Jurnal Guru Kita PGSD
ISSN : 2548883X     EISSN : 25491288
JGK (Jurnal Guru Kita) berisi tulisan dari hasil penelitian, pendidikan, pembelajaran, ilmu pengetahuan, budaya, teknologi, bahasa, seni, sosial, fenomena, dan pengabdian masyarakat. Diterbitkan empat kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Jurnal ini dikelola oleh prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan dan bekerjasama dengan Himpunan Dosen PGSD Indonesia. Artikel pada jurnal ini telah melalui proses review oleh tim reviewer dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
Articles 206 Documents
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALAUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCHPADA MATA PELAJARAN AGAMA KRISTEN DI KELAS IX-E SMP N 1 SIDIKALANG

Sipayung, Lasma

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 2: Maret 2018
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract : Improving Student Learning Results Through Learning Model Make A Match At Religious Lessons Of Christians In Class IX-E Smp N 1 Sidikalang. This study aims to see students learning attitudes in Christian learning by applying Make A Match learning model to media-assisted crossword puzzles in IX-E class of SMP Negeri 1 Sidikalang. The research is applied to the students of class IX-E SMP Negeri 1 Sidikalang with the number of 21 students. After two cycles of research it can be concluded that; 1) Students learning outcomes by applying the Make a Match learning model of media crossword puzzles on the subjects of Christianity in the class IX-E SMP Negeri 1 Sidikalang, that is, in the first cycle there are 11 students who are solved individually while the class is not complete. Cycle II there are 19 students who complete the individual and the class completely, whereas in cycle II menyisahkan 2 students are not complete individually.Keywords : Learning Model Make A Match Assisted Media Crossword, Attitude LearnAbstrak : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Mata Pelajaran Agama Kristen di Kelas IX-E SMP N 1 Sidikalang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sikap belajar siswa dalam pembelajaran Agama Kristen dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match berbantu media teka teki silangdi kelas IX-E SMP Negeri 1 Sidikalang. Penelitian dikenakan pada siswa kelas IX-E SMP Negeri 1 Sidikalang dengan jumlah 21 orang siswa. Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa; 1)Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match berbantu media teka teki silang pada mata pelajaran Agama Kristen di kelas IX-E SMP Negeri 1 Sidikalang, yaitu, pada Siklus I terdapat 11 orang siswa yang tuntas secara individu sedangkan kelas tidak tuntas. Siklus II terdapat 19 siswa yang tuntas secara individu dan kelas tuntas, sedangkan pada siklus II menyisahkan 2 orang siswa tidak tuntas secara individu.Kata Kunci : Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Teka Teki Silang, Sikap Belajar.

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN SUSUKAN 02 KABUPATEN SEMARANG

Sitepu, Melyani Sari, Wijayanti, Atrianing Yessi

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract : Effect of Jigsaw Type ARIAS learning model Implementation on Social Studies Learning Outcomes At Four Class Elementary School Students Susukan 02 Semarang District. The background of this research is the low of social study result at SD Negeri 02 Susukan. The goal of this research is to know the influence of Jigsaw Type ARIAS Learning Model on result of  IPS study result at the fourth grade students of SD Negeri 02 Susukan. This type of research is quasi-experimental research design. Subjek in this research is 64 students , 28 students from SDN 2 Susukan  for experimental class and 36 students of SDN 04 Susukan to control classes. Data collection techniques of this study was test with multiple choice type. Data analysis using t-test formula. The results showed the pretes maksimal score at control class is 33 and postes maksimal score social studies learning outcomes is 77, while pretes score maksimum at ekpseiment is 30 and posttes score maksmimum is 90.  Difference in pretes and postes at eksperimen class is 13. Influences learning model implemntasi was shown by sign t-tes score is smaller than score α . (0,000 < 0,05)Keywords : Jigsaw Type ARIAS Learning Model, Social Studies Learning OutcomesAbstrak : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Susukan 02 Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPS siswa SD Negeri 02 Susukan . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS pada siswa SDN Susukan 02 Kec. Ungaran Timur.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Subjek berjumlah 64 siswa yang terdiri dari 28 siswa SDN Susukan 02 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa SDN Susukan 04 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan ganda. Analisis data dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan nilai maksimal pretes di kelas kontrol 33 dan maksimum postes kelas kontrol 77 sedangkan nilai maksimum pretes di kelas eksperimen 33 dan nilai maksimum postes sebesar 90.  Perbedaan antara nilai pretes dan postes untuk kelas eksperimen sebesar 13. Pengaruh penerapan model juga dapat dilihat dari nilai sig t-test lebih kecil dari α. (0,000 < 0,05). Kata Kunci : Model Pembelajaran ARIAS Tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPS

PERAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS TERPADU SISWA DI KELAS VII-C SMPN 1 SIDIKALANG

Situmorang, Jojor Anna

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 2: Maret 2018
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract : Role Of Cooperative Learning Model Type Think Pair Share (TPS) In Efforts Improving Learning Activities Student School Students In Class VII-C SMPN 1 Sidikalang. The study was conducted with two cycles by applying cooperative learning model Think Pair Share (TPS) as an alternative problem solving. The implementation of cooperative learning model type Think Pair Share (TPS) is done in an effort to improve learning outcomes and student learning activities in the field of Integrated IPS study. Application of the model is carried out in classroom action research for two cycles with two meetings (KBM) each cycle. So the data in this study is the result of learning and learning activities of students after applying cooperative learning model type Think Pair Share (TPS), with the subject of research is all students of class VII-C SMP Negeri 1 Sidikalang which amounted to 33 students.Keywords: Cooperative Learning Model of Peer Tutor Type, Student Learning Activity, Student Learning Result.Abstrak : Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Terpadu Siswa Di Kelas VII-C SMPN 1 Sidikalang. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) sebagai alternatif pemecahan masalah. Adapun penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dilakukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada bidang studi IPS Terpadu. Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas selama dua siklus dengan dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Sehingga data dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Sidikalang yang berjumlah 33 siswa.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa.

Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas III SD Negeri No. 056612 Pasar Batu T.A 2015/2016.

Irmalati, Irmalati

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 2: Maret 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas III SD Negeri No. 056612 Pasar Batu T.A 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Role Playing di kelas III SD Negeri No. 056612 Pasar Batu. Subjek penelitian ini berjumlah 21 orang siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa 1) Aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing berdasarkan pengamatan kedua pengamat mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. 2) Hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing meningkat dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci: Metode pembelajaran Role Playing, Aktivitas Siswa

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SDN 269 RANTOBI

Nasution, Sukri

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACT : Increasing Student Learning Activity Through Problem PosingModel In Islamic Religious Education Elementary Class IV SDN 269 Rantobi. The subjects of class IV SDN 269 Rantobi with the number of students 14 people. This research was conducted by applying Problem Posing learning model for two cycles and each cycle consisted of two meetings. By applying the learning model Problem Posing student learning outcomes from cycle to next cycle experience improvement. Student learning result of KKM is complete in formative I 9 (64,2%) student and formative II 13 (92,8%) student. The average score of students understanding on the subject at cycle I 57.1 and in cycle II increased to 80.Keywords : Problem Posing, Learning ActivityABSTRAK : Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Problem Posing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN 269 Rantobi. Subjek penelitian kelas IV SDN 269 Rantobi dengan jumlah siswa 14 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali  pertemuan. Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing hasil belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa tuntas KKM pada formatif I 9 (64,2%)  siswa dan formatif II 13 (92,8%) siswa. Nilai rata-rata pemahaman siswa pada materi pada siklus I 57,1 dan pada siklus II meningkat menjadi 80.Kata Kunci : Problem Posing, Aktivitas Belajar

PERBAIKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TRAINING DI KELAS V SD NEGERI 126 GUNUNG BARINGIN

Nurjani, Nurjani

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 3: Juni 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Improving Learning Outcomes of IPA Through Application of Inquiri Training Model In Class V SD Negeri 126 Gunung Baringin. This study aims to improve students learning outcomes. The subject of research as many as 24 people.Student learning outcomes using Inquiry Training model. In Cycle I mastery of 70% with an average of 71.3 and not yet completed classically and In Cycle II of 87% with an average of 74 shows completely individual and class. The learning activities of the students during the implementation of the Inquiri Training model in cycle I are reading / reading (38%), working (36%), asking fellow friends (8%), asking teachers (15%), and irrelevant to KBM (3%). And on the second cycle, the student activity data according to the observation included reading / reading (34%), working (40%), asking fellow friends (18%), asking teachers (8%), and irrelevant to KBM (2% ). Keywords : Learning Inquiry Training Model, Learning Outcomes, Activity Learning Abstrak :Perbaikan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Training Di Kelas V SD Negeri 126 Gunung Baringin. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar IPA siswa. Subjek peneltian sebanyak 24 orang.Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training.Pada Siklus I ketuntasan sebesar 70% dengan rata-rata 71,3 dan belum tuntas secara klasikal dan Pada Siklus II sebesar 87% dengan rata-rata 74 menunjukkan tuntas secara individu dan kelas.Aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran Inquiri Training pada siklus I antara lain membaca/membaca (38 %), bekerja (36 %), bertanya sesama teman (8 %), bertanya kepada guru (15 %), dan yang tidak relevan dengan KBM (3 %). Dan pada siklus II data aktivitas siswa menurut pengamatan antara lain membaca/membaca (34%), bekerja (40%), bertanya sesama teman (18%), bertanya kepada guru (8%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2%). Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry Training, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar

Observasi Supervisi Kependidikan Terhadap Hasil Kompetensi Dan Kinerja Guru Dalam KBM Di SD Negeri 2 Kabupaten Grobogan.

Jasri, Jasri

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 2: Maret 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Observasi Supervisi Kependidikan Terhadap Hasil Kompetensi Dan Kinerja Guru Dalam KBM Di SD Negeri 2 Kabupaten Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ragam kompetensi guru SD Negeri 2 Ngambakrejo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan mengidentifikasikan faktor-faktor yang terabaikan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Penelitian tindakan sekolah dilaksanakan di SD N 2 Ngambakrejo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru-guru di SD N 2 Ngambakrejo. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Hasil penilaian kompetensi guru dalam melaksanakan tugas kegiatan belajar mengajar di SD N 2 Ngambakrejo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68 dalam kategori C atau “Cukup Baik”. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 87,33 dalam kategori B atau “Baik”.                               Kata kunci : Supervisi Pendidikan, Kompetensi Guru, Kegiatan Belajar                               Mengajar

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI POKOK HARI AKHIRAT (KIAMAT) DI KELAS VI SDN 213 HUTARIMBARU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Lubis, Mardiah

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 4: September 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract : Efforts to Increase Student Learning Outcomes In Islamic Education Lessons Through Learning Methods Contextual Teaching and Learning Basic Matter of the Hereafter (Doomsday) in Class VI SD Negeri No. 213 Hutarimbaru Lessons 2016/2017. This study aims to determine the extent to which the use of these methods can improve student learning outcomes on the material to understand the Human Framework in Class VI State Elementary School. 213 Hutarimbaru Kotanopan Sub-district, Mandailing Natal District. The subjects of this research are the students of Grade VI of SD Negeri No. 213 Hutarimbaru Kotanopan Sub-district, Mandailing Natal Regency with 22 students, 13 of them female and 9 male. From the research, it is found that the improvement of the learning result after the action is done. And in the end there is a significant influence between the learning model Contextual Teaching and Learning on student learning outcomes, the higher the student activity in learning will be the higher the value of learning results obtained. Keywords : Contextual Teaching and Learning Method, Learning OutcomesAbstrak : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Materi Pokok Hari Akhirat (Kiamat) di Kelas VI SD Negeri No. 213 Hutarimbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memahami Rangka Manusia di Kelas VI SD Negeri No. 213 Hutarimbaru Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri No. 213 Hutarimbaru Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal dengan jumlah siswa 22 orang, 13 orang diantara perempuan dan 9 orang laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Dan pada akhirnya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa, semakin tinggi aktivitas siswa dalam belajar akan semakin tinggi pula nilai hasil belajar yang diperoleh.Kata Kunci : Metode Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DI KELAS VI SD NEGERI 098 PIDOLI

Nuriana, Nuriana

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 1, No 3: Juni 2017
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Efforts to Improve Student Understanding by Applying the NHT Learning Model In Grade VI SD Negeri 098 Pidoli. In Cycle I, the average test score 69 with learning completeness is 44.82% and in Cycle II the average test score 83 with learning completeness increased to 89.65%, and succeeded in giving a complete learning outcome in a classical manner. The Numbered Heads Together (NHT) learning model provides a change in student learning activities. Student activity data according to observer observation in Cycle I are writing / reading (38,8%), doing LKS (27,9%), asking fellow friend (17%), asking teacher (11,7%), and not relevant to KBM (4.6%). Student activity data according to observation in Cycle II, among others, write / read (21,3%), Working on LKS (49,6%), ask fellow friend (18,3%), ask teacher (7,9%), which is not relevant to KBM (2.9%). So that improves student learning activities in two cycles. Keywords: NHT Learning Model, Understanding Learning, Learning Activity Abstrak : Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran NHT Di Kelas VI SD Negeri 098 Pidoli. Pada Siklus I ratarata nilai tes 69 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 44,82% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 83 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 89,65%, dan berhasil memberikan ketuntasan hasil belajar secara klasikal.Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) memberikan perubahan aktivitas belajar pada siswa. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain menulis/membaca (38,8%), mengerjakan LKS (27,9% ), bertanya sesama teman (17%), bertanya kepada guru (11,7%), dan yang tidak relevan dengan KBM (4,6%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain menulis/membaca (21,3%), Mengerjakan LKS (49,6%), bertanya sesama teman (18,3%), bertanya kepada guru (7,9%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2,9%).Sehingga terjadi perbaikan aktivitas belajar siswa dalam dua siklus. Kata Kunci : Model Pembelajaran NHT, Pemahaman Belajar, Aktivitas Belajar

PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SMP SWASTA RIAMA MEDAN

Zulmawati, Zulmawati

Jurnal Guru Kita PGSD Vol 2, No 2: Maret 2018
Publisher : Jurnal Guru Kita PGSD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract : Effect of Parent Communication on Achievement Motivation (Study at Private Junior High School of Medan). The purpose of this study is to see the effect of parent communication on student achievement motivation in private junior Riama Medan. The form of the research is descriptive analysis, while the sample used in this research is 75 students of class VII, VIII and IX in Junior High School Private Riama Medan by using data collecting tool that is observation, questionnaire and interview. The results obtained from this study there is no influence between parent communication with achievement motivation in private junior Riama Medan. In accordance with the provisions if the value of r count is smaller than the value of r table (r arithmetic

Page 1 of 21 | Total Record : 206