cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue " Vol 19, No 2 (2013)" : 17 Documents clear
MODEL PENGORGANISASIAN PENDIDIKAN & LATIHAN (DIKLAT) GIZI BERBASIS MASYARAKAT Zahrulianingdyah, Atiek
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 19, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.594 KB) | DOI: 10.17977/jip.v19i2.4203

Abstract

Abstract: Organizing Model of Community-Based Nutrition Education and Training. This study aims to describe the existing model, to develop, and to examine the effectiveness of nutrition education and training model in overcoming the iron nutritional anemia on women of productive age. The study was conducted at Mangli Village Kaliangkrik District Magelang Regency, employing a research-and-development design. Data were statistically analyzed to find out the percentage, and the effectiveness of the model was measured through One-Group Pretest-Posttest Design of different test (paired t-test). The test results have proven statistically that there is a significant difference in the iron nutritional anemia be­fore and after the nutrition education and training. The model is found to be effective in decreasing iron anemia.Abstrak: Model Pengorganisasian Diklat Gizi Berbasis Masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendes­kripsikan model yang telah ada, mengembangkan, dan mendeskripsikan keefektifan model diklat gizi dalam mengatasi anemia gizi besi pada ibu-ibu usia produktif. Penelitian dilakukan di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Analisis data menggunakan deskripsi persentase dan keefektifan model pengorganisasian diklat gizi dengan disain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, meng­gunakan uji beda (paired t test). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Keefektifan model pengorganisasian diklat gizi yang dibangun, memiliki keefektifan yang tinggi. Hasil uji statistik membuktikan ada perbedaan hasil sebelum dan sesudah dilakukan diklat gizi secara signifikan. Ada penurunan angka anemia gizi besi antara sebelum dan sesudah pelatihan gizi. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan secara signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukan diklat gizi. 
PERANGKAT PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA SMA Hulukati, Wenny
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 19, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.179 KB) | DOI: 10.17977/jip.v19i2.4204

Abstract

Abstract: Self-Development Aid to Improve Teachers’ Competences and Students’ Personality Development. This study was designed to develop a self-development aid to enhance teachers’ competence and to develop personality tendencies of senior high school students. A preliminary study was carried out to measure teachers’ competence in implementing guidance-and-counseling services to students and students’ personality tendencies. The next step was to design self-development aid and to examine the effectiveness of the product. This study has yielded a product consisting of teacher guidance, student guidance, and as­sessment guidance which were found to be effective in improving teachers’ competence in performing guidance and counseling services and in developing the personality tendencies of senior high school students. The products can be used directly by teachers in implementing guidance and counseling services in order to develop the personality of high school students.Abstrak: Perangkat Pengembangan Diri untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Pengembangan Kepribadian Siswa SMA. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi guru dan pengembangan kepribadian siswa SMA. Kegiatan penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan yang berkaitan dengan kompentensi guru pembimbing dalam melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling dan kecenderungan kepribadian siswa SMA. Langkah berikutnya adalah mendesain dan mengembangkan draf, dan diakhiri dengan kegiatan uji keefektifan produk. Dari kegiatan penelitian pengembangan ini telah dihasilkan produk pengembangan yang valid dan handal yang meliputi panduan guru, panduan siswa, dan panduan penilaian. Berdasarkan hasil uji keefektifan terhadap produk pengembangan diperoleh informasi bahwa perangkat panduan pengembangan diri efektif diguna­kan untuk meningkatkan kompetensi guru pembimbing dalam melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling dan pengembangan kepribadian siswa SMA.
PEMBELAJARAN BERMAKNA DENGAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Sutadji, Eddy; Sutama, I Wayan; Askury, Askury
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 19, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.133 KB) | DOI: 10.17977/jip.v19i2.4205

Abstract

Abstract: Meaningful Learning through Lesson Study to Improve the Learning Quality of Elementary Schools. This study was intended to improve the learning quality of elementary schools through develop­ing guidelines for meaningful teaching-and-learning processes and for lesson-study based constructivist learning model. The study also focused on disseminating the developed guidelines to elementary-school teachers as well as on examining the effectiveness of the products for learning. The products had been vali­dated by two experts of teaching methodology and assessment, two teacher supervisors, and twelve ele­mentary-school teachers. The products were then tried out to 30 teachers, revealing that they were effective and useful for teachers in helping them prepare lessons. The products were then adopted by those 30 teachers to be disseminated to the targeted elementary schools.Abstrak: Pembelajaran Bermakna dengan Lesson Study untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD melalui pengem­bangan panduan perangkat pembelajaran bermakna, pengembangan perangkat pembelajaran konstruktivistik dengan lesson study, desiminasi kegiatan lesson study kepada guru SD, uji coba produk pengembangan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran bermakna, dan implementasi produk pengembangan. Diseminasi dan implementasi dilakukan pada 30 guru anggota KKG Lowokwaru di SDN Percobaan I Malang, dan ujicoba produk pengembangan dilakukan dua ahli pembelajaran dan evaluasi, dua pengawas pendidikan, serta 12 praktisi guru SD di Batu dan Kab. Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk panduan pembelajaran bermakna memberi manfaat yang positif bagi guru sebagai rujukan untuk membuat perangkat pembelajaran. Dihasilkan perangkat pembelajaran konstruktivistik dengan lesson study yang inovatif sebagai pendukung pembelajaran. Kegiatan lesson study terdesiminasikan kepada 30 guru SD. Dihasilkan perangkat pengembangan yang telah diujicobakan. Perangkat pembelajaran terimplementasikan ke SD-SD tempat penelitian. 
PENGASUHAN ORANGTUA, BUDAYA SEKOLAH, BUDAYA MASYARAKAT, DAN EMPATI ANAK USIA REMAJA -, Solfema
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 19, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.887 KB) | DOI: 10.17977/jip.v19i2.4206

Abstract

Abstract: Parenting Styles, School Culture, Society Culture, and Teenagers’ Empathy. This study aims to measure the relationships between parenting styles, school culture, and community culture and teenagers’ empathy. Employing a correlational design, this study involved 393 junior high school students of Malang Regency selected by using multistage random sampling. Data collected through questionnaire suggest that parenting styles contribute the most to teenagers’ empathy, followed by school culture. Com­munity culture appears as the least contributing factor in developing empathy among teenagers.Abstrak: Pengasuhan Orangtua, Budaya Sekolah, Budaya Masyarakat, dan Empati Anak usia Remaja. Penelitian ini bertujuan mengungkap sumbangan gaya pengasuhan orang tua, budaya sekolah, dan budaya masyarakat terhadap empati anak usia remaja. Penelitian dilakukan dengan desain korela­sional. Populasi penelitian adalah siswa SMPN di Kota Malang, dan sampel sebesar 393 siswa yang diambil dengan teknik multistage random sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen dengan kuesener dan dianalisis dengan teknik analisis regresi ganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya pengasuhan orangtua memberikan sumbangan terbesar terhadap empati, diikuti dengan budaya sekolah, dan sumbangan terkecil diberikan oleh variabel budaya masyarakat.
DAMPAK PERMAINAN BOWLING TIRUAN TERHADAP KECAKAPAN MOTORIK ANAK TERBELAKANG MENTAL USIA DINI -, Suparno
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 19, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.482 KB) | DOI: 10.17977/jip.v19i2.4207

Abstract

Abstract:  The Impact of Games of Imitation Bowling on Motor Skills Coordination of Early Men­tally Retarded Children. This quasi experimental study aims to examine the effect of playing games using simulated bowling rules on the motor-skill coordination of early mentally retarded (MR) children. Six sub­jects of five to seven years old, four female and two male, were purposively sampled. Observation and video-recording were carried out to record the development of children’s motor-skill coordination. The results show that the games employing simulated rules were found to be effective on developing the motor-skill coordination.Abstrak: Dampak Permainan Bowling Tiruan terhadap Keterampilan Motorik Anak Terbelakang Mental Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai dampak permainan dengan aturan bowling tiruan terhadap peningkatan kecakapan koordinasi motorik anak terbelakang mental usia dini. Sebanyak enam anak yang mengalami keterbelakangan mental berusia 5-7 tahun, terdiri atas empat laki-laki dan dua wanita di TKLB/C Pembina Yogyakarta yang diambil secara purposive dijadikan subjek. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretes-postes satu kelompok. Observasi terbuka dan rekaman video digunakan untuk melihat kecakapan koordinasi motorik subjek. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak positif permainan dengan aturan berupa bowling tiruan terhadap peningkatan kecakapan koordinasi motorik anak terbelakang mental usia dini.
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SEBAGAI INDIKATOR MUTU LAYANAN MANAJEMEN SEKOLAH Triwiyanto, Teguh
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 19, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.088 KB) | DOI: 10.17977/jip.v19i2.4208

Abstract

Abstract: National Standards of Education as Quality Indicators of School Management Services. The purpose of this study is to describe how national standards of education can serve as an indicator of the quality of school management services. The indicators of the quality cover objectives, principles, and types of services. The objectives are used as the basis for achieving quality services. The principles of the school management services show strong will of using them as the school standards. The types of school management services cover a wide range of activities carried out through program planning, program implementation, program evaluation, and follow-up programs.Abstrak: Standar Nasional Pendidikan sebagai Indikator Mutu Layanan Manajemen Sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan standar nasional pendidikan sebagai indikator mutu layanan mana­jemen sekolah. Indikator mutu layanan manajemen sekolah didasarkan pada tujuan, prinsip, dan jenis layanan. Indikator tujuan layanan manajemen sekolah menunjukkan bahwa standar nasional pendidikan dijadikan sebagai pencapaian indikator mutu. Prinsip layanan manajemen sekolah menunjukkan kepentingan kuat sekolah menjadikannya sebagai standar. Indikator jenis layanan manajemen sekolah meliputi berba­gai kegiatan yang dilakukan melalui perencanaan program, pelaksanaan program, evaluasi program, dan tindak lanjut program.
PENGGUNAAN TUTOR SEBAYA UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR -, Rakimahwati; Hartati, Sri
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 19, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.512 KB) | DOI: 10.17977/jip.v19i2.4209

Abstract

Abstract: Peer Tutoring to Improve the Learning Process and Achievement. This classroom action research was intended to implement peer tutoring as the teaching strategy to improve the competence of the students taking a Kindergarten Learning Plan course. Carried out in two cycles, the study involved students of Early Childhood Teacher Education of Padang State University. The data collected through observation, questionnaire, and test were quantitatively analyzed to find out the mean score as well as the percentage. The results show that peer tutoring can improve the quality of the teaching process and achievement.Abstrak: Penggunaan Tutor Sebaya untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkan metode tutor sebaya pada perkuliahan Perencanaan Pembelajaran TK. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan dilakukan dua siklus terhadap mahasiswa reguler Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Negeri Padang. Data diperoleh melalui observasi, angket dan penilaian akhir kegiatan. Data kuantitatif dianalisis dengan rerata dan persentase, dan dikom­parasikan dengan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa.
MODEL PEMBELAJARAN NEUROLINGUISTIC PROGRAMMING BERORIENTASI KARAKTER BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA SMP -, Wikanengsih
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 19, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.969 KB) | DOI: 10.17977/jip.v19i2.4210

Abstract

Abstract: Character-oriented Learning Model of Neurolinguistic-Programming to Improve Writing Ability. This mixed-method study aims to determine the effectiveness of character-oriented learning model of neurolinguistic programming (NLP) in improving students writing ability. Employing a sequential exploratory strategy, this study began the first phase, which was qualitative in nature, to generate the hypo­thetical learning model. The second phase, which was quantitative, was a pilot application of the hypo­thetical model. The test results show that the learning model can improve the writing ability of the students in the experimental group. In addition, based on observation, the students’ characters improve in the areas of communicativeness, tolerance, responsibility, and creativity.Abstrak: Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter untuk Mening­katkan Kemampuan Menulis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pem­belajaran neurolinguistik programming berorientasi karakter (MPNLPBK) terhadap kemampuan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kombinasi (mixed method) jenis sequential exploratory strategy. Hasil penelitian tahap pertama (penelitian kualitatif) menghasilkan model pembelajaran hipotetik. Penelitian tahap kedua merupakan uji coba penerapan model hipotetik (penelitian kuantitatif). Hasil pengujian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis dengan menggunakan MPNLPBK dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelompok eksperimen. Selain itu, berdasarkan hasil pengamatan terhadap aspek karakter komunikatif, toleran, tanggungjawab dan kreatif siswa, terdapat perkembangan pada diri siswa untuk setiap aspek tersebut.
PROBLEM BASED LEARNING, MOTIVASI BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL, DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK Anggraini1, Vebriyanti Dwi; Mukhadis2, Amat; -, Muladi
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 19, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.588 KB) | DOI: 10.17977/jip.v19i2.4211

Abstract

Abstract: Problem Based Learning, Learning Motivation, Prior Ability, and Learning Outcomes of SMK Students. The present study examines the influence of Problem Based Learning (PBL), learning motivation, and the prior ability of vocational school students. The study employed nonequivalent control group quasi exsperimental design. 75 eleventh graders in the academic year of 2012/2013 were randomly assigned into the experiment and control groups. A test was administered to assess the prior ability (entry behavior) and learning outcomes, and self-inventory was used to elicit the students’ learning motivation. The three-way analysis of variance shows that there was a significant difference between the students taught using the problem-based learning and those taught using the conventional method, between those with high learning motivation and those with low motivation, and between those with higher prior ability and those with low ability. Additionally, there was significant interaction among teaching-learning models, learning motivation, and prior ability.Abstrak: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, dan Hasil Belajar Siswa SMK. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Problem Based Learning (PBL), motivasi belajar, dan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa SMK. Digunakan kuasi eksperimen dengan rancangan non­equivalent control group design. Kelompok eksperimen dan kontrol direkrut secara assigment random sampling. Subjek berjumlah 75 siswa Kelas XI Tahun 2012/2013. Tes digunakan untuk mengukur ke­mampuan awal dan hasil belajar, dan self-inventory digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data dianalisis dengan Analisis Varian Tiga Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok pembelajaran PBL dengan kelompok pembelajaran konven­sional, antara kelompok siswa yang bermotivasi belajar tinggi dan rendah, dan antara kelompok siswa yang berkemampuan awal tinggi dan rendah. Ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran, motivasi belajar, dan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa. Artinya, hasil belajar siswa tergantung dari model pembelajaran, motivasi belajar, dan kemampuan awal siswa.
PENGETAHUAN TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN, SIKAP, DAN MOTIVASI GURU Suryana, Dadan
Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 19, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.393 KB) | DOI: 10.17977/jip.v19i2.4212

Abstract

Abstract: Knowledge of Instructional Strategies, Teaching Attitudes and Teacher’s Motivation. This study aimed to describe the influence of teachers knowledge of instructional strategies, teaching attitudes, and teachers’ motivation on learning outcomes through survey method. The sample was 25 kindergarten teachers. The data were collected using questionnaires, interviews, and document analysis. The results show that knowledge of instructional strategies, teaching attitudes, and teachers’ motivation to teach directly influence the students’ learning outcomes.Abstrak: Pengetahuan tentang Strategi Pembelajaran, Sikap dan Motivasi Guru. Penelitian ini ber­tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengetahuan tentang strategi pembelajaran, sikap dan motivasi guru terhadap hasil belajar anak melalui metode survai. Sampel penelitian adalah 25 orang guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Data dikumpulkan dengan cara wawancara dan penyebaran angket serta dukungan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tentang strategi pembelajaran, sikap dan motivasi guru berpengaruh langsung terhadap hasil belajar anak.

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 1, No 2 (2018) Vol 21, No 1 (2015): (Available for free access and download since June 1, 2015) Vol 20, No 2 (2014): ISSN 0215-9643 (Available for free access and download since June 1, 2015) Vol 20, No 1 (2014): coba membuat terbitan Vol 20, No 1 (2014): (Available for free access and download since June 1, 2015) Vol 19, No 2 (2013) Vol 19, No 1 (2013) Vol 18, No 2 (2012) Vol 18, No 1 (2012) Vol 17, No 6 (2011) Vol 17, No 5 (2011) Vol 17, No 4 (2011) Vol 17, No 3 (2010) Vol 17, No 2 (2010) Vol 17, No 1 (2010) Vol 16, No 3 (2009) Vol 16, No 2 (2009) Vol 16, No 1 (2009) Vol 15, No 3 (2008) Vol 15, No 2 (2008) Vol 15, No 1 (2008) Vol 14, No 3 (2007) Vol 14, No 2 (2007) Vol 14, No 1 (2007) Vol 13, No 3 (2006) Vol 13, No 2 (2006) Vol 13, No 1 (2006) Vol 12, No 3 (2005) Vol 12, No 2 (2005) Vol 12, No 1 (2005) Vol 11, No 3 (2004) Vol 11, No 2 (2004) Vol 11, No 1 (2004) Vol 10, No 3 (2003) Vol 10, No 2 (2003) Vol 10, No 1 (2003) Vol 9, No 4 (2002) Vol 9, No 3 (2002) Vol 9, No 2 (2002) Vol 9, No 1 (2002) Vol 8, No 4 (2001) Vol 8, No 3 (2001) Vol 8, No 2 (2001) Vol 8, No 1 (2001) Vol 7, No 4 (2000) Vol 7, No 3 (2000) Vol 7, No 2 (2000) Vol 7, No 1 (2000) Vol 7 (2000): Edisi Khusus Vol 6, No 4 (1999) Vol 6, No 3 (1999) Vol 6, No 2 (1999) Vol 6, No 1 (1999) Vol 6 (1999): Edisi Khusus Vol 5, No 4 (1998) Vol 5, No 3 (1998) Vol 5, No 2 (1998) Vol 5, No 1 (1998) Vol 5 (1998): Edisi Khusus Vol 4, No 4 (1997) Vol 4, No 3 (1997) Vol 4, No 2 (1997) Vol 4, No 1 (1997) Vol 4 (1997): Edisi Khusus Vol 3, No 4 (1996) Vol 3, No 3 (1996) Vol 3, No 2 (1996) Vol 3, No 1 (1996) Vol 2, No 4 (1995) Vol 2, No 3 (1995) Vol 2, No 2 (1995) Vol 2, No 1 (1995) Vol 1, No 2 (1994) Vol 1, No 1 (1994) More Issue