cover
Contact Name
Dr. rer, nat. Rini Muharini, M. Si
Contact Email
jpp_fkip@untan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpp_fkip@untan.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa published by Education and Teacher Training Faculty, Universitas Tanjungpura, issued twelve (12) times a year ie January, February, March, April, May, August, September, November and December, contains scientific research articles of Science education, Social Education, Literature and Language Education, Primary Education, Sport Science Education, and Educational Science
Arjuna Subject : -
Articles 4,776 Documents
MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME for UNDERSTANDING (TGfU) TERHADAP HASIL JUMP SHOOT BOLA BASKET (F38108014), Yufensius Evarisco Usman
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2012): November 2012
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.754 KB)

Abstract

Model Learning Teaching Games for Understanding Of The Basketball jump shoot. The problem is there are still students who have not mastered the outcome jump shoot. The purpose of this study to find out: The effect of learning model (TGfU) to shoot a basketball jump results. Forms of quantitative research using experimental methods. Data analysis techniques normality test, homogeneity and test different formulas t-test using SPSS 19, son of Class VIII student population. Sampling using total sampling, in this study there are two variables: the dependent variable learning outcomes and jump shoot variables TGfU learning. Once calculated using t-test formula obtained thitung 7.549 with 29 hp at 2.045 ttabel obtained at significance level 0.05. Pre-test 1.6. Post-test 2.5. for 12 sessions can improve results by 56.25% jump shoot. ABSTRAK: Model Pembelajaran Teaching Game for Understanding Terhadap Hasil jump shoot Bola Basket. Permasalahan yaitu masih terdapat siswa-siswi yang belum menguasai hasil jump shoot. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pengaruh model pembelajaran (TGfU) terhadap hasil jump shoot bola basket. Bentuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan Metode eksperimen. Analisis data menggunakan teknik uji normalitas, uji homogenitas dan uji beda dengan rumus uji t menggunakan SPSS 19, Populasi siswa putra Kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, Dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu: variabel terikat hasil pembelajaran jump shoot dan variabel bebas pembelajaran TGfU. Setelah dihitung mengunakan rumus uji t diperoleh thitung 7,549 dengan dk 29 diperoleh ttabel sebesar 2,045 pada taraf signifikansi 0,05. Pre-test 1,6. Post-test 2,5. selama 12 kali pertemuan dapat meningkatkan hasil jump shoot sebesar 56,25%. Kata kunci :Model Pembelajaran TGfU Jump shoot bola basket
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP (F01108057), Nina Mardiana
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2012): November 2012
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.643 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Mujahidin. Penelitiaan bertujuan mengungkapkan upaya apa yang dilakukan guru dalam menghadapi perilaku belajar siswa kelas VII di SMP Mujahidin Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk survey. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 61 orang, kepala sekolah, waka kesiswaan , dan guru bidang studi IPS Terpadu kelas VII SMP Mujahidin Pontianak.Hasil analisis data menunjukkan bahwa perilaku yang dilakukan siswa kelas VII kurang baik,karena ada siswa yang melamun,ngobrol,keluar masuk kelas,tidak mencatat,dan tidak mendengarkan guru dengan baik. Serta upaya yang dilakukan gurudalam menghadapi perilaku siswa yang kurang baik adalah memberikan sanksi kepada siswa yang bersangkutan berupa dengan menegur siswa dan juga menyuruh siswa mengerjakan tugas dengan dua kali lipat. Kata kunci :Upaya guru, Perilaku belajar, Siswa ABSTRACT: This study was entitled "Disability Teacher In Improving Student Behavior Study Subjects in junior IPS Integrated Mujahidin. research efforts aimed at revealing what teachers do in the face of behavior learned in junior high school students class VII Mujahidin Pontianak. The method used is descriptive method, survey forms. Data source in this study were students of class VII 61 people, principals, Waka Student and teacher IPS Integrated field studies class VII SMP Mujahidin Pontianak.results data analysis shows that the behavior of students class VII performed less well, because there are students who daydreaming, chatting, and out of class, not recorded, and not listen to the teacher well. And an attempt in teacher face of poor student behavior is to give sanction to the student in question purports to reprimand students and also ask students to perform tasks with two-fold. Keywords: Disability teachers, learning behavior, Student Penelitian ini berjudul Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Mujahidin. Penelitiaan bertujuan mengungkapkan upaya apa yang dilakukan guru dalam menghadapi perilaku belajar siswa kelas VII di SMP Mujahidin Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk survey. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 61 orang, kepala sekolah, waka kesiswaan , dan guru bidang studi IPS Terpadu kelas VII SMP Mujahidin Pontianak.Hasil analisis data menunjukkan bahwa perilaku yang dilakukan siswa kelas VII kurang baik,karena ada siswa yang melamun,ngobrol,keluar masuk kelas,tidak mencatat,dan tidak mendengarkan guru dengan baik. Serta upaya yang dilakukan gurudalam menghadapi perilaku siswa yang kurang baik adalah memberikan sanksi kepada siswa yang bersangkutan berupa dengan menegur siswa dan juga menyuruh siswa mengerjakan tugas dengan dua kali lipat. Kata kunci :Upaya guru, Perilaku belajar, Siswa ABSTRACT: This study was entitled "Disability Teacher In Improving Student Behavior Study Subjects in junior IPS Integrated Mujahidin. research efforts aimed at revealing what teachers do in the face of behavior learned in junior high school students class VII Mujahidin Pontianak. The method used is descriptive method, survey forms. Data source in this study were students of class VII 61 people, principals, Waka Student and teacher IPS Integrated field studies class VII SMP Mujahidin Pontianak.results data analysis shows that the behavior of students class VII performed less well, because there are students who daydreaming, chatting, and out of class, not recorded, and not listen to the teacher well. And an attempt in teacher face of poor student behavior is to give sanction to the student in question purports to reprimand students and also ask students to perform tasks with two-fold. Keywords: Disability teachers, learning
PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MODEL Creation of Enterprises Formation of Entrepreneurs (CEFE) OLEH DISPERINDAGKOP & UKM (F01108029), U. Hilmaniar; ., Nuraini; Genjik, Bambang
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2012): November 2012
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.495 KB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pelatihan Kewirausahaan Model Creation of Enterprises Formation of Entrepreneurs (CEFE) Oleh Disperindagkop UKM Singkawang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan pelatihan kewirausahaan model CEFE oleh Disperindagkop UKM kota Singkawang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi dan metode pelatihan kewirausahaan model CEFE sudah sesuai dengan tangga model pelatihan kewirausahaan. Materi pelatihan yaitu pemantapan kompetensi pribadi, pengantar pribadi dan proyek, perumusan dan presentasi rencana usaha. Metode yang diterapkan dalam pelatihan adalah metode simulasi dan games. Faktor yang menghambat pelatihan adalah keterbatasan dana dari APBD kota Singkawang dan faktor yang mendukung terlaksananya pelatihan yaitu adanya materi dan metode yang menarik. Manfaat dari pelatihan adalah melatih peserta untuk bekerjasama dengan pihak Bank. Tindak lanjut setelah pelatihan adalah memantau perkembangan usaha peserta.   Kata Kunci : Pelatihan, Kewirausahaan, Model CEFE Abstract : The title of the study is "Entrepreneurship Training Model Creation of Enterprises Formation of Entrepreneurs (CEFE) By Disperindagkop UKM Singkawang". This study aims to reveal the application of entrepreneurship training models CEFE by Disperindagkop UKM Singkawang. The research method used is descriptive research survey form. The results showed that the materials and methods entrepreneurship training models CEFE are in line with the steps entrepreneurial training model. Training materials are strengthening personal competence, personal and project delivery, formulation and presentation of a business plan. The method applied in the training is a method of simulation and games. Factors that hinder training is lack of funding from APBD Singkawang and factors that support the implementation of the training that is the interesting materials and methods. The benefits from the training is train participants to collaboration with the Banks. Follow up after the training is to monitor the progress of business participants. Keywords: Training, Entrepreneurship, Model CEFE
KONTRIBUSI PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH (F01108062), Fitriani; ., Sulistyarini; ., Parijo
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2012): November 2012
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.333 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Kontribusi Pajak Reklame dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kontribusi pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di Kabupaten Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi survei. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Pendapatan DPPKAD Kabupaten Pontianak dan data dalam penelitian berupa Laporan Realisasi Anggaran pendapatan Daerah Kabupaten Pontianak. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada tahun 2009-2011, terdapat 6 jenis pajak reklame yang berlaku di Kabupaten Pontianak yaitu reklame papan/ billboard/ videotron/ megatron, reklame kain, reklame melekat/stiker, reklame berjalan, reklame neon box, dan reklame papan nama toko/usaha. Kontribusi yang diberikan pajak reklame terhadap PAD Kabupaten Pontianak pada tahun 2009 adalah sebesar 0,84%, tahun 2010 sebesar 0,79% dan tahun 2011 sebesar 1,01%.   Kata kunci: Kontribusi, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah Abstract: This study entitled Contributions to Advertising Tax Revenue Increase In Revenue Service Pontianak regency. This study aims to describe and analyze the advertisement tax contribution in increasing revenue in Pontianak regency. The method used is descriptive method research study survey form. Sources of data in this study is the Chief Revenue DPPKAD Pontianak regency and the data in the form of research reports earnings Budget Realization Pontianak regency. Based on the analysis of data obtained in the years 2009-2011, there are 6 types of advertisement tax applicable in Pontianak regency is advertising board / billboard /videotron /megatron, advertisement fabrics, billboards attached / sticker, walking billboard, billboard neon box, and advertisement boards the name of the store / business. Advertisement tax contributions made to PAD Pontianak regency in 2009 amounted to 0.84%​​, in 2010 amounted to 0.79% and in 2011 at 1.01%. Keywords: Contributions, Advertisement Tax, Revenue
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP (F01108008), Nuranisyah; ., Sulistyarini; ., Rustiyarso
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2012): November 2012
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.173 KB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Kompetensi Profesional Guru Pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Bina Utama Pontianak”. Penelitian bertujuan menganalisis kompetensi profesional guru pada pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Bina Utama Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah dua orang guru IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Bina Utama Pontianak dan data dalam penelitian adalah proses belajar mengajar dua orang guru IPS Terpadu kelas VIII di SMP Bina Utama Pontianak. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kedua guru IPS Terpadu kelas VIII di SMP Bina Utama Pontianak sudah melakukan penguasaan materi pelajaran, guru juga memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran IPS Terpadu, adanya upaya guru dalam mengembangkan materi, tetapi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi belum dimanfaatkan secara optimal. Kata Kunci :Kompetensi Profesional Guru, Pembelajaran IPS Terpadu, ....................  Kelas VIII SMP     Abstract : This research is entitled "Teachers Professional Competence On Integrated Social Science Learning Class of VIII Grade Pontianak”. The study aims to analyze the teachers professional competence in integrated social science learning class of VIII grade Pontianak. The research methodology is descriptive in form of case study research. Sources of data in this study were two teachers from Integrated social studies class VIII in SMP Bina Utama Pontianak and the data in the study was the process of learning of two eighth grade social studies teacher integrated in Pontianak. The results revealed that both integrated eighth grade social studies teacher have done mastered the subject matter, teachers understand the standards of competence and basic competences Integrated social studies, the teachers efforts in developing the material, but the use of information and communication technology has not been utilized optimally.   Key Words :  Teachers Professional Competence, IPS Integrated Learning, Class VIII SMP
PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SDN 24 PONTIANAK TENGGARA (F37008053), Fitri Apriyanti; Margiati, K. Y.; ., Kartono
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2012): November 2012
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.016 KB)

Abstract

Pengaruh Pemanfaatan Media Komik Matematika Terhadap Hasil Belajar Kelas V SDN 24 Pontianak Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media komik matematika terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 24 Pontianak Tenggara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitiannya adalah eksperimen semu. Berdasarkan perhitungan statistik dari rata-rata hasil post-test kelas kontrol sebesar 57,90 dan rata-rata hasil post-test kelas eksperimen sebesar 75,71 diperoleh thitung sebesar 3,83 dan ttabel (α = 5% dan dk = 57) sebesar 1,6785, yang berarti thitung (3,83) > ttabel (1,6785), dengan demikian maka Ha diterima. Dan dari perhitungan effect size, diperoleh effect size sebesar 0,91 (kriteria tinggi). Hal ini berarti pembelajaran dengan memanfaatkan media komik matematika memberi pengaruh yang besar terhadap tingginya hasil belajar siswa kelas V SDN 24 Pontianak Tenggara. Kata Kunci: pengaruh, media komik matematika, hasil belajar   Abstract: The influence of benefit mathematic comic media to study result of fifth grader student in SDN 24 south east Pontianak. The purpose of this research is to know influence of benefit mathematic comic media to study result of fifth grader student in SDN 24 south east Pontianak. The research method used experiment method. The research type is vision research. Based on statistic calculation from result average of control class post-test is 57,90 and the result average of experiment class is 75,71 obtained thitung is 3,83 and ttabel (a = 5% and dk = 57) is 1,6785 that is mean thitung (3,83) > ttabel (1,6785) that’s  why Ha received. And from the effect size calculation is 0,91 (high criteria). In this case is study with using mathematic comic media give big influence to high of study result of fifth grader student in SDN 24 south east Pontianak.   Key word: influence, mathematic comic media, study result.
PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP PEMEROLEHAN BELAJAR IPS KELAS V SDN 11 PONTIANAK (F37008064), Wulan Cahya Ningsih; ., Marzuki; Marli, Suhardi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2012): November 2012
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.709 KB)

Abstract

The Research about The Influence of Mind Map Learning System for Social Studies Learn Acquisition of the students in Fifth Grade of Elementary School 11 in Pontianak aims to describe weather  there is a significant influence between Mind Map learning system and social studies learn acquisition of the students in fifth grade of elementary school 11 in Pontianak. This research used an experiment method. The experiment form was quasi exsperimental design with one-group pretest-posttest design type. The mean of the pretest result before the Mind Map learning system applied was  37,39 and the posttest result mean was 72,18. The data analysis result with ttest obtained ttable 9,33 with the ttest ≥ ttable or 9,33 ≥ 2,0273 means significant. It  means there is a significant influence between Mind Map learning system and social studies learn acquisition of the students in fifth grade of elementary school 11 in Pontianak. Abstrak: Penelitian tentang  Pengaruh Sistem Pembelajaran Mind Map terhadap Pemerolehan Belajar IPS Siswa Kelas V di SDN 11 Pontianak Kota bertujuan untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem pembelajaran Mind Map terhadap pemerolehan belajar IPS siswa kelas V di SDN 11 Pontianak Kota. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi exsperimental design dengan jenis one-group pretest-posttest design. Nilai rata-rata pretest siswa sebelum diterapkannya sistem pembelajaran Mind Map adalah 37,39 dan rata-rata posttest siswa adalah 72,18. Hasil analisis data dengan uji t diperoleh ttabel 9,33 dengan hasil thitung ≥ ttabel atau 9,33 ≥ 2,0273 berarti signifikan. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem pembelajaran Mind Map terhadap pemerolehan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V di SD Negeri 11 Pontianak Kota.   Kata Kunci: Sistem Pembelajaran Mind Map, Pemerolehan Belajar
KORELASI ANTARA PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV (F37008020), Irma Yunita; Marli, Suhardi; ., Zahara
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2012): November 2012
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.315 KB)

Abstract

The correlation between picture media usage with the student learning result in Social Studies of fourth grade. The aim of this research is to get the objective side about the correlation between picture media usage with the student learning result in Social Studies of fourth grade. This research uses descriptive method. The result of the research indicates that there is a significant correlation between picture media usage with the student learning result in Social Studies of fourth grade. It can be proved from the amount of rxy>rtable (0,42>0,261). Thereby Ha accepted and Ho refused. Abstrak: Korelasi antara penggunaan media gambar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS  kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang objektif tentang korelasi antara penggunaan media gambar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang siginifikan antara penggunaan media gambar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari jumlah rxy>rtabel (0,42>0,261). Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.   Kata Kunci: Korelasi, Media Gambar, Hasil Belajar
WAWANCARA KLINIS BERBASIS SCAFFOLDING BERBANTUAN LKS MENGGUNAKAN MULTI REPRESENTASI PADA PENJUMLAHAN PECAHAN DI SMP (F04108013), Ika Nurhidayati; ., Sugiatno; Astuti, Dwi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2012): November 2012
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.788 KB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Wawancara Klinis Berbasis Scaffolding Berbantuan LKS Menggunakan Multi Representasi Pada Penjumlahan Pecahan Di SMP”. Penelitian bertujuan mengungkap dampak wawancara klinis berbasis scaffolding berbantuan LKS menggunakan multi representasi di kelas VII D SMP Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya dalam mengatasi kesulitan siswa pada penjumlahan pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah  4 orang siswa kelas VII D SMP Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya yang mengalami kesulitan pada penjumlahan pecahan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa  setelah diberikan wawancara klinis, setiap subjek penelitian mendapat nilai di atas standar KKM ( 60), kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal pre test dapat diminimalisir (dilihat dari hasil post test) dan waktu yang diperlukan masing-masing subjek penelitian untuk memahami konsep pecahan kurang dari waktu yang ditentukan (90 menit). Kata kunci : Wawancara Klinis, scaffolding, multi representasi     Abstract : The title of this research is “clinical interview based scaffolding with worksheets-assisted using multiple representations of the sum of fractions in junior high school. The study aims to reveal the impact of a clinical interview-based scaffolding with worksheet-assisted using multiple representation in class VII D Kemala Bhayangkari 1 junior high school Kubu Raya in overcoming the students difficulties on fractional summation. The research method used in descriptive with the form of case study research. Subjects were students of class VII D Kemala Bhayangkari 1 junior high school Kubu Raya who have difficulty in summing fractions. The results of data analysis showed that after being given a clinical interview, all study subject scored above the standard KKM ( 60), junior high school the mistakes made in completing the pre test problem can be minimized (as seen from the post test) and the time required for each research subject to understand the concept of fractions less than a specified time (90 minutes). Key Words : Clinical Interview, Scaffolding, Multiple Representations
MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN GI TERHADAP RETENSI SISWA DI MAN (F05108012), Sri Hartati; Ningsih, Kurnia; ., Syamswisna
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2012): November 2012
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.689 KB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah Model Pembelajaran STAD dan GI Terhadap Retensi Siswa di MAN. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan model pembelajaran STAD atau GI yang lebih meningkatkan retensi siswa di kelas X MAN 1 Pontianak dalam mengatasi kesulitan siswa pada materi Plantae. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk penelitian quasy eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XD (kelompok STAD) dan XE (kelompok GI). Hasil analisis data menunjukkan perolehan rata-rata skor retensi kelompok GI (88,59%) lebih tinggi dibandingkan kelompok STAD (79,87%). Hasil uji kesamaan dua rata-rata diperoleh thitung (11,64) > ttabel (2,025) berarti tidak terdapat persamaan rata-rata skor retensi siswa. Model pembelajaran GI lebih meningkatkan retensi siswa dibandingkan model pembelajaran STAD. Kata Kunci: Model pembelajaran STAD, Model pembelajaran GI, Retensi Abstract: The title of the research is "Learning Model STAD and GI Against Retention of Students at MAN". This study aims to reveal the learning model STAD or GI further improve retention of students in class X MAN 1 Pontianak in overcoming the difficulties students on material Plantae. The research method used was experimental with form quasy experimental research. The research sample is class XD (STAD group) and class XE (GI group). The results of the analysis of the data shows the average score gains retention GI group (88.59%) is higher than the STAD group (79.87%). Similarity of the two test results obtained average tcount (11.64)> ttable (2.025) means there is no equation average retention scores of students. GI learning models further enhance student retention than learning model STAD. Key Words: STAD learning models, GI learning models, Retention.

Page 1 of 478 | Total Record : 4776


Filter by Year

2012 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 7 (2018): Juli 2018 Vol 7, No 6 (2018): Juni 2018 Vol 7, No 5 (2018): Mei 2018 Vol 7, No 4 (2018): April 2018 Vol 7, No 3 (2018): Maret 2018 Vol 7, No 2 (2018): Februari (2018) Vol 7, No 1 (2018): Januari (2018) Vol 6, No 9 (2017): September 2017 Vol 6, No 8 (2017): Agustus 2017 Vol 6, No 7 (2017): Juli 2017 Vol 6, No 6 (2017): Juni 2017 Vol 6, No 5 (2017): Mei 2017 Vol 6, No 4 (2017): April 2017 Vol 6, No 3 (2017): Maret 2017 Vol 6, No 2 (2017): Februari 2017 Vol 6, No 12 (2017): Desember Vol 6, No 11 (2017): Nopember 2017 Vol 6, No 10 (2017): Oktober 2017 Vol 6, No 1 (2017): Januari 2017 Vol 54, No 2 (2016): Februari 2016 Vol 5, No 9 (2016): September 2016 Vol 5, No 8 (2016): Agustus 2016 Vol 5, No 7 (2016): JULI 2016 Vol 5, No 5 (2016): Mei 2016 Vol 5, No 4 (2016): April 2016 Vol 5, No 3 (2016): Maret 2016 Vol 5, No 2 (2016): Februari 2016 Vol 5, No 12 (2016): Desember 2016 Vol 5, No 11 (2016): Nopember 2016 Vol 5, No 10 (2016): Oktober 2016 Vol 5, No 1 (2016): JANUARI 2016 Vol 5, No 06 (2016): Juni 2016 Vol 4, No 9 (2015): SEPTEMBER 2015 Vol 4, No 8 (2015): AGUSTUS 2015 Vol 4, No 7 (2015): Juli Vol 4, No 6 (2015): JUNI 2015 Vol 4, No 5 (2015): Mei 2015 Vol 4, No 4 (2015): April 2015 Vol 4, No 3 (2015): Maret 2015 Vol 4, No 2 (2015): Pebruari 2015 Vol 4, No 12 (2015): Desember 2015 Vol 4, No 11 (2015): Nopember 2015 Vol 4, No 10 (2015): Oktober 2015 Vol 4, No 1 (2015): Januari 2015 Vol 3, No 9 (2014): September 2014 Vol 3, No 8 (2014): Agustus 2014 Vol 3, No 7 (2014): Juli 2014 Vol 3, No 6 (2014): Juni 2014 Vol 3, No 5 (2014): Mei 2014 Vol 3, No 4 (2014): April 2014 Vol 3, No 3 (2014): Maret 2014 Vol 3, No 2 (2014): Februari 2014 Vol 3, No 12 (2014): Desember 2014 Vol 3, No 11 (2014): Nopember 2014 Vol 3, No 10 (2014): Oktober 2014 Vol 3, No 1 (2014): Januari 2014 Vol 2, No 9 (2013): September 2013 Vol 2, No 8 (2013): Agustus 2013 Vol 2, No 7 (2013): Juli 2013 Vol 2, No 6 (2013): Juni 2013 Vol 2, No 5 (2013): Mei 2013 Vol 2, No 4 (2013): April 2013 Vol 2, No 3 (2013): Maret 2013 Vol 2, No 2 (2013): Februari 2013 Vol 2, No 12 (2013): Desember 2013 Vol 2, No 11 (2013): Nopember 2013 Vol 2, No 10 (2013): Oktober 2013 Vol 2, No 1 (2013): Januari 2013 Vol 1, No 1 (2012): November 2012 More Issue