cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
T R A K SI
ISSN : 16933451     EISSN : 25799738     DOI : -
TRAKSI (eISSN 2579-9738 / ISSN 1693-3451) adalah Majalah Ilmiah Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dengan cakupan bidang material teknik, konversi energi dan manjfaktur. Jurnal ini terbit 2 kali dalam satu tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 14, No 2 (2014): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN" : 5 Documents clear
STUDI KELAYAKAN MEKANIK KOMPOSIT SERAT RAMI ACAK-POLYESTER SEBAGAI BAHAN HELM STANDAR SNI Mukhammad, Alaya Fadllu Hadi; Setyoko, Bambang
T R A K SI Vol 14, No 2 (2014): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Helm SNI pada umumnya terbuat dari polimer polypropelene. Peningkatankepedulian  masyarakat terhadap isu lingkungan ditambah biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan komposit yang diperkuat dengan serat sintetis menyebabkan biokomposit yang diperkuat serat alam (natural fiber) menjadi perhatian utama sebagai material baru yang ramah lingkungan(biodegradable). Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan biokomposit UPRs yang diperkuat serat rami acak sebagai bahan alterntif helm SNI yang lebih ramah terhadap lingkungan.Biokomposit dibuat menggunakan metode hand lay up dan mesin cetak tekandengan variasi fraksi volume 0%, 30%, 45%, dan 60%. Sebagai pembanding (control) bahan helm SNI juga dilakukan pengujian. Selanjutnya material-material tersebut diuji tarik dan impak. Hasil pengujian menunjukkan penambahan serat rami acak pada biokomposit UPRs memberikan dampak positif yaitu memperkuat kekuatan tarikdan kekuatan impak. Hasil pengujian menunjukkan kekuatan tarik dan impak tertinggi diperoleh pada Biokomposit UPRs yang diperkuat serat rami acak dengan vf≈60% yaitu sebesar 48,41 MPa dan 42,55 kJ/m2 jauh lebih tinggi dibandingkan kekuatantarik bahan helm SNI yang hanya sebesar 33,93 MPa. Biokomposit UPRs yang diperkuat serat rami acak layak menjadi material alternative dalam pembuatanhelm SNI jika ditinjau dari kekuatan tarik dan impak.
UNJUK KEMAMPUAN KATALIS TEMBAGA BERLAPIS MANGAN MODEL 3 DALAM MENGURANGI EMISI GAS CARBON MONOKSIDA MOTOR BENSIN Irawan, RM. Bagus; -, Purwanto; -, Hadiyanto
T R A K SI Vol 14, No 2 (2014): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Salah satu teknologi rekayasa yang dapat digunakan untuk mengurangi polusi udara adalah dengan pemakaian Catalytic Converter yang dipasang pada saluran gas buang kendaraan bermotor.  Sayangnya harga alat tersebut sangat mahal dipasaran dan tidak semua kendaran bermotor menggunakan teknologi tersebut, karena katalisnya terbuat dari bahan logam mulia yang mahal dan jarang didapatkan dipasaran seperti : Palladium, Platinum, dan Rodium . Disamping itu katalis tersebut sangat rentan terhadap bahan bakar premium yang memiliki kadar Timbal (Pb) yang berakibat merusak fungsi katalis karena akan terjadi penyumbatan pada honeycomb Catalytic Converter. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian yang dirancang sedemikian rupa dalam skala laboratoriumdengan menguji material substrat lain ebagai bahan katalis, untuk melihat kemampuan katalis pada Catalytic Converter dalam mereuksi emisi gas buang Carbon Monoksida khususnya. Pada penelitian ini akan melihat unjuk kemampuan dan mengkaji efektifitas katalis Tembaga Berlapis Mangan yang di disain sedemikian rupa sehingga didapatkan bentuk dan jenis katalis Catalytic Converter yang tepat dan cocok untuk kendaraan bermotor yang berbahan bakar premium. Peneltian ini bertujuan untuk mendapatkan dan menggali informasi lanjutan serta mengkaji tentang material substrat sebagai bahan katalis, karakteristrik Catalytic Converter, efektifitas dan efesiensi Catalytic Converter.Dengan target khusus (1) Rancang Bangun Catalytic Converter (2) Mengkaji kemampuan Katalis Tembaga Berlapis Mangan dalam mereduksi emisi gas CO.
STUDI PEMBUATAN SCAFFOLD BOVINE HYDROXYAPATITE DARI TULANG SAPI UNTUK APLIKASI IMPLAN TULANG MANDIBULA MENGGUNAKAN METODE KALSINASI -, Solechan; Anwar, Saifudin Alie
T R A K SI Vol 14, No 2 (2014): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Waste cow bone bakso balungan in Central Java own produces 31.9 tons/day of merchants bakso. Bovine bone hydroxyapatite material can be made bioceramik derivative products to repair damaged hard tissues of the body due to brittle bones, bone cancer or accidents. Tissue damage including bone tumors. Tumors of the mandibular potentially cause interference and need removal of mandibular tumors that cause cracks.It is necessary for the formation of mandibular reconstruction of mandibular continuity with transplantation scaffolds. The use of limited donor transplanstasi, whereas synthetic implant material is very expensive. Preparation of bovine hydroxyapatite scaffold waste cow bone bakso balungan of reinforced PCL with calcination method would be lesscostly. The process of manufacture of bovine bone hydroxyapatite by cutting waste kanselosa in size 10 mm x 10 mmx 10 mm, and then calcined at 300, 6000, 900, and 1200 oC for 2 hours. Furthermore PCL scaffold is reinforced with a concentration of 1, 3, and 5%. by means of dip coating for several minutes. Bovine hydroxyapatite scaffold tested showed an increase XRD diffractogram with the calcination temperature gavesharp peaks with high intensity high crystal or crystalline form perfect but with the addition of PCL deficient diffraction process with a decrease inttensitas. The pore size and porosity influenced the high calcination but lower compressive strength. With the addition of the PCL layer increases the compressive strength, but decrease the pore diameter and porosity that is still under scaffolds characteristics and mechanical properties of commercial.
RANCANG BANGUN MESIN CENTRIFUGAL CASTING KOMBINASI UNTUK MEMPERODUKSI DIESEL CYLINDER LINER (DCL) SKALA LABORATORIUM Atmanto, Ireng Sigit; Mukhammad, Alaya Fadllu Hadi; Setyoko, Bambang; Santoso, Nugroho
T R A K SI Vol 14, No 2 (2014): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Mesin centrifugal casting digunakan pada pengecoran logam pada bendadengan bentuk silinderberlubang. Mesin centrifugal casting dibagi menjadi dua jenis yaitu vertical dan horizontal. Di dunia industri mesin centrifugal vertical tidak dapat digunakan untuk horizontal begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu makalah ini bertujuan untuk menentukan desain mesin centrifugal casting kombinasi yang dapat digunakan untuk vertical maupun horizontal skala laboratorium berdasarkan beberapa factor pertimbangan. Proses rancang bangun mesin centrifugal casting terdiri dari tiga tahapan yaitu pembuatan desain, manufaktur dan kalibrasi mesin centrifugal casting. Proses perancangan, tediri dari beberapa tahapan meliputi studi literatur, survey lapangan dan ketersediaan bahan, penetuan spesifikasi, tahapan perancangan konsep produk, dan tahapanpembuatan produk. Desain mesin centrifygal casting diekspresikan dengan sketsa gambar tiga dimensi  3D dengan tujuan agar lebih mudah dipahami.
PENGGUNAAN PROGRAM LABVIEW UNTUK SIMULASI KONTROL PANAS LAPTOP BERPENDINGIN KIPAS -, Moh. Arozi; Pribadi, Rubijanto Juni
T R A K SI Vol 14, No 2 (2014): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB)

Abstract

Laptop dalam penggunakan yang lama cenderung mengalami panas yang tinggi dan ini sangat mempengaruhi kinerja, keawetan laptop itu sendiri, bahkan lebih jauh dapat mengakibatkan kerusakan secara parsial maupun menyeluruh atas laptop itu sendiri. Untuk itu perlu pengontrolan tempetarur pada temperatur yang diijinkan dengan menggunakan kecepatan kipas pendingin (fan). Metode simulasi menggunakan labview digunakan dalam paper ini dan hasil yang peroleh menunjukkan bahwa laptop temperature dapat dikontrol dengan baik pada temperatur yang ditetapkan dengan mengontrol fan speed.

Page 1 of 1 | Total Record : 5