cover
Contact Name
Rahaju Saraswati
Contact Email
-
Phone
+6285732258040
Journal Mail Official
lppm.unipra18@gmail.com
Editorial Address
Arief Rachman Hakim 14 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Economics and Sustainable Development
ISSN : 23032685     EISSN : 25276840     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Economics and Sustainable Development merupakan jurnal elektronik yang berisikan artikel ilmiah, essay hasil hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dibidang ekonomi dan pemabangunan yang bekelanjutan, yang meliputi bidang ilmu manajemen, akutansi, ekonomi pembangunan, sustainable development, ekonomi publik. Jurnal ini dikelola oleh Fakultas Ekonomi Universitas WR Supratman Surabaya . Jurnal Economics and Sustainable Development terbit Tiap 6 Bulan yaitu Bulan Juni dan Bulan Desember.
Articles 8 Documents
1 PERAN POLITICAL WILL DAN ORGANIZATIONAL CULTURE PERUSAHAAN BESI DAN BAJA Ariyani, Ayu Oka; Nugroho, Anton H
Jurnal Economics and Sustainable Development Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Economics and Sustainable Development Universitas WR Supratman Surabaya
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

     Political  will dan organizational culture pada perusahaan besi baja di Indonesia  dalam menghadapi persaingan manufaktur merupakan titik lemah di Indonesia. Berdasarkan penelitan sebelumnya bahwa kemauan politik dari pemerintah dan organizational culture partisipasi pemerintah dari negara lain dalam memberikan kebijakan mengangkat perusahaan manufaktur terutama besi baja memang tidak tangung-tangung tidak seperti di Indonesia saat ini.Komitmen dari penguasa sering diistilahkan dengan political will pemerintah untuk  kemauan politiknya dalam suatu kebijakan untuk mendukung maupun mendorong industry agar mampu memenuhi kebutuhaanya dari aspek inisiatif pemerintah, proritas dengan kajian-kajian, mobilisasi dukungan politik, penegakan hokum, serta konsistensinya dalam memberikan kebijakannya, baik pada perusahaan BUMN maupun BUMS yang berada di Indonesia. Sebenarnya perusahaan baja/besi nasional telah dirintis oleh pemerintah sejak tahun 1970 dan perusahaan-perusahaan tersebut selalu mengembangkan produksinya untuk memenuhi berbagai keperluan disaat regulasi internasional seperti persaigan global produk baja/besi di Indonesia namun kenyataannya hingga kini belum mampu bersaing dari Negara seperti China, Korea, Jepang dan India, dapat dianalisa bahwa peran dan keterlibatan  pemerintah tidak begitu kuat serta kurang aktif dalam mendukung kebijakan tersebut. Ketika membandingkan dengan kebijakan Negara China misalnya dalam pelaksanaan  political will unyuk mendukung industry manufaktur, melalui political will dari kepemimpinan Deng Xiao Ping, China dapat melakukan berbagai tranformasi terutama transfer teknologi dengan konsep open door policy. Adanya  investasi yang masuk, maka terjadi transfer teknologi yang membuat China mampu menjadi Negara yang mandiri yang selanjutkan proses industrialisasi dapat dijalankan tanpa bantuan dari Negara lain dalam memenuhi kebutuhannya bahkan saat ini pengimpor terbesar masuk ke Indonesia.                Begitu juga dari aspek organizational culture yang  dianalisa dan dideskripsikan pada aspek-aspek perubahan nilai, sikap agresive, perilaku dan persepsi, inovasi dan berani beresiko, tehnik dan proses mencapai hasil serta tim work jika dibandingkan dengan Negara-negara seperti China, Korea, Jepang dan India masih jauh dari harapan itu kekuatan dari Negara-negara tersebut sehingga nilai produktivitasnya sangat memuaskan sehingga mampu dalam bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan ketidak mampuan daya saing terutama pada harga penjualan dan kuantitas produk pada perusahaan manukfaktur industry besi baja dampak dari kebijakan political will serta organizational culture di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratif dengan melakukan survey, observasi, wawancara serta dokumen/data kebeberapa perusahaan besi baja yang tergabung pada IISIA(The Indonesian Iron & Steel Association) di Indonesia yang berkaitan dengan penelitian tersebut. Hasil yang didapatkan memiliki ketidak mampuan bersaing terutama pada  harga produk serta produktivitas perusahaan belum optimal dalam memanfaatkan sumberdaya yang dimilikinya, rendahnya kompetitif  akibat dampak dari; (1) kemauan politik pemerintah daerah  maupun pusat yang berbeda; (2) paket kebijakan tak mampu membuat perijinan jadi lebih mudah atau bertele-tele; (3) biaya pelabuhan terhadap barang import; (4) bunga perbankan bagi perusahaan manufaktur yang diatas 12% dan ;(5) Insentif yang seharusnya digulirkan pemerintah juga tidak bertambah ; (6) Kurangnya stimulus pada iklim investasi industry bbesi baja di Indonesia dan (6) dwilling time yang hingga saat ini belum bisa dibawa 5 hari,  hal ini pemerintah perlu mengkaji lagi mengenai kebijakan political will serta menumbuhkan semangat dalam organizational culture yang dapat memberikan nilai tambah sebagai wujud kepedulian terhadap industry manufaktur  untuk mendongkrak pertumbuhan industry besi baja di Indonesia.
2 MODEL KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KYAI DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MADURA DI JAWA-TIMUR INDONESIA. ., Hardiono; Gydayantari, Erlyna; Setyarti, Eryana
Jurnal Economics and Sustainable Development Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Economics and Sustainable Development Universitas WR Supratman Surabaya
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Objectives - The models used in the empirical study of leadership kyai in Madura ethnic in line with the more modern environment changes. Reflecting the environmental change this paper aims to propose a framework for leadership of charismatic kyai in Madura ethnic-based impact on the welfare of stimulus-organism-response (S-O-R) wide. The design / methodology / approach - This paper offers a conceptual framework that integrates the components of the leadership of religious scholars in ethnic Madurese kharismatic.Findings -  This framework is useful for academics and regions. This framework can help steer academics to various existing literature charismatic leadership and help researchers development empirical studies that describe ethnic leadership kyai in Madurese. For the professional, this framework can be used as guidance in building a successful region.Research/ Limitations/ implications - This paper does not examine empirically the proposed framework. However, this paper provides suggestions for future research, including reviewing the empirical structural relationships in this framework.
3 PENGARUH SERTIFIKASI GURU DAN KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU Prambudiarto, Nugroho; Adi, Titok Waskito; Hidyantari, Erlyna
Jurnal Economics and Sustainable Development Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Economics and Sustainable Development Universitas WR Supratman Surabaya
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Purpose - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sertifikasi guru  dan  komitmen guru terhadap kinerja guru. Design/Methodology/Approach - Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 18.  Sampling  menggunakan random  sampling, pada pengguna e-commerce. Sejumlah 450 responden ambil bagian dan ukuran sampel yang dapat digunakan adalah 180 sesudah proses penyeleksian. Findings and implications - Pertama: menyatakan bahwa sertifikasi guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru diterima. Kedua menyatakan bahwa sertifikasi guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Limitations ? Meski justifikasi untuk menggunakan sampel berdasarkan etnis dan wilayah di negara Indonesia untuk penelitian yang berkaitan dengan sertifikasi guru telah ada dalam literatur, sampel ini mungkin tidak mencerminkan keseluruhan populasi guru yang sebenarnya di seluruh dunia.
4 Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Nilai Terhadap Loyalitas Pelanggan Mudrajat, Agung; Setyarti, Eryana; Winasis, Ronny Susilo
Jurnal Economics and Sustainable Development Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Economics and Sustainable Development Universitas WR Supratman Surabaya
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Utilitarian Value, Hedonic Value terhadap  Kepuasan Pelanggan serta Loyalitas Pada Pelanggan Kedai Kopi Modern Di Surbaya. Studi ini dilakukan pada pelanggan kedai kopi modern  (Coffee shop) di Surabaya. Sesuai dengan data yang diperoleh dari Dinas Pariwisata Surabaya ada 14 kedai kopi modern dengan outlate sebanyak 41 gerai yang tersebar di Surabay.Sample yang digunakan dalam studi ini adalah pelanggan kedai kopi modern (coffee shop) di Surabaya sebanyak 600, teknik sampling menggunakan non probability sampling, yaitu dengan accidental sampling yang ditemui  peneliti pada saat menggunjungi kedai kopi modern dan penentuan besaran jumlah responden pada masing-masing kedai kopi dengan menggunakan prosentase  didasarkan pada jumlah kedai kopi yang ada di Surabaya. Teknik analisis dalam studi ini menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan program AMOS 18. Kesimpulan hasil studi ini adalah :  utilitarian value tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pada pelanggan kedai kopi modern. hedonic value  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pada pelanggan kedai kopi modern. utilitarian value tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan kedai kopi modern. hedonic value berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan kedai kopi modern
1. Pengaruh KEPUSAN DAN KEPERCAYAAN terhadap komitmen relasional dan loyalitas NASABAH BANK MANDIRI SURABAYA Purwoko, MBA, Ph.D, Drs. Bambang; Astuti, MM, Dra. Ec. Hartati Kanti
Jurnal Economics and Sustainable Development Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Economics and Sustainable Development Universitas WR Supratman Surabaya
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertumbuhan bank di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Fenomena ini mengindikasikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kenaikan. Pertumbuhan perbankan di Indonesia yang semakin meningkat dan didukung dengan perangkat lunak yang modern sehingga memberikan kepuasan nasabah bank. Bank Mandiri sebagai bank terbesar memberikan fasilitas yang memanjakan nasabah dengan adanya berbagai inovasi seperti adanya M Banking dan lain-lain. Kepercayaan dan memiliki komitmen dalam memberikan berbagai fasilitas yang membuat nasabah bank Mandiri menjadi loyal. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh dampak kepusan dan kecercayaan serta komitmen realasional pada loyalitas nasabah bank Mandiri Surabaya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 orang dan diolah dengan menggunakan uji jalur dengan program SPSS versi 23.  Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) Kepuasan berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen relasional nasabah bank Mandiri Surabaya, (2) Kepercayaan berpengaruh terhadap komitmen relasional nasabah bank Mandiri Surabaya, (3) Komitmen relasional berpengaruh terhadap loyalitas nasabah bank Mandiri Surabaya.
3. PENGARUH MANAJERIAL DAN PENDANAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2015 Gamal, Ahmad; Purwoko, MBA, Ph.D, Drs. Bambang
Jurnal Economics and Sustainable Development Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Economics and Sustainable Development Universitas WR Supratman Surabaya
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajer peruahaan sebagai pemegang arah perusahaan harus memiliki kapabilitas dan integritas yang tinggi dalam memajukan perusahaan. Sebagai pengelola perusahaan lebih banyak mengetahui informasi internal dan prospek perusahaan di masa yang akan datang dibandingkan investor. Oleh karena itu sebagai pengelola, manajer berkewajiban mengungkapkan informasi mengenai laporan keuangan yang dapat digunakan oleh berbagai pihak, termasuk manajemen perusahaan itu sendiri khususnya untuk mengukur kinerja keuangan. Kinerja keuangan menjadi acuan perusahaan dalam memperoleh laba. Keuntungan perusahaan diperoleh melalui manajer yang dapat menjalankan perusahaan secara efektif dan efisien. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajerial dan pendanaan terhadap profitabilitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajerial dan pendanaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Sampel penelitian adalah 30 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2015. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis dan sumber data dari diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Teknik analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajerial berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan. Pendanaan berpengaruh negatif terhadap profitabilitas perusahaan. Hal ini disebabkan manajerial dan pendanaan dianggap penting dan sebagai alat untuk menghadapi masalah dan peluang dari lingkungan internal dan eksternal. Semakin besar perusahaan menghasilkan laba maka total aset (kekayaan) yang dipunyai perusahaan semakin besar.
2. Pengaruh size dan profitabilitassterhadap good corporate governance perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode pada tahun 2017-2018 (Studi kasus pada perusahaan manufaktur Food and Beverages ) Astuti, MM, Dra. Ec. Hartati Kanti; Gamal, Ahmad
Jurnal Economics and Sustainable Development Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Economics and Sustainable Development Universitas WR Supratman Surabaya
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tuntutan terhadap perusahaan untuk memberikan informasi yang transparan, organisasi yang akuntabel serta tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) memaksa perusahaan untuk memberikan informasi mengenai aktivitas sosialnya. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility dipengaruhi oleh karakteristik perusahaan meliputi size, profile, ukuran dewan komisaris, profitabilitas dan leverage. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris 5 faktor karakteristik perusahaan yang digunakan mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sampel adalah 59 perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode Tahun 2007-2008, sesuai dengan kriteria. Penelitian ini merupakan penelitian hipotesis yaitu untuk menguji pengaruh variabel bebas (ukuran perusahaan dan profitabilitas) terhadap variabel terikat (pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan) secara empirik, dengan menggunakan uji Regresi Linier Berganda.       Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ukuran perusahaan dengan proksi prosentase jumlah total asset terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, (2) Profitabilitas dengan proksi net profit margin tidak terbukti secara signifikan berpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
4. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU DI SDN 1 PENGANJURAN KABUPATEN BANYUWANGI Sanggarwati, Diah Ayu
Jurnal Economics and Sustainable Development Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Economics and Sustainable Development Universitas WR Supratman Surabaya
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desaian analitik kuantitatif. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling atau sensus, yaitu semua populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai isntrumen utamanya, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data kuantitatif yang diperoleh, diolah dengan menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan program SPSS versi 11.0. Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja guru dalam proses belajar mengajar di SDN 1 Penganjuran Kabupaten Banyuwangi, sehingga Hipotesis Kerja (Ha) pertama dinyatakan dapat diterima. Hal ini terbukti dari penelitian bahwa t hitung variabel SDM sebesar 1,999 > t table 1,671. Sedangkan besarnya pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja guru dalam proses belajar mengajar di SDN 1 Penganjuran Kabupaten Banyuwangi adalah sebesar 30,5%. Komunikasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja guru dalam proses belajar mengajar di SDN 1 Penganjuran Kabupaten Banyuwangi, sehingga Hipotesis Kerja (Ha) kedua dinyatakan diterima. Terbukti hasil penelitian : nilai thitung Komunikasi sebesar 2,729 > ttable 1,671. Sedangkan besarnya pengaruh kualitas Komunikasi terhadap kinerja guru dalam proses belajar mengajar di SDN 1 Penganjuran Kabupaten Bantuwangi adalah sebesar 40%.       Penelitian ini menyatakan bahwa secara bersama-sama ada pengaruh signifikan dari variabel Kepemimpinan dan variabel Komunikasi terhadap kinerja guru, sehingga Hipotesis Kerja (Ha) ketiga yang menyatakan bahwa, secara bersama-sama ada pengaruh signifikan dari variabel Komunikasi terhadap Kinerja guru, setelah dilakukan penelitian dinyatakan teruji kebenarannya secara empirik. Nilai Fhitung sebesar 22,194. Nilai ini kemudian dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikasi 5 % dapat dilihat yaitu : 2,53. Nilai Fhitung sebesar 22,194 Karena nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (22,194 > 2,53) berarti dapat dinyatakan bahwa : Hubungan bersama-sama variabel bebas Kepemimpinan (X1) dan variabel bebas Komunikasi (X2) terhadap variabel tergantung Kinerja guru (Y) adalah suatu hubungan yang positif dan signifikan. Ada pengaruh sebesar 49,2 % terhadpa variabel Y : Kinerja guru dalam proses belajar mengajar di SDN 1 Penganjuran Kabupaten Banyuwangi yang ditimbulkan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 8