cover
Filter by Year
Paedagogia
ISSN : -     EISSN : -
Articles
146
Articles
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DENGAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA

Pamungkas, Maya Sih Hika, Mulyani, Sri, Saputro, Sulistyo

Paedagogia Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar kimia dengan model predict-observe-explain (POE) dan metode praktikum pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model dan metode yang diterapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan (siklus I 64,3% dan siklus II 78,6%) dan prestasi belajar kimia siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan (pada siklus I, aspek pengetahuan 53,6% dan siklus II menjadi 78,6%; siklus I, aspek sikap 89,3% dan siklus II menjadi 96,4% ; dan aspek keterampilan sebesar 100% pada siklus I). 

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS KOMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA TUNARUNGU PADA MATERI FUNGSI ALAT-ALAT TUBUH KELAS V

Pratama, Irfan, Gunarhadi, Gunarhadi, priyono, priyono

Paedagogia Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media grafis komik terhadap prestasi belajar IPA siswa tunarungu kelas V di SLB B. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan One Group Pretest- Posttest. Populasi penelitian ini adalah 6 siswa tunarungu kelas 5 di SLB-B Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 93,33 > nilai rata-rata pretest sebesar 51,67 dan hasil analisis non-parametric diperoleh nilai Z = -2.232 dengan P = 0,026. Dengan demikian, hipotesis ”Ada pengaruh signifikan penggunaan media grafis komik terhadap prestasi belajar IPA siswa tunarungu” diterima kebenarannya. Ini berarti,  penggunaan media grafis komik memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPA siswa tunarungu di kelas V di SLB-B Karanganyar. Kata kunci: media grafis komik, prestasi belajar IPA, anak tunarungu

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Achir, Yaumil Sitta, Usodo, Budi, setiawan, rubono

Paedagogia Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan dan mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pemecahan masalah materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa gaya Field Dependent  (FD) mampu menjelaskan situasi, tidak mampu menyajikan permasalahan, mampu merepresentasikan matematika secara utuh, belum mampu memecahkan masalah, tidak mampu mendapatkan solusi, dan tidak mampu menafsirkan solusi. Siswa FD berada pada level 1-2 (kategori rendah-sedang); (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa gaya Field Independent (FI) mampu menjelaskan situasi, mampu menyajikan permasalahan, mampu merepresentasi matematika secara utuh dan terpisah, mampu menggunakan konsep dan strategi, mampu memecahkan masalah, mampu mendapatkan solusi, dan mampu menafsirkan solusi. Siswa FI berada pada level 3-4 (kategori tinggi-sangat tinggi).  

PROFIL DAN RELEVANSI LULUSAN DENGAN DUNIA KERJA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

S, Arianto Leman ( Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta ) , Wagiran, Wagiran, Purnomo, edy, Mujiyono, Mujiyono

Paedagogia Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap profil dan relevansi lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan lulusan S1 kependidikan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (JPTM FTUNY). Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh lulusan S1 JPTM FT UNY tahun lulus 2011-2014. Data diambil dengan angket, wawancara melalui telepon dan snowball sampling. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lulusan S1 JPTM telah mendapat pekerjaan dengan rata-rata masa tunggu 4 bulan. Bidang pekerjaan terdiri dari pendidik, wirausaha, karyawan yang tidak terkait dengan bidang teknik mesin, dan karyawan yang terkait dengan bidang teknik mesin. Sebagian besar lulusan bekerja di industri bidang teknik mesin. Kesesuaian relevansi lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja mencapai angka 88%). Lulusan lebih banyak bekerja disektor industri.

MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS DILEMA MORAL BERDAMPAK POSITIF TERHADAP SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Setiawan, Muhammad Auliya, Vien, Rima, Suryono, Hassan ( Program Studi PPKN, FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta )

Paedagogia Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penerapan model pembelajaran  analisis dilema moral dan sikap kepedulian sosial siswa dalam kompetensi dasar menampilkan sikap positif berpancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Grogol, Sukoharjo. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling dan sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji independen. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penghitungan nilai r-hitung,  r-tabel dan taraf signifikansi dapat disimpulkan bahwa penerapan model analisis dilema sosial memiliki dampak positif terhadap sikap kepedulian sosial siswa dalam bermasyarakat. Korelasinya digambarkan dengan persamaan regresi linear Ŷ = 64,103 + 0.5997X, dengan kontribusi penentu sebesar 17%.  

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA SD

Nurani, Heppi Isti ( Universitas Sebelas Maret Surakarta ) , Suhita, Raheni, Suryanto, Edy ( Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret )

Paedagogia Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas: (1) proses pembelajaran membaca cepat dengan metode SQ3R dan (2) hasil pembelajaran membaca cepat dengan metode SQ3R.Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri I Karang Duren. Sumber data diperoleh dari tempat dan peristiwa, informan, dan dokumen.Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan revieu informan. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan kualitas proses dan kualitas pembelajaran membaca cepat. Peningkatan kualitas proses terefleksi dari keaktifan siswa dalam mengikuti apersepsi, perhatian,serta minat dan motivasi. Ketuntasan siswa dalam belajar juga mengalami peningkatan.  Peningkatan kualitas hasil ditunjukkan perkembangan dari 52,6% pada siklus I menjadi 68% pada siklus II, dan 84,2% pada siklus III.

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA PRAKTIKUM KIMIA FISIKA

Merdekawati, Krisna

Paedagogia Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penilaian capaian matakuliah praktikum seringkali  berupa tes tertulis. Sistem penilaian dipandang memberikan andil pada rendahnya keterampilan laboratoris mahasiswa. Tes tertulis  menyebabkan mahasiswa tidak tertantang untuk memiliki keterampilan laboratoris. Capaian mahasiswa pada praktikum kimia fisika cenderung lebih rendah dibandingkan dengan praktikum yang lain. Penilaian unjuk kerja diharapkan dapat memberikan dampak positif pada capaian mahasiswa, terutama pada aspek keterampilan laboratoris.  Tujuan penelitian ini untuk pengembangan instrumen penilaian unjuk kerja praktikum kimia fisika. Model pengembangan yang digunakan adalah model analysis, design, development, implementation, evaluation (ADDIE). Hasil penelitian disimpulkan bahwa instrumen penilaian unjuk kerja praktikum kimia fisika dapat dikembangkan sesuai tahapan model ADDIE. Instrumen penilaian yang dikembangkan layak digunakan dalam matakuliah praktikum kimia fisika. 

MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

eviliyanto, Eviliyanto, Gultom, Tigor monang

Paedagogia Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) penerapan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada mata pelajaran geografi materi pemanfaatan sumber daya alam (PSDA); (2) aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi PSDA dengan model CIRC; dan (3) peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi PSDA melalui penerapan model CIRC. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) ini direncanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Sekadau, Pontianak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan membandingkan perolehan nilai persentase aktivitas belajar pada siklus I dan II. Hasil penelitian disimpulkan: (1) Penerapan model pembelajaran CIRC tergolong baik; (2) Aktivitas belajar siswa tergolong aktif (aktivitas fisik siklus I 51,75% dan siklus II 83,33%; aktivitas mental siklus I 44,07% dan siklus II 75,65%; aktivtas emosional siklus I 51,66% dan siklus II 84,20%); dan (3) Model CIRC dapat meningkatan aktivitas belajar siswa dalam belajar geografi

PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 4E LEBIH BAIK DARI INKUIRI TERBIMBING

candra, ayu dwi ( Universitas Sebelas Maret ) , Mulyani, Sri ( Universitas Sebelas Maret ) , Ashadi, Ashadi ( Universitas Sebelas Maret )

Paedagogia Vol 19, No 2 (2016): -
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.468 KB)

Abstract

The purpose of this study is to determine: (1) Effect of learning model (and a guided inquiry learning model Learning Cycle 4E (4E LC)) on student achievement in material solubility and solubility product; (2) The effect of critical thinking skills to student achievement in material solubility and solubility product; (3) The interaction between the learning model (and a guided inquiry learning model LC 4E) with the critical thinking skills to student achievement in material solubility and solubility product. This research used experimental method with 2x2 factorial design. The data collection technique using the test method to measure the knowledge and critical thinking skills and take into attitudes questionnaire method. Hypothesis testing is done using two-way ANOVA with the help of SPSS 18. Based on the results of the study concluded that (1) the achievement of knowledge and attitudes on the model LC 4E better than the model Inkuri Guided, shown on average each on knowledge 78.85 and 60, 82 as well as to aspects of the attitude of 3.91 and 3.27, while the achievement skills learning model no effect on student achievement; (2) there was no effect on the performance of critical thinking skills knowledge, attitudes, and skills of students; (3) there is no interaction between the model LC 4E and Guided Inquiry to the achievement of knowledge, attitudes, and skills of students.

PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA SMA

Wulandari, Yesi Tri, Saddhono, Kundharu, suryanto, edy

Paedagogia Vol 19, No 1 (2016): -
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.909 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas X TBB C SMK Negeri 4 Sukoharjo melalui metode Picture and Picture. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK).Tindakan dalam penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas X TBB C SMK Negeri 4 Sukoharjo yang berjumlah 29 siswa.Sumber data yang digunakan berupa peristiwa, informan, dan dokumen.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen.Uji validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi metode, triangulasi sumber data dan review informan.Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode Picture and Picture mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis teks narasi. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan prosedur pembelajaran sebagai berikut: (1) guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai; (2) guru menyajikan materi sebagai pengantar; (3) guru menunjuk atau memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi; (4) guru menanyakan alasan atau dasar pemikiran dari urutan gambar tersebut; (5) berdasarkan alasan urutan gambar tersebut, guru mulai menanamkan konsep atau materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai; (6) guru memberikan kesimpulan/ rangkuman materi yang baru saja dibahas, kemudian siswa ditugaskan untuk menulis sebuah teks narasi berdasarkan urutan gambar.