cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
T R A K SI
ISSN : 16933451     EISSN : 25799738     DOI : -
TRAKSI (eISSN 2579-9738 / ISSN 1693-3451) adalah Majalah Ilmiah Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dengan cakupan bidang material teknik, konversi energi dan manjfaktur. Jurnal ini terbit 2 kali dalam satu tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2006): mechanical engineering" : 5 Documents clear
ANALISA EFISIENSI PERFORMA HRSG ( Heat Recovery Steam Generation ) PADA PLTGU Setyoko, Bambang
T R A K SI Vol 4, No 2 (2006): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Heat Recovery Steam Generator ( HRSG ) is a construction in combine cycle with gas turbine and steam turbine. The steam produced in HRSG with heat from exhaust gas turbine. In this research we can calculate HRSG efficiency to compare total energy  heat flow for steam produce from feed water and total energy heat flow from exhaust gas turbine. The result of this calculate research are optimal efficiency 54,04 % with total energy superheated steam heat  flow 132,91 MW, total energy exhaust gas turbine 245,953 MW and minimum efficiency 50,39 % with total energy superheated steam heat flow 124,788 MW, total energy exhaust gas turbine 247,64 MW.Key words : exhaust gas,steam, heat flow.  
ANALISA BIODIESEL MINYAK KELAPA SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF MINYAK DIESEL Darmanto, Seno; Sigit A, Ireng
T R A K SI Vol 4, No 2 (2006): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Research is done to analyze biodiesel of coconut oil as fuel of diesel engine. The analyzing is focused on properties potential of biodiesel of coconut oil as fuel of diesel engine. The research is done in laboratory with making biodiesel of coconut oil and testing properties of biodiesel. The testing of biodiesel consists of B5, B10, B15, B20, B25 and pure biodiesel of coconut oil. Based on analyzing data, it shows that biodiesel has flash point lower than diesel fuel. Biodiesel also has kinematics viscosity higher than diesel fuel. And specific gravity of biodiesel is higher than specific gravity of diesel fuel. Key word: coconut oil, biodiesel, properties, viscosity, flash point, specific gravity, heat value, cetane number
PENGEMBANGAN MATERIAL TROMOL REM BUS/TRUK PRODUK UKM LOKAL Purnomo, -; Alfijar, Julian
T R A K SI Vol 4, No 2 (2006): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya kualitas material tromol rem produk UKM lokal khususnya dalam hal rendahnya kekuatan tarik menyebabkan produk ini kalah bersaing dengan produk import. Untuk meningkatkan kekuatan tarik besi cor kelabu sebagai material tromol rem dilakukan pengujian terhadap sampel material tromol rem produk lokal yang telah dikembangkan . Material test bar yang akan diuji adalah besi cor kelabu FC20 tanpa dipadu, dipadu dengan unsur kromium 0,3% dan 0,5% dan unsur tembaga 1%. Untuk mengetahui karakteristik mekanik paduan tersebut dilakukan pengujian tarik dan pengujian kekerasan permukaan. Pengujian tarik dilakukan terhadap spesimen uji selain pada temperatur kamar juga pada temperatur 200oC dan 300oC hal ini ditujukan untuk dapat mengetahui kestabilan sifat mekanis terhadap temperatur. Tiap jenis material uji dibuat spesimen uji tarik sebanyak 9 buah. Hasil pengujian tarik menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata antara material non paduan dengan meterial yang dipadu dengan cromium dan tembaga sebesar 25 % yaitu oleh adanya penambahan paduan  0,3% Cr dan 1 % Cu. Hasil pengujian kekerasan menunjukkan peningkatan antara material non paduan dengan yang telah dipadu dengan kromium dan tembaga, yaitu 8% sampai dengan 10 % skala HRC.   Kata kunci : Material tromol rem, Besi cor kelabu, kekuatan tarik, kekerasan
RANCANG BANGUN ALAT PENYENGAT NYAMUK LISTRIK Solichan, Achmad
T R A K SI Vol 4, No 2 (2006): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat rancangan alat pengendali nyamuk yang lebih baik dari segi keamanan, kecepatan dan ketepatannya. Alat penyengat nyamuk yang dibuat berfungsi menarik nyamuk dengan lampu ultra violet dan kipas angin listrik dan menyengatnya dengan rangkaian penyengat listrik. Dari hasil penelitian menunjukkan jumlah nyamuk yang tersengat lebih banyak pada ruangan yang gelap (selisih rata-rata 1,11) dan menggunakan lampu ultra violet (selisih rata-rata 5,45).   Kata Kunci : Nyamuk, Penyengat Listrik, Rancang Bangun.
PENGARUH HOLDING TIME TERHADAP SIFAT KEKERASAN DENGAN REFINING THE CORE PADA PROSES CARBURIZING MATERIAL BAJA KARBON RENDAH Darmanto, -
T R A K SI Vol 4, No 2 (2006): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sifat mekanis baja dipengaruhi oleh prosentase karbon dalam paduan. Kadar karbon dapat dirubahprosentasenya dengan cara karburizing, yaitu suatu proses untuk menaikan kadar karbon dengancara thermochemical heat treatment. Proses pada penelitian ini menggunakan arang batok kelapa.Dari karborizing akan diperoleh sifat mekanis (kekerasan, kerapuhan, keuletan, kemampuanbentuk) yang berbeda dari sebelumnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5