cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL ILMU DAN TEKNOLOGI PETERNAKAN
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : 20866216     EISSN : 24769444     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan (JITP) merupakan jurnal yang mewadahi publikasi hasil penelitian/studi di bidang peternakan meliputi: Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, Teknologi Hasil Ternak, dan Sosial Ekonomi Peternakan. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun oleh Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Pengurus Besar Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2019)" : 1 Documents clear
PENGARUH BOBOT TELUR TERHADAP DAYA TETAS DAN BOBOT TETAS ITIK MAGELANG. Yuniarinda, Choirunnisa; Kurnianto, Edy; Kismiati, Sri
Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin, Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bobot telur terhadap daya tetas dan bobot tetas itik Magelang generasi ke-4. Penelitian dilaksanakan di Balai Pembibitan dan Budidaya Ternak Non Ruminasia (BPBTNR) Satuan Kerja Itik Banyubiru Ambarawa. Materi yang digunakan adalah 253 butir telur yang diperoleh dari 48 ekor itik Magelang generasi ke-4 (G4) yang terdiri dari 40 ekor itik betina dan 8 ekor itik jantan dengan mating ratio 1 : 5 dalam 4 pen. Bobot telur terdiri dari 6 kelompok yaitu jumbo, extra large, large, medium, small dan peewee sebagai perlakuan. Rancangan Acak Lengkap (RAL) 6 perlakuan dengan 4 ulangan digunakan dalam penelitian ini. Data bobot telur, daya tetas dan bobot tetas yang diperoleh dianalisis dengan program General Linear Model (GLM) menggunakan SAS. Parameter yang diamati adalah persentase daya tetas dan bobot tetas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan bobot telur berpengaruh tidak nyata terhadap daya tetas, tetapi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap bobot tetas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bobot telur yang berat menghasilkan bobot tetas yang berat pula.

Page 1 of 1 | Total Record : 1