e-Dinamis
ISSN : -     EISSN : -
Articles
64
Articles
STUDI KEKUATAN TARIK LAS DARI BAHAN PLAT DASAR ALUMINIUM – MAGNESIUM

Kurniawan, Andi, Isranuri, Ikhwansyah

e-Dinamis Vol 10, No 2 (2014): jurnal e-dinamis (2014)
Publisher : e-Dinamis

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.985 KB)

Abstract

ABSTRAKAluminium  merupakan  logam  putih  keperakan  yang  lemah  dan  lunak,  tetapi  bila  dipadukan dengan  sejumlah  unsur  logam  lain  seperti  (  Mg,  Cu,  Si)  dapat  meningkatkan  kekuatan  dari aluminium.  Karena  paduan  aluminium  mempunyai  sifat  mampu  las  yang  relatif  rendah  bila dilkukan penanganan las TIG terhadap aluminium paduan sehingga nantinya akan diperoleh hasil  pengelasan  yang  baik.  Penelitian  yang  dibuat  ini  adalah  dengan  menambahkan magnesium  kedalam  aluminium  sesuai  variasi  yang  dikerjakan  yaitu  2%,  4%  dan  6%  unsur magnesium saat pengecoran. Setalah itu dilakukan pengujian tarik dan foto mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kekuatan tarik pada sambungan las TIG pada aluminium paduan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kekuatan tarik yang optimum adalah pada komposisi 94 % aluminium dan 6 % magnesium dengan karakteristik sebagai berikut: 199 N/mm2, elongasi 4.2 %.  Pada  hasil  mikrostruktur  berwarna  hitam  yang  menunjukkan  Magnesium  dan  warna  putih keperakan  merupakan  aluminium.  Semakin  meningkat  penambahan   unsur  magnesium terhadap aluminium, maka semakin meningkat juga kekuatan tariknya. Kata kunci : Las TIG, Aluminium, Magnesium, sifat mekanis, foto mikro.

ANALISA PERFORMANSI PADA MOBIL TOYOTA FORTUNER MESIN DIESEL TIPE 2KD-FTV VN TURBO INTERCOOLER

Setiawan Ginting, Andi, Hazwi, Mulfi

e-Dinamis Vol 10, No 2 (2014): jurnal e-dinamis (2014)
Publisher : e-Dinamis

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.422 KB)

Abstract

ABSTARAK Direct  Four  Stroke  Turbo  Commonrail  Injection yang  dikenal  dengan   D4D  merupakan kemajuan  teknologi  pada  industri  otomotif  khususnya dalam  hal  penyempurnaan  performansi mesin. D4D adalah teknologi pengaturan laju tekananbahan bakar dari sisi kuantitas dan waktu penyemprotan  bahan  bakar secara elektronik.Kelebihan  yang  dimiliki oleh mesin D4D adalah dengan  penggunaan  sistem commonrail dimana bahan  bakar  solar  akan  dihisap  oleh  pompa bahan bakar melalui saringan bahan bakar agar dapatmenghasilkan kualitas bahan bakar solar dengan tingkat emisi gas buang yang sangat rendah.  Disamping itu dengan adanya teknologi ini akselerasi dan performa yang dihasilkan sangat  optimal beserta tingkat getaran dan suara mesin  yang  lebih  halus.  Tujuannya  untuk  mengetahui  performansi  dan  kinerja  mesin  diesel yang berteknologi commonrail VN Turbo Intercooler pada seri Toyota Fortuner tipe 2KD FTVVn Turbo Intercooler. Metodologi yang digunakan adalah ruang bakar atau mesin pada Toyota Fortuner  tipe  2KD-FTV  VN  Turbo  Intercooler.  Motor  Diesel  memiliki  efisiensi  termal  dan performansi yang lebih baik serta dapat menghasilkan energi yang relatif besar. Efisiensi termal yang  merupakan  indikasi  sesungguhnya  dari  konversi  input  termodinamika  menjadi  kerja mekanis  mencapai  84,4  %.  Hal  ini  membuktikan  bahwa  mobil  ini  telah  mempunyai  efisiensi yang sudah bagus. Disamping itu untuk putaran 2800  rpm didapat daya sebesar 100,5218 kW. Hasil analisa secara keseluruhan membuktikan bahwa mobil ini memiliki performa yang baik. Kata kunci: teknologi, kuantitas, akselerasi, emisi, optimal.

ANALISA PERFORMANSI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GAS UAP (PLTGU) SICANANG BELAWAN

Kurniawan, Rahmat, Hazwi, Mulfi

e-Dinamis Vol 10, No 2 (2014): jurnal e-dinamis (2014)
Publisher : e-Dinamis

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.217 KB)

Abstract

ABSTRAK Dalam  berkembangnya  IPTEK  saat  ini,  kebutuhan  manusia  akan  energi  semakin  meningkat, sementara persediaan  akan energi  yang ada hanya terbatasdan membutuhkan  tenaga Listrik yang cukup besar, maka perlu senantiasa mengupayakan peningkatan effisiensi dalam segala hal,  termasuk  effisiensi  operasi  pembangkitlistrik. Usaha  peningkatan  effisiensi  operasi  ini dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan  cara meningkatkan PLTG (Open Cycle) menjadi  PLTGU  (Combined  Cycle).Combined  cycle  adalah  suatu  siklus  yang  memanfaatkan panas gas buang dari PLTG untuk memanaskan air didalam Heat Recovery Steam Generator (HRSG),  selanjutnya  uap  ini  digunakan  untuk  menggerakkan  turbin  uap  yang  kemudian dimanfaatkan  untuk  menggerakkan  generator  listrik,  dan  keseluruhan  instalasi  ini  disebut PLTGU. Pada saat ini ada beberapa pola yang digunakan dalam beroperasinya PLTGU, pola ini  disebut  pola  kombinasi.  Pola  ini  tergantung  dari  jumlah  turbin  gas,  HRSG  dan  turbin  uap yang  digunakan  pada  setiap  blok (PLTGU).Tujuandariperhitunganefisiensiiniadalahuntukmengetahuiberapabesarefisiensi  yang diperolehdari  PLTGU ini.Dimanapadaperhitunganefisiensiiniadaduapolakombinasi.Polakombinasi  2-2-1 danpolakombinsai  1-1-1,  pada  pola  kombinasi  1-1-1  masing-masing  turbin  gas  mempunyai efisiensi  rata-rata  29,50%,  dengan  daya  Turbin  Uap  sebesar  108.163  kW  dan  pola  2-2-1 masing-masing turbin gas memiliki efisiensi rata-rata 30% dengan daya dihasilkan Turbian Uap sebesar  152.040  kW.  jadi  dengansemakin  tinggi  efisiensi  masing-masing  turbin  gas makasemakin tinggi pula efisiensi totalnya (PLTGU).Kata kunci: Turbin Gas, Turbin Uap, Efisiensi1.PENDAHULUAN Pada saat sekarang ini, listrik memegang peranan  yang  sangat  penting  dalam perkembangan  suatu  teknologi,  karena penggunaan  listrik   sudah  sangat  luas, hampir  mencakup  ke  segala  bidang  dan sangat  erat  pula  kaitannya  dengan aktivitas  manusia  dalam  berbagai  aspek kehidupan serta dalam berbagai kegiatan sehari-hari  yang  juga  merupakan  salah satu  kebutuhan  masyarakat  banyak maupun individu.   Listrik  merupakan  alat  yang sangat  vital  dan  strategis  dalam menunjang  segala  kebutuhan  manusia. Kemajuan  teknologi  banyak  mendukung

PENGARUH PENGGUNAAN HIDROGEN SEBAGAI CAMPURAN BAHAN BAKAR PREMIUM PADA PERFORMANSI MESIN OTTO

Beni, Efinde, Sitorus, Tulus Burhanuddin

e-Dinamis Vol 10, No 2 (2014): jurnal e-dinamis (2014)
Publisher : e-Dinamis

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.925 KB)

Abstract

AbstrakHidrogen  merupakan  sumber  energi  alternatif  berbentuk  gas  yang  ramah  lingkungan  yang dapat digunakan sebagai campuran bahan bakar untuk motor bakar. Hidrogen dapat dihasilkan dari  berbagai  macam  cara,  salah  satunya  yaitu  dengan  cara  elektrolisis.  Proses  elektrolisis dapat  memperoleh  gas  hidrogen  dari  air.   Penggunaan hidrogen  sebagai  campuran  bahan bakar  masih  sangat  jarang  dilaksanakan  oleh  banyak  pengguna  kendaraan  bermotor. Penggunaan  hidrogen  sebagai  campuran  bahan  bakar  untuk  kendaraan  bermotor  dapat meningkatkan performansi dan menghemat penggunaan bahan bakar fosil dalam berkendara. Penggunaan hidrogen sebagai campuran bahan bakar dapat menaikkan torsi dan daya hingga 2,05  %  serta  peningkatan  efisiensi  thermal  hingga  38,54  %.  Penggunaan  hidrogen  sebagai campuran bahan bakar juga dapat mengurangi emisi gas buang berbahaya seperti emisi gas buang untuk karbonmonoksida mengalami peurunan hingga 59,93 %. Namun untuk emisi gas buang tidak berbahaya seperti karbondioksida mengalami peningkatan hingga 42,7 %. Kata kunci : bahan bakar fosil, elektrolisis, emisigas buang, hidrogen, performansi

KAJIAN EKSPERIMENTAL PERFORMANSI MESIN DIESEL MENGGUNAKAN CAMPURAN DIMETIL ESTER DENGAN SOLAR

Iqbal, Muhammad, Sitorus, Tulus Burhanuddin

e-Dinamis Vol 10, No 2 (2014): jurnal e-dinamis (2014)
Publisher : e-Dinamis

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.105 KB)

Abstract

ABSTRAKKelangkaan akan bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi mendorong dilakukannya penelitian untuk  mengembangkan  sumber  bahan  bakar  alternatif  lain  sebagai  pengganti  solar  . Berdasarkan  pemikiran  tersebut  maka  dilakukan  pengujian  mesin  diesel  TecQuipment type.TD4A 001 dengan menggunakan bahan bakar biodiesel dari kelapa sawit.  Adapuntujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi kerja mesin berbahan bakar biodiesel dimethil ester.  Penelitian  ini  juga  akan  memberikan  informasi  sebagai  referensi  bagi  kalangan  dunia pendidikan  yang  ingin  melakukan  riset  dibidang  otomotif  dalam  pengembangan  bahan  bakar biodiesel  dan  pengaruhnya  terhadap  performansi  motor  diesel.Biodisel  adalah  bahan  bakar motor diesel yang berupa ester alkil/ alkil asam – asam lemak yang disebut dari minyak nabati melalui proses esterifikasi. Pada pengujian bahan bakar biodiesel (B-07) terhadap unjuk kerja motor diesel pada putaran rendah memiliki torsi dandaya yang lebih kecil. Akibat torsi dan daya yang kecil pada putaran rendah maka motor diesel kurang bertenaga. Konsumsi bahan bakar spesifik biodiesel (B-07) lebih rendah dibanding menggunakan bahan bakar solar Kata Kunci : dimetil ester, biodiesel, esterifikasi, biodiesel dimetil ester, emisi gas buang

monangb@yahoo.com

Butar Butar, Monang, Hazwi, Mulfi

e-Dinamis Vol 10, No 2 (2014): jurnal e-dinamis (2014)
Publisher : e-Dinamis

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.957 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian  ini  dilakukan  untuk  mengetahui  pengaruh penambahan  alkohol  96%  ke  premium terhadap  unjuk  kerja  motor  otto.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode eksperimen.  Pemilihan  metode  ini  disesuaikan  dengan tujuan  penelitian  yaitu  untuk membandingkan unjuk kerja mesin yang meliputi Torsi, Daya, Konsumsi Bahan Bakar Spesifik, Rasio  Udara  Bahan  Bakar,  Efisiensi  Volumetris,  dan  Efisiensi  Thermal  Brake  pada  mesin bensin  Empat  Langkah  Empat  Silinder  dengan  menggunakan  bahan  bakar  premium  tanpa alkohol 96% dengan bahan bakar premium dicampur alkohol 96% dengan variasi penambahan 5%,  7%,  dan  9%.  Penelitian  ini  dilakukan  di  laboratorium  Motor  Bakar  Departemen  Teknik Mesin  Fakultas  Teknik  USU.  Berdasarkan  penelitian  ini  diperoleh  hasil  yaitu  daya  yang dihasilkan oleh mesin berbahan bakar premium murni  masih lebih tinggi dibandingkan dengan daya  yang  dihasilkan  oleh  mesin  berbahan  bakar  premium  campuran  alkohol  96%.  Semakin meningkat kadar alkohol dalam premium, maka daya akan semakin menurun, konsumsi bahan bakar meningkat, efisiensi volumetris menurun, dan efisiensi thermal brake semakin meningkat. Kata Kunci: Mesin Otto, Unjuk Kerja, Premium, Alkohol 96%ABSTRACTThis study was conducted to determine the effect ofadding alcohol to a 96% premium to the otto engine performance. The method used in this study is the experimental method. The selection of this method adapted to the purpose of the study is  to compare the performance of the machine which include Torque, Power, Specific Fuel Consumption, Air Fuel Ratio, volumetric efficiency, and Brake Thermal Efficiency in Step Four petrol engine with four cylinders using premium fuel without alcohol 96% premium fuel blended with alcohol 96% with the addition of variation 5%, 7%, and 9%. The research was conducted in the laboratory of the Department of Motor Fuels USU Faculty of Engineering. Based on the results ofthis study showed that the power generated by  the  pure  premium  fueled  engines  are  still  higher than  the  power  generated  by  the  engine premium fuel mixture of 96% alcohol. Increasing levels of alcohol in the premium, then the power will  be  decreased,  increased  fuel  consumption,  decreased  volumetric  efficiency  and  brake thermal efficiency increases. Keyword: Otto Engine, Performance, Premium, Alcohol 96%

PENGARUH PEMBEBANAN IMPAK JATUH BEBAS PADA CONCRETE FOAM DENGAN VARIASI KOMPOSISI POLIURETAN YANG DIPERKUAT SERAT TKKS

Kaban, Neil Leo, Syam, Bustami

e-Dinamis Vol 10, No 2 (2014): jurnal e-dinamis (2014)
Publisher : e-Dinamis

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.856 KB)

Abstract

ABSTRAKDalam  membuat  bangunan,  seperti  perumahan,  apartemen,  supermarket,  dan  jembatan  hal yang perlu diperhatikan adalah kekuatan dan daya tahan dari bangunan tersebut. Beton yang kuat  dan  ringan  sangat  diharapkan  sehingga  memperkuat  daya  tahan,  serta  mempermudah saat  proses  pembangunan.  Sudah  banyak  bangunan  yang menggunakan  bahan  material concrete  foam  dengan  menambahkan  material  yang  berbeda-beda,  sehingga  diperlukan pengujian  lebih  dalam,  mengenai  bahan  concrete  foam ini.  Objek  penelitian  adalah  beton concrete foam dengan variasi komposisi poliuretan yang diperkuat serat tandan kosong kelapa sawit.  Persentasi  variasi  concrete  foam  dan  TKKS  dibuat  dengan  3  variasi  komposisi  yaitu: komposisi 1 bahan mortar 90% - BA+TKKS 10% dengan semen 23,7%, pasir 47,4%, air 18,9%, poliol 4,5%, isosiana 3,5%, TKKS 2 %, komposisi 2 bahan mortar 85% - BA+TKKS 15% dengan semen 22,4%, pasir 44,7%, air 17,9%, poliol 6,7%, isosiana 5,2%, TKKS 3%, dan komposisi 3 bahan  mortar  80%  -  BA+TKKS  20%  dengan  semen  21%,  pasir  42,1%,  air  16,8%,  poliol  9%, isosiana 7%, TKKS 4%. Pembuatan spesimen beton dilakukan selama satu bulan, dimulai dari spesimen  dimasukkan  kedalam  cetakan  sampai  spesimen kering  dan  siap  diuji.  Setelah spesimen beton dibuat, diuji menggunakan alat uji Impak Jatuh Bebas dengan load cell sebagai sensor pengambil data. Pengujian dilakukan dengan 3jenis ketinggian yaitu 1 m, 2 m, dan 3 m. Dari hasil pengujian diketahui kekuatan impak maksimum terjadi pada komposis 1 ketinggian 3 m dengan kekuatan harga impak 0,51305 J/mm2. Kata Kunci: Concrete Foam, TKKS, Beton, Impak JatuhBebas, Load Cell

Analisa Efisiensi Turbin Vortex Dengan Casing Berpenampang Lingkaran Pada Sudu Berdiameter 56 Cm Untuk 3 Variasi Jarak Sudu Dengan Saluran Keluar

Sihombing, Ray Posdam J, Gultom, M.Syahril

e-Dinamis Vol 10, No 2 (2014): jurnal e-dinamis (2014)
Publisher : e-Dinamis

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.88 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan  dari  rancang  bangun  ini  adalah  untuk  mendapatkan  rancangan  casing  turbin  vortex, rancangan  poros,  rancangan  sudu  dan  bantalan  serta  bahan-  yang  sesuai.  Turbin  Vortex  ini dirancang  dengan  debit  air  0.0052  dan  kecepatan  air 1.44  m/s.  Menggunakan  casing berpenampang  lingkaran  berbahan  Akrilik,  dengan  sudu  berbahan  seng.  Hasil  dari  rancang bangun ini diharapkan akan bermanfaat untuk pengguna turbin vortex, sehingga didapat turbin vortex yang aman pada saat digunakan. Kata Kunci : Vortex,lingkaran,akrilik.

DESAIN DAN PERHITUNGAN TEORITIS POMPA SENTRIFUGAL DENGAN STUDI KASUS DI PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA

Oktama, Briyan, Sitorus, Tulus Burhanuddin

e-Dinamis Vol 10, No 2 (2014): jurnal e-dinamis (2014)
Publisher : e-Dinamis

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.838 KB)

Abstract

ABSTRAKDalam  pelaksanaan  ekspansi  di  PT.  Charoen  Pokphand  Indonesia,  baik  itu  perluasan  pabrik, penambahan  mesin  atau  penambahan  instalasi  tidak  ditemukan  data  yang  akurat  secara perhitungan teoritis sebelum melakukan eksekusi dilapangan, hal ini akan menghasilkan kerja yang sia-sia dan itu sering terjadi. Hal ini dikarenakan kurangnya sumber data yang berasal dari pabrik ketika pertama dibangun dan hal ini akan menyulitkan saat akan melakukan ekspansi. Oleh karena itu disini mencoba untuk membuat suatu perhitungan dalam bentuk simulasi yang nantinya akan berguna untuk pabrik tersebut. Pompa  merupakan salah satu dari perencanaan ekspansi  di  PT.Charoen  Pokphand  Indonesia  yang  sangat  vital  fungsinya  karena  akan berhubungan  dengan  proses  produksi.  Adapun  jenis  pompa  yang  banyak  digunakan  adalah pompa  sentrifugal  dengan  tipe  dan  spesifikasi  yang  berbeda.  Permasalahan  yang  akan dilakukan dalam penelitian ini adalah mendesain & menganalisa karakteristik pompa sentrifugal yang bertujuan  untuk membandingkan desain dan karakteristik pompa  secara  teoritis  dengan aktual  diharapkan  dapat  merekomendasikan  data  dari  hasil  penelitian  sehingga  dapat memberikan informasi tentang pompa sentrifugal.Kata kunci: Desain, Perhitungan Teoritis, Pompa Sentrifugal

ANALISA EKSPERIMENTAL PERFORMANSI MESIN DIESEL MENGGUNAKAN BAHAN CAMPURAN BIOFUEL VITAMINE ENGINE POWER BOOSTER

Rumahorbo, Albert Marganda, Hazwi, Mulfi

e-Dinamis Vol 9, No 1 (2014): jurnal e-Dinamis
Publisher : e-Dinamis

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.144 KB)

Abstract

ABSTRAK Kelangkaan akan bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi mendorong dilakukannya penelitian untuk  mengembangkan  sumber  bahan  bakar  alternatif   lain  sebagai  pengganti  solar. Berdasarkan pemikiran tersebut maka dilakukan pengujian mesin  TecQuipment type.TD4A 001dengan menggunakan bahan bakar biofuel vitamin engine + solar. Pada pengujian ini biofuel vitamin engine yang dipakai adalah  Power Booster.  Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi kerja mesin berbahan bakar biofuel vitamin engine + solar sehingga akan tampak  pengaruhnya  terhadap  parameter  unjuk  kerja  mesin  diesel  terutama  mengurangi kandungan emisi gas buang yang dihasilkan motor diesel. Penelitian ini juga akan memberikan informasi sebagai referensi bagi kalangan dunia pendidikan yang ingin melakukan riset dibidang otomotif dalam pengembangan bahan bakar alternatif  dan pengaruhnya terhadap performansi motor  diesel.  Dengan  menggunakan  biofuel  vitamin  engine  +  solar,  pemakaian  bahan  bakar rata-rata  lebih  irit  30%  dan  daya  rata-rata  meningkat  3,2035  %  serta  mampu  mereduksi kandungan  emisi  gas  buang  beracun  seperti  CO,  NOx,  UHC  dan  kadar  CO2.  Kadar  sisa oksigen (O2) dari pembakaran biofuel vitamin engine + solar lebih besar daripada solar, hal ini dimungkinkan karena adanya kandungan oksigen yang terikat langsung pada senyawa bahan bakar biofuel vitamin engine. Kata Kunci : Power Booster, mesin diesel, solar.