cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 20889321     EISSN : 25025295     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Sipil merupakan jurnal terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, dengan frekuensi penerbitan 3 edisi pertahun, yaitu Januari, Mei, dan September. Jurnal Teknik Sipil telah terbit sejak tahun 2011, dengan edisi pertama Volume 1, Nomor 1, September 2011. Hingga saat ini Jurnal Teknik Sipil telah menerbitkan 6 Volume, dan 1 Volume Special Issue. Untuk Volume 7, Jurnal Teknik Sipil akan terbit 2 kali setahun, yaitu Mei dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Mei 2018" : 5 Documents clear
Analisis Tinggi Muka Air Banjir DAS Belawan Dengan Menggunakan Software HECRAS Zevri, Asril
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Mei 2018
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jts.v7i1.8382

Abstract

Abstract: Belawan River Basin is one of the watershed, which currently change the land use because of the increasing population and industrial development. Rainfall with high intensity can cause rapid runoff, causing flood around the plains of the river cross section. The purpose of this research is to determine the flood water level of Belawan Watershed and flood discharge return period. Scope of activity in this research is analyzing daily rainfall Belawan watershed with the flood-discharge return period. Scope of activity in this research is analyzing maximum daily rainfall Belawan Watershed, and simulating flood water level with HECRAS. The result of the study shows that the potency of Belawan watershed flood water level is caused by flood discharge at 25 to 100 years especially in the middle to downstream of river cross section that is between 0.7 m and 3.3 m. Keywords: Flood Discharge, Flood Level, Belawan Watershed, Software HECRAS. Abstrak: Daerah Aliran Sungai Belawan adalah salah satu DAS yang pada saat ini mengalami perubahan tata guna lahan seiring bertambahnya jumlah penduduk dan perkembangan industri. Curah hujan yang tinggi dapat mengakibatkan limpasan sehingga menimbulkan tinggi muka air banjir di sekitar dataran penampang sungai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mensimulasi tinggi muka air banjir DAS Belawan dengan debit banjir periode kala ulangnya. Lingkup kegiatan dalam penelitian ini yaitu menganalisa curah hujan harian maksimum rata-rata DAS Belawan dan menganalisa debit banjir kala ulang 2 sampai dengan 100 tahun, mensimulasi tinggi muka air banjir dengan HECRAS. Hasil studi menunjukan potensi tinggi muka air banjir DAS Belawan terjadi akibat debit banjir periode kala ulang 25 sampai dengan 100 tahun khususnya  di bagian tengah sampai hilir penampang sungai yaitu berkisar antara 0.7 m sampai dengan 3.3 m. Kata kunci: Debit banjir, Tinggi Banjir, DAS Belawan, Software HECRAS.
PEMETAAN KECEPATAN GELOMBANG GESER (Vs30) DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE MASW Jamaluddin, Khaizal; Ulfa, Rahmatul; Irwandi, Irwandi; Chairullah, Banta
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Mei 2018
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jts.v7i1.10213

Abstract

Abstract : The Aceh Province lies on the main fault line commonly known as Sumatran Faults. Therefore, in particular the Banda Aceh City frequent earthquakes as a result of the active geological structure of Sumatran fault in the Aceh region. Banda Aceh is a sedimentary basin in which to experience the amplification due to seismic waves. The behavior of the seismic waves propagating in the sediment layer is measured by the Vs30 parameter. The research was conducted on the strategic area of Banda Aceh City, Kuta Alam District, which is a densely populated subdistrict. Vs30 mapping based on soil hardness level according to UBC (Uniform Building Code), EC8 (Euro Code 8), and SNI 1726-2012. Seismic data acquisition was acquired at ten locations in the research area considered to have covered one area of Kuta Alam sub-district, Banda Aceh City. The result obtained is map of the distribution of soil condition based on Vs30 parameter. Based on the map obtained by the District of Kuta AlamKeywords : Earthquake, Faults, Sedimentation, Amplification.Abstrak: Provinsi Aceh terletak pada jalur patahan utama Sumatera yang umum dikenal Sumatera faults. Oleh karena itu, khususnya Kota Banda Aceh sering terjadi gempa bumi sebagai akibat dari struktur geologi aktif patahan sumatera di wilayah Aceh tersebut. Kota Banda Aceh merupakan cekungan di mana sedimen mengalami amplifikasi gelombang gempa. Perilaku gelombang gempa yang merambat pada lapisan sedimen diukur berdasarkan parameter Vs30. Penelitian dilakukan  pada kawasan strategis Kota Banda Aceh yaitu Kecamatan Kuta Alam yang merupakan Kecamatan padat penduduk. Pemetaan Vs30 berdasarkan acuan dalam perencanaan bangunan konstruksi tahan gempa berdasarkan tingkat kekerasan tanah menurut UBC (Uniform Building Code), EC8 (Euro Code 8), dan SNI 1726-2012. Pengambilan data seismik diakuisisi pada sepuluh lokasi di wilayah penelitian yang dianggap telah mencakup satu wilayah Kecamatan Kuta alam, Kota Banda Aceh. Hasil yang didapat adalah peta sebaran kondisi tanah berdasarkan parameter Vs30. Berdasarkan peta diperoleh wilayah Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh hanya sebagian kecil lapisan tanah sedang.Kata kunci : Gempa Bumi, Patahan, Sedimen, Amplifikasi.
MOTORISTS’ CHANGE BEHAVIOURAL ANALYSIS ON SCHOOL SAFETY ZONE PROJECT (CASE STUDY: SMP NEGERI 9 KOTA LANGSA, ACEH) Bukit, Ipak Neneng Mardiah; Ismida, Yulina
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Mei 2018
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jts.v7i1.7092

Abstract

Abstract: School Safety Zone (ZoSS) is a road area in front of school where vehicles must reduce speed in time basis. The purpose of SSZ is to ensure students safety during school hours, especially when school started and ended. Kota Langsa is one district in Aceh Province where applied city administrative sistem since 2001. It is developing in every sector, including transportation infrastructure. However, the ZoSS is not applied optimally thus, this zone is not well known to the public. This paper aims to study whether the zone will change the street users’ behavior and vehicles reduce speed when going through the school zone. The research uses Z-score testing method from norm standard distribution for ZoSS application requirements. The test is done in 8 (eight) roads in front school yard with no school zone facilities. Furthermore, one school is selected to develop minimum ZoSS facilities. The evaluation of the street users from both conditions (with and without ZoSS) shows changing from unsafe to safety. That means the ZoSS gives a positive changes to the street users behavior.Keywords : Behavior, Safety, School, Speed, Street Users, ReduceAbstrak: Zona Selamat Sekolah (ZoSS) adalah ruas jalan di depan sekolah yang mengatur kendaraan yang melewatinya harus mengurangi kecepatan berbasis waktu, dan kemudian peraturan itu enjadi aturan etika bagi pengguna jalan. Namun demikian, masih banyak pengendara yang tidak memahami etika tersebut. Kota Langsa adalah salah satu Kota di Provinsi Aceh yang menerapkan sistem Kota Administrasi sejak tahun 2001. Kota ini terus berkembang di berbagai sektor, termasuk dalam pembangunan infrastruktur transportasinya. Akan tetapi ZoSS masih belum diaplikasikan secara optimal sehingga tidak terlalu dikenal oleh masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk mempelajari apakah jika ZoSS diterapkan di Kota Langsa ini akan merubah perilaku pengendara yang lewat di depan sekolah dengan mengurangi kecepatan kendaraannya atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode uji Z-Score pada standar distribusi normal untuk kebutuhan ZoSS. Uji Z ini dilakukan di 8 wilayah sekolah yang belum terdapat fasilitas ZoSS. Selanjutnya pada salah satu sekolah dilakukan eksperimen dengan membangun fasilitas minimum sementara. Hasil dari evaluasi menunjukkan perubahan perilaku pengguna jalan dari belum selamat menjadi selamat. Artinya fasilitas ZoSS memberikan pengaruh positive terhadap perilaku pengguna jalan.Kata kunci : Perilaku, Pengguna jalan, Selamat, Sekolah, Pengurangan, Kecepatan.
TIME-COST TRADE-OFF MODEL FOR TIE BEAM ACTIVITY Fachrurrazi, Fachrurrazi; Mahmuddin, Mahmuddin; Anas, Cut Yuniati
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Mei 2018
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jts.v7i1.9163

Abstract

Abstract: Crashing  project duration is conducted when the project experience schedule delay. The consequence of this crashing is needed the additional cost to anticipate the delay. Choosing the right activity for the reduction will provide additional cost efficiency. The purpose of this research is to develop time-cost trade-off (TCTO) model for tie beam activity. The model was developed based on the respondent's perception through the questionnaire, and collecting the Budget Plan Report. Respondents in this study are director, estimator, and project manager at contractor who is domiciled in West Aceh District. The results showed that the tie beam can be broken down into sub activities such formwork, rebar and concrete that have different characteristics in tie beam activities based on TCTO model. Based on these conditions, the sub activities activities can be accelerated from the normal duration of the project are 60%, 50% and 60% respectively and the required additional cost is 2.88% per day, 2.93% per day, and 3.88% per day.Keywords : Project Crashing, Crash Duration, Additional cost, Model TCTO, Tie beam, West of Aceh, Formwork, Rebar work, Concrete workAbstrak: Percepatan schedule sering dilakukan ketika kemajuan proyek dinilai mengalami keterlambatan terhadap rencana awal. Konsekuensi dari percepatan schedule tersebut dapat memberikan peningkatan biaya proyek. Pemilihan aktifitas yang tepat akan memberikan efisiensi biaya tambahan. Penelitian mengkaji hanya pada aktifitas sloof sebagai aktifitas yang dipilih untuk di percepat sebagai obyek tinjauan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model Time-cost trade-off (TCTO) aktifitas pekerjaan sloof dalam sebuah proyek. Model tersebut dikembangkan berdasarkan persepsi responden melalui pengisian kuesioner dan data RAB. Responden dalam penelitian ini yaitu direktur, estimator, dan manajer proyek pada badan usaha kontraktor yang berdomisili di Kabupaten Aceh Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan sloof dapat dipecah kedalam sub aktifitas seperti sub aktifitas bekisting sloof, pembesian sloof dan beton sloof memiliki karakteristik yang berbeda dalam pekerjaan sloof berdasarkan TCTO model. Berdasarkan kondisi ini, sub-aktifitas pekerjaan sloof tersebut dapat dipecepat dari durasi normal proyek secara berturut-turut adalah 60%, 50% dan 60% dan biaya tambahan yang diperlukan adalah 2.88% per hari, 2.93% per hari, dan 3.88% per hari.Kata kunci : Percepatan schedule, Durasi crash, Biaya tambahan , Model TCTO, Pekerjaan sloof, Aceh Barat, Pekerjaan bekisting, Pekerjaan pembesian, Pekerjaan pengecoran
PENGARUH PANJANG BENTANG TERHADAP UKURAN PENAMPANG OPTIMUM BETON PRATEGANG PADA BALOK SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA Zebua, Alfian Wiranata
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Mei 2018
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jts.v7i1.10481

Abstract

Abstract: Structural design philosophy expected to be low cost and safe at once. At prestressed concrete structure, concrete allowable stress for bending structural component have to fullfill limit values on tranfer and service condition. Prestressed force determined using moment coeffiecient β method based on allwoable stress. At this structure, to achieve optimum design is not an easy task due to interaction between dimension size and prestressing force value. To determine optimum design criteria, genetics algorithms as one of optimum design method has been used in this paper. Genetics algorithm is a method to find the best solution using organism genetics process based on Darwin theory which solutions with the best fitness value that could be survive as the optimization result. Fitness value is minimum construction cost. Optimization process using genetics algorithm has been worked with computer software assitance Matlab. Simpe beam has been considered as numerical example. Optimization result is optimum design of dimension size and prestressing force. Optimization procedure with beam length (L) 10 m result are beam width (b) 0,40 m, beam height (h) 0,47 m, prestressing force (Fi) value 1344 KN and bulding cost total Rp. 16.651.000,-. Next optimization procedure has been done using different beam length. From this study, the interaction between beam length to optimum dimension size and minimum building cost has been achieved.Keywords : beam length, genetics algoritm, optimum sizing, prestressed concreteAbstrak: Filosofi perencanaan struktur diharapkan ekonomis sekaligus aman. Pada struktur beton prategang, tegangan ijin beton untuk komponen struktur lentur harus memenuhi nilai batas pada saat transfer dan beban layan. Gaya prategang ditentukan dengan menggunakan metode koefisien momen β yang didasarkan pada tegangan ijin. Pada struktur ini, penentuan desain optimum tidak mudah karena adanya keterkaitan antara ukuran penampang dengan besaran gaya prategang yang dibutuhkan. Untuk memperoleh kriteria desain yang optimum digunakan metode optimasi dengan menggunakan algoritma genetika. Algoritma genetika merupakan metode pencarian sesuai dengan proses genetika  organisme berdasarkan teori evolusi Darwin, dimana solusi dengan nilai fitness (tujuan) yang tinggi yang mampu bertahan sebagai hasil dari proses optimasi. Nilai fitness (tujuan) adalah memperoleh total harga konstruksi yang paling rendah. Proses optimasi dengan algoritma genetika dikerjakan dengan bantuan software komputer Matlab. Untuk melakukan optimasi digunakan algoritma genetika real. Jenis struktur yang ditinjau adalah balok sederhana. Dari hasil optimasi dengan berbagai panjang bentang diperoleh dimensi balok dan nilai gaya prategang yang optimum. Proses optimasi dengan panjang bentang (L) 10 m, diperoleh lebar balok (b) 0,40 m,  tinggi balok (h) 0,47 m, nilai gaya prategang (Fi) sebesar 1344 KN dengan total harga Rp. 16.651.000,-. Proses optimasi selanjutnya dilakukan dengan panjang bentang balok yang bervariasi. Dari hasil penelitian diperoleh hubungan antara panjang bentang balok dengan ukuran penampang optimum serta harga total struktur yang paling rendah.Kata kunci : algoritma genetika, beton prategang, panjang bentang, ukuran penampang optimum

Page 1 of 1 | Total Record : 5