cover
Filter by Year
Jurnal Pelita Pendidikan
Articles
427
Articles
ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 1 KARANG BARU

Amini, Fitri, Nasution, Mhd Yusuf, Mulkan, Mulkan, Sugito, Hartati

Jurnal Pelita Pendidikan Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aims to determine students learning difficulties in the excretory system material in terms of cognitive aspects and learning indicators as well as the factors causing student learning difficulties in class XI IPA 1 Karang Baru at the year learning 2017/2018. The research design used is quantitative descriptive. Samples were taken by purposive sampling with a total of 95 students. The technique of data collection used  diagnostic and questionnaire tests. The results showed that the percentage of students learning difficulties from the highest to the lowest on the cognitive aspects they are C6, C4, C5, C3, C1 and C2 of 47.37%,for amount 46.5%, 46.00%, 39.61%, 34.74 % and 26.53%. The percentage of student learning difficulties based on indicators on the excretion system material are  indicator 1 amount 28.95% medium category, indicator 2 amount 46.02% of very high category, indicator 3 amount 39.89% of high category and indicator 4 amount 42.32% of category high. Internal and external factors that cause the learning difficulties of learning difficulties from the highest to the lowest percentage are family (63,15%), interest (63,02%), school (63,00%), psychology (46,57%), teaching methods (45,21%), material (44,42%), motivation (44,21%), media (44,21%), teachers (44,12%) and health (44,03%).Keywords: Cognitive Aspects, Learning Indicators, Learning Difficulties, Excretion Systems

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENGGUNAAN LKPD BERBASIS INKUIRI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

Hasibuan, Rini Syahrayni, Suriani, Cicik

Jurnal Pelita Pendidikan Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa melalui penggunaan LKPD berbasis inkuiri pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di  MAN 2 Model Medan. Jenis penelitian ini ada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan MC.Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu: ??perencanaan, implementasi/pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Objek  penelitian ini berupa hasil belajar siswa dalam ranah kognitif dan keterampilan proses sains pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan dengan menerapkan LKPD berbasis inkuiri. Hasil penelitian ini adalah penggunaan LKPD berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa di kelas XI IPA2 MAN 2 Model Medan T.P 2018/2019. Siswa yang sudah mencapai KKM pada siklus I  38,10% siswa dengan nilai rata-rata 75,5. Siswa yang sudah mencapai KKM pada siklus II  85,71% , dengan nilai rata-rata 93,8. Penggunaan LKPD berbasis inkuri dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa (mengamati, bertanya, memprediksi, mengkomunikasi dan menyimpulkan) pada kegiatan pembelajaran Biologi   di kelas XI IPA2 MAN 2 Model Medan. Kata kunci: Hasil belajar, keterampilan proses sains,  LKPD, inkuiri

Analisis Pemahaman Konsep Siswa Materi Archaebacteria dan Eubacteria

Turnip, Noni Dynawati, Hasruddin, Hasruddin

Jurnal Pelita Pendidikan Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep pada materi Archaebacteria dan Eubacteria di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 159 orang. Sampel dalam penelitian ini terdidiri dari 3 kelas sebanyak 95 orang yang diambil secara Random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini berupa tes pilihan berganda dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukan pemahaman konsep siswa 20% baik sekali, 32% baik, 8 % sedang dan 40% kurang. Berdasarkan indikator soal,  pemahaman konsep siswa tertinggi 76% terdapat pada indikator membedakan Archaebacteria dan Eubacteria dan pemahaman konsep terendah 59% terdapat pada indikator membedakan reproduksi bakteri secara aseksual dan seksual.Kata kunci: Archaebacteria, Eubacteria, Pemahaman konsep

HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP PENERAPAN MODEL PBM DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Nasution, Subhan Abadi, Suriani, Cicik

Jurnal Pelita Pendidikan Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X di SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Stabat tahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian terdiri dari kelas X MIA 5 dan MIA 6 yang berjumlah 72 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling.Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional, dengan menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar sebagai alat pengumpul data.Berdasarkan hasil uji korelasi Product Moment diperoleh rhitung rtabel( 0,57> 0,235) artinya terdapat korelasi yang positif antara persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan hasil belajar dan termasuk kedalam kategori sedang. Hasil uji determinasi sebesar 32,49 % menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Perubahan Lingkungan memberikan konstribusi sebesar 32,49% terhadap hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh  thitung ttabel atau 8,62 > 1,994. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi Perubahan Lingkungan dengan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X di SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018. Kata kunci :Persepsi Siswa, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar siswa  ABSTRACTThis research aims to determine relations between students?? perception about Problem Based Learning in environmental change subject matter with students learning of class X SMA Negeri 1 Stabat Academic Year 2017/2018. The population in this study were all students of class X MIA in SMA Negeri 1 Stabat. The total number of samples is 72 students. Samples were taken by purposive technique sampling. The research method used in this research is descriptive correlative, using questionnaires and documentation as data collection tools. For data analysis technique, using the formula product moment correlation coefficient values obtained correlation rcuount rtable( 0,57> 0,235) it means that there is a positive and significant correlation between students perception of Problem Based Learning model with student learning. Determination index 32,49%, it means students?? perception contributed 32,49 % of the student learning. Testing the hypothesis using a statistical test t obtained tcount  > t table or 8,62> 1,994. Thus H0 is rejected and Ha accepted. It can be concluded that there is a significant correlation between students perception for Problem Based Learning model on change of the environment subject matter with student learning class X SMA Negeri 1 Stabat Academic Year 2017/2018.Keywords: student?? perception,  problem based learning model, student learning.

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBASIS PROYEK DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MATERI REPRODUKSI TUMBUHAN DI KELAS IX SMP NEGERI 1 STABAT

Supriyadi, Supriyadi

Jurnal Pelita Pendidikan Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbasis proyek siswa setelah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di IX-A SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat T.P. 2017/2018; 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas IX-A SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat T.P. 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan pelaksanaan tindakan kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun temuan penelitian PTK ini adalah 1) Pada siklus I dari 5 kelompok pada siklus I keterampilan berbasis proyek semua kelompok memperoleh kategori cukup, dari hasil observasi ditemukan kualitas proyek yang direncanakan masuk kategori cukup, untuk aspek Keakuratan data, Kuantitas dan kualitas data dan Analisis data juga kategori cukup. Pada siklus II diperoleh 5 kelompok pada siklus II keterampilan berbasis proyek semua kelompok memperoleh kategori Sangat baik; 2) Pada siklus I dari 38 orang siswa diperoleh 27 orang yang tuntas dengan 71,1% dan 11 orang yang tidak tuntas dengan 28,9%, dan pada siklus II dari 38 orang siswa diperoleh 35 orang yang tuntas dengan 92,1% dan 3 orang yang tidak tuntas dengan 7,8%.Kata Kunci: Model, Project Based Learning (PjBL)

Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Ekologi

Simangunsong, Putri Grasella, Lumban Gaol, Adriana Y.D., Sahnan, M

Jurnal Pelita Pendidikan Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekologi. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen, dimana populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA yang berjumlah 124 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya adalah kelas X MIA X berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa mencapai 80,47 termasuk kategori tinggi, ketuntasan belajar siswa mencapai 91,18 %  termasuk kategori tuntas, ketercapaian indikator mencapai 100% termasuk kategori tercapai, dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mencapai 75,04% termasuk ke dalam kategori kreatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Treffinger efektif digunakan pada materi ekologi.Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Treffinger

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Siregar, Miska Khairani, Amrizal, Amrizal

Jurnal Pelita Pendidikan Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The aims of this research is to determine the implementation 2013 curriculum based scientific approach on biology, to obtain data on the results of the 2013 curriculum achievement in learning planning aspects, implementation of learning and learning assessment. This research design using descriptive research with check list observation method and is conducted in 3 meetings. The Sample of research is 2 biology teachers in class x who applied 2013 curriculum. Data collection with observation sheets and interview guidelines which as where for as many as 30 questions for learning planning, 38 questions for implementation of learning, and 12 questions for learning assessment. Results was indicated the average of learning planning was 85.00% cathegorized as done, implementation of learning was 79.30% cathegorized as enough, and learning assessment was 79.16% cathegorized as enough. Based on the results, implementation 2013 curriculum based scientific approach in SMA Negeri 3 Binjai is had not maximal get and need to be replaced. Keywords: 2013 curriculum, scientific approach, planning, implementation, assessmen

PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BINJAI

Nurhayati, Nurhayati

Jurnal Pelita Pendidikan Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatkan keterampilan literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning di kelas VII SMP Negeri 2 Binjai. Desain Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model penelitian kemmis dan taggart, yaitu berbentuk spiral dari siklusyang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planing (rencana), action (tindakan), observation (Pengamatan), dan reflektion (refleksi). Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Pada Siklus I penerapan model pembelajaran Discovery learning memperoleh hasil belajar siswa dari 26 orang siswa diperoleh 18 orang yang tuntas dengan 69,2% dan 8 orang yang tidak tuntas dengan 30,8%. Observasi keterampilan literasi sains penerapan model pembelajaran Discovery learning, diperoleh dari 26 siswa yang ada di kelas VII SMP Negeri 2 Binjai Kab. Langkat, sebanyak 11 orang siswa keterampilan literasi sainsnya  dikategorikan Baik, dan 11 orang siswa keterampilan literasi sainsnya  dikategorikan Cukup, dan 4 orang siswa keterampilan literasi sainsnya  dikategorikan Kurang; 2) Pada Siklus II diperoleh hasil belajar dari ari 26 orang siswa diperoleh 23 orang yang tuntas dengan 88,5% dan 3 orang yang tidak tuntas dengan 11,5%. hasil observasi keterampilan literasi sains penerapan model pembelajaran Discovery learning, diperoleh dari 26 siswa yang ada di kelas VII SMP Negeri 2 Binjai Kab. Langkat, sebanyak 21 orang siswa keterampilan literasi sainsnya  dikategorikan Baik, dan 5 orang siswa keterampilan literasi sainsnya  dikategorikan Cukup. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan literasi sains siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Binjai Kab. Langkat TP. 2017/2018.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning,  IPA

Hubungan Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa

Simarmata, Bonita, Daulae, Abdul Hakim, Raihana, Raihana

Jurnal Pelita Pendidikan Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat hubungan dan kontribusi antara tingkat pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap peduli lingkungan siswa di SMA Negeri 14 Medan. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 10 kelas, dengan jumlah populasi 360 orang dan sampel 130 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik korelasi. Teknik pengampilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pengetahuan lingkungan, angket sikap peduli lingkungan, lembar observasi dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi yang terbentuk dari tingkat pengetahuan lingkungan hidup siswa dengan sikap peduli lingkungan siswa adalah sebesar 0,327 (rendah) dengan kontribusi sebesar 10,7 % dan analisis regresi menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 81,557 + 0,157 X. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung 3,915 > ttabel 1,9978. Hal ini mengindikasikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dengan kata lain ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap peduli lingkungan siswa di SMA Negeri 14 Medan.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 STABAT

Sari, Linda

Jurnal Pelita Pendidikan Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui cara peningkatan hasil belajar IPA pada materi klasifikasi mahkluk hidup dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) di kelas VII SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat  T.P. 2017/2018; 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada materi klasifikasi mahkluk hidup di kelas VII SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat  T.P. 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan pelaksanaan tindakan kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun temuan penelitian PTK ini adalah: 1) Pada Siklus I penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memperoleh hasil belajar dari 32 orang siswa diperoleh 23 orang yang tuntas dengan 72% dan 9 orang yang tidak tuntas dengan 28%; 2) Pada Siklus II diperoleh hasil belajar dari 32 orang siswa diperoleh 28 orang yang tuntas dengan 88% dan 4 orang yang tidak tuntas dengan 12%. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat TP. 2017/2018.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), IPA