Jurnal Guru Kita PGSD
ISSN : 2548883X     EISSN : 25491288
JGK (Jurnal Guru Kita) berisi tulisan dari hasil penelitian, pendidikan, pembelajaran, ilmu pengetahuan, budaya, teknologi, bahasa, seni, sosial, fenomena, dan pengabdian masyarakat. Diterbitkan empat kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Jurnal ini dikelola oleh prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan dan bekerjasama dengan Himpunan Dosen PGSD Indonesia. Artikel pada jurnal ini telah melalui proses review oleh tim reviewer dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
Articles 35 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1: Desember 2017" : 35 Documents clear
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU MELALUI TEKNIK SUVERVISI KELAS DI SEKOLAH BINAAN KECAMATAN MEDAN HELVETIA TAHUN AJARAN 2016/2017

Sihotang, Flora

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 1: Desember 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Melalui TeknikSuvervisi Kelas di Sekolah Binaan Kecamatan Medan Helvetia Tahun Ajaran2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilanmengajar guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dengan diterapkannya TeknikSuvervisi Kelas di SD Binaan se-Kecamatan Medan Helvetia Tahun Pelajaran2016/2017. Penelitian tindakan sekolah ini akan ditempuh dalam dua siklus. Darisiklus ke siklus menggunakan metode pembelajaran PBL dengan senantiasameningkatkan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran PAK. Penelitiandikenakan pada guru mata pelajaran PAK SD Binaan se-Kecamatan Medan Helvetiayang berjumlah 13 orang. Penelitian dilaksanakan dalam empat bulan mulai bulanJuli sampai dengan Desember 2017. Setelah penelitian berlangsung selama duasiklus dengan menggunakan supervisi kelas melalui pendekatan kolaboratif, makadapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam mengajar meningkat dari totalrata-rata 2,57 pada siklus I menjadi 3,22 pada siklus II.Kata kunci : Keterampilan Mengajar, Supervisi Kelas, Pendidikan Agama Kristen

PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VI SDN 101 HUTASIANTAR

Fakhruddin, Fakhruddin

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 1: Desember 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Penggunaan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) UntukMeningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas VI SDN 101 Hutasiantar. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus,siklus I dan siklus II. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh tingkatketuntasan belajar siswa 61,9% yang berarti secara keseluruhan belum mencapai standarminimal ketuntasan belajar. Hasil tes pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajarsiswa sebesar 90,48% hal ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan siklus II hasilbelajar siswa lebih meningkat dan dinyatakan bahwa mencapai ketuntasan klasikal ≥70%. Rata-rata nilai pada saat pre test adalah 48,33 meningkat setelah diberikantindakan pada post test siklus I menjadi 70,24 dan setelah diberikan tindakan kembalipost test siklus II meningkat menjadi 87,14. Dalam observasi siswa pada siklus I66,67% dan pada siklus II mengalami peningkatan 83,83%.Kata Kunci : STAD, Hasil belajar, Siswa, Pecahan.

PENERAPAN PAKEM DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSADI SDN 101801 DELITUA KABUPATEN DELISERDANG

Suharni, Suharni

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 1: Desember 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penerapan Pakem dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SDN101801 Delitua Kabupaten Deliserdang. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah(PTS) ini penulis mencoba mengajukan usulan tindakan agar guru-guru menerapkanpendekatan PAKEM dalam kegiatan belajar mengajar sebagai upaya menanamkannilai-nilai pembentukankarakterbangsa.Adapun rumusan permasalahan dalam PTSini adalah bagaimana efektivitas penerapan pendekatan PAKEM terhadapPembentukan Nilai-nilai Karakter Bangsa di SDN 101801 Delitua KabupatenDeliserdang.Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman danketerampilan guru tentang penerapan PAKEM dalam kegiatan belajar mengajarberimplikasi pada peningkatan partisipasi atau keaktifan siswa serta terhadapketerlaksanaan nilai-nilai pembentukan karakter bangsa, seperti nilai kerja keras,kerjasama, salingmenghargaidansebagainya.

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI POKOK STRUKTUR RANGKA MANUSIA MELALUI MULTI METODE PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI NO. 020 BONANDOLOK KECAMATAN SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Pohan, Seriati

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 1: Desember 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IlmuPengetahuan Alam Materi Pokok Struktur Rangka Manusia Melalui Multi MetodePembelajaran di Kelas IV SD Negeri No. 020 Bonandolok Kecamatan Siabu KabupatenMandailing Natal Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari penelitian yang dilaksanakandiperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus Idiperoleh presentase ketuntasan belajar siswa 57,1% dan skor nilai ketuntasan kelas62,5% dengan nilai terendah 50 dan nilai terbaik 90. Pada siklus II diperoleh presentaseketuntasan belajar siswa sebesar 100% dan skor nilai ketuntasan kelas 71,4% dengannilai terendah 70 dan nilai terbaik 90. Terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa darisiklus I ke siklus II, untuk presentase ketuntasan belajar siswa terjadi peningkatansebesar 42,9% dan skor nilai ketuntasan kelas sebesar 24,8%.Kata Kunci : Multiple Learning, Mata Pelajaran IPA, Aktivitas Siswa dan Hasil NilaiBelajar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DI KELAS IVSDN 090 PANYABUNGAN

Zubaidah, Zubaidah

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 1: Desember 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran SQ3R dalam Pembelajaran BahasaIndonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa di Kelas IVSDN 090 Panyabungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatanketerampilan membaca pemahaman dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaranbahasa Indonesia setelah diterapkan model SQ3R di kelas IV SDN 090Panyabungan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas dengan dua siklus. Tempat penelitian adalah SD Negeri 090 denganSubjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 090 Panyabungan.Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini,aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) dan hasil belajar berupa keterampilan membaca diperoleh melalui tes hasilbelajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswaberupa keterampilan membaca pemahaman meningkat pada siklus II.Kata kunci : Model SQ3R, Bahasa Indonesia, Keterampilan Membaca

PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 291 SIMPANG GAMBIR

Dalimunthe, Nurhamidah

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 1: Desember 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) untukMeningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDNegeri 291 Simpang Gambir. Berdasarkan analisis data angket siswa pada siklus Iyaitu : 5 orang memiliki motivasi belajar sangat baik (16,13%), 12 orang memilikimotivasi belajar baik (38,70%),9 orang memiliki motivasi belajar cukup (29,03%), 5orang memiliki motivasi belajar kurang (16,13%). Dan pada siklus II persentasemotivasi belajar siswa sudah meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingindicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu : 12 orang memilikimotivasi belajarsangat baik (38,70%), 14 orang memiliki motivasi belajar baik (45,16%), 4 orangmemiliki motivasi belajar cukup (12,90%), 1 orang memiliki motivasi belajar kurang(3,23%).Kata Kunci : Direct Instruction, Motivasi Belajar

PENERAPAN MODEL SQ3R DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KELAS IV SDN 167 SIBANGGOR JAE

Hanum, Latifah

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 1: Desember 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penerapan Model SQ3R dalam Pembelajaran Bahasa Indonesiauntuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kelas IV SDN 167 SibanggorJae. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek dalampenelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 167 Sibanggor Jae, yang berjumlah 20siswa. Dalam penelitian ini, aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasidalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hasil belajar berupa keterampilanmembaca pemahaman siswa meningkat dengan menerapkan strategi pembelajaranSQ3R pada Formatif I menunjukkan rata-rata 72 dengan ketuntasan kalsikal 60%dan pada Formatif II menunjukkan rata-rata 89 dengan ketuntasan klasikal 95%atau terjadi peningkatan 35%, data tersebut menunjukkan peningkatan dan tuntassesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bahasa Indonesia.

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS V SDN 106 AEK GALOGA TAHUN AJARAN 2017/2018

Subuhi, Ahmat

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 1: Desember 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Meningkatkan Keterampilan Bertanya Dengan Menggunakan MetodeTanya Jawab Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V SDN 106 Aek GalogaTahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahuiapakah dengan menggunakan metode tanya jawab dalam pembelajaran PKn dapatmeningkatkan keterampilan bertanya siswa di kelas V SDN 106 Aek Galoga padapokok bahasan melaksanakan hasil rapat Hasil penelitian sebelum siklus (prasiklus)menunjukkan siswa masih kurang terampil dalam bertanya yaitu terdapat 16 orang(88,9%) yang kurang terampil dan 2 orang (11,1%) yang cukup terampil. Setelahdilakukan siklus I menggunakan metode tanya jawab terjadi peningkatan keterampilanbertanya siswa yaitu hingga akhir siklus I terdapat 3 orang (22,2%) yang terampil, 7orang (33,3%) yang cukup terampil, dan 8 orang (44,5%) yang masih kurang terampil.Selanjutnya setelah dilakukan siklus II, tampak adanya peningkatan yang lebih baikyaitu hingga akhir siklus II terdapat 3 orang (16,7%) yang sangat terampil bertanya, 12orang (66,6%) yang terampil, 3 orang (16,7%) yang sudah cukup terampil bertanya dantidak seorangpun yang tergolong kurang terampil bertanya.Kata Kunci : Keterampilan bertanya, Metode Tanya Jawab, Hasil Belajar

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN 366 TEGAL SARI

Gultom, Khaidir

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 1: Desember 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SnowballThrowing dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN366 Tegal Sari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswadalam pembelajaran PKn kelas VSDN 366 Tegal Sari tahun ajaran 2017/2018melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 366Tegal Sari Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal.Subjek penelitianini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 21 orang.Setelah diterapkannyamodel pembelajaranSnowball Throwingdi kelas V SDN 366 Tegal Sari, maka hasilbelajar siswa meningkat dari siklus I ketuntasan klasikal sebesar 53% menjadi 85%pada sisklus II.Kata kunci :Hasil belajar, Aktivitas Belajar, Pembelajaran PKn, Siswa, ModelPembelajaran Tipe Snowball Throwing

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VI SD NEGERI 125 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2017/2018

Nurintan, Nurintan

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 1: Desember 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered HeadTogether Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI diKelas VI SD Negeri 125 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi Menyakini adanyahari akhir dan menceritakan kisah Nabi di kelas VI SD Negeri 125 Tebing Tinggi T.P.2017/2018. Dari analisis data hasil pretes diketahui rata-rata nilai siswa 48, hanya ada 3orang siswa yang mencapai batas KKM, ketuntasan belajar dalam kelas 13,64%. Darihasil analisis data pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 75, sebanayak 13 orang siswatelah berhasil mencapai nilai batas minimum KKM, ketuntasan belajar dalam kelas50,09%. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85, sebanayak 19 orangsiswa telah berhasil mencapai nilai batas minimum KKM, tingkat ketuntasan belajarsiswa dalam kelas 86,36.Kata Kunci : Kooperatif, Numbered Head Together.

Page 1 of 4 | Total Record : 35