cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
T R A K SI
ISSN : 16933451     EISSN : 25799738     DOI : -
TRAKSI (eISSN 2579-9738 / ISSN 1693-3451) adalah Majalah Ilmiah Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dengan cakupan bidang material teknik, konversi energi dan manjfaktur. Jurnal ini terbit 2 kali dalam satu tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 10, No 2 (2010): mechanical engineering" : 5 Documents clear
ANALISA UNJUK KERJA BIODIESEL KAPUK RANDU Darmanto, Seno
T R A K SI Vol 10, No 2 (2010): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is carried out to analyze the production of ceiba petandra biodiesel and performance examination in diesel engine. Production of ceiba petandra biodiesel is carried out with transesterification method and alkali catalyst. Transesterification reaction uses methanol and NaOH catalyst. The performance examination is carried out with engine test bed. Engine test bed consists of diesel engine, generator, load and instrumentation. Production of ceiba petandra biodiesel by transesterification method shows the conversion of ceiba petandra biodiesel reaches 90% in condition 50oC – 55oC and material composition consist of 80% of ceiba petandra oil, 20% of methanol and 2 gram NaOH per 100 ml methanol. The performance examination in engine test bed with biodiesel of ceiba petandra shows efficiency reach about 20% to mixture of biodiesel B5 and B10. Key word: ceiba petandra, transesterification, biodiesel and efficiency.
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KATUP BERBASIS LIMBAH ALUMUNIUM POSH Raharjo, H.Samsudi
T R A K SI Vol 10, No 2 (2010): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membuat katup  berbasis limbah alumunium posh dari komponen; sock absorber, Creative factory dan Connector  jaringan listrik serta karakterisasi  alumunium sebelum dan sesudah dibentuk prototype katup. Komponen otomotif dari bahan alumunium posh pada dasawarsa ini mulai digemari, sampai demam komponen kinclong asal Thailand sehingga produksi Posh melanda masyarakat penggemar otomotif Indonesia. Posh punya banyak merk ; merk posh racing, posh factory, creative factory, Keluhan tentang bahan alumunium posh masalah mudah aus, yang merupakan permasalahan penelitian.  Metode penelitian dipakai pendekatan eksperimen, pembuatan pola dan cetakan,  Hasil penelitian menunjukan Kekerasan katub hasil reverse engineering secara signifikan menyamai kekerasan posh alinya 93,60 HB hasil reverse  mencapai 89,55  HB. Kata Kunci : Aluminium Posh, Katup, Kekerasan, Limbah
EFEKTIFITAS KATALIS MATERIAL SUBSTRAT PADUAN CuZn (KUNINGAN) DALAM MEREDUKSI EMISI GAS KARBON MONOKSIDA MOTOR BENSIN Irawan, RM Bagus
T R A K SI Vol 10, No 2 (2010): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengurangan emisi gas buang kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan tiga pendekatan, yaitu : Pertama, dengan cara membatasi jumlah pertumbuhan kendaraan bermotor atau membatasi usia kendaraan bermotor yang hal ini hanya dapat dilakukan oleh pemerintah, kedua dengan mengganti bahan bakar yang ramah lingkungan yang tidak mengandung unsur Carbon, hal ini pun juga hanya bisa dilakukan melalui kebijakan dan kewenangan pemerintah lewat PERTAMINA sebagai pemasok bahan bakar nasional. Ketiga adalah dengan melakukan pemasangan Catalytic Converter pada saluran gas buang kendaraan bermotor. Hal yang dapat dilakukan peneliti adalah pendekatan ketiga yaitu dengan melakukan modifikasi Catalytic Converter yang dipasang pada saluran gas buang kendaraan motor bensin. Pada penelitian ini penulis mencoba mengkaji sejauh mana pengaruh pemakaian Catalytic Converter  untuk mengurangi gas buang yang paling dominan yaitu emisi gas CO dengan menggunakan material substrat dari Kuningan (CuZn). Pengujian dilakukan dengan alat Gas Analyzer yaitu untuk mengetahui konsentrasi CO. Pengujian emisi gas buang  dilakukan dalam 2 tahap yaitu pengukuran tanpa Catalytic Converter dan pengukuran menggunakan Catalytic Converter, tujuannya untuk membandingkan konsentrasi CO sebelum dan sesudah menggunakan Catalytic Converter. Pengukuran yang dilakukan dengan berbagai variasi putaran mesin (Rpm) dan variasi jumlah plat kuningan ini, terbuktidapat menurunkan kadar emisi gas buang CO cukup signifikan. Kata Kunci : Catalytic Converter, Katalis Cu Zn, Konsentrasi CO  
PERANCANGAN REDUKSI SETUP TERPADU DALAM PENENTUAN UKURAN LOT GABUNGAN UNTUK MEMINIMASI BIAYA TOTAL PEMASOK DAN MANUFAKTUR TUNGGAL Nurcholis, Lutfi
T R A K SI Vol 10, No 2 (2010): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas mengenai ukuran lot gabungan dalam suatu jaringan sistem produksi dengan pemasok tunggal dan pemanufaktur tunggal. Model mempertimbangkan reduksi waktu setup dan ukuran lot untuk mengurangi persediaan yang berpengaruh pada biaya produksi. Tujuan dari penulisan artikel adalah meminimasi biaya total gabungan yang melibatkan semua biaya yang dikeluarkan oleh pemasok dan manufaktur. Artikel ini membahas dua skenario, yaitu pengiriman tunggal (single delivery) dan pengiriman lebih dari satu kali pengiriman (multiple deliveries). Biaya pemasok terdiri dari biaya setup dan biaya simpan, sedangkan biaya pemanufaktur terdiri dari biaya pesan dan biaya simpan. Variabel keputusan dalam model adalah jumlah pemesanan (Q), laju pengurangan setup (R) dan jumlah pengiriman (n).
ANALISA KARAKTERISASI PADA LIMBAH VELG DAN BOKSTRANSMISI MOBIL Rahardjo, H.Samsudi; Solichan, -
T R A K SI Vol 10, No 2 (2010): mechanical engineering
Publisher : T R A K SI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemakaian aluminium pada industri otomotif terus meningkat sejak tahun 1980 (Budinski, 2001). Komponen otomotif yang terbuat dari paduan aluminium, antara lain adalah piston, blok mesin, kepala silinder, katup, velg mobil dan sebagainya. Ini berkaitan dengan jumlah kendaraan di Indonesia tahun 2005 mencapai 38.156.278 buah terdiri dari roda dua 28.556.498 buah dan roda empat 9.559.780 buah (Kepolisian Republik Indonesia, 2005). Ditambah pada tahun 2010 ASTRA DAIHATSU merencanakan memproduksi 400.000 setiap tahunnya. Fokus penelitian limbah velg dan boks transmisi mobil yang terbuat dari paduan aluminium dan silikon. Paduan ini memiliki daya tahan terhadap korosi, abrasi dan koefisien pemuaian yang rendah, disamping itu mempunyai kekuatan yang tinggi, kesemua sifat tersebut merupakan sifat yang harus dimiliki oleh material velg dan boks transmisimobil. Tujuan penelitian menganalisa Karakterisasi velg dan boks transmisi mobil berbasis material mobil bekas yaitu; karakterisasi meliputi; uji komposisi dan kekerasan bahan serta Struktur mikro, Permasahan utama dari penelitian ini adalah bagaimana memanfaatkan velg dan boks transmisi mobil bekas setelah diketahui sifat dan karakteristiknya. Metode Penelitian yang digunakan dengan metode eksperimen, dan perbandingan, Hasil yang dicapai; Material velg dan boks transmisi mobil bekas banyak impuriti karena kurangnya kebersihan menyebabkan sifat mekaniknya menurun. Maka penelitian lanjutan perlu melakukan pembersihan yang baik atau dengan degreeshing, serta perlu mempelajari interface layer yang muncul karakteristik senyawa dan karakteristik fasa dengan menggunakan SEM. Kata Kunci : Velg, Transmisi, Uji Komposisi, Uji Kekerasan, Struktur Mikro

Page 1 of 1 | Total Record : 5