cover
Contact Name
Eka Vidya Putra
Contact Email
ekavidyaputra@gmail.com
Phone
+628116601294
Journal Mail Official
abdi@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
ISSN : 2656369X     EISSN : 26848570     DOI : https://doi.org/10.24036/abdi
Jurnal Abdi bertujuan untuk memfasilitasi publikasi artikel yang disarikan dari hasil pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Jurnal Abdi ini membatasi pengabdian masyarakat yang berada dalam ruang lingkup bidang: Pembangunan manusia dibidang pendidikan dan Sosio-Humaniora, Pengentasan kemiskinan, Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal. Pengembangan Ekonomi, Kewirausahaan, Industri Kreatif.
Articles 12 Documents
PEMANFAATAN POTENSI BUDAYA LOKAL DALAM PEMBANGUNAN EKOWISATA Fitriani, Erda; Selinaswati, Selinaswati
ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Edisi Januari-Juni 2019
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdi/vol1-iss1/1

Abstract

Pengabdian masyarakat telah dilakukan pada kelompok PKK di Nagari Sungai Pinang Kecamatan Koto IX Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat.  Pelaksanaan pengabdian selama enam bulan, dari bulan Juni sampai November tahun 2018. Masyarakat dapat berpartisipasi terutama kaum ibu-ibu dalam pembangunan pariwisata dengan menggunakan potensi yang dimiliki oleh budaya lokal yaitu sulam bayang sebagai ciri khas dari masyarakat Pesisir Selatan. Tujuannya yaitu untuk peningkatan ekonomi rumah tangga pada masyarakat maritim yang berada di kawasan pariwisata Mandeh. Metode yang digunakan adalah metode partisipasi aktif. Mekanisme kegiatan dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu penetapan kelompok sasaran, identifikasi budaya lokal, pelatihan, monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu meningkatnya animo ibu-ibu PKK untuk bersama-sama mengembangkan budaya lokal sulam bayang sebagai salah satu wirausaha yang dapat membantu peningkatan pendapatan rumah tangga sekaligus melestarikan budaya lokal.
OPTIMALISASI INSTITUSI PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN HOAX Fernandes, Reno; Vidya Putra, Eka; Muspita, Rila
ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Edisi Januari-Juni 2019
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdi/vol1-iss1/2

Abstract

Di Indonesia pengguna internet terbanyak adalah kelompok usia Sekolah. Untuk itu, membekali kelompok siswa dengan Pendidikan Literasi merupakan solusi untuk mengantisipasi penyebaran Hoax yang ditengah berkembang pesat dalam masyarakat. Meskipun kurikulum 2013 telah mengakomodir ide tentang literasi media, tetapi pada tataran pelaksanaannya masih belum dapat dilakukan oleh Guru.Literasi media adalah pendidikan yang mengajari khalayak media agar memiliki kemampuan menganalisis pesan media, memahami bahwa media memiliki tujuan komersial/bisnis dan politik sehingga mereka mampu bertanggungjawab dan memberikan respon yang benar ketika mendapatkan informasi dari media. Artikel ini disarikan dari pengabdian masyarakat yang penulis lakukan kepada khalayak sasaran Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sosiologi. Sebagai organisasi Guru yang terorganisir dapat dimanfaatkan sebagai Agen dalam mengantisipasi penyebaran Hoax dikalangan siswa di Sumatera Barat. Artikel ini berisi tentang pengembangan pemahaman dan keterampilan kepada Guru tentang literasi media dan pelaksanaan pendidikan literasi yang terintegrasi dalam setiap materi pelajaran Sosiologi di SMA.
ASSESORIS KREATIF DARI SAMPAH BAGI ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AISYIYAH KOTO TANGAH MUARO PENJALINAN KOTA PADANG Susilawati, Nora; Naldi, Hendra
ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Edisi Januari-Juni 2019
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdi/vol1-iss1/3

Abstract

Sampah adalah sesuatu yang biasanya dipandang oleh orang sebagai barang yang kotor, tidak berguna, dan harus dibuang. Ini adalah suatu persepsi yang tidak tepat, karena sampah jika diolah dengan baik dan kreatif dapat menjadi barang yang berguna dan bernilai ekonomi. Jadi, sampah tidak selamanya harus dibuang, karena dapat diubah menjadi beraneka produk yang berharga. Sampah-sampah seperti sampah plastik, botol-botol bekas dan kain perca dapat diubah menjadi tas, bros, kotak pensil, payung, bunga dan lain sebagainya. Tulisan ini akan menguraikan bagaimana pembuatan assesoris kreatif yang dibuat oleh para anak asuh  di Panti Asuhan Aisyiyah Koto Tangah Muaro Penjalinan Kota Padang. Assesoris yang dibuat adalah bros, tas kecil, dan kotak pensil yang terbuat dari kain-kain perca yang tidak terpakai. Sebelum pembuatan assesoris terlebih dulu diberikan pengetahuan tentang dampak sampah terhadap manusia dan lingkungan dan bagaimana mengolah sampah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ekonomi.
SINERGISITAS PENDIDIKAN KARAKTER DAN SEKOLAH ADIWIYATA Selinaswati, Selinaswati
ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Edisi Januari-Juni 2019
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdi/vol1-iss1/4

Abstract

Program Adiwiyata memfokuskan kegiatan pada terciptanya lingkungan sehat dan bersih di lingkungan sekolah, mendidik siswa memiliki kepedulian dan berwawasan lingkungan. Ini berpengaruh pada kelancaran proses belajar mengajar yang baik juga kepada masyarakat di sekitar Lingkungan sekolah. Program yang dicanangkan tahun 2006 ini sudah  diterapkan di berbagai sekolah baik tingkat SD, SMP atau SMA.Hanya saja masih ada sejumlah sekolah yang tampak gersang dan jauh dari suasana asri yang mendukung para siswanya belajar dengan nyaman dan memiliki tingkat sadar lingkungan yang tinggi. Salah satunya yaitu SMP 6 Nagari Sungai Nyalo Kecamatan XI Koto, Kabupaten Pesisir Selatan. Sekolah sebagai wadah, lembaga dan institusi yang bertanggung jawab pada perkembangan pengetahuan peserta didiknya. Sekolah juga merupakan wadah menciptakan karakter baik anak. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan pendidikan karakter bagi siswa agar tercipta lingkungan sekolah yang sehat dan bersih.Khalayak sasaran dalam pengabdian ini  segenap jajaran sekolah SMP 6. Mereka sebagai khalayak sasaran dipandang cukup strategis karena sekolah sebagai wadah menciptakan karakter baik, sadar lingkungan dan hidup bersih yang bisa diterapkan di rumah masing- masing.  Diharapkan juga sekolah  berwawasan lingkungan dan menerapkan model pendidikan yang dekat ke alam karena lingkungan mereka bisa dijadikan sebagai sarana belajar pada sejumlah mata pelajaran seperti biologi,  pendidikan ekonomi. Pelatihan cara menerapkan lingkungan sehat di sekolah dilakukan dengan dua cara: 1) Pemberian pengetahuan melalui penyampaian materi tentang lingkungan hidup sehat dan bersih 2) praktek gerakan lingkungan sehat, bersih dan asri melalui penanaman pepohonan, pengadaan tong sampah agar setiap kelas memilikinya dan anak- anak terbiasa membuang sampah di tempat sampah. Dari dua cara tersebut, diharapkan siswa memiliki sikap sadar lingkungan dan terbentuknya sekolah adiwiyata di SMP 6.
MASYARAKAT AIR MANIS SADAR WISATA Febrianto, Adri; Fitriani, Erda
ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Edisi Januari-Juni 2019
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdi/vol1-iss1/6

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kesaradan wisata masyarakat yang berada di kawasan Pantai Air Manis, Sumatera Barat. Khalayak sasaran yang strategis dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah anggota masyarakat Air Manis khususnya anggota masyarakat yang terlibat langsung dengan aktivitas kepariwisataan, seperti pedagang, tukang parkir, penyedia aktivitas hiburan wisata dan tokoh masyarakat Air Manis. Jumlah peserta yaitu 65 orang dan penyuluhan dilakukan pada tanggal 28 Oktober 2015 dengan menghadirkan narasumber, Sekretaris Dinas Pariwisata, dan peneliti bidang pariwisata dari Unand dan UNP. Secara keseluruhan tim mengamati dan menilai bahwa manfaat dari kegiatan ini yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pariwisata dan menumbuhkan sikap yang sadar wisata serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan pariwisata. Kegiatan pengabdian berjalan dengan lancar. Salah satu faktornya yaitu tingginya partisipasi  masyarakat untuk menghadiri kegiatan ini dan peran aktif dalam kegiatan kepariwisataan.
Inovasi Olahan Kacang Tanah dan Cabe sebagai Oleh-Oleh Khas Daerah Objek Wisata Sungai Janiah Faridah, Anni; Pramudia, Heru; Sandra, Yovita
ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 2 (2019): Edisi Juli-Desember 2019
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdi/vol1-iss2/8

Abstract

Daerah wisata Ikan Sakti Sungai Janiah Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso belum memiliki makanan khas sebagai oleh-oleh atau untuk konsumsi sehari-hari. Padahal potensi bahan pangan lokal (kacang tanah dan cabe) sangat mendukung untuk pembuataan produk pangan tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kuliner di lingkungan objek wisata guna ketersediaan pangan, baik sebagai oleh-oleh juga untuk konsumsi sehari-hari sehingga terjadi peningkatan perekonomian masyarakat daerah Sungai Janiah. Metode kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan, diskusi dan demonstrasi praktek langsung di lapangan. Peserta pelatihan mengikuti kegiatan pengabdian dengan antusias dan aktif. Peserta pelatihan mempraktekkan pembuatan produk olahan kacang dan olahan cabe. Kegiatan bersifat dua arah, sehingga peserta dapat melakukan diskusi jika ada permasalahan dalam melakukan kegiatan produksi. Luaran dari kegiatan ini adalah olahan berbahan kacang yang mencakup rakik, kipang kacang original, kipang kacang kulit buah naga, kipang kacang pandan, kipang empiang, serta olahan cabe yaitu sambal lado taraguak. Dari hasil kegiatan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pendapatan peserta pelatihan tentang inovasi dan variasi pengolahan produk olahan berbasis kacang tanah dan olahan cabe
Bimbingan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin dalam Membentuk Keluarga Sakinah di Kanagarian Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Wardefi, Riza
ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 2 (2019): Edisi Juli-Desember 2019
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdi/vol1-iss2/10

Abstract

Tingginya tingkat perceraian di kalangan keluarga di Indonesia khususnya di Sumatera Barat mengidentifikasikan adanya suatu permasalahan yang cukup krusial. Keluarga sakinah mawaddah wa rahmah yang diidamkan oleh setiap keluarga muslim menjadi sulit tercapai. Salah satu penyebab persoalan tersebut di atas adalah akibat kurangnya pemahaman dari kedua belah pihak tentang makna berkeluarga dalam Islam, tanggung jawab dalam keluarga,dan kurangnya pemahaman tentang hak dan kewajiban suami dan isteri dalam berkeluarga. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu pelatihan dan sosialisasi tentang konsep berkeluarga dalam Islam dan upaya yang dapat dilakukan dalam menciptakan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Pelatihan ini diperuntukan bagi para pemuda dan pemudi yang mendekati usia layak nikah. Adapun luaran yang diharapkan dari pelatihan ini adalah draft publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal terakreditasi.
Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Geografis Berbantuan Peta dan Citra pada Siswa SMA Safitri, Febriani; Romarak, Alfasis; Tumober, Renny Thereesje
ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 2 (2019): Edisi Juli-Desember 2019
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdi/vol1-iss2/11

Abstract

Pembelajaran penelitian-penelitian geografi merupakan salah satu goal pendidikan dalam Kurikulum 2013. Kompetensi yang harus dicapai siswa dalam materi ini adalah memahami langkah-langkah penelitian geografi, termasuk teknik-teknik pengumpulan data geografis. Karena itu, diperlukan pelatihan bagi siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teknik pengumpulan data geografis. Kegiatan pelatihan menggunakan media peta dan citra. Luaran utama yang diharapkan dalam pengabdian  ini adalah jurnal atau publikasi ilmiah. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah siswa SMA YPK Diaspora Kotaraja dengan lokasi kegiatan di sekolah dan Kawasan Pantai Base-G, Kota Jayapura. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam bentuk pemberian materi, praktek interpretasi peta dan citra. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa siswa peserta pelatihan telah mampu mengumpulkan data geografis melalui interpretasi peta dan citra.
Penggunaan Mesin Modifikasi Jamu Tradisional untuk Meningkatkan Hasil Produksi Dwi Ferdiani, Rosita; Yudiono, Udik; Murniasih, Tatik Retno
ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 2 (2019): Edisi Juli-Desember 2019
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdi/vol1-iss2/13

Abstract

Proses produksi jamu tradisional dengan mesin manual memerlukan waktu yang relatif lama. Proses produksi yang lama akan menghasilkan produksi jamu yang sedikit dan juga resiko tumbuhnya bakteri. Tujuan dari pengabdian ini yaitu membuat mesin modifikasi jamu untuk meningkatkan produksi jamu. Pengabdi melalui kegiatan PKM (Program Kemitraan Masyarakat) menawarkan metode pada mitra antara lain diskusi, pelatihan dan pendampingan. Diskusi berguna untuk menggali kelemahan dan kelebihan mitra. Pelatihan dibantu ahli mesin terkait pengoperasian mesin modifikasi jamu dan perawatannya. Sedangkan pendampingan dilakukan pengabdi mulai dari penyediaan mesin modifikasi jamu sampai produksi jamu. Hasil pengabdian menunjukkan kegiatan berjalan dengan lancar dengan penjadwalan yang sudah disepakati pengabdi dan mitra. Selain itu mitra juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian PKM ini. Penggunaan mesin modifikasi jamu dapat meningkatkan produksi jamu mitra.  
Peluang Usaha Bagi Masyarakat Nagari Sungai Pinang untuk Pengembangan Ekowisata Hasti Hasmira, Mira; Fitriani, Erda
ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 2 (2019): Edisi Juli-Desember 2019
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdi/vol1-iss2/14

Abstract

Masyarakat Nagari Sungai Pinang merupakan daerah wisata yang memiliki keindahan alam yang sangat indah. Masyarakatnya memiliki animo yang sangat tinggi untuk pengembangan ekowisata. Namun, karena kurangnya SDM, hal ini menjadi terkendala. Termasuk dalam upaya peningkatan perekonomian melalui kegiatan wisata. Tulisan ini menjelaskan tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas SDM untuk pengembangan perekonomian dalam dunia wisata. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi kewirausahaan, tepatnya tentang bagaimana membaca peluang usaha. Peluang usaha yang dimaksud disesuaikan dengan situasi yang ada di Nagari Sungai Pinang. Pada akhir kegiatan ini terbentuk kepengurusan dan dua kelompok usaha yang dirasa sesuai dengan situasi yang ada di Nagari Sungai Pinang.

Page 1 of 2 | Total Record : 12