cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
T R A K SI
ISSN : 16933451     EISSN : 25799738     DOI : -
TRAKSI (eISSN 2579-9738 / ISSN 1693-3451) adalah Majalah Ilmiah Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dengan cakupan bidang material teknik, konversi energi dan manjfaktur. Jurnal ini terbit 2 kali dalam satu tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 1 (2008): mechanical engineering" : 5 Documents clear
PENGARUH PUTARAN MOTOR DAN VARIASI BUKAAN KATUB TERHADAP KAPASITAS ALIRAN AIR DALAM PIPA 1/2 Alfijar, Julian
T R A K SI Vol 6, No 1 (2008): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Pompa sentrifugal merupakan salah satu jenis pompa yang paling banyak digunakan dewasa ini baik dalam bidang industri, pertanian dan rumah tangga. Selain murah juga mudah didapat dipasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh putaran motor dan katub terhadap kapasitas aliran air dalam plpa 112 ". Hasil yang diperoleh terlihat bahwa kapasitas aliran yang tertinggi pada bukaan katub 900 dengan besar 4,833 x 10t m/s pada putaran motor 2800 rpm dengan kerugian head total 0,643 m.Kata Kunci : Putaran Motor, Katub, Kapasitas Aliran
PERBAIKAN KUALITAS SPROKET SEPEDA MOTOR LOKAL DENGAN PROSES PACK CARBURISING MENGGUNAKAN ARANG AKTIF DARI BATOK KELAPA Raharjo, Samsudi
T R A K SI Vol 6, No 1 (2008): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Sprocket sepeda motor yang berpasangan dengan rantai merupakan salah satu contoh komponen yang beifungsi mentransmisikan daya. Di pasaran beredar beberapa macam produk sprocket sepeda motor mulai dari produk orisinil (buatan Jepang) yang berharga mahal, hinggaproduk - produk non orisinil yang relatif lebih murah. Harga produk orisinil saat ini sekitar sepuluh kali lipat dari harga produk iiruan. Kualitas produk non orisinil pun patut dipertanyakan, melihat perbedaan harga yang cukup besar ini. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sprocket sepeda motor yang berkualitas tinggi dengan harga relatif murah. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan proses perlakuan permukaan dengun karburisasi padat, dilanjutkan perlakuan panas quench hardening dan tempering pada sprocket non orisinil sehingga kualitasnya mendekati sprocket orisinil. Hasil pengamatan foto struktur pada bagian permukaan menunjukkan fasa mertensit, semakin banyak fasa martensit yang terbentuk menyebabkan tingkat kekerasan semakin tinggisearah dengan meningkatnya variasi waktu tahan. Hasil pengujian kedalaman difusi dan komposisi kimia menunjukkan semakin dalam difusi karbon dan meningkatkan kadar karbon dipengaruhi oleh variasi waktu tahan. Semakin besar waktu tahan semakin besar difusi karbon dan semakin meningkatnya komposisi unsur kimia
PERHITUNGAN LAJU ALIRAN FLUIDA PADA JARINGAN PIPA Nurcholis, Lutfi
T R A K SI Vol 6, No 1 (2008): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Perhitungan laju aliron /luida ini bertujuan untuk mengetahui debit aliran yang melalui masing-masing pipa dan mengetahui kerugian head setiap junction untuk masing-masing panjang pipa dalam jaringan pipa. Jaringan pipa pipa ini membentuk suatu loop tertutup dengan jumlah loop dua buah. Diasumsikan aliran searah jarum jam adalah positip danberlawanan arah jarum jam dinyatakan negatip. Analisis jala-jala kerja pipa pada penelitian ini menggunakan metode Hardy Cross. Metode Hardy Cross didasarkan dengan prosedur secara iterasi. Langkah pertama perhitungan adalah dengan mengasumsikan debit aliran keluar untuk setiap percabangan. Pada setiap percabangan debit alirantersebut harus memenuhi kriteria kontinuitas. Debit aliran yang ditetapkan dalam langkah pertama adalah merupakan debit pendekatan yang belum tentu benar, sehingga diperlukan koreksi guna memperbaiki debit tersebut yang akhirnya sampai pada debit yang akurat.Proses pendekatan dihentikan sampai perhitungan memberikan nilai debit koreksi (ΔQ) kecil yaitu kurang dari 5% debit terkecil. Hasil dari perhitungan menunjukkan bahwa hubungan antara kehilangan tenagadan debit aliran yaitu debit aliran semakin besar dengan koefisien rugi head tinggi, maka rugi head pada setiap panjang pipa semakin besar.
ANALISIS KEAUSAN PADA DINDING SILINDER Raharjo, Samsudi; Rubijanto JP, -
T R A K SI Vol 6, No 1 (2008): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Gerakan naik turunnya suatu piston pada dinding silinder sebuah motor bakar lama -kelamaan menjadi lebih longgar yang mengakibatkan kemampuan mesin menurun, perubahan ukuran dimensi akibat gesekan disebut keausan. Keausan dalam motor bakar adalah bagian ruang bakar mesin motor bakar yang penting karena silinder merupakan tempat terjadinya pembakaran bahan bakar dengan udara dan juga alur gerak bolak-balik piston. Akibat gerakan tersebut akan terjadi gesekan antarasilinder dan cincin piston yang menyebabkan keausan pada dinding silinder. Keausan tersebut mengakibatkan ukuran silinder menjadi besar sehingga penyekatan ruang bakar menjadi kurang bahkan menjadi bocor. Adapun yang menyebabkan keausan tersebut adalah karena gesekan, panas dan tekanan. Oleh karena iiu seorang mekanik motor bakar harus selalu megadakan perawatan yang teratur dan disesuaikan femampuan jam kerja agar hal - hal yang dikhawatirkan tidak akan terjadi, dengan demikian umur mesin akan lebih awet.Katakunci : silinder, gesekan, panas dan tekanan.
PENGARUH METHANOL TERHADAP PENGURANGAN EMISI GAS BUANG CARBON MONOKSIDA PADA KENDARAAN MOTOR BENSIN Irawan, RM. Bagus
T R A K SI Vol 6, No 1 (2008): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Penggunaan Methanol sebagai bahan bakar alternative untuk menurunkan emisi gas buang Carbon Monoksida perlu kajian yang lebih dalam. Pada penelitian ini bahan bakar Methanol mampu menurunkan emisi gasbuang Carbon Monoksida. Penurunan emisi gas buang tidak signifikan disebabkan oleh ketidak stabilan kondisi mesin uji dan matinya mesin uji disebabkan karena Methanol masih memiliki kadar air yang cukup tinggi, yang harus dihindari dalam proses pembakaran bahan bakar.Oleh sebab itu perlu pengurangan kadar air dalam methanol agar pembakaran dapat berlangsung sempurna dan mesin uji tidak mati.Kata kunci : Methanol, Konsentrasi CO dan HC

Page 1 of 1 | Total Record : 5