Jurnal Guru Kita PGSD
ISSN : 2548883X     EISSN : 25491288
JGK (Jurnal Guru Kita) berisi tulisan dari hasil penelitian, pendidikan, pembelajaran, ilmu pengetahuan, budaya, teknologi, bahasa, seni, sosial, fenomena, dan pengabdian masyarakat. Diterbitkan empat kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Jurnal ini dikelola oleh prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan dan bekerjasama dengan Himpunan Dosen PGSD Indonesia. Artikel pada jurnal ini telah melalui proses review oleh tim reviewer dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
Articles 36 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 4: September 2017" : 36 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN SUSUKAN 02 KABUPATEN SEMARANG

Sitepu, Melyani Sari, Wijayanti, Atrianing Yessi

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract : Effect of Jigsaw Type ARIAS learning model Implementation on Social Studies Learning Outcomes At Four Class Elementary School Students Susukan 02 Semarang District. The background of this research is the low of social study result at SD Negeri 02 Susukan. The goal of this research is to know the influence of Jigsaw Type ARIAS Learning Model on result of  IPS study result at the fourth grade students of SD Negeri 02 Susukan. This type of research is quasi-experimental research design. Subjek in this research is 64 students , 28 students from SDN 2 Susukan  for experimental class and 36 students of SDN 04 Susukan to control classes. Data collection techniques of this study was test with multiple choice type. Data analysis using t-test formula. The results showed the pretes maksimal score at control class is 33 and postes maksimal score social studies learning outcomes is 77, while pretes score maksimum at ekpseiment is 30 and posttes score maksmimum is 90.  Difference in pretes and postes at eksperimen class is 13. Influences learning model implemntasi was shown by sign t-tes score is smaller than score α . (0,000 < 0,05)Keywords : Jigsaw Type ARIAS Learning Model, Social Studies Learning OutcomesAbstrak : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Susukan 02 Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPS siswa SD Negeri 02 Susukan . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS pada siswa SDN Susukan 02 Kec. Ungaran Timur.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Subjek berjumlah 64 siswa yang terdiri dari 28 siswa SDN Susukan 02 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa SDN Susukan 04 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan ganda. Analisis data dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan nilai maksimal pretes di kelas kontrol 33 dan maksimum postes kelas kontrol 77 sedangkan nilai maksimum pretes di kelas eksperimen 33 dan nilai maksimum postes sebesar 90.  Perbedaan antara nilai pretes dan postes untuk kelas eksperimen sebesar 13. Pengaruh penerapan model juga dapat dilihat dari nilai sig t-test lebih kecil dari α. (0,000 < 0,05). Kata Kunci : Model Pembelajaran ARIAS Tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPS

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SDN 269 RANTOBI

Nasution, Sukri

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACT : Increasing Student Learning Activity Through Problem PosingModel In Islamic Religious Education Elementary Class IV SDN 269 Rantobi. The subjects of class IV SDN 269 Rantobi with the number of students 14 people. This research was conducted by applying Problem Posing learning model for two cycles and each cycle consisted of two meetings. By applying the learning model Problem Posing student learning outcomes from cycle to next cycle experience improvement. Student learning result of KKM is complete in formative I 9 (64,2%) student and formative II 13 (92,8%) student. The average score of students understanding on the subject at cycle I 57.1 and in cycle II increased to 80.Keywords : Problem Posing, Learning ActivityABSTRAK : Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Problem Posing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN 269 Rantobi. Subjek penelitian kelas IV SDN 269 Rantobi dengan jumlah siswa 14 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali  pertemuan. Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing hasil belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa tuntas KKM pada formatif I 9 (64,2%)  siswa dan formatif II 13 (92,8%) siswa. Nilai rata-rata pemahaman siswa pada materi pada siklus I 57,1 dan pada siklus II meningkat menjadi 80.Kata Kunci : Problem Posing, Aktivitas Belajar

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI POKOK HARI AKHIRAT (KIAMAT) DI KELAS VI SDN 213 HUTARIMBARU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Lubis, Mardiah

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract : Efforts to Increase Student Learning Outcomes In Islamic Education Lessons Through Learning Methods Contextual Teaching and Learning Basic Matter of the Hereafter (Doomsday) in Class VI SD Negeri No. 213 Hutarimbaru Lessons 2016/2017. This study aims to determine the extent to which the use of these methods can improve student learning outcomes on the material to understand the Human Framework in Class VI State Elementary School. 213 Hutarimbaru Kotanopan Sub-district, Mandailing Natal District. The subjects of this research are the students of Grade VI of SD Negeri No. 213 Hutarimbaru Kotanopan Sub-district, Mandailing Natal Regency with 22 students, 13 of them female and 9 male. From the research, it is found that the improvement of the learning result after the action is done. And in the end there is a significant influence between the learning model Contextual Teaching and Learning on student learning outcomes, the higher the student activity in learning will be the higher the value of learning results obtained. Keywords : Contextual Teaching and Learning Method, Learning OutcomesAbstrak : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Materi Pokok Hari Akhirat (Kiamat) di Kelas VI SD Negeri No. 213 Hutarimbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memahami Rangka Manusia di Kelas VI SD Negeri No. 213 Hutarimbaru Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri No. 213 Hutarimbaru Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal dengan jumlah siswa 22 orang, 13 orang diantara perempuan dan 9 orang laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Dan pada akhirnya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa, semakin tinggi aktivitas siswa dalam belajar akan semakin tinggi pula nilai hasil belajar yang diperoleh.Kata Kunci : Metode Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MELAKUKAN VARIASI GERAK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SDN 012 SIMANGAMBAT

Ishaq, Ishaq

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract : Improving Students Ability to Undertake Variations in Basic Volleyball with Demonstration Method in Class IV SDN 012 Simangambat. This study aims to improve student learning outcomes on subjects PJOK material to perform variations of basic motion volleyball game using demonstration method in class IV SDN 012 Simangambat. This type of research is Classroom Action Research. The subjects of the study were the fourth graders of SDN 012 Simangubat with a total of 23 people consisting of 9 male students and 14 female students. The results showed that the use of demonstration methods can improve student learning outcomes in PJOK lessons. The result of learning at the time of prasiklus, the average class obtained by students is 50.12. In cycle I the average grade value increased to 59.13. In cycle II the average grade value increased again to 73.91.Keywords: Learning Outcomes, Demonstration Methods, PJOKAbstrak : Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Melakukan Variasi Gerak Dasar Permainan Bola Voli dengan Metode Demonstrasi di di Kelas IV SDN 012 Simangambat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa siswa pada mata pelajaran PJOK materi melakukan variasi gerak dasar permainan bola voli dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SDN 012 Simangunbat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 012 Simangambat dengan jumlah 23 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PJOK. Hasil belajar pada saat prasiklus, rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 50,12. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 59,13. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 73,91.Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, PJOK

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 190 KOTANOPAN DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA

Nuriah, Nuriah

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Improving Students Speaking Ability IV SDN 190 Kotanopan With The Application Of Peer Tutor Learning Model. This study aims to determine whether the activity learning class IV SDN 190 Kotanopan Year Learning 2016/2017 increased after applying the model Tutor Sebaya. This research was conducted at SDN 190 Kotanopan, Kotanopan Sub-district, Mandailing Natal Regency. Sample in this research as much as I (one) class that is class IV as many as 23 people. Student learning outcomes by applying model Tutor Sebaya in Formative I and Formative II show the average value of 64.78 and 83.91 as well as the individual completeness 13 students and 21 students and the completeness of the class is 56.52% and 91.30% of the data show the complete individual in accordance with KKM Language Indonesia is 65, with 91.30% classical completeness.Keywords: Learning Outcomes, Learning Activities, Peer Tutor.Abstrak: Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 190 Kotanopan Dengan Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas belajar kelas IV SDN 190 Kotanopan Tahun Pembelajaran 2016/2017 mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini dilakukan di SDN 190 Kotanopan, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal. Sampel dalam penelitian ini sebanyak I (satu) kelas yaitu kelas IV sebanyak 23 orang. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya pada Formatif I dan Formatif II menunjukkan nilai rata-rata 64.78 dan 83.91 serta ketuntasan individu 13 siswa dan 21 siswa dan ketuntasan kelas adalah 56.52% dan 91.30% dari data tersebut menunjukkan tuntas individu sesuai dengan KKM Bahasa Indonesia yaitu 65, dengan ketuntasan klasikal 91.30%.Kata kunci : Hasil Belajar, Aktivitas belajar, Tutor Sebaya.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN DENGAN METODE DISKUSI DI KELAS V SDN 013 SIMANGAMBAT KECAMATAN SIABU

Miskah, Miskah

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract : Implementation of Jigsaw Learning Model as Teacher Effort Increase Participation Learning to Understand Poetry Reading for Elementary School Grade VI. This research was conducted at SDN 013 Simangambat, Siabu Sub-district, Mandailing Natal Regency. This type of research is Classroom Action Research by applying the method of discussion. This study aims to improve student learning outcomes in class V. This study was conducted in 2 cycles. The subject of this research is the students of grade V SDN 013 Simangambat with the number of 23 people. From the research, it is found that the improvement of the learning result after the action is done. The learning outcomes at prasiklus, the average class obtained by the students was 58.69 from 23 students 19 people got the score below the KKM (82.60%), 4 people completed (17.39%), the highest score 75 and the lowest score 37.5. In the first cycle, the average value of the class increased to 67.26 with 8 students scored below the KKM (34.78%) and 15 people scored above the KKM (62.21%), the lowest score of 53 with the highest score of 80. At cycle II the average grade value increased again to 70.17 with the highest score 93. From the improvement of the students obtained mastery can be concluded that the application of discussion methods can improve student learning outcomes.Keywords : Learning outcomes, Discussion Methods, ScienceAbstrak : Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Poko Bahasan Sistem Pencernaan Dengan Metode Diskusi di Kelas V SDN 013 Simangambat Kecamatan Siabu. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 013 Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metode diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 013 Simangambat dengan jumlah 23 orang. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil belajar pada saat prasiklus, rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 58,69 dari 23 siswa 19 orang mendapat nilai di bawah KKM (82,60%), 4 orang tuntas (17,39%), nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 37,5. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,26 dengan 8 siswa memperoleh nilai di bawah KKM (34,78%) dan 15 orang memperoleh nilai di atas KKM (62,21%), nilai terendah 53 nilai tertinggi 80. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 70,17 dengan nilai tertinggi 93. Dari peningkatan ketuntasan yang diperoleh siswa dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Hasil belajar, Metode Diskusi, IPA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL SISWA MELALUI PERMAINAN BAHASA DI KELAS 1 SDN 012 SIMANGAMBAT KECAMATAN SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL

Nurlohot, Nurlohot

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract : Improving Students Early Reading Ability through Language Game in Class I SDN 012 Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. The purpose of this study is to improve student learning outcomes and reading ability of first grade students in learning Indonesian language. Classroom Action Research is conducted in 2 cycles. The subjects of this study were IB IB SDN 012 Simangambat students with 22 students consisting of 12 male students and 10 female students. The results showed that the application of game language can improve student learning outcomes. Learning outcomes at prasiklus, the ability to read exactly 2 people, put the pause 10 people, read smooth 5 people, distinguish the sound of 16 people, and understand the meaning of 11 people. In the first cycle the students ability increased to: read a simple sentence of 7 people, put the pause 11 people, read smoothly 8 people, distinguish the sound of 18 people, and understand the meaning of the word increased to 13 people. In the second cycle, the students ability increased again to: read a simple sentence of 9 people, put the pause 14 people, read smoothly 10 people, distinguish the sound of 20 people, and understand the meaning of the word 15 people.Keywords : Early Reading Abilities, Game Language, IndonesianAbstrak : Meningkatkan Kemampuan Mambaca Awal Siswa Melalui Permainan bahasa di Kelas I SDN 012 SimangambaT Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan membaca awal siswa kelas I dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IB SDN 012 Simangambat dengan jumlah 22 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan bahasa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada saat prasiklus, kemampuan membaca tepat hanya 2 orang, menempatkan jeda 10 orang, membaca lancar 5 orang, membedakan bunyi 16 orang, dan memahami makna 11 orang. Pada siklus I kemampuan siswa meningkat menjadi: membaca kalimat sederhana 7 orang, menempatkan jeda 11 orang, membaca lancar 8 orang, membedakan bunyi 18 orang, dan memahami makna kata meningkat menjadi 13 orang. Pada siklus II, kemampuan siswa meningkat lagi menjadi: membaca kalimat sederhana 9 orang, menempatkan jeda 14 orang, membaca lancar 10 orang, membedakan bunyi 20 orang, dan memahami makna kata 15 orang.Kata Kunci: Kemampuan Membaca Awal, Permainan Bahasa, Bahasa Indonesia

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS V SD NEGERI NO. 190 KOTANOPAN KECAMATAN KOTANOPAN

Salamah, G

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Melalui Metode Contextual Teaching And Learning Di Kelas V SD Negeri No. 190 Kotanopan Kecamatan Kotanopan. Berdasarkan hasil test pra siklus hanya 7 siswa (31,8%) yang memperoleh nilai 70 ke atas (tuntas). Sedangkan 15 siswa yang lain (68,2%) mendapat nilai dibawah 70 (tidak tuntas). Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memahami Rangka Manusia di Kelas V SD Negeri No. 190 Kotanopan Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Subjek penelitian berjumlah 22 orang, 13 perempuan dan 9 laki-laki. Pada siklus I presentase ketuntasan belajar 54,5% dan ketuntasan kelas 62,5%. Pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan belajar 100% dan ketuntasan kelas 85,9%. Aktivitas belajar IPA siswa pada siklus I sebesar 61,9%, sedangakan pada siklus II sebesar 74,5%. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 65 dan pada siklus II menjadi 77,3.Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Mata Pelajaran IPA, Aktivitas Siswa dan Hasil Nilai Belajar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN 219 MUARA SIAMBAK

Taon, Muhammad

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Implementation of Think Talk Write Learning Model to Increase Student Learning Activity of Grade V SDN 219 Muara Siambak. This study aims to improve learning outcomes and improve student learning activities in class V on Civics subjects with TTW (Think-Talk-Write) SDN 219 Muara Siambak learning model. The subjects of this study are all students of grade V SDN 219 Muara Siambak with the number of students 24 people. Activity learning cycle I with 2 meetings, and learning cycle II with 2 meetings. The end of KBM cycle I and the second cycle of KBM conducted test results Formative Form I and Form II results respectively show 69.17 and 85.83 with the percentage of classical completeness is 58.33% and 91.67%. Seeing the data there are changes and changes are due to teacher actions during KBM in Cycle I and cycle II.Keywords: TTW, learning outcomes, learning activitiesAbstrak: Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Guna Meningkatkan Aktivitas Belajar Pkn Siswa Kelas V SDN 219 Muara Siambak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan aktivitas belajar siswa dikelas V pada mata pelajaran PKn dengan model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) SDN 219 Muara Siambak. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 219 Muara Siambak dengan jumlah siswa 24 orang. Kegiatan pembelajaran siklus I dengan 2 kali pertemuan, dan pembelajaran siklus II dengan 2 kali pertemuan. Akhir KBM siklus I dan KBM siklus II dilakukan tes hasil belajar Formatif I dan Formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan 69.17 dan 85.83 dengan persentase ketuntasan klasikal adalah 58.33% dan 91.67%. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada Siklus I dan siklus II.Kata kunci : TTW, hasil belajar, aktivitas belajar

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW MATERI POKOK SISTEM PEMERINTAHAN REPUBLIK INDONESIA DI KELAS VI SD NEGERI NO. 038 TANGGABOSI KECAMATAN SIABU T.P 2016/2017

Sahnul, Sahnul

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract : Efforts to Increase Student Learning Outcomes in Civic Education Subjects Through Jigsaw Learning Model Basic Matter Governmental System of the Republic of Indonesia in Class VI State Elementary School. 038 Tanggabosi Siabu District T.P 2016/2017. The purpose of this study is to determine the extent to which the use of these methods can improve student learning outcomes on the material system of government of the Republic of Indonesia in Class VI SD Negeri No. 038 Tanggabosi Siabu Sub-district, Mandailing Natal District. The subjects of this research are the students of Grade VI of SD Negeri No. 038 Tanggabosi Siabu District Mandailing Natal District with a total of 18 students, 10 of them women and 8 men. From the research that was conducted obtained the improvement of students learning outcomes. So there is a significant influence between Jigsaw learning model on student learning outcomes, the higher the students motivation in learning will be the higher the value of learning results obtained.Keywords : Jigsaw Learning Model, Learning Outcomes, Education CitizenshipAbstrak : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Materi Pokok Sistem Pemerintahan Republik Indonesia di Kelas VI SD Negeri No. 038 Tanggabosi Kecamatan Siabu T.P 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pemerintahan Republik Indonesia di Kelas VI SD Negeri No. 038 Tanggabosi Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri No. 038 Tanggabosi Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal dengan jumlah siswa 18 orang, 10 orang diantaranya perempuan dan 8 orang laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar PKn siswa. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa, semakin tinggi motivasi siswa dalam belajar akan semakin tinggi pula nilai hasil belajar yang diperoleh.Kata Kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar Belajar, PendidikanKewarganegaraan

Page 1 of 4 | Total Record : 36