cover
Contact Name
Diah Eka Sari
Contact Email
ekasarium@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
ekasarium@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Kode: Jurnal Bahasa
ISSN : 23015411     EISSN : 25797957     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, terbit 4 (empat) kali dalam setahun. jurnal ini berisi hasil penelitian mahasiswa
Arjuna Subject : -
Articles 211 Documents
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI WACANA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE Situmorang, Mulkan Andika
Kode: Jurnal Bahasa Vol 1, No 1 (2012): KODE
Publisher : Kode: Jurnal Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan media Puzzle dapat menciptakan kreativitas, menyenangkan dan tidak membosankan, melatih anak berpikir logis, mengembangkan ide siswa, membantu anak untuk memahami suatu persoalan dengan mudah dan cepat. Puzzle adalah permainan yang terdiri dari potongan gambar-gambar, kotak-kotak, huruf-huruf atau angka-angka yang disusun seperti dalam sebuah permainan yang akhirnya membentuk kosa kata sehingga membuat peserta didik menjadi termotivasi untuk menyelesaikan Puzzle secara tepat dan cepat. Kemampuan memahami seseorang rendah  disebabkan ketidaktahuan terhadap kosa kata yang ada pada wacana. Penerapan media  Puzzle dapat digunakan sebagai dasar memahami wacana karena isi dari Puzzle merupakan dari kosa kata yang terdapat pada wacana .Oleh karena itu, meningkatkan kemampuan memahami wacana dapat melalui media  Puzzle Kata Kunci: Meningkatkan–memahami–Puzzle
HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN KALIMAT EFEKTIF DENGAN KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011 Reyna, Amanda
Kode: Jurnal Bahasa Vol 1, No 1 (2012): KODE
Publisher : Kode: Jurnal Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan pengajaran berbahasa salah satunya dapat terlihat dari keterampilan berbahasa. Dalam keterampilan berbahasa, kosakata menduduki posisi yang sangat penting. Semakin banyak kosakata yang dimiliki maka akan semakin mudah untuk menjalin komunikasi dengan pihak lain. Berdasarkan  hal ini, maka yang diidentifikasi adalah penguasaan kosakata siswa. Hasil  menunjukkan penguasaan kosakata pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2010/2011 cenderung kurang. Kata kunci : kosakata, kalimat efektif, teks wawancara, karangan narasi.
EFEKTIVITAS STRATEGI FORMASI REGU TEMBAK TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEI BAMBAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010 SIAGIAN, BESLINA AFRIANI
Kode: Jurnal Bahasa Vol 1, No 1 (2012): KODE
Publisher : Kode: Jurnal Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi formasi regu tembak merupakan salah satu dari 101 strategi pembelajaran aktif (active learning). Pembelajaran aktif (active learning) dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang diperoleh oleh anak didik sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. pembelajaran aktif, strategi formasi regu tembak dirancang dengan menampilkan pasangan secara bergilir dalam formasi dua barisan berhadapan. Kata kunci :  efektivitas ,strategi formasi regu tembak terhadap kemampuan apresiasi naskah drama.
EFEKTIVITAS METODE DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SWASTA R.A. KARTINI TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. SINAGA, LINI AFRIANI
Kode: Jurnal Bahasa Vol 1, No 1 (2012): KODE
Publisher : Kode: Jurnal Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode  diskursus multy reprecentacy (DMR) terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi siswa SMA Swasta R.A. Kartini Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2010/2011. Instrument atau alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes essay  menulis paragraf argumentasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada perbedaan antara metode diskursus multy eprecentacy dengan metode konvensional Ceramah pada siswa SMA Swasta R.A. Kartini Tebing Tinggi. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan metode diskursus multy reprecentacy lebih efektif dibanding metode ceramah.
HUBUNGAN MINAT BACA CERPEN ANAK DENGAN KEMAMPUAN MENGARANG CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS V SD SWASTA SETIA BUDI KECAMATAN PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011 SIMATUPANG, MUTIARA
Kode: Jurnal Bahasa Vol 1, No 1 (2012): KODE
Publisher : Kode: Jurnal Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tampubolon ( 1993 ) menjelaskan bahwa pada hakekatnya membaca adalah kegiatan fisik dan mental untuk menemukan makna dari tulisan, walaupun dalam kegiatan itu terjadi proses pengenalan huruf-huruf. Dikatakan kegiatan fisik,  karena bagian-bagian tubuh khususnya mata, yang melakukannya. Dikatakan kegiatan mental, karena bagian-bagian pikiran khususnya persepsi dan ingatan, terlibat didalamnya. Diperjelas oleh pendapat Smith (ginting 2005) bahwa membaca merupakan suatu proses membangun pemahaman dari teks yang tertulis. Minat baca cerpen anak oleh siswa kelas V SD Swasta Setia Budi Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011 adalah cukup dengan skor rata-rata 54,73 dengan tingkat membaca cukup. Kemampuan mengarang cerita pendek (cerpen) siswa cukup dengan skor rata-rata 60,67, dan tingkat kemampuan 60,67%. Selanjutnya ada hubungan minat baca cerpen anak dengan kemampuan mengarang cerita pendek oleh siswa SD Swasta Setia Budi Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan statistik uji korelasi r product moment diperoleh nilai rxy = 0,604 dan nilai korelasi tersebut signifikan setelah diuji dengan membandingkan nilai kritisnya  yaitu 0,604 > 0,361(0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan siswa mengarang cerpen diperlukan pemahaman guru tentang pentingnya minat baca cerpen. Upaya-upaya tersebut perlu dilakukan guru maupun pihak sekolah setempat dengan menyediakan cerpen anak di sekolah.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011 DEWI, SRI KURNIA
Kode: Jurnal Bahasa Vol 1, No 1 (2012): KODE
Publisher : Kode: Jurnal Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas  model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah 414 orang dan sampel penelitian dilakukan terhadap  94 siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2010/2011.  Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. kemampuan menulis paragraf deskripsi yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2010/2011 adalah baik dengan nilai rata-rata 76,60. Kemampuan menulis paragraf deskripsi yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2010/2011 adalah cukup dengan nilai rata-rata 67,34.
EFEKTIVITAS METODE PEMODELAN TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF OLEH SISWA KELAS IX MTs RIYADHUS SALIHIN SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011 AZHARI, SYAHDI
Kode: Jurnal Bahasa Vol 1, No 1 (2012): KODE
Publisher : Kode: Jurnal Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemodelan dalam pembelajaran adalah suatu metode yang menghadirkan suatu acuan atau sesuatu yang dibuat untuk dapat diamati atau ditiru langsung oleh siswa dalam proses pembelajaran. Guru bukan satu-satunya model. Model dapat dirancang oleh guru dengan melibatkan siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes hasil belajar menulis paragraf deduktif berbentuk karangan/tulisan. Tes ini diujikan sebanyak 2 (dua) kali yaitu pretes dan postes. Berdasarkan teknik analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum diterapkan perlakuan pembelajaran metode pemodelan dan ceramah memiliki rata-rata nilai hasil belajar masing-masing adalah 49 dan 48,75 yang tergolong masih rendah. Hasil postes siswa kelas eksperimen setelah digunakan pembelajaran metode pemodelan memiliki rata-rata nilai hasil belajar 79 yang tergolong tinggi sebab rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol setelah diberikan perlakuan menggunakan metode ceramah memiliki rata-rata nilai hasil belajar 62,75 yang tergolong masih rendah. Hasil uji hipotesis adalah membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 5,622 > 1,686, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan bahwa metode pemodelan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf deduktif pada siswa kelas IX MTs Riyadhus Salihin Sunggal tahun pembelajaran 2010/2011.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RANTAU SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011 SIMANJUNTAK, TIKA LESTARI
Kode: Jurnal Bahasa Vol 1, No 1 (2012): KODE
Publisher : Kode: Jurnal Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan menulis tidak bisa tercipta begitu saja tanpa melalui proses. Pemahaman yang kurang tercapai dalam menulis paragraf persuasif  merupakan pertanda yang kurang baik dalam proses pembelajaran. Terdapat satu metode inovatif yang dapat digunakan dalam menanggapi masalah tersebut, yaitu Generatif (generative learning). Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis paragraf persuasif dengan metode pembelajaran Generatif (generative learning). Kata Kunci: Efektivitas, Kreativitas, Generative Learning, Paragraf Persuasif.
EFEKTIVITAS STRATEGI LATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PADA ARTIKEL SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011 AYUNINGTYAS, TRI ANDINI
Kode: Jurnal Bahasa Vol 1, No 1 (2012): KODE
Publisher : Kode: Jurnal Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Efektivitas strategi latihan terhadap peningkatan kemampuan menemukan ide pokok pada artikel siswa kelas XII SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay, yaitu menemukan ide pokok pada artikel.
PENGARUH TEKNIK FIELD VISIT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BUDI AGUNG MEDAN MARELAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011 WULANDARI, WINA
Kode: Jurnal Bahasa Vol 1, No 1 (2012): KODE
Publisher : Kode: Jurnal Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknik Field visit adalah adalah salah suatu teknik atau perencanaan yang digunakan sebagai pedoman pembelajaran yang mengaktifkan dan mendorong siswa untuk membangun pengetahuan dan kemampuan melalui pengalamannya secara langsung dengan memberi para siswa seperangkat atau serangkaian situasi belajar dalam bentuk keterlibatan pengalaman sesungguhnya yang dirancang oleh guru dan siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 72 orang dari 224 populasi yang ada. Sampel tersebut akan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai perlakuan teknik field visit, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan teknik ceramah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group pretest postest. Instrumen yang digunakan adalah tes essay, yaitu menulis berita dari unsur-unsur berita. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,88 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 72,69. Dapat disimpulkan bahwa teknik field visit berpengaruh positif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis berita pada siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Agung Medan Marelan tahun pembelajaran 2010/2011. Kata kunci: sampel, kelas eksperimen, kelas kontrol, field visit

Page 1 of 22 | Total Record : 211