cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
T R A K SI
ISSN : 16933451     EISSN : 25799738     DOI : -
TRAKSI (eISSN 2579-9738 / ISSN 1693-3451) adalah Majalah Ilmiah Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dengan cakupan bidang material teknik, konversi energi dan manjfaktur. Jurnal ini terbit 2 kali dalam satu tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN" : 5 Documents clear
OPTIMASI PROSES BIOETANOL DARI KULIT KOPI DENGAN MENGGUNAKAN PROSES HIDROLISIS VIBROUS BED BIOREAKTOR -, Murni; Arifan, Fahmi; Abidin, Zainal
T R A K SI Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Kopi adalah tanaman kopi yang telah di ambil buahnya, sehingga tinggalkulitnya yang merupakan libah pertanian yang jarang sekali dimanfaatkan. Kulit kopi mengandung 71,2%, protein kasar 3,9%, lemak kasar 1,8%, serat kasar 28,8%, BETN 37,1%, dan TDN 40,2%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan vibrous bed bioreactor dan proses fermentasi fed batch untuk produksi bioetanol dari limbah kulit kopi dengan menggunakan enzim immobilized Zymomonas mobilis sehingga diperoleh yield tinggi. Penelitian dilakukan dengan melakukan eksperimental dan perancangan serta pabrikasi Vibrous Bed Bioreaktor untuk menentukan kinetika reaksi hidrolisa enzimatis dan komputasi proses. Studi optimisasi dilakukan dengan menggunakan faktoral design 2n. Parameter-parameter yang diteliti adalah rasio enzim-substrat, rasio kulit kopi-air, pH reaksi dan waktu reaksi. Selama tempuhan, diukur kandungan glukosa yamg dihasilakan pada saat fermentasi agar didapatkan kadar glukosa sebesar 14%. Sampel yang diambil hasil reaksi hidrolisa enzimatis, dianalisa kadar glukosanya setiap 6 jam sekali dengan GC dan HPLC. Kadar glukosa dihitung persentasenya terhadaptotal campuran. Setelahnya dapat dilakukan proses pengkonversian biomassa menjadi bioetanol dan dapat dilakukan pengujian ferforma motor berbahan bakar bensin.
VARIASI UKURAN PASIR CETAK TERHADAP KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK CORAN SCRAP PISTON SEPEDA MOTOR Gunawan, Sigit; Hartono, Sigit Budi
T R A K SI Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi ukuran besar butir pasir cetak terhadap kekerasan dan kekuatan tarik coran scrap aluminium piston sepeda motor. Aluminium merupakan logam yang ringan (berat jenis 2.56 kg/m3 atau 1/3 berat jenis tembaga) kekuatan tarik maksimum dalam keadaan dingin 17 – 20 kg/cm 2 , dan titik cairnya 660ºC, sedangkan titik didihnya 1800°C. Variabel penelitian adalah besar butir pasir silika. Variasi besar butir pasir silika 140 mesh, 130 mesh, 120 mesh, 110 mesh, dan 100 mesh. Proses pengecoran dilakukan dengan cara mencairkan scrap aluminium piston sepeda motor, dilanjutkan dengan penuangan logam cair dalam cetakan pasir silika dengan tingkat kehalusan pasir 140 mesh, 130 mesh, 120 mesh, 110 mesh, dan 100 mesh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan kekasaran pasir silika menyebabkan kekerasan meningkat tetapi kekuatan tarik cenderung menurun. Kekerasan rata-rata tertinggi 84,90 HB pada 120 mesh, dan kekuatan tarik rata-rata tertinggi 14,92 kg/mm2 pada 130 mesh.
PENGARUH PENAMBAHAN TEMBAGA TERHADAP DENSITAS MATERIAL CERAMIC MATRIX COMPOSIT (CMC) UNTUK APLIKASI FILTER GAS EMISI KENDARAAN Amin, Muh; Subri, Muhammad
T R A K SI Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Perkembangan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia terus mengalamipeningkatan dan tidak diimbangi dengan program pelestarian lingkungandengan baik sehingga menyebabkan tinginya polusi udara yang menjadipenyebab berbagai penyakit, misalnya: meningkatnya penyakit mata,kanker kulit, hipertensi, daya tahan tubuh menurun, anemia dan penurunan kemampuan otak. Perkembangan penggunaan filter gas emisi kendaraan bermotor di Indonesia masih rendah dan belum diaplikasikan di semua kendaraan bermotor. Hal ini disebabkan material filter gas emisi yang banyak dipakai oleh pabrikan yaitu terbuat dari material keramik berserat yang dilapisi dengan logam mulia seperti Platinum (Pt), Palladium (Pd) dan Rhodium (Rh) dengan biaya pembuatan yang relatif cukup mahal. Penelitian pembuatan filter gas emisi dari material lokal dengan kelimpahan tinggi, seperti Tembaga dan Kuningan sudah banyakdilakukan akan tetapi memiliki efisiensi yang rendah. Sedangkanpenelitian filter gas emisi dari material keramik masih dalam skalaLaboratorium. Oleh karena itulah pada penelitian ini dikembangkanpembuatan filter gas emisi kendaraan dengan menggabungkan antaramaterial logam dan keramik dalam bentuk komposit/Ceramic MatrixComposite (CMC) sehingga memiliki kemampuan ganda yaitu sebagaikatalis dan adsorben. Material filter gas emisi kendaraan yang dibuatdengan uniaxial pressing pada tekanan kompaksi 25 MPa dan suhusintering 950oC dengan komposisi 80% volume Clay, 10% volume TiO2dan 10% Karbon Aktif dengan bahan aditif Tembaga (Cu) sebesar 30%dan 40% volume diperoleh densitas terbaik untuk masing-masing tekanan.
PEMBENTUKAN KRISTAL CaCo3 PADA PIPA TEMBAGA DENGAN KONSENTRASI LARUTAN 3500ppm Ca++ DAN LAJU ALIRAN 30 ML/MENIT Aryanto, Tri; Raharjo, Samsudi
T R A K SI Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Pembentukan kerak pada sistem perpipaan di industri maupun rumah tangga menimbulkan banyak permasalahan teknis dan ekonomis. Hal ini disebabkan karena kerak dapat menutupi atau menyumbat air yang mengalir dalam pipa dan sekaligus menghambat proses perpindahan panas pada peralatan penukar panas. Sehingga kerak yang terbentuk pada pipa-pipa akan memperkecil diameter dan akhirnya meningkatkan biaya produksi. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan alat Closed Circuit Scale Simulator, memahamimekanisme pembentukan kerak CaCo3 didalam pipa dengan aliran laminer dan mengkaji hasil morfologi, kristalograpi dan komposisi kerak. Percobaan dilakukan dengan beberapa kupon yang terbuat dari pipa tembaga yang merupakan bahan pipa yang umum digunakan dalam industri. Dalam penelitian ini dilakukan suatu pengembangan alat untuk mensimulasikan pertumbuhan kerak di dalam pipa uji. Alat uji ini dirangkai pada suatu rangka yang terbuat dari bahan plat besi siku.Hasil yang didapatkan selama pengujian dengan mereaksikan CaCl2 dan NaCO3 menggunakan larutan Ca2+ berkonsentrasi 3500 ppm dengan laju alir 30 ml/menit, dapat menumbuhkan kerak CaCO3 dengan Berat kerak Total sebesar 0,200 gram, waktu induksi yang dibutuhkan adalah 10 menit. Dan dari hasil SEM CaCo3 diketahui bentuk kristal yang dihasilkan seratus persen Rombohedral.
PENGHEMAT BAHAN BAKAR HCS PADA MESIN MOBIL DENGAN KATALIS LIMBAH PIPA A/C Pribadi, Rubijanto Juni
T R A K SI Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Supressing fuel consumption is an urgent effort to overcome fossilbased fuels issues that getting less over time. Some were attempt toovercome this issues by saving fuel consumption, while others tries toreplace the use of thsese fossils fuels comsumption with the alternativeones. The purpose of this research are to fabricate fuel saver by implementing Hydrocarbon Crack System (HCS) on Pertamax and then find the optimal HCS system volume, comparing the engine efficiency before and after the inplementation of HCS system. The HCS system in this research utilizing scrap pipes of Air Conditioner’s. The engine employed in this research is the engine of Toyota Kijang super 1998’s 1,500 cc. Research methodology in this research is to design and fabricate HCS system and then apllied it to the engine, and then performing fuel consumption, noise, emission, dan the engine’s temperatures. The results of this research shows reductions of fuel consumption after HCS application. The engine’s temperatures increasing but unsignificant.The highest noise results occurs at the smallest catalyst volume, nonidle engine (2,500 rpm) but not significant. Emission test shows thedegressions of CO and HC after implementation s of HCS on engine.The conclusions of this research are that fuel consumption is inverselyof total volumes of HCS catalist. The greater the HCS’s volume shallincreasing the engine’s tempetrature, lower noise and lower CO andHC on flue gas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5