Alkhawarizmi
ISSN : -     EISSN : -
Articles
10
Articles
Implementasi Sistem Keamanan Data dengan Menggunakan Teknik Steganografi End of File (EOF) dan Rabin Public Key Cryptosystem

Wandani, Henny ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Budiman, Muhammad Andri ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Sharif, Agus ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara )

Alkhawarizmi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi
Publisher : Alkhawarizmi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1076.196 KB)

Abstract

Semakin meningkatnya perkembangan komunikasi data membuat semakin pentingnya aspek keamanan dan kerahasiaan data. Kriptografi merupakan suatu seni atau ilmu menjaga keamanan data atau pesan yang bersifat mengacak suatu data atau pesan. Sedangkan steganografi adalah ilmu menyembunyikan pesan atau data ke dalam suatu media. Kedua teknik tersebut dapat digabungkan dan akan menghasilkan suatu sistem keamanan data yang tinggi. Pada penelitian ini, terlebih dahulu dilakukan proses enkripsi data atau pesan rahasia yang berupa data teks angka dengan jumlah maksimum yang dimasukkan adalah 24 digit angka, kemudian hasil enkripsi (ciphertext) akan disembunyikan ke dalam suatu file gambar yang berformat bitmap dengan ukuran minimum 25x25. Selanjutnya, dilakukan proses ekstraksi dan dekripsi ciphertext, sehingga diperoleh kembali plaintext yang berupa data teks angka. Algoritma kriptografi yang digunakan adalah algoritma Rabin Public Key dan teknik steganografi yang digunakan adalah metode End of File

Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak Kompresi Citra Menggunakan Algoritma Fast Fourier Transform (FFT)

Lestari, Rima ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Situmorang, Marihat ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Lydia, Maya Silvi ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara )

Alkhawarizmi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi
Publisher : Alkhawarizmi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.15 KB)

Abstract

Kecepatan pengiriman informasi dalam bentuk perpaduan data teks, audio maupun citra secara nyata merupakan aspek penting dalam pertukaran informasi. Kecepatan pengiriman ini sangat bergantung kepada ukuran dari informasi tersebut. Pada umumnya informasi yang berupa citra akan membuat file menjadi lebih besar sehingga mempengaruhi kecepatan proses pengiriman informasi. Salah satu solusi untuk masalah di atas adalah dengan melakukan kompresi data citra sebelum ditransmisikan. Kompresi data adalah mengurangi ukuran file atau meminimalkan kebutuhan memori untuk merepresentasikan sebuah file digital. Pada penelitian ini dilakukan kompresi file citra dengan teknik lossy menghasilkan file citra hasil kompresi lebih kecil dari file semula karena adanya data yang dihilangkan. Data yang dihilangkan tersebut tidak akan terlihat oleh kasat mata manusia secara kualitas. Teknik kompresi yang tepat untuk keperluan diatas adalah transformasi citra, dimana yang digunakan adalah Tranformasi Fast Fourier. Hasil kompresi dengan perangkat lunak yang dibangun menunjukkan ukuran file citra yang dihasilkan berkurang rata-rata untuk format BMP sebesar 87,02 % dan format JPG sebesar  41,11 %.

Perbandingan Algoritma Arithmetic dengan Geometric Mean Filter untuk Reduksi Noise pada Citra

yana, Wili ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Situmorang, Marihat ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Marbun, James P ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara )

Alkhawarizmi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi
Publisher : Alkhawarizmi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1017.288 KB)

Abstract

Banyak gangguan yang dapat terjadi pada citra hasil rekaman kamera digital, seperti lensa tidak fokus, muncul bintik-bintik yang disebabkan oleh proses capture yang tidak sempurna, pencahayaan yang tidak merata yang mengakibatkan intensitas tidak seragam, kontras citra terlalu rendah sehingga objek sulit dipisahkan dari latar belakangnya atau gangguan yang disebabkan oleh kotoran yang menempel pada citra dan lain sebagainya. Noise yang berupa bintik-bintik dapat mengurangi keindahan sebuah citra.Efek noise terhadap sebuah citra berbeda-beda tergantung jenis noise-nya, karena ada yang mempengaruhi tampilan citra dan ada juga yang tidak begitu mempengaruhi. Salah satu teknik yang digunakan untuk mereduksi noise adalah filter yang melakukan pemisahan noise dari objek-objek pada citra. Algoritma yang digunakan pada penelitian ini adalah Arithmetic Mean Filter (AMF) dan Geometric Mean Filter (GMF) yang melakukan reduksi pada noise dengan cara mengganti nilai piksel dengan nilai tengah (rata-rata) intensitas piksel citra yang mengandung noise. Hasil pengujian di peroleh nilai MSE untuk Geometric Mean Filter (GMF) lebih kecil dibandingkan dengan Algoritma Arithmetic Mean Filter (AMF), yang berarti Algoritma Geometric Mean Filter (GMF) lebih baik dalam mereduksi noise.

Perancangan Error Detection System And Error Correction System Menggunakan Metode Hamming Code Pada Pengiriman Data Text

Lubis, Ahmad Alfi Albar ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Sihombing, Poltak ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Sani, Arman ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara )

Alkhawarizmi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi
Publisher : Alkhawarizmi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.835 KB)

Abstract

Sistem pengiriman data pada saat ini masih kurang maksimal dan sering terjadi kesalahan dalam proses pengirimannya. Sebagian besar sistem pengiriman data sekarang ini belum dapat mengurangi kesalahan pada pengiriman. Pada penelitian ini akan dirancang sebuah aplikasi Error Detection System and Error Correction System Pada Pengiriman Data Text. Metode yang penulis gunakan dalam perancangan sistem ini adalah metode Hamming Code. Sistem ini dapat menampilkan pesan error yang sudah dideteksi kesalahannya dan kemudian dikoreksi kesalahannya. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan Visual Basic (VB). Dari hasil pengujian sistem ini data yang akan dikirimkan akan dideteksi terlebih dahulu,setelah terdeteksi jika ada kesalahan maka aplikasi akan mengkoreksi kesalahan yang telah terdeteksi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa error yang terjadi pada saat pengiriman data, dikarenakan kesalahan pada bit-bit yang dikirim,maka terjadilah error.

Sistem Perparkiran Secara Visual Map Berbasis Local Area Network

Alpiriyandi, Alpiriyandi ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Sihombing, Poltak ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Sitompul, Dahlan ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara )

Alkhawarizmi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi
Publisher : Alkhawarizmi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.305 KB)

Abstract

Sistem perparkiran yang ada pada saat ini masih kurang maksimal dalam pemanfaatan lahan parkir dan efisiensi waktu. Banyak sistem perparkiran yang ada sekarang belum dapat menangani berbagai permasalahan yang ada. Pada penelitian ini, akan dirancang sebuah sistem perparkiran yang ditampilkan secara visual berbasis Local Area Network (LAN) dengan menggunakan metode Single Phase-Single Channel. Sistem ini dapat menampilkan lahan parkir secara visual sehingga memudahkan operator untuk mengetahui lahan parkir yang kosong. Selain itu sistem ini juga akan dirancang agar waktu pencarian lahan parkir oleh pengguna parkir tidak membutuhkan waktu lama

Analisis dan Implementasi Kompresi File Audio Dengan Menggunakan Algoritma Run Length Encoding (RLE)

Rahandi, Aditya ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Rachmawati, Dian ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Sembiring, Sajadin ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara )

Alkhawarizmi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi
Publisher : Alkhawarizmi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.791 KB)

Abstract

Pengiriman file audio seringkali terhambat karena besarnya ukuran file yang akan dikirim. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memampatkan (kompresi) file tersebut sebelum dikirim. Penulis menggunakan algoritma Run Length Encoding yang bersifat lossless dalam pemampatan file audio. Masukan dalam sistem ini adalah file audio WAV dan MP3. Pada sistem ini terdapat tahap kompresi dan dekompresi. Tahap kompresi bertujuan untuk memampatkan ukuran file audio, sedangkan tahap dekompresi bertujuan untuk mengembalikan ukuran file audio ke ukuran semula.

Pengolahan File dan Pendeteksian File yang Dicurigai Adanya Virus dengan Metode Mime Type

Ginting, Emilia Santi Flora ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Sihombing, Poltak ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Harahap, Agus Salim ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara )

Alkhawarizmi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi
Publisher : Alkhawarizmi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.893 KB)

Abstract

Saat ini internet tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan user lain yang terhubung dengan jaringan internet, tetapi juga dapat melakukan penyimpanan file yang diinginkan lewat internet dan dapat dibagikan atau di-share kepada user lain yang disebut dengan sharing file. User juga diberi kesempatan untuk mengolah file-file yang disimpan di web server, seperti mengubah, menyimpan,atau menghapus file. Banyaknya file yang masuk ke dalam web server dapat menyebabkan file-file yang mencurigakan ikut masuk pada saat file di-upload yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem. Untuk itu diperlukan suatu pengamanan dengan cara menseleksi tipe file apa saja yang dapat masuk ke web server pada saat file di-upload dengan menggunakan fungsi  MIME type (Multipurpose Internet Mail Extension). MIME type adalah mekanisme untuk mengirim berbagai informasi seperti text, aplikasi, gambar, suara, video, dan lain-lain agar browser tidak salah menterjemahkan konten yg diterima dengan menggunakan bantuan fungsi PHP. Dengan menggunakan MIME type, tidak semua file yang di-upload dapat masuk ke dalam web server. Sehingga sistem dapat terhindar dari file-file yang biasanya digunakan virus untuk masuk ke dalam sistem pada saat file di-upload.

Perancangan Aplikasi Pengisian Pulsa dengan Java Mobile

Fauziyah, Ummi ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Sihombing, Poltak ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Handrizal, Handrizal ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara )

Alkhawarizmi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi
Publisher : Alkhawarizmi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.373 KB)

Abstract

— Perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan banyak manfaat pada semua kalangan masyarakat dalam berbagai bidang. Salah satunya yaitu  teknologi handphone yang saat ini dijadikan sebagai kebutuhan pokok dalam komunikasi serta ikut mendominasi hampir seluruh bidang kehidupan, mulai dari bisnis, sosial dan pendidikan. Perkembangan teknologi seluler merambat pada bisnis pengisian pulsa. Namun dalam transaksi pengisian pulsa, reseller sering melakukan kesalahan dalam penulisan format pesan. Banyaknya menu yang dibutuhkan reseller seperti cek saldo, komplain, cek harga dan lain-lain menjadi kendala bagi reseller, karena sulitnya mengingat setiap format yang dimiliki tiap menu. Masalah lain yang timbul yaitu reseller harus mencatat secara manual semua transaksi pengisian pulsa. Dari permasalahan yang ada maka dirancang aplikasi yang mampu memaksimalkan kinerja teknologi handphone sebagai media bantu dalam bisnis penjualan pulsa.  Aplikasi pengisian pulsa ini merupakan aplikasi yang digunakan reseller dengan memanfaatkan layanan SMS (Short Message Service). Reseller menggunakan layanan SMS untuk melakukan transaksi ke server. Aplikasi dirancang dengan java mobile dan berjalan pada ponsel yang memiliki fitur java MIDP 2.0. Aplikasi yang dirancang mampu menghindari kesalahan penulisan urutan format pesan seperti input kode produk dan input nomor tujuan. Selain melakukan pengisian pulsa aplikasi ini juga dapat melakukan cek saldo, komplain, cek harga dan lain sebagainya yang ditampung dalam menu utama. Tampilan dirancang sehingga mudah dimengerti oleh reseller, pesan keluar pengisian pulsa disimpan dalam aplikasi sehingga dapat dijadikan catatan bagi reseller. Implementasi aplikasi ini mampu mempermudah reseller dalam pengisian pulsa, sehingga menciptakan efisiensi waktu dan menghindari human error pada saat transaksi.

Impelementasi Kompresi Teks Menggunakan Metode Huffman untuk Menghemat Karakter pada Short Message Service

Harahap, Evi Mariani ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Rachmawati, Dian ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Herriyance, Herriyance ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara )

Alkhawarizmi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi
Publisher : Alkhawarizmi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.786 KB)

Abstract

Kajian ini membahas mengenai implementasi metode Huffman statis dalam penggunaan SMS yang masih memiliki kelemahan yaitu keterbatasan penulisan teks SMS untuk karakter 7-bit yang hanya sebanyak 160 karakter untuk satu kali kirim. Oleh sebab itu diperlukan proses kompresi dan dekompresi pada teks SMS dengan membuat aplikasi HuffmanKompresi, sehingga mampu menjadikan ukuran SMS tersebut seminimal mungkin pada saat dikirimkan. Setiap karakter yang dituliskan akan diubah menjadi bentuk bit sesuai dengan tabel statis Huffman, rangkaian bit tersebut akan dikirimkan ke nomor tujuan dengan menggunakan mode pengiriman BinaryMessage. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa Java yaitu J2ME dan berjalan pada mobile phone berbasis Java MIDP 2.0 dan konfigurasi CLDC 1.1. Pengirim dan penerima bisa berkomunikasi apabila aplikasi sudah terinstal dan dijalankan di mobile phone keduanya. Aplikasi ini bertujuan untuk menghemat pemakaian SMS dengan meminimalisasikan ukuran data yang akan dikirimkan. Sehingga dapat menghasilkan rasio penghematan kompresi sekitar 31%.

Implementasi dan Perbandingan Firewall Security Menggunakan Mikrotik dan M0n0wall Pada Local Area Network

Sinaga, Hendra H ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Sihombing, Opim Salim ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Saleh, M. Umar ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara )

Alkhawarizmi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi
Publisher : Alkhawarizmi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.354 KB)

Abstract

Dalam sebuah jaringan istilah “firewall” adalah tembok api, yang berperan sebagai pembatas jaringan luar yang terkoneksi dengan internet. Dengan pesatnya perkembangan internet, dapat memberikan dampak positif bagi kita sebagai penyedia layanan informasi dan komunikasi, selain itu internet juga dapat memberikan dampak negatif sekaligus ancaman bagi penggunanya. Sehingga akses jaringan kita dengan internet harus dibatasi oleh sebuah pembatas yang dikenal dengan firewall. Bertujuan untuk implementasi sistem firewall security menggunakan mikrotik dan m0n0wall pada local area network. Firewall merupakan suatu perangkat keamanan jaringan yang memperkenankan berbagai bagian ruas jaringan untuk melaksanakan komunikasi antara satu dengan yang lainnya sesuai dengan definisi kebijakan keamanan yang telah diterapkan sebelumnya. firewall peka terhadap kesalahan konfigurasi dan kegagalan untuk menerapkan kebijakan, sehingga diperlukan tambahan atau peningkatan keamanan lain. Oleh karena itu, konfigurasi firewall yang digunakan dalam Mikrotik dan M0n0wall harus dilakukan secara hati-hati, sehingga organisasi seharusnya dapat bertahan dengan mengurangi kerapuhan dan gangguan baru. Dalam Perancangan Firewall pada mikrotik dan m0n0wall pada local area network menggunkan paket filtering, NAT, transparant proxy, application dan port address yang dapat mengurangi ancaman dan gangguan yang terjadi pada local area network Diperlukan usaha kerja keras untuk memelihara semua sistem di dalam cara mengamankan dan tidak semata-mata mengandalkan pada firewall untuk menghentikan ancaman keamanan tersebut.