cover
Filter by Year
Basastra
ISSN : -     EISSN : -
Jurnal yang dikelola oleh Prodi PBSI
Articles
353
Articles
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Hasanah, Uswatun, Daulay, Syahnan

Basastra Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.425 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini berjumlah 154 siswa. Dari 154 siswa, ditetapkan 30 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran experiential learning masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 6,44, sedangkan kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran experiential learning masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,66. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (4,59) > ttabel (1,60) pada taraf signifikan α= 0,05. Dengan demikian  ditolak dan  diterima, hal ini berarti ada pengaruh model experiential learning terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDITORY,KINESTETIK)TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH OLEH MAHASISWA STAIS TEBINGTINGGI

Mursid, Mursid, Simbolon, Erikson, Barus, Jusua, Sayekti, Retno

Basastra Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.527 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap kemampuan mahasiswa STAIS Tebingtinggi dalam menulis karya ilmiah. Dari keseluruhan populasi di perguruan tinggi ini ditetapkan 32mahasiswa yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan menulis karya ilmiah.Metode penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiahsebelum menggunakan model VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) yang dapat meningkatan kemampuan menyusun karya ilmiahmenunjukkan hasil dengan nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 60 yang diperoleh dari 32 mahasiswa, yang memiliki nilai rata-rata 74,41 dan berada pada kategori cukup. Kemampuan menulis karya ilmiah sesudah menggunakanmodel VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) menunjukkan hasil dengan nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 68 dari 32 mahasiswa, yang memiliki nilai rata-rata 82,56 dan berada pada kategori baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap kemampuan mahasiswa STAIS Tebingtinggi dalam menulis karya ilmiah.

KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU AJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Ridho Pradita, Muhammad, Lubis, Fitriani

Basastra Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.26 KB)

Abstract

Menurut Masnur Muslich (2010: 50) buku teks adalah buku yang berisi uraian bahan tentang mata pelajaran atau bidang studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksi berdasarkan tujuan tertentu, orientasi pembelajaran, dan perkembangan siswa, untuk diasimilasi.dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Permendiknas RI) No. 2 Tahun 2008 tentang buku Pasal 4 Ayat 1 disebutkan bahwa “Buku teks pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dinilai kelayakan pakainya terlebih dahulu oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebelum digunakan oleh pendidik dan atau peserta didik sebagai sumber belajar.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan  isi dan kelayakan bahasa pada buku ajar Bahasa Indonesia SMP kelas VIII edisi revisi 2017 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan kriteria BSNP. Buku ajar Bahasa Indonesia SMP kelas VIII edisi revisi 2017 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari segi kelayakan isi sudah dikategorikan pada kategori sangat layak dengan persentase 84,54% dan segi kelayakan bahasa juga sudah dikategorikan pada kategori sangat layak dengan persentase 88,38%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar Bahasa Indonesia SMP kelas VIII edisi revisi 2017 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaansangat layak untuk digunakan untuk proses belajar mengajar dikelas.

SISTEM PENILAIAN KARAKTER BERDASARKAN KESANTUNAN BERBAHASA DI PERGURUAN TINGGI

Harahap, Safinatul Hasanah

Basastra Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.612 KB)

Abstract

Karakter merupakan sikap dan perilaku seseorang yang dapat diubah dan ditingkatkan. Hal tersebut dapat dilakukan melalui proses penilaian dengan sistem yang tepat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sistem penilaian karakter berdasarkan kesantunan berbahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian adalah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik dokumentasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa nilai-nilai karakter yang dinilai dan diterapkan kepada setiap mahasiswa ada sepuluh, yaitu: etika berkomunikasi (sopan dan santun), kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, ketangguhan, kepedulian, kedisiplinan, ketekunan, kemandirian, dan keberinisiatifan. Kesantunan termasuk dalam nilai etika berkomunikasi. Penilaian terhadap kesantunan berbahasa tidak memiliki indikator yang sama pada setiap dosen. Dari sudut pandang mahasiswa, diperoleh data bahwa mahasiswa yang mengungkapkan mendapat DPNA atau KHS yang berisi penilaian pembelajaran sebanyak 91,53%, tidak memperoleh lembaran khusus untuk menilai kesantunan sebanyak 71,19%, memperoleh penilaian sikap dalam bentuk angka 45,76%, memperoleh penilaian kesantunan dalam bentuk deskripsi sebanyak 44,07%, tidak pernah mendapat lembar isian yang berisi kesantunan berbahasa kurang lebih sebanyak 50%, pernah berdiskusi dengan dosen mengenai cara berbicara dengan orang lain dan menuliskan pesan di telepon genggam kurang lebih sebanyak 50%.

PENGARUH TEKNIK PENGELOMPOKAN (CLUSTERING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Izar, Sri Listiana, Pasaribu, Oktavia Lestari

Basastra Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.89 KB)

Abstract

Ada empat keterampilan berbahasa yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lain, hal ini didukung oleh Tarigan (1986:1)  bahwa keterampilan berbahasa memiliki empat komponen yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca.Dengan menulis, mahasiswa dapat mengungkapkan dan mengekspresikan gagasan atau pendapat, pemikiran, dan perasaan yang dimiliki. Selain itu, menulis juga dapat mengembangkan daya pikir dan kreativitas mahasiswa.Data dalam penelitian ini diperoleh dengan mengadakan tes. Tes dilakukan dengan mengunakan soal-soal yang dibuat dan disusun oleh peneliti. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada siklus I dan siklus II. Skor penilaian berdasarkan aspek-aspek yangsudah ditentukan. Dalam melakukan tes ini, diperlukan instrumen yang berupa pedoman atau kriteria penilaian. Penilaian tersebut menunjukan pencapaian aspek pokok yang  dijadikan kreteria penilaian, yaitu : (1) kelengkapan unsur berita (mengandung ADIKSIMBA); (2) keruntutan pemaparan (isi urut dan jelas sehingga mudah dipahami); (3)penggunaan kalimat (singkat dan jelas); (4) penggunaan kosa kata (tepat); (5) kemanarikan judul; dan (6)ketepatan penggunaan ejaan dalam berita.Untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menulis teks berita, data memegang peranan penting. Untuk memperoleh data tersebut banyak cara yangditempuh, ada yang mengunakan tes, angket, wawancara, dan sebagainya sesuai dengan data yang dibutuhkan.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMK SANDHY PUTRA 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Wahdini, Wahdini, Barus, Frinawaty L.

Basastra Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.774 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 3 dan X TKJ 4 yang berjumlah 60 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kinerja siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan model two-groups posttest design. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen 84,5 sedangkan di kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 63,16. Penggunaan video yang memicu keaktifan dan meningkatkan minat siswa dalam belajar. Aspek penilaian tulisan siswa dinilai dari empat aspek yaitu struktur, ciri kebahasaan, kosakata, dan mekanik. Berdasarkan uji persyaratan analisis data melalui tes normalitas dan homogenitas maka diperoleh data penelitian berdistribusi normal dengan perhitungan Lhitung< Ltabel atau 0,13 <0,16 dan sampel berdistribusi homogen dengan perhitungan dan X2 hitung < X2 tabel yaitu 2,67 < 42,6. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa, to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 12,62 > 1,67, maka hipotesis alteratif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap kemampuan siswa menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH MICROTEACHING

Saragih, Hasan, Dewi Saragih, Sri Rahmah, Lubis, Fitriani, Endriani, Dewi

Basastra Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.968 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui prestasi mahasiswa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two pada mata kuliah microteaching Tahun akademik 2017/2018.Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik  Cluster Random Sampling yaitu pada penelitian ini adalah mahasiswasemesterVIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB  sebagai kelas kontrol  dan jumlah setiap semester adalah 30 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dan  menggunakan tes yang berbentuk  uraian 5  soal. Dari hasil perhitungan pretes dan protes, data tersebut  diuji kedalam pengujian normalitas dan homogenitas dari kedua kelas, dinyatakan berdistribusi normal  dan homogen. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis diperoleh    thitung = 4,53 dan ttabel = 2,002 dengan dk = 30 + 30 – 2 = 58 dan a = 0,05 maka thitung>  ttabel yaitu 4,53 > 2,002, sehingga hipotesis nol ditolak,sekaligus menerima hipotesis alternatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adapengaruh strategi pembelajaran aktif  tipe The Power Of Two terhadap prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah microteaching.

PENGEMBANGAN LEAFLETSEBAGAI BAHAN AJAR MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS XI SMK NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Agustianingsih, Weni, Rosmaini, Rosmaini

Basastra Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.63 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengembangkan bahan ajar leaflet pada materi materi teks eksplanasi di kelas XI SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, (2) mendeskripsikan kelayakan leaflet dalam materi teks eksplanasi untuk meningkatkan pembelajaran yang valid sesuai dengan syarat kelayakan leaflet kelas XI SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan sampel 29 orang peserta didik dengan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).Hasil penelitian Leaflet sebagai bahan ajar materi teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 tergolong kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan rata-rata penilaian dari ahli materi 95.27% (kelayakan isi materi 93,33%, kelayakan penyajian 92,5%, dan kelayakan bahasa 100%) dan ahli desain 90.66%. Selanjutnya diperkuat hasil uji coba bahan ajar leaflet pada 29 orang siswa dibagi menjadi dua tahap yaitu uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa leaflet yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran dan layak digunakan.

ANALISIS LEVEL PERTANYAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X KURIKULUM 2013 BERBASIS TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOME)

Siagian, Beslina Afriani

Basastra Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.028 KB)

Abstract

Kurikulum 2013 dikembangkan dengan tujuan mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bremasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Itu sebabnya, salah satu karakteristik kurikulum 2013 didasarkan pada keseimbangan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level pertanyaan pada Kurikulum 2013 dengan model evaluasi taksonomi SOLO (The Structure of the Observed Learning Outcome). Taksonomi tersebut berbeda dengan taksonomi Bloom karena hanya menggolongkan level pertanyaan menjadi empat tingkatan, yakni pertanyaan unistruktural, pertanyaan multistruktural, pertanyaan relasional, dan pertanyaan abstrak diperluas. Data diperoleh dari Buku Teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas X dan dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa level pertanyaan pada buku teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas X SMA Edisi Revisi 2014 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berada pada level multistruktural (43,17%) yang mengarah pada level relasional (36,35%). Berarti pemerintah melalui Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk dapat memiliki dan menggunakan informasi-informasi serta menghubungkan informasi tersebut agar dapat menyelesaikan persoalan. Siswa harus bisa berpikir secara multifungsi agar mampu memecahkan masalah dengan baik dan benar.

EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATERI KULIAH MENULIS PANTUN DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU

Febriyana, Mutia, Winarti, Winarti

Basastra Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Apakah strategi pembelajaran the power of two dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik pada materi kuliah menulis pantun, (2) Apakah strategi pembelajaran konvensional dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik pada materi kuliah menulis pantun, (3) Manakah diantara strategi pembelajaran the power of two dan konvensional yang lebih baik ditinjau dari hasil belajar mahasiswa pada materi menulis pantun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU. Sampeldalampenelitianiniadalah mahasiswa semester VI kelas BpagisebagaikelaseksperimendankelasB soresebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes esai. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional dalam menulis pantun lebih rendah dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran the power of two dalam menulis pantun yakni 91,15. Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa menggunakan strategi the power of two lebih baik dibandingkan dengan menggnakan strategi pembelajaran konvensional.

Issues
All Issue Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): basastra Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Basastra Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): BASASTRA Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): BASASTRA Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 1 (2012): Basastra