cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 774 Documents
Penggunaan Model Concept Sentence dengan Media Scrabble untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas I SD.  Swastyka, Vrening
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.901 KB)

Abstract

Abstract: Vrening Swastyka. The Use of Concept Sentence Model with Scrabble Media to Improve Indonesian Learning at the First Grade Students of Elementary School.  The objectives of this research are to describe the application of concept sentence model with scrabble media and to improve Indonesian Learning in using concept sentence model with scrabble media. This research is collaborative Classroom Action Research (CAR), consisting of planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research is 21 students of the first grade at SDN 2 Kutosari in the academic year of 2014/2015. The results of this research show that the use of the concept sentence with scrabble media have been implemented through ten steps and can improve Indonesian Learning at first grade of SDN 2 Kutosari in the academic year 2014/2015. Keyword: concept sentence, scrabble, learning, Indonesian Learning Abstrak: Penggunaan Model Concept Sentence dengan Media Scrabble untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas I SD.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penggunaan model concept sentence dengan media scrabble dan untuk meningkatan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model concept sentence dengan media scrabble. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif, tahapannya: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IB SDN 2 Kutosari tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model concept sentence dengan media scrabble dilaksanakan melalui 10 langkah dan dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IB SDN 2 Kutosari Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci: concept sentence, scrabble, pembelajaran, Bahasa Indonesia
PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V A SDN KALIJOSO SECANG MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013 evackarta, diliana
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2014): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (31.86 KB)

Abstract

ABSTRAK   Diliana Anggar Evackarta. PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V A SDN KALIJOSO SECANG MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2013. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dan kualitas proses pembelajaran menggunakan media visual pada siswa kelas V A SD Negeri Kalijoso. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V A yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Sumber data dari guru dan siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi ,tes, dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Berdasarkan hasil peneltian tersebut dapat disimpulkan bahwa yang pertama, ada peningkatan hasil keterampilan menulis puisi menggunakan media visual. Hal ini dibuktikan pada kondisi awal nilai rata-rata 65,8 atau 57,69%. Siklus I meningkat nilai rata-rata 67,6 atau 73,08%. Siklus II meningkat nilai rata-rata menjadi 75,04 atau 100%. Kedua, peningkatan kualitas proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I kualitas proses pembelajaran mencapai 85,68%, sedangkan pada siklus II mencapai 87,15 %. Dengan demikian media visual dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V A SDN Kalijoso Tahun Ajaran 2012/2013.   Kata kunci: media visual, keterampilan menulis puisi.                                   ABSTRACT Diliana Anggar Evackarta. THE USE OF VISUAL MEDIA TO IMPROVE POEM WRITING ABILITY IN THE FIFTH A GRADE STUDENT OF SDN KALIJOSO SECANG MAGELANG YEAR 2012 / 2013. A Thesis, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University of Surakarta, April 2013 The purpose of this research to improve the skill ang quality learning process of writing poem through visual media in the fifth A grade students of SDN Kalijoso. This research was classroom action research. This study consist of two cycles in which each cycles consist of planning, action, observation, and reflection. The subjects were the teacher and 26 student of V grade, consisting of 13 male students and 11 female students. The source data from students and teacher. The data in this study were collected through obsevation, interview, tests, and documentation. The procedur of research consist of four series of activities in the continued cycles. Based on the result of study, it can be concluded that, first, there was an improvement in the skills of writing poem through visual media. It can be seen from the result of the pre test with average score 65,8 or finally 57,69%. It then increased with the average score 67,6 or finally 73,08 % in the cycle I. And then the cycle II with average 75,04 or finally 100%. Second, the improvement of quality learning process. It can be seen from result in cycle I with score 85,68%, the increased to 87,15% in cycle II. Therefore, it can be inferred that visual media can be used to improve the skills of writing poems in the fifth A grade student of SDN Kalijoso Years 2012/2013. Key word: visual media, the poem writing ability.                
PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU KATA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KLIRONG TAHUN AJARAN 2012/2013 Widyaningrum, Ika
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.561 KB)

Abstract

Abstract: The use of Model Make a Match with Media Card Improved Learning Vocabulary Words in the English Language for Fifth Grade Elementary Students. This study aims to: improve learning English vocabulary in class V by using a learning model Make a Match. The experiment was conducted in three cycles. The subjects were all students of class V SD Negeri 2 Klirong totaling 18 students. Source data comes from the students, teachers and peers. Data collection techniques using observation, testing and documentation. The validity of the source data using triangulation techniques. Data analysis with qualitative and quantitative analysis. The results showed that the use of models Make a Match, can enhance learning English vocabulary for fifth grade students of SD Negeri 2 Klirong. Keywords: Make a Match, word cards, English.  Abstrak: Penggunaan Model Make a Match dengan Media Kartu Kata dalam Peningkatan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan: meningkatkan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris di kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Klirong yang berjumlah 18 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model Make a Match, dapat meningkatkan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris  bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Klirong.   Kata Kunci: Make a Match, kartu kata, Bahasa Inggris.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NURYANTI, NOVA SILVIANI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2014): Kalam Cendekia
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.576 KB)

Abstract

Abstract: Application Of Cooperative Models STAD Type In Increase Fraction Learning In Fourth Grade Elementary School. This study aimed describe (1) describe the steps  of cooperative models  STAD type increase fraction learning in fourth grade students elementary school, (2) identify constraints and solutions in aplication of cooperative STAD type in fourth grade students elementary school. This study is a collaborative class classroom action research conducted in trhree cycles, each cycles consists of planning, acting, observing, reflecting. The result showed that (1) applied of cooperative models STAD type can be run according to the skenario, (2) the application of cooperative models STAD type can to incrase fraction learning in fourth grade students elementary school. In pre-action mastery percentage is 41,67%, after action performed in first cycle percentage increased to 87,5%, in second cycle percentage  to 83,3% and in third cycle  increased to 95,83%. Keywords: cooperative STAD type, fraction learning Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Pembelajaran Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan langkah-langkah model kooperatif tipe STAD dalam peningkatan pembelajaran bilangan pecahan siswa kelas IV sekolah dasar, (2) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penerapan model kooperatif tipe STAD dalam peningkatan pembelajaran bilangan pecahan siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) penerapan langkah-langkah pembelajaran STAD dapat berjalan sesuai skenario, (2) penerapan model STAD dapat meningkatkan pembelajaran bilangan pecahan siswa kelas IV sekolah dasar. Pada pratindakan persentase ketuntasan siswa mencapai 41,67%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan meningkat menjadi 87,5%, pada siklus II menjadi 83,3% dan siklus III meningkat kembali menjadi 95,83%. Kata Kunci: kooperatif tipe STAD, Pembelajaran, Bilangan Pecahan
PENGGUNAAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI ORI TAHUN AJARAN 2012/2013 Pustopo, Patno
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2016): JURNAL KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.058 KB)

Abstract

Contextual Learning Model to Improving mathematics Learning of fraction to 3th graders Ori SD Negeri Academic Year 2012/2013. This research is Classroom Action Research (CAR), which aims to enhance student mathematics learning in class III of the  fraction. The experiment was conducted in three cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Source data came from students, peers, researchers, and documents. Results of this study was to study Contextual learning model steps are: (1) constructivism, (2) questioning, (3) inquiry, (4) learning community, (5) modeling, (6) reflection, (7) the actual assessment, can enhance mathematics learning about the fraction in class III SD. In the implementation of this study found the presence of constraints and can find a solution. Keywords: Contextual,  Learning, Mathematics, Fraction.
PENGGUNAAN MEDIA BANGUN DATAR DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS III SD NEGERI BANJARSARI TAHUN AJARAN 2011/2012 Risti, Dewi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2013): Kalam Cendekia PGSD Kebumen
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.304 KB)

Abstract

Dewi Risti Handayani1, Triyono2, Joharman3 PGSD FKIP UNS Kampus VI Kebumen Jl. Kepodang 67 A Kebumen 54312 e-mail: Dewiristi36@yahoo.com Abstract: The Using Flat Shape Media In Improving The Understanding Of Fractions Number 3th Grade Students State Elementary School Banjarsari Academic Year 2011/2012. The purpose of this study was to describe the use of flat shape media, barriers, and solutions using flat shape media in promoting students´ understanding of fractions Ban-jarsari Elementary School third grade student in academic year 2011/2012. This research belongs to Class-room Action Research. This research was implemented in 3 cyclics. There were 3 meeting in each cyclic, which is consists 4 stages, they were planning, implementation, observation, reflec-tion. The results showed that through the use of appropriate flat shape media is to increase understanding fractions number third grade student. Key words: flate shape media, fraction number   Abstrak: Penggunaan Media Bangun Datar Dalam Peningkatan Pemahaman Bilangan Pecahan Siswa Kelas III SD Negeri Banjarsari Tahun Ajaran 2011/2012. Tujuan peneli-tian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media bangun datar, hambatan, dan solusi penggunaan media bangun datar dalam peningkatkan pemahaman bilangan pecahan siswa ke-las III SD Negeri Banjarsari tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini berupa Penelitian Tinda-kan Kelas. Penelitian  ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing–masing siklus terdiri dari 3 pertemuan, yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media bangun datar secara tepat da-pat meningkatkan pemahaman bilangan pecahan siswa kelas III.   Kata Kunci: media bangun datar, bilangan pecahan
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN 2 BOCOR siami, novi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.843 KB)

Abstract

Abstract: The Using of Audio Media for Improving Listening Skill at Fifth Grade Student Elementary School 2 Bocor. The purpose of this research was to describe the using of audio media for listening skill and find problems with solutions. This research used Classroom Action Research technique. The research was conducted in three cycles, with each cycle consisting the planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected by observation, questionnaire, and test. The validity of data used triangulation technique and source method. The results showed that: the using of sudio media can improve listening skill at fifth grade students elementary school 2 Bocor. Keywords:  Audio Media, Listening Skill, Learning Abstrak: Penggunaan Media Audio dalam Peningkatan Keterampilan Menyimak bagi Siswa Kelas V SDN 2 Bocor. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media audio dalam peningkatkan keterampilan menyimak dan menemukan kendala serta solusi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, angket, dan tes. Validitas data menggunakan metode triangulasi teknik dan sumber. Hasil menunjukkan bahwa: penggunaan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak bagi siswa kelas V SDN 2 Bocor.   Kata Kunci: Media Audio,  Keterampilan Menyimak, Pembelajaran
PENERAPAN PMR DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD Setiari, Sigit
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.993 KB)

Abstract

Abstract: The application of PMR in completing Upgrades story about fractions in grade V SD. This study aims to determine how to improve the learning of Mathematics PMR especially Denomination. This study is the PTK which consists of three cycles, each cycle there are three meetings. Each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection activities. Data collection techniques used were documents, interviews, direct observation, and make inferences or verification. The results of this study indicate that the application of PMR can improve: (1) learning mathematics in solving Problem Story Denomination and (2) the ability of students to complete the story about fractions. The conclusions of this study is that the implementation of PMR effectively improve the learning process and student learning goals of understanding. Keywords: PMR, about the story, the students´ understanding, fractions.   Abstrak: Penerapan PMR dalam Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan pada Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PMR dapat meningkatkan Pembelajaran Matematika khususnya pada Pecahan. Penelitian merupakan PTK yang mana terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus ada tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan kegiatan refleksi.teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, wawancara, observasi langsung, dan membuat kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PMR dapat meningkatkan: (1) pembelajaran Matematika dalam menyelesaikan Soal Cerita Pecahan dan (2) kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan PMR efektif meningkatkan proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran berupa pemahaman siswa.   Kata kunci: PMR, soal cerita, pemahaman siswa, pecahan.
Application of Cooperative Model Type NHT by Using Letter Card in Improving Javanese script Writing Skill in Primary School. KURNIAWATI, ETI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2015): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.236 KB)

Abstract

This study aims to describe the steps of using Cooperative model type NHT and to find complications and resolutions of the using NHT approach. The subject of this study is Fourth grade students of SDN Kemukus which consists of 19 Students. This study is conducted in three cycles, each cycle consists of planning, action, observation, and documentation. Data collection techniques are test, observation, and documentation. The validity of the data used is triangulation method. Data analysis uses qualitative and quantitative analysis. The result shows that the use of NHT approach can improve fourth grade students’ Javanese script writing skill.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV nurkhayati, asih
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2016): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.555 KB)

Abstract

Abstrak. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe STAD dalam peningkatan hasil belajar matematika; (2) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model kooperatif tipe STAD dalam peningkatan hasil belajar matematika.  Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi waktu. Data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini: (1) penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan proses hasil belajar matematika; (2) kendala yang muncul yaitu guru kurang mengembangkan materi, sedangkan solusinya guru sudah mengembangkan materi.   Kata kunci: Tipe STAD, Peningkatan Hasil Belajar, Matematika   Abstract. COOPERATIVE MODEL APPLICATION TYPE STAD (STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION TEAMS) INCREASE IN LEARNING MATHEMATICS IN CLASS IV. This study aims to: (1) to describe the application of the model STAD cooperative in improving mathematics learning outcomes, (2) describe the challenges and solutions STAD cooperative implementation of the model in improving math learning outcomes. Data sources of this study are students, teachers, and documents. Data collection techniques used observation, interviews, and tests. The validity of the data using triangulation of data sources and triangulation time. Data in the form of qualitative data and quantitative data. Conclusions of this study: (1) the application of STAD cooperative models can improve the process of mathematics learning outcomes, (2) problems were encountered less developed material that teachers, while teachers have developed a material solution.

Page 1 of 78 | Total Record : 774


Filter by Year

2012 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 2 (2019): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 7, No 2 (2019): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 7, No 1 (2019): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 7, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 7, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 7, No 3 (2018): JURNAL KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 7, No 2 (2018): JURNAL KALAM CENDEKIA Vol 7, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2017): KALAM CANDEKIA Vol 6, No 3 (2017): KALAM CANDEKIA Vol 6, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2016): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2016): JURNAL KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2016): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2016): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2016): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4 (2015): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2015): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2015): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2015): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2014): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2014): Kalam Cendekia PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2014): Kalam Cendekia PGSD Kebumen Vol 3, No 1 (2014): Kalam Cendekia Vol 2, No 4 (2013): kalam Cendekia Vol 2, No 3 (2013): Kalam Cendekia PGSD Kebumen Vol 2, No 2 (2013): Kalam Cendekia PGSD Kebumen Vol 2, No 1 (2013): Dikdatika PGSD Kebumen Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue