cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 3 (1996)" : 7 Documents clear
Pengaruh Konteks Visual terhadap Pemahaman Wacana Murid Sekolah Dasar Indrawati, Sri
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3, No 3 (1996)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB) | DOI: 10.17977/jip.v3i3.1728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konteks visual terhadap pemahaman wacana. Penelitian ini menggunakan metode experimen, dengan rancangan kelompok uji-pasca saja (Posttest-Only Control Group Design). Pada kelas eksperimen, siswa diberi konteks visual sebelum membaca, sedangkan kelas kontrol tidak diberi konteks visual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman wacana siswa yang diberi konteks visual adalah lebih tinggi daripada siswa yang tidak diberi konteks visual. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahawa pemberian konteks visual sebelum membaca memberikan pengaruh penting dalam pemahaman wacana
Pengembangan Afeksi Belajar di Sekolah Dasar Pidarta, Made
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3, No 3 (1996)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB) | DOI: 10.17977/jip.v3i3.1731

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan metode pengambangan afeksi di SD. Instrumen penelitian adalah observasi, wawancara, dan kajian dokumentasi. Analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengembangan afeksi belajar di SD menyatu dengan proses belajar-mengajar sehari-hari, yang mengandung faktor-faktor: guru menghormati martabat anak-anak, banyak belajar secara kelompok, orangtua ikut membantu anak-anak, manajemen kelas mengutamakan pengembangan afeksi, dan penilaian bersifat individual. Makna belajar adalah pengembangan sikap suka belajar, tahu cara belajar, percaya diri, dan puas akan keberhasilan yang dicapai
Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar A.R., Aisyah; Manarus, Ramli; Sidik, Hakimah
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3, No 3 (1996)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB) | DOI: 10.17977/jip.v3i3.1733

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara supervisi kepala sekolah dan kepuasan guru. Sampel berasal dari empat kecamatan di Kabupaten Muara Enim yang diambil dengan rumus Cohran berjumlah 100 orang guru dari 65 Sekolah Dasar. Data dianalisis dengan korelasi momen tangkar dan korelasi ganda. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dan kepuasan kerja guru. Berdasarkan temuan ini disarankan agar kepala sekolah memelihara hubungan yang harmonis dengan guru-guru, melakukan pertemuan, mengawasi, membimbing secara langsung dalam memecahkan masalah guru yang ada kaitannya dengan tugasnya dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar
Peningkatan Kesiapan Guru dalam Mengintegrasikan Pendidikan Lingkungan Hidup di Tingkat Pendidikan Dasar melalui Penyiapan Modul Syamsuri, Istamar
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3, No 3 (1996)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB) | DOI: 10.17977/jip.v3i3.1741

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) guna meningkatkan kesiapan guru dalam mengintegrasikan PLH ke dalam mata pelajaran di SD dan SMP. Ada tiga tahapan penelitian. Tahap eksplorasi bertujuan mendapatkan gambaran pelaksanaan pengajaran PLH selama ini. Tahap eksperimentasi bertujuan menguji keefektifan modul. Tahap evaluasi bertujuan mengevaluasi modul. Eksplorasi dilakukan di SD dan SMP se-Jawa, dengan menyebarkan angket. Eksperimen dilaksanakan di Jawa Timur dengan rancangan Prates-Pascates Rambang Tiga Kelompok. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa guru SD dan SMP belum siap mengintegrasikan PLH yang disusun cukup dapat diandalkan
Pengaruh Strategi Pengajaran dan Gaya Kognitif terhadap Perolehan Belajar Geometri di Sekolah Menengah Umum Uno, Hamzah B.
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3, No 3 (1996)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB) | DOI: 10.17977/jip.v3i3.1749

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh perbedaan jenis pembelajaran terhadap perolehan belajar siswa yang bertipe gaya kognitif meruangkan tinggi (GKST) dan gaya kognitif meruangkan rendah (GKSR) dalam pembelajaran geometri. Dengan rancangan faktorial, kajian eksperimental ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) strategi pembelajaran yang berbeda terhadap perolehan belajar. Strategi modul memberikan perolehan belajar lebih baik daripada strategi penyampaian guru dalam pembelajaran geometri; (2) jenis gaya kognitif siswa yang berbeda (GKST dan GKSR) memberikan pengaruh yang berbeda pula pada perolehan belajar. Siswa bertipe GKST cenderung lebih baik perolehan belajarnya daripada siswa yang bertipe GKSR; dan (3) tidak terdapat interaksi antara jenis strategi pembelajaran dengan jenis gaya kognitif terhadap perolehan belajar geometri
Hubungan Kemampuan Awal dan Sikap terhadap MIPA dengan Prestasi Belajar MIPA Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Rachman, Fuad Abd.; Hartono, Hartono
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3, No 3 (1996)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB) | DOI: 10.17977/jip.v3i3.1755

Abstract

The purpose of this research was to examine correlations between cognitive entry behavior and attitude toward mathematics and science (MIPA), and achievement in mathematics and science. The population of the study was the students of MIPA FKIP-UNSRI. There were 140 subjects sample chosen from the population. The Pearsons Product Moment and Multiple Correlation were applied to analyze the data. The results showed that: there was correlation between cognitive entry behavior and achievement in mathematics and science; there was correlation between attitude toward mathematics and science, and achievement in mathematics and science; achievement in mathematics and science can be predicted from cognitive entry behavior and attitude toward mathematics and science.
Persepsi terhadap Perilaku Kepemimpinan Ketua Jurusan dan Sikap Profesional Para Dosen Mantja, Willem
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3, No 3 (1996)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB) | DOI: 10.17977/jip.v3i3.1762

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi para dosen terhadap perilaku kepemimpinan ketua jurusan mereka, perbedaan persepsi berdasarkan stratifikasi kepangkatan/jabatan fungsional dan hubungan persepsi mereka terhadap perilaku kepemimpinan ketua jurusan dengan sikap profesional para dosen tersebut. Sebanyak 140 orang sampel rambang berstrata diambil dari populasi dosen IKIP MALANG. Data dikumpulkan dengan LBDQ dan angket sikap. Ditemukan bahwa para dosen mempersepsikan perilaku kepemimpinan ketua jurusan sebagai efektif, tidak ada perbedaan yang signifikan antara stratifikasi kepangkatan dan golongan dengan sikap profesional para dosen

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

1996 1996


Filter By Issues
All Issue Vol 1, No 2 (2018) Vol 21, No 1 (2015): (Available for free access and download since June 1, 2015) Vol 20, No 2 (2014): ISSN 0215-9643 (Available for free access and download since June 1, 2015) Vol 20, No 1 (2014): coba membuat terbitan Vol 20, No 1 (2014): (Available for free access and download since June 1, 2015) Vol 19, No 2 (2013) Vol 19, No 1 (2013) Vol 18, No 2 (2012) Vol 18, No 1 (2012) Vol 17, No 6 (2011) Vol 17, No 5 (2011) Vol 17, No 4 (2011) Vol 17, No 3 (2010) Vol 17, No 2 (2010) Vol 17, No 1 (2010) Vol 16, No 3 (2009) Vol 16, No 2 (2009) Vol 16, No 1 (2009) Vol 15, No 3 (2008) Vol 15, No 2 (2008) Vol 15, No 1 (2008) Vol 14, No 3 (2007) Vol 14, No 2 (2007) Vol 14, No 1 (2007) Vol 13, No 3 (2006) Vol 13, No 2 (2006) Vol 13, No 1 (2006) Vol 12, No 3 (2005) Vol 12, No 2 (2005) Vol 12, No 1 (2005) Vol 11, No 3 (2004) Vol 11, No 2 (2004) Vol 11, No 1 (2004) Vol 10, No 3 (2003) Vol 10, No 2 (2003) Vol 10, No 1 (2003) Vol 9, No 4 (2002) Vol 9, No 3 (2002) Vol 9, No 2 (2002) Vol 9, No 1 (2002) Vol 8, No 4 (2001) Vol 8, No 3 (2001) Vol 8, No 2 (2001) Vol 8, No 1 (2001) Vol 7, No 4 (2000) Vol 7, No 3 (2000) Vol 7, No 2 (2000) Vol 7, No 1 (2000) Vol 7 (2000): Edisi Khusus Vol 6, No 4 (1999) Vol 6, No 3 (1999) Vol 6, No 2 (1999) Vol 6, No 1 (1999) Vol 6 (1999): Edisi Khusus Vol 5, No 4 (1998) Vol 5, No 3 (1998) Vol 5, No 2 (1998) Vol 5, No 1 (1998) Vol 5 (1998): Edisi Khusus Vol 4, No 4 (1997) Vol 4, No 3 (1997) Vol 4, No 2 (1997) Vol 4, No 1 (1997) Vol 4 (1997): Edisi Khusus Vol 3, No 4 (1996) Vol 3, No 3 (1996) Vol 3, No 2 (1996) Vol 3, No 1 (1996) Vol 2, No 4 (1995) Vol 2, No 3 (1995) Vol 2, No 2 (1995) Vol 2, No 1 (1995) Vol 1, No 2 (1994) Vol 1, No 1 (1994) More Issue