cover
Contact Name
Hanif Fataroh
Contact Email
haniffataroh12@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jmo@apps.ipb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Organisasi
ISSN : 20889372     EISSN : 24278991     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen dan Organisasi merupakan media publikasi ilmiah yang memuat artiket-artikel; di bidang manajemen dan organisasi dengan ruang lingkup manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan operasi. Jurnal Manajemen dan Organisasi didedikasikan untuk menumbuhkan kreasi pertukaran ide antara akademisi, kalangan industri atau bisnis praktis, dan institusi pemerintah dalam bidang manajemen dan organisasi. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam setahun, yaitu bulan April, Agustus, dan Desember. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini mengedepankan analisis objektif terhadap kasus manajemen dan organisasi dalam perspektif akademik berupa hasil penelitian di bidang manajemen dan organisasi dalam perpektif akademik berupa hasil penelitian di bidang manajemen dan review terhadap konsep manajemen baru maupun implementasi konsep manajemen dengan studi literatur. Redaksi menerima naskah dari berbagai pihak untuk dimuat pada jurnal ini. Naskah yang masuk harus mengikuti Format Penulisan Naskah Jurnal Manajemen dan organisasi.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi" : 6 Documents clear
Kepuasan Nasabah dan Strategi Pengembangan Usaha BNI Kantor Cabang Utama Harmoni Jakarta Annas, Enrico; Hubeis, Musa; Raharja, Sapta
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.504 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i2.12137

Abstract

Industri perbankan di Indonesia berkembang dengan cepat, ditunjukkan dengan banyaknya bank dan produknya yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Disamping itu, terjadinya perubahan pola pikir konsumen yang ditandai dengan semakin banyaknya faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih bank, antara lain akses yang mudah, rasa aman, produk bersaing dan pelayanan memuaskan. Tujuan kajian untuk mengidentifikasi karakteristik nasabah, menganalisis hubungan tingkat kinerja mutu jasa yang diberikan dengan karakteristik nasabah, menganalisis tingkat kepentingan nasabah dengan atribut-atribut mutu pelayanan, menganalisis kesesuaian antara tingkat kepentingan dengan atribut-atribut mutu pelayanan menurut nasabah dengan kinerja dan menyusun strategi yang tepat untuk pengembangan Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Cabang Utama (KCU) Harmoni dalam menghadapi persaingan. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis deskriptif, keandalan dan uji validitas, khi-kuadrat (chi-square), tabulasi silang, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (SWOT) analysis. Karakteristik nasabah  BNI KCU Harmoni sebagian besar adalah wanita berusia 36-55 tahun dan bekerja sebagai karyawati dengan penghasilan di atas Rp 8 juta lebih. Secara umum, nasabah mendapatkan informasi dari spanduk yang dipasang di depan kantor BNI KCU Harmoni. Berdasarkan hubungan antara karakteristik nasabah dan tingkat kinerja, dapat disimpulkan bahwa pelanggan wanita, terutama berusia 36-55 tahun membutuhkan pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan. Karyawan membutuhkan pelayanan menurut standar layanan. Nasabah dengan penghasilan Rp 5-8 juta mengharapkan transaksi keuangan dilakukan dengan aman. Nasabah melakukan transaksi sekali dalam satu bulan, karena merasa percaya dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Sumber informasi berupa spanduk yang dipasang di depan BNI KCU Harmoni sangat membantu petugas dalam memberikan informasi. Prioritas utama perbaikan perlu dilakukan tentang pelayanan parkir dengan melakukan koordinasi keamanan operasional gedung dan melakukan pemasaran secara agresif, lebih informatif dan fokus dengan lingkungan di sekitar kantor. Secara keseluruhan dari hasil integrasi IPA, CSI dan SWOT menunjukkan bahwa nasabah telah merasa puas dengan  pelayanan yang telah diberikan BNI KCU Harmoni. Kepuasan ini harus dibandingkan (benchmarking) dengan pelayanan yang diberikan oleh bank-bank pesaing di sekitar BNI KCU Harmoni agar pelayanan dapat lebih ditingkatkan menjadi lebih baik.Keywords : customer satisfaction, pengembangan bisnis, strategi
Analisis Pengaruh Faktor-Faktor terhadap Income Smoothing dengan Gender sebagai Variabel Moderator pada Emiten Perbankan Kusumaningrostati, Alvinda; Mutasowifin, Ali
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.565 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i2.12144

Abstract

Manajemen dapat melakukan intervensi dalam proses penyusunan laporan keuangan bagi pihak eksternal dengan cara meratakan, menaikkan, atau menurunkan laba yang dilaporkan. Salah satu pola manajemen laba adalah income smoothing, dengan cara meratakan laba yang dilaporkan sehingga dapat mengurangi fluktuasi laba. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi faktor-faktor yang diduga mempengaruhi perataan laba dengan menggunakan Return on Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Net Interest Margin (NIM) sebagai variabel bebas dan gender sebagai variabel moderator, untuk mengidentifikasi pengaruh variabel independen terhadap income smoothing dengan memperhatikan proporsi perempuan dalam dewan perusahaan. Sampel penelitian ini adalah 26 bank yang tercatat di BEI periode 2008-2012 dan dianalisis menggunakan SPSS dengan pengujian regresi linier berganda dan model regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ROA, NIM, dan DER dengan variabel moderator gender berpengaruh signifikan terhadap income smoothing. Pengujian secara parsial juga menunjukkan ROA dan NIM dengan variabel moderator gender berpengaruh signifikan terhadap income smoothing, sedangkan DER tidak berpengaruh.Kata kunci : debt to equity ratio (DER), gender, income smoothing, net interest margin (NIM), return on assets (ROA)
Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Perah KUNAK (Studi Kasus Usaha Ternak Kavling 176, Desa Pamijahan Kab. Bogor) Poetri, Nikki Ariesta; Basith, Abdul; Wijaya, Nur Hadi
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.362 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i2.12147

Abstract

Susu adalah salah satu komoditi peternakan dengan tingkat konsumsi tinggi. Namun, kesenjangan antara produksi dan konsumsi susu mengharuskan kita untuk melakukan impor dari negara lain. Selanjutnya, pembangunan usaha diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi susu nasional. ‘Kavling 176’ adalah salah satu peternakan yang membantu memasok produk susu. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis kelayakan usaha pada ‘kavling 176’. Analisis kelayakan digunakan menentukan 1) aspek non finansial usaha; 2) potensi pengembangan usaha dari aspek finansial; 3) analisis sensitivitas usaha. metode yang digunakan dalam aspek finansial adalah Net Present Value (NPV), Internal rate of return (IRR), Net B/C Ratio, Payback Period (PBP) dan Break Event Point (BEP). Berdasarkan tujuan, hasil yang diperoleh adalah 1) usaha dinyatakan layak menurut aspek non finansial; 2) pengembangan bisnis dapat dilakukan dengan nilai NPV Rp 292 514 822.00, IRR 25.93%, Net B/C Ratio 1.42, PBP 2.83 tahun, dan BEP Rp 225 155 564.00; 3) usaha dinyatakan sensitif pada penurunan produksi hingga 17% dan kondisi gabungan hingga 7%.Kata kunci : analisis kelayakan, analisis sensitivitas, finansial, non finansial, susu
Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Economic Value Added terhadap Harga Saham pada Sub Sektor Industri Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Mugi, Anggita; Irwanto, Abdul Kohar; Permanasari, Yusrina
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.72 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i2.12154

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS) dan Economic Value Added (EVA) terhadap harga saham. Sampel yang digunakan adalah perusahaan sub sektor industri semen yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. Variabel independen yang digunakan adalah ROA, ROE, NPM, EPS dan EVA dengan variabel dependennya adalah harga saham. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel yang meliputi data cross section dan time series. Hasil analisis regresi data panel menunjukkan bahwa secara simultan variabel ROA, ROE, NPM, EPS dan EVA berpengaruh secara signifikan terhadapa harga saham karena nilai p-value (0.000) < alpha (0.05). Sedangkan secara parsial variabel EVA tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham karena nilai p-value pada EVA (0.0683) > alpha (0,05) dan variabel ROA, ROE, NPM dan EPS berpengaruh secara parsial terhadap harga saham dengan nilai p-value berturut-turut sebesar (0.0002; 0.0013; 0.0008; 0.000). Hasil uji analisis koefisien determinasi adalah sebesar 95.51% hal ini bahwa variabel independen yang ada pada regresi ini mampu menjelaskan sebesar 95.51% dan sisanya 4.49% kemungkinan dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan ke dalam model ini.Kata kunci : ROA, ROE, NPM, EPS, EVA,  Harga Saham
Peningkatan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kluster Kerajinan di Kota Depok Menggunakan The House Model Wahyuningrum, Putri; Sukmawati, Anggraini; Kartika, Lindawati
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.902 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i2.12156

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) Kluster kerajinan adalah entitas usaha yang menghasilkan produk-produk yang sangat bergantung pada keahlian tenaga pengrajin yang tersedia. Dengan kata lain, modal insani dan modal sosial memiliki peran penting dalam pengembangan kinerja UKM kluster ini. Hasil analisis Diagram Ishikawa menyatakan bahwa permasalahan utama dari rendahnya kinerja UKM berasal dari faktor sumberdaya manusia. Namun, hasil ini bertentangan dengan hasil Importance-Performance Analysis. Pemilik UKM lebih mementingkan sarana prasarana untuk diperbaiki. Oleh karena itu, kesalahan persepsi inilah yang perlu diperbaiki melalui rancangan peningkatan kinerja UKM kluster kerajinan Kota Depok dengan The House Model.Kata kunci : importance-performance analysis, ishikawa diagram analysis, kerajinan, kinerja UKM, the house model
Analisis Penerapan Prinsip Critical Non-Essentials pada Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Kota Bogor Firmansah, Moh.; Fewidarto, Pramono D
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.368 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i2.12164

Abstract

Problem utama yang dihadapi industri jasa adalah bagaimana mengurangi ketidaknyamanan konsumen ketika menunggu pelayanan, dan kondisi seperti ini juga dihadapi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Bogor. Prinsip-prinsip Critical Non- Essentials digunakan untuk membantu dalam mengidentifikasi fasilitas penunjang yang dibutuhkan untuk membuat konsumen merasa lebih nyaman ketika menunggu sepeda motornya diperbaiki atau diservis. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Mengidentifikasi kondisi konsumen ketika menunggu pelayanan di AHASS saat ini; 2) Menganalisis fasilitas yang dibutuhkan konsumen AHASS dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip  Critical Non-Essentials; 3) Memprediksi peningkatan kenyamanan dan kepuasan konsumen.  Sampel konsumen dari penelitian ini adalah konsumen yang datang ke AHASS dan bersedia antri menunggu pelayanan. Digunakan metode accidental sampling dalam menentukan responden yang akan menjadi sumber data atau informasi. Analisis statistik deskriptif  dan tabulasi silang diterapkan untuk menentukan beberapa fasilitas prioritas utama yang dapat melengkapi yang ada, yang dapat membuat konsumen AHASS merasa senang sampai sepeda motor mereka selesai  diperbaiki.Kata kunci : accidental sampling, analisis tabulasi silang, critical non-essentials, kenyamanan, statistika deskriptif

Page 1 of 1 | Total Record : 6