengujian kekerasan material tersebut. Karena prinsip dasar dari penghitungan harga fracture toughness ini dengan jalan pengamatan panjang retak yang terjadi pada ujung-ujung bekas Vickers HardnessI akibat material getas diinjak dengan indentor Vickers. Dari hasil pengukuran panjang retak tersebutlalu disesuaiakn dengan bentuk crack yang terjadi setelah dipolis dan dengan rumus empiris tertentu dapat dihitung harga fracture toughnessnya. Hasil dari penghitungan harga fracture tersebut adalah hanya pendekatan saja untuk setiap material getas yang perlu diperbandingkan harganya dengan pengujian yang sesungguhnya yaitudengan Metode Single-Edge Notched Beam (SENB) untuk mengetahui seberapa jauh keakuratan metode tersebut apabila diaplikasikan pada material tertentu dalam hal ini keramik kaolin. Pengujian fracture toughness pada spesimen dengan tekanan kompaksi 25 MPa dan suhu sinter 1500oC dengan menggunakan Metode Indentasi Kekerasan Vickers diperoleh harga fracture toughness sebesar 3,12 MPa.m0,5. Sedangkan dengan menggunakan metode Single-Edge Notched Beam (SENB) untuk spesimen yang sama diperoleh harga fracture toughness sebesar (0,32± 0,004) MPa.m0,5.
EFFECT OF POST HEAT TEMPERATURE TO HARDNESS AND MACROSTRUCTURE IN WELDED STELL ST 37 Subardi, -; Suprijanto, Djoko; Mahendra, Roza Lyndu R.
T R A K SI Vol 9, No 1 (2009): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

The present study aims to investigate the effect of post heat temperature of hardness andmacrostructure on the result steel welded St 37. Welded process with SMAW (Shelded Metal ArcWelding) and AC-DC current. Plate steel ST 37 welded of longitudinal, than heat treatment withtemperature various: 300°C, 400°C dan 500°C.Highest rate hardness 157,83 kg/mm2 on temperature treatment spesiment 500o cause haveferit grain boundary structure more and homogen so properties more hardness. The lows bendingstrength 43,51 kg/mm2 on raw material, cause have ferit structure and perlit so more soft properties.The micostuctrure welded area arround; ferit graind boundary, ferit widmanstatten, ferit acicularand perlit.
PENGARUH TEKANAN , TEMPERATUR DIE PADA PROSES SQUEEZE CASTING TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PISTON BERBASIS MATERIAL BEKAS Abdillah, Fuad
T R A K SI Vol 9, No 1 (2009): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Squeeze casting sering juga disebut dengan liquid metal forging, merupakan suatu istilah yangdipakai untuk menggambarkan suatu proses dimana logam cair didinginkan di dalam cetakan tertutupsambil diberi tekanan luar yang biasanya berasal dari tenaga hidrolik. Terjadinya kontak antara logam cairdengan punch dan die pada saat penekanan memungkinkan terjadinya perpindahan panas yang cukupcepat. Ini akan menghasilkan struktur mikro yang lebih homogen serta perbaikan sifat mekanik. Materialyang digunakan untuk pengujian ini dan sekaligus sebagai pembanding diambil dari produk pistonDhaihatsu dengan komposisi. 12.60 wt% Si, 2.80 wt% Cu, 1.58 wt% Ni, 0.87 wt% Mg, 0.36 wt% Fe, 0.15wt% Mn, 0.076 wt% Zn, 0.016 wt% Pb, 0.009 wt% Sn, 0.006 wt% Ca dan selebihnya Al. Material dileburpada 750 oC, benda uji dibuat dengan menggunakan teknik squeeze casting dengan jalan memvariasikantekanan , temperature dan artificial Aging. Selanjutnya benda uji dikarakterisasi berupa kekerasan ,porositas dan struktur mikro. Pada pengujian yang dilakukan, laju pendinginan material akibat pengaruhtekanan dan temperatur die sangat signifikan pengaruhnya terhadap perbaikan sifat benda uji. Dari hasilpengamatan, proses ini mampu menurunkan porositas sampai 85.00 % dan memperbaiki kekerasansebesar 5.30 % setelah dilakukan perlakukan panas T6. Tekanan serta temperatur die optimal didapatkanpada 70 – 100 MPa dan 400 – 450 0C.
PENGARUH VARIASI RAPAT ARUS TERHADAP KETEBALAN LAPISAN ELEKTROPLATING SENG PADA BAJA KARBON RENDAH Effendi, Nizam
T R A K SI Vol 9, No 1 (2009): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi rapat arus terhadap ketebalanlapisan elektroplating seng pada Baja Karbon Rendah.Sampel penelitian yang digunakan adalah Baja Karbon Rendah berbentuk silinder dengandiameter 40 mm dan tebal 12 mm. Variasi rapat arus yang digunakan adalah 1 A/dm2, 3 A/dm2, 5A/dm2, 7 A/dm2, dan 9 A/dm2. Rincian sampel penelitian adalah satu sampel diperlakukan satu kalielektroplating dengan rapat arus yang telah ditentukan, kemudian dihitung selisih berat sebelum dansesudah dilakukan elektroplating. Setiap sampel perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak empatkali sehingga sampel secara keseluruhan sebanyak 20 buah. Data awal hasil eksperimen berupa selisihberat sebelum dan sesudah dilakukan elektroplating, diolah dengan menggunakan rumus sehinggadidapatkan data akhir berupa ketebalan lapisan.Dari hasil perhitungan uji persyaratan analisi data dari uji normalitas Lilliefors didapatkanbahwa ternyata semua Lobs lebih kecil dari Ltabel pada taraf nyata α = 0.01, jadi data yang diperolehberasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas Bartlett dapat dilihatbahwa semua X2obs lebih kecil dari X2tabel pada taraf nyata α = 0.01, sehingga sumber data analisisberasal dari populasi yang homogen. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan anava 1 arahdidapat harga Fobs : 20.8753 sedangkan F tabel sebesar = 4.89 pada taraf nyata α = 0.01. Jadi dapatdisimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variasi rapat arus terhadap ketebalan lapisanelektroplating seng pada Baja Karbon Rendah. Semakin besar rapat arus, maka lapisan akanbertambah tebal.
SIMULASI PENGARUH POSISI SALURAN UDARA MASUK DAN KELUAR TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR RUANG AC Harianto, -
T R A K SI Vol 9, No 1 (2009): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

The air conditioning room was uncomfortable is probably due to the temperature distribution is notequitable. This is caused due to placement of inlet and outlet is not correct. With the numeric method,numeric calculations can simulate the temperature distribution pattern of the placement position of inletand outlet. The five different types of placement of inlet and outlet had done simulated and produced thebest condition is a second type.
EFEKTIFITAS PEMASANGAN CATALYTIC CONVERTER KUNINGAN TERHADAP PENURUNAN EMISI GAS CARBON MONOKSIDA PADA KENDARAAN MOTOR BENSIN Irawan, RM. Bagus
T R A K SI Vol 9, No 1 (2009): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Perubahan jarak pemasangan Catalytic Converter berbahan Kuningan dengan berbagai variasijarak (jarak 45 cm, 55 cm dan 70 cm) ternyata mampu menurunkan emisi gas buang Carbon Monoksidacukup signifikan. Dari hasil penelitian yang dilakukan penurunan emisi terbesar terletak pada pemasanganCatalytic Converter yang terdekat dengan exhaust manipol. Dengan demikian efektifitas penrtunan emisigas buang terjadi pada pemasangan Catalytic Converter dengan jarak 45 cm dengan penurunan sebesaryaitu 73,69% untuk CO.

Page 1 of 1 | Total Record : 6