cover
Contact Name
Hanif Fataroh
Contact Email
haniffataroh12@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jmo@apps.ipb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Organisasi
ISSN : 20889372     EISSN : 24278991     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen dan Organisasi merupakan media publikasi ilmiah yang memuat artiket-artikel; di bidang manajemen dan organisasi dengan ruang lingkup manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan operasi. Jurnal Manajemen dan Organisasi didedikasikan untuk menumbuhkan kreasi pertukaran ide antara akademisi, kalangan industri atau bisnis praktis, dan institusi pemerintah dalam bidang manajemen dan organisasi. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam setahun, yaitu bulan April, Agustus, dan Desember. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini mengedepankan analisis objektif terhadap kasus manajemen dan organisasi dalam perspektif akademik berupa hasil penelitian di bidang manajemen dan organisasi dalam perpektif akademik berupa hasil penelitian di bidang manajemen dan review terhadap konsep manajemen baru maupun implementasi konsep manajemen dengan studi literatur. Redaksi menerima naskah dari berbagai pihak untuk dimuat pada jurnal ini. Naskah yang masuk harus mengikuti Format Penulisan Naskah Jurnal Manajemen dan organisasi.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi" : 6 Documents clear
Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Work Engagement Karyawan UKM Susu Kambing Kabupaten Bogor Pranazhira, GP Ranisa; Sukmawati, Anggraini
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.245 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v8i1.18601

Abstract

Persaingan dalam penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas semakin ketat, maka asupan protein hewani menjadi sangat penting. Salah satu asupan protein hewani adalah susu. Terdapat 2 jenis susu yaitu susu sapi dan susu kambing. Kabupaten Bogor merupakan daerah yag memiliki banyak usaha ternak kambing dan susu kambing. Dalam pencapaian tujuan dan kesuksesan UKM harus diperhatikan dari berbagai aspek, salah satunya adalah sumber daya manusia(SDM). Pengambilan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik sampel jenuh atau sensus. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Microsoft Excel, SPPS dan SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan work engagement dipengaruhi oleh kompetensi dan kompensasi. Sedangkan work engagement tidak dipengaruhi oleh kepuasan kerja.
Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Brand Image pada Kosmetik Wardah di Bogor Marselina, Dian; Siregar, Edward H
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.178 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v8i1.18598

Abstract

PT Paragon Technology and Innovation merupakan salah satu perusahaan lokal yang bergerak di bidang produksi kosmetik yang menggunakan celebrity endorser sebagai pendukung dalam kegiatan promosinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap brand image, atribut celebrity endorser yang meliputi trustworthiness, expertise, attractiveness, respect dan similarity dari endorser Wardah yang bernama Inneke Koesherawati (IK). Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling di wilayah Bogor Tengah dan Bogor Barat. Penelitian diuji dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda dilengkapi dengan uji F dan uji T. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel independen yaitu trustworthiness, expertise, attractiveness, respect dan similarity secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap brand image Wardah. Secara parsial hanya tiga variabel yaitu trustworthiness, attractiveness and similarity yang berpengaruh signifikan terhadap brand image Wardah. Variabel attractiveness memiliki pengaruh yang dominan terhadap brand image Wardah.
Pembentukan Portofolio Saham Optimal pada Kondisi Bearish Tahun 2015 Putri, Rosharia Andina; Purwanto, Budi
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.023 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v8i1.18599

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar pasar saham pada tahun 2015 mengalami kondisi bearish, sehingga terjadi perubahan asumsi risiko dan return pada penelitian-penelitian portofolio saham optimal terdahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saham-saham yang masih berpotensi memberikan return positif pada kondisi pasar bearish dengan menggunakan Model Indeks Tunggal. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari saham-saham yang yang terdaftar di BEI tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari populasi 528 emiten, terseleksi sampel sebanyak 38 emiten. Kemudian, terdapat 13 saham yang memenuhi kriteria, yaitu saham TOTO, EMTK, HMSP, AMAG, PLIN, BISI, INAI, MYOR, AKRA, AHAP, BNBA, DPNS, dan BFIN. Berdasarkan perhitungan, investor akan mendapatkan return portofolio sebesar 0,010047 dengan risiko portofolio sebesar 0,022006. Untuk berinvestasi, investor dapat membagi pada beberapa saham dengan proporsi pada saham sebesar 34,89% TOTO, 4,03% EMTK, 13,62% HMSP, 6,92% AMAG, 1,25% PLIN, 3,80% BISI, 5,33% INAI, 6,20% MYOR, 15,16% AKRA, 0,90% AHAP, 6,76% BNBA, 0,28% DPNS, dan 0,78% BFIN.
Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan pada Unit Pelayanan Disdukcapil Kota Bogor Afif, Nurullah Sururi; Munandar, Jono M; Sarma, Mamun
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.092 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v8i1.18597

Abstract

Berdasarkan data BPS Kota Bogor tahun 2014, Kota Bogor mempunyai populasi yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu administrasi kependudukan yang banyak dibutuhkan adalah KTP, hal ini merupakan bagian yang penting dimiliki serta merupakan kewajiban bagi setiap masyarakatusia tertentu untuk memilikinya. Pelayanan yang diberikan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna layanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna layanan. Pengambilan sample dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial least Square. Pengguna layanan didominasi oleh remaja antara usia 17 -20 tahun yaitu sebesar 50%. Hasil analisis menunjukan bahwa physical environment quality, harga (price) berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan, sedangkan interaction Quality, Outcome Quality tidak berpengaruh terhadap kepuasan penggunalayanan.
Kajian Peramalan dan Pengaruh Profitabilitas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Makanan dan Minuman Tahun 2011-2016 Hutahaean, Octaviani; Basith, Abdul
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.349 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v8i1.18603

Abstract

Laju pertumbuhan industri terbesar selama tahun 2011-2015 yaitu 8,48 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencerminkan perusahaan yang termasuk dalam industri makanan dan minuman memiliki kinerja bisnis yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi harga saham dan profitabilitas pada tahun 2011-2015, mengetahui peramalan harga saham dan profitabilitas pada tahun 2016 dan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap harga saham pada tahun 2011-2016. Analisis profitabilitas dipresentasikan oleh beberapa rasio keuangan yaitu Return On Equity (ROE), Return On Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS). Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan data yang digunakan merupakan data sekunder. Peramalan menggunakan metode moving averages, weighted moving average, dan exponential smoothing dengan nilai MAD terkecil menggunakan aplikasi POM-QM for windows-3. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Delta Djakarta, Tbk (DLTA) memiliki kondisi harga saham, ROE, ROA, dan EPS dengan rata-rata tertinggi selama 2011-2015. PT Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk (AISA) memiliki rata-rata NPM tertinggi selama 2011-2015. PT Delta Djakarta, Tbk (DLTA) dan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk (INDF) menunjukkan peramalan tahun 2016 terhadap harga saham dan profitabilitas mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Profitabilitas berpengaruh simultan dan signifikan terhadap harga saham dan secara parsial menunjukkan bahwa ROE dan EPS berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham.
Kepuasan dan Loyalitas Siswa dan Orang Tua Terhadap Penggunaan Layanan Online Berdasarkan Kualitas Pelayanan dan Kualitas Tampilan Laman (Web) di SMK Negeri 1 Kota Bogor Pramono, Setio; Sarma, Mamun; Munandar, Jono M
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.703 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v8i1.18600

Abstract

Proses pembelajaran pada pendidikan menengah dan kejuruan di SMK Negeri 1 Kota Bogor telah memanfaatkan keberadaan website sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk (tampilan laman) terhadap kepuasan dan loyalitas siswa dan orang tua. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 290 orang siswa dan 290 orang tua siswa SMK Negeri 1 Kota Bogor. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling, metode pengumpulan data dengan kuesioner, dan analisis data menggunakan software SmartPLS 3.2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas siswa, kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas siswa, serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan orang tua. Sedangkan pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas orang tua tidak signifikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6