cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
T R A K SI
ISSN : 16933451     EISSN : 25799738     DOI : -
TRAKSI (eISSN 2579-9738 / ISSN 1693-3451) adalah Majalah Ilmiah Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dengan cakupan bidang material teknik, konversi energi dan manjfaktur. Jurnal ini terbit 2 kali dalam satu tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 1 (2012): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN" : 5 Documents clear
ANALISA DAYA DAN PEMAKAIAN BAHAN BAKAR MOBIL TOYOTA COROLA 1300 CC Pungkas, Bekti Aji; Raharjo, Samsudi; Suwignyo, Joko
T R A K SI Vol 12, No 1 (2012): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mobil Toyota Corolla 1300 CC merupakan salah satu kendaraan yang tetapeksis dipergunakan untuk dikendarai. Bahkan sekarang ini banyak yang sudah menjadikan kendaraan ini sebagai kendaraan antik yang banyak dicari orang. Oleh karena ketertarikan dari kebanyakan orang tersebutlah maka kendaraan ini perlu diuji mengenai pemakaian bahan bakarnya. Sehingga akan diperoleh hasil performan mesin kendaraan yang sebenarnya untuk selama ini.Kata kunci: Toyota Corolla, Bahan Bakar, Performan Mesin
ANALISIS PERBANDINGAN KEKUATAN TARIK CONNECTING ROD ORIGINAL, AHM DAN MPM PADA MOTOR HONDA SUPRA FIT Lima I. P, Feru; Abdillah, Fuad; Solechan, -
T R A K SI Vol 12, No 1 (2012): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekarang ini banyak produsen pembuat spare part kendaraan yang bermunculan dengan menawarkan harga jual berbanding 50% sampai 100% dengan kualitas bersaing dengan suku cadang asli dari pabrikan sepeda motor pembuatnya. Oleh karena itu setiap merk yang memproduksi Connecting Rod memiliki mechanichal properties yang berbeda-beda sehingga perlu diadakan penelitian pemilihan connecting rod yang baik dan berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui perbandingan hasil pengujian: komposisi kimia ,strukturmikro dan harga kekerasan dari connecting rod type Original, AHM dan MPM Honda Supra Fit. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: hasil pengujian komposisi kimia di dapatkan connecting rod original memiliki unsur karbon paling tinggi dengan nilai 0,302. Sedangkan AHM dengan nilai 0,229 dan MPM dengan nilai 0,265. Struktur mikro connecting rod original yang memiliki unsur karbon dan struktur perlit paling tinggi di banding connecting rod AHM dan MPM.Kata Kunci: Kekerasan, Komposisi Kimia, Connecting Rod, MechanicalProperties.
PENGARUH KETEBALAN GASKET BLOK SILINDER TERHADAP PERFORMANCE MESIN SUZUKI GP 100 Subkhan, -; Raharjo, Samsudi; Suwiknyo, Joko
T R A K SI Vol 12, No 1 (2012): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motor bakar merupakan salah satu jenis mesin penggerak yang banyakdipakai dengan memanfaatkan energi kalor dari proses pembakaran menjadi energi mekanik. Motor yang umum seperti mesin 4 tak dan 2 tak (4 strokes dan  2 strokes engine) juga mesin diesel memerlukan tekanan kompresi yang cukup di ruang bakar untuk dapat bekerja sempurna, membakar bahan bakar (bensin/solar) dan udara untuk dijadikan tenaga. Tekanan yang rendah membuat campuran bahan bakar dan udara tidak dapat terbakar atau sering disebut misfire, sehingga mesin kehilangan tenaga. Umumnya mesin tidak dapat bekerja baik jika tekanan kompresi berada di bawah 100 PSI / 7 BAR / 7.2 kg/cm2. Hasil penelitian pemasangan gasket standar dengan ketebalan 0,05 cm dan pemasangan gasket dengan ketebalan 0,08cm; 0,16cm; 0,24cm; 0,32cm; 0,40cm; 0,48cm; 0,56cm sangat berpengaruh terhadap kerja mesin terbukti semakin besar volume ruang bakar perbandingan kompresinyasemakin kecil dan terjadi kenaikan pemasukan campuran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar, tetapi daya yang dihasilkan kecil. Hal ini menjadikan mesin semakin tidak efisien. Seperti yang kita tau konsepefisiensi menjelaskan bahwa perbandingan antar energi berguna denganenergi yang masuk secara alamiah tidak pernah mencapai 100%. Kata kunci: Ketebalan gasket, Kompresi, Efisiensi.
PENGARUH PUTARAN MESIN DAN PROSENTASE CAMPURAN MINYAK DIESEL DENGAN BAHAN BAKAR BIODIESEL TERHADAP KARATERISTIK MESIN DAN EMISI GAS BUANG Warsita, Aris
T R A K SI Vol 12, No 1 (2012): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persedian bahan bakar fosil dunia semakin menipis dan pencarian bahanbakar alternatif sudah merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditunda lagi, sumber energi lain yang sangat berpotensi untuk dikembangkan antara lain energi matahari, energi angin, energi air, energi nuklir, energi biogas, energi minyak vegetatif dan energi yang lain. Bahan bakar yang berasal dari minyak vegetatif seperti minyak jarak dan  minyak sawit sangat luas untuk dikembangkan. Penelitian ini menguji bahan bakar campuran minyak kepala sawit dengan prosentase campuran mulai 10 %, 20 % dan 30 %  pada variasi putaran mesin dengan menempatkan mesin pada test bed untuk mendapatkan tenaga mesin, torsi, kebutuhan udara dan bahan bakar sert emisi gas buang yaitu CO dan HC. Dalam penelitian ini didapatkan torsi maksimum 21,4 N-m dan tenaga mesin  2.1  kW terdapat pada putaran mesin 1000 rpm dengan campuran  bahan bakar 30 % dengan sudut injeksi 14,6 0 BTDC. Kebutuhan maksimum bahan bakar 1001,75 gr/kW.hr pada 30 % dengan sudut injeksi 14,6 0  BTDC. Penurunan gas hidrokarbon dan monoksida adalah 20 ppm dan 0,03 % pada campuan 30 % dengan putaran mesin 1000 rpm. Tenaga optimum  dan emisi minimum didapatkan pada putaran 1000 rpm dan sudut injeksi 14,6 0.Kata Kunci : biodiesel, emisi, tenaga, torsi, campuran dan putaran.
PENGARUH PRESSURELESES SINTERING KOMPOSIT AL-KAOLIN TERHADAP DENSITAS, KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO Budihartono, Sigit
T R A K SI Vol 12, No 1 (2012): MAJALAH ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aluminium serbuk sebagai matrik dan kaolin sebagai penguat dikenal sebagai bahan komposit matrik logam (MMC), yang dapat diproduksi dengan teknik metalurgi serbuk. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh tekanan kompaksi dan variasi suhu sinter komposit Al-Kaolin terhadap kekerasan, densitas, dan struktur mikro. Dalam penelitian ini komposit Al-kaolin dengan variasi penambahan unsur penguat sebesar 0, 5, 10 dan 15 % kaolin. Pembentukan green body dengan tekanan kompaksi 550 MPa, dan proses sinter pada suhu 500°C,525°C,550°C selama 2 jam. Pengujian meliputi uji densitas,kekerasan dan pengamatan setruktur mikro. Hasil penelitian menunjukankenaikan densitas optimum dicapai pada komposisi kaolin 5% sebesar 2,7362 gr/cm3 dan kekerasan tertinggi pada komposisi 15% kaolin VHN 54kg/mm2 pada suhu sinter 550°C. Tingkat porositas paling rendah berdasarkan foto struktur mikro didapat pada Al murni (0% kaolin).Kata kunci:  Metalurgi serbuk, Komposit Al-kaolin, Kompaksi, Sintering. rata-rata

Page 1 of 1 | Total Record : 5