cover
Contact Name
-
Contact Email
dwiratna@matematika.its.ac.id
Phone
6281331347388
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Pusat Publikasi Ilmiah (PPI) ITS. Gedung Pusat Riset Lt.6, Kampus ITS Sukolilo Surabaya 60111 INDONESIA
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Sains dan Seni ITS
ISSN : 2301928X     EISSN : 23373520     DOI : -
Fokus dari jurnal ilmiah berkala ini adalah mempublikasikan setiap hasil karya ilmiah yang melingkupi bidang: - Bidang matematika dan terapannya - Bidang fisika dan terapannya - Bidang kimia dan terapannya - Bidang statistika dan terapannya - Bidang biologi dan terapannya - Bidang disain produk - Arsitektu
Articles 58 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 1 (2017)" : 58 Documents clear
Kajian Teori Ideal Perluasan Subtraktif Pada Semiring Ternari Qomariah, Nur; Setyawati, Dian Winda
Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.504 KB) | DOI: 10.12962/j23373520.v6i1.21161

Abstract

Pembahasan mengenai teori ideal terus berkembang, salah satunya adalah teori ideal pada semiring ternari. Pada jurnal ini, dikaji mengenai karakteristik ideal-ideal pada semiring ternari Z_0^-×Z_0^- yaitu ideal utama, Q-ideal, ideal subtraktif, dan ideal perluasan subtraktif. Bentuk-bentuk ideal tersebut memiliki hubungan dengan bentuk-bentuk ideal pada semiring Z_0^+×Z_0^+. Selanjutnya dengan menggunakan keterkaitan antara ideal perluasan subtraktif dengan Q-ideal, maka juga dikaji mengenai ideal perluasan subtraktif terkecil pada semiring ternari. Selain itu, juga dikaji mengenai ideal prima pada semiring ternari terhadap semiring ternari faktor.
Implementasi Extreme Learning Machine untuk Pengenalan Objek Citra Digital Fikriya, Zulfa Afiq; Irawan, Mohammad Isa; Soetrisno., Soetrisno
Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (984.684 KB) | DOI: 10.12962/j23373520.v6i1.21754

Abstract

Abstrak— Pengenalan citra digital merupakan bagian yang sangat penting dalam computer vision yang menerapkan pattern recognition. Pengenalan citra digital bertujuan untuk menduplikasi kemampuan manusia dalam memahami informasi citra sehingga komputer dapat mengenali objek pada citra selayaknya manusia. Salah satu metode pattern recognition adalah Extreme Learning Machine (ELM). Extreme Learning Machine merupakan jaringan syaraf tiruan feedforward dengan satu hidden layer atau lebih dikenal dengan istilah single hidden layer feedforward neural networks (SLFNs). Extreme Learning Machine untuk pengenalan objek citra digital pada Tugas Akhir ini terdiri dari 2500 node pada input layer, 1250 node pada hidden layer, dan 3 node pada output layer. Dataset dikelompokkan berdasarkan ukuran objek dalam citra. Hasil uji coba dan evaluasi model dengan data testing menghasilkan tingkat akurasi sebesar 57,33% pada citra dengan objek berukuran kecil, 81,33% pada citra dengan objek berukuran sedang, dan 74,67% pada citra dengan objek berukuran besar.
Konstruksi Fungsi Lyapunov untuk Menentukan Kestabilan Sundari, Reni; Apriliani, Erna
Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.304 KB) | DOI: 10.12962/j23373520.v6i1.22862

Abstract

Fungsi Lyapunov adalah salah satu fungsi yang dikonstruksi untuk memeriksa kestabilan global dari suatu sistem nonlinier. Pada penelitian ini digunakan metode Variabel Gradien, Kravoskii dan Energi Casimir dalam mengkonstruksi fungsi Lyapunov. Berdasarkan hasil perhitungan dan simulasi yang dilakukan menggunakan metode variabel gradien dan metode Energi Casimir diperoleh fungsi Lyapunov untuk sistem Lorenz pada semua titik kesetimbangan. Sedangkan metode Kravoskii belum menghasilkan fungsi Lyapuno untuk sistem Lorenz pada semua titik kesetimbangan.
Information Richness, Retailer Brand, Extended Offers pada Niat Beli Konsumen Menggunakan T-Cash Putri, Alit Trihernindya Koesetyo; Noer, Bustanul Arifin
Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.046 KB) | DOI: 10.12962/j23373520.v6i1.21317

Abstract

Pada era yang menuntut serba cepat dan instan, pembayaran elektronik memberikan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi. Dari berbagai macam jenis pembayaran elektronik, Telkomsel T-Cash muncul sebagai jenis pembayaran elektronik berupa uang elektronik untuk menyimpan uang dan bertransaksi saat membeli produk di merchant atau peritel. Konsumen hanya perlu memiliki stiker T-Cash yang diletakkan di smartphone kemudian menempalkannya (tap) ke mesin NFC yang tersedia di merchant. Meski demikian, jumlah pengguna T-Cash masih belum mencapai target, sehingga Telkomsel perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen menggunakan T-Cash. Melalui penyebaran kuesioner ditujukan kepada pengguna T-Cash, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh faktor information richness, retailer brand, extended offers, serta pengaruh hubungan ketiganya pada niat beli konsumen menggunakan T-Cash. Hierarchical moderator regression analysis, simple slope analysis dan structural equation modelling (SEM) digunakan sebagai metode penelitian dengan confirmatory factor analysis untuk melakukan studi konfirmasi terhadap penelitian terdahulu. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga faktor berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen mengunakan T-Cash, information richness berhubungan komplemen dengan extended offers, extended offers menjadi substitusi retailer brand, serta information richness dengan retailer brand berhubungan substitusi dalam meningkatkan niat beli menggunakan T-Cash. Disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat menyelidiki pengaruh faktor lainnya serta diaplikasikan pada jenis layanan yang lebih bervariasi.
Pengaruh Faktor Kepribadian terhadap Toleransi Risiko Keputusan Investasi Saham Putri, Famy Kurnia; Hakim, M S
Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.717 KB) | DOI: 10.12962/j23373520.v6i1.21318

Abstract

Saham merupakan salah satu instrumen investasi terpopuler yang tergolong dalam instrumen aset berisiko tinggi. Toleransi risiko menjadi salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan investor dalam menentukan preferensi investasinya pada saham. Toleransi risiko terdiri dari berbagai macam aspek, termasuk diantaranya adalah karakteristik kepribadian investor. Penelitian terdahulu membuktikan bahwa karakteristik kepribadian individu memiliki pengaruh terhadap pengeluaran, pengelolaan investasi, dan toleransi risiko. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh karakteristik kepribadian terhadap toleransi risiko keputusan investasi saham. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari 83 sampel penelitian yang merupakan investor aset keuangan di Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier. Hasil penelitian ini adalah bahwa karakteristik kepribadian tidak mempengaruhi toleransi risiko investor, namun toleransi risiko memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi saham.
Pengaruh Literasi Keuangan dan Persyaratan Kredit terhadap Akses Kredit Formal pada UMKM di Surabaya Oktavianti, Venny; Hakim, M S
Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.696 KB) | DOI: 10.12962/j23373520.v6i1.21320

Abstract

Peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia yang begitu pesat mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Adanya kebijakan pemerintah tentang pembiayaan UMKM memotivasi UMKM agar mampu menciptakan sistem pembiayaan yang baik sehingga mempengaruhi kemudahan mengakses kredit. Pada studi literatur disebutkan bahwa mengakses kredit formal merupakan hal penting karena lembaga penyedia kredit formal lebih memiliki ketersediaan dana daripada lembaga penyedia kredit informal. Di beberapa negara berkembang, UMKM mengakses kredit informal karena persyaratan kreditnya lebih mudah daripada persyaratan kredit di lembaga penyedia kredit formal. Akses kredit yang dilakukan pada usaha kecil juga didasari oleh perilaku perbankan dimana perilaku perbankan pemilik UMKM dipengaruhi oleh literasi keuangan. Upaya yang dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM dalam meningkatkan literasi keuangan adalah memberikan pelatihan keuangan yang dianalisis efektivitasnya dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan persyaratan kredit terhadap akses kredit formal serta mengetahui efektivitas pelatihan keuangan yang didapatkan oleh UMKM. Metode dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan independent sample t test. Sampel penelitian berjumlah 80 responden yang pernah mengakses kredit formal. Simpulan dari penelitian yakni literasi keuangan dan persyaratan kredit berpengaruh positif signifikan terhadap akses kredit formal serta tidak terdapat perbedaan antara kelompok sampel yang pernah dan belum pernah mendapatkan pelatihan keuangan.
Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online shop di Instagram (Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya) Ashari, Bella Harum; Wibawa, Berto Mulia; Persada, Satria Fadil
Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.283 KB) | DOI: 10.12962/j23373520.v6i1.21403

Abstract

Perkembangan pengguna situs jejaring sosial di Indonesia telah memunculkan suatu paradigma e-commerce baru yang disebut social commerce (s-commerce). Salah satu media s-commerce yang digunakan untuk memfasilitasi jual beli produk adalah Instagram. Permasalahan yang menjadi keterbatasan dalam belanja online adalah pemahaman peritel online terhadap karakteristik dari konsumen online shop di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari konsumen online shop di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis tabulasi silang terhadap 231 responden dari 6 Universitas di Kota Surabaya yang pernah berbelanja di online shop di Instagram. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah konsumen yang berupa mahasiswi cenderung memiliki pengeluaran untuk belanja online per bulan dibawah Rp. 300.000, dan mayoritas repsonden mengutamakan faktor harga produk yang murah. Oleh karena itu peritel online harus memperhatikan faktor harga produk sehingga akan dapat memunculkan niat beli bagi konsumen.
Supplier Selection Using Analytical Hierarchy Process at PT. Indolakto Anggani, Putri Candra; Baihaqi, Imam
Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.43 KB) | DOI: 10.12962/j23373520.v6i1.21479

Abstract

Dairy supply chain is one of food supply chain that has its own uncertainty both in upstream and downstream process due to the durability of product. Dairy market has good demand trend, because the supply is still below the consumption level. Indonesia use imported dairy product rather than use the domestic ones, because the supply of domestic dairy still below the demand. So, there are opportunities for dairy company to compete in this industry and reach competitive advantage by solving the upstream problems. Selecting supplier is one of upstream supply chain area which affected the quality of dairy product and mitigate supply chain risk management from the beginning. This research aim to develop a framework for supplier selection. According to AHP method this research will be determine main criteria by interview, pair wise comparison on developing the AHP, determine sub criteria based on main criteria, and rank the supplier. The result is forming a framework of supplier selection based on company requirements. Also, the main criteria for supplier selection are quality, quantity, delivery, warranty, and pricing with sub main criteria which already deployed. Maltodextrin A will be choose rather than Maltodextrin B. The sensivity analysis also shown that all of criteria were robust.
Identifikasi Permasalahan Komplain pada E-Commerce Menggunakan Metode Fishbone Putri, Resi Octovianisa; Wibawa, Berto Mulia
Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.493 KB) | DOI: 10.12962/j23373520.v6i1.21485

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menuntut manusia dan perusahaan untuk memanfaatkannya sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Mengikuti tren dunia, di Indonesia belanja online juga semakin digemari, terbukti dari angka peningkatan jumlah pembeli online setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah yang menyebabkan komplain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dengan exspert dari dua jenis e-commerce yaitu marketplace dan online retail. Penelitian ini menggunakan analisis fishbone. Hasil penelitian ini menghasilkan 16 masalah yang menyebabkan komplain pada e-commerce. Implikasi penelitian ini digunakan untuk perusahaan meningkatkan layanannya dan strategi untuk menangani komplain pelanggan.
Studi Identifikasi Program Campus Social Responsibility Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk Meningkatkan Value ITS dan Masyarakat Sekitar Kiptia, Atika Nur; Baihaqi, Imam
Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.259 KB) | DOI: 10.12962/j23373520.v6i1.21490

Abstract

Salah satu stakeholders dalam lingkungan perusahaan adalah masyarakat. Masyarakat merupakan lingkungan sosial yang terkena dampak dari keberadaan perusahaan, baik dampak positif maupun negatif. Seiring perkembangan globalisasi saat ini maka perusahaan tak hanya dituntut untuk mendapatkan profit, namun juga kontribusi terhadap masyarakat sekitar atau lebih sering dikenal sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR). Tak hanya perusahaan yang profit oriented, non profit oriented seperti perguruan tinggi juga mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan sosialnya. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian study case pada ITS yang bertujuan untuk melakukan studi identifikasi program CSR ITS. Pendekatan yang digunakan adalah Corporate Shared Value (CSV) dengan value chain sebagai tools untuk analisis aktivitas operasional ITS. Sedangkan metode yang digunakan adalah wawancara secara langsung kepada pihak terkait ITS, aparat kelurahan dan tokoh masyarakat sekitar ITS. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat ITS teringkas dalam 4 aspek yaitu pendidikan, lingkungan, manajemen usaha/bisnis dan pengembangan wilayah pesisir. Terdapat 33 alternatif program CSR ITS yang diusulkan. Selain itu juga terdapat 3 sumber pendanaan untuk pembiayaan alternatif program CSR ITS yang telah disusun.