cover
Contact Name
Reno Fernandes
Contact Email
renofernandes@fis.unp.ac.id
Phone
+6285272442828
Journal Mail Official
perspektif@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Perspektif: Jurnal Kajan Sosiologi Pendidikan
ISSN : 2684902X     EISSN : 26221748     DOI : http://dx.doi.org/10.24036/perspektif
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from Students of Education, Sociology and Anthropology in Indonesia. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan contains empirical research in the fields of Education, Sociology and Anthropology.
Articles 65 Documents
Adaptasi Sosial Mantan Narapidana dalam Perspektif Teori Aksi (Studi Kasus Mantan Narapidanana di Tengah Masyarakat Kecamatan Koto Baru Sungai Penuh Jambi) Amelia, Trizki; Junaidi, Junaidi
Jurnal Perspektif Vol 2 No 3 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/perspektif.v2i3.127

Abstract

          Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mantan narapidana yang hidup berdampingan dengan masyarakat di Wilayah Kecamatan Koto Baru, Sungai Penuh, Jambi. Dalam kasus adaptasi sosial mantan narapina dalam masyarakat khiusnya di Wilayah Kecamatan Koto Baru, Sungai Penuh, Jambi. Terungkap dalam beradaptasi dengan masyarakat setempat mantan narapina memilih tindakan yang dapat diterima oleh lingkungan mayasrakat untuk mencapai tujuannya yaitu kembali di tengah masyarakat. Penelitian ini dianalisis dengan tindakan sosial yang dikemukakan oleh Max Weber dan Tallcot Parsons. Teknik pemilihan informan dengan mengunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian di lapangan peneliti menemukan banyaknya mantan narapina di tengah masyarakat dalam beradaptasi melakukan tindakan sosial yang lebih aktif pada kegiatan masyarakat yaitu: (a) Gotong royong (b) menghadiri kenduri (c) mengikuti organisasi (d) pemenuhan kebutuhan hidup (5) mengikuti pengajian yang di adakan dalam masyarakat. Disamping itu masyarakat Wilayah Kecamatan Koto Baru menyoroti dari sudut pandang yang positif dari tingkah laku dan aktifitas sehari-hari dari mantan narapidana, masyarakat merangkul mantan narapina dalam berbagai kegiatan masyarakat yang ada untuk mengurangi rasa minder  yang di alami oleh mantan narapidana.
HUMAN CAPITAL MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA SEBAGAI GURU HONORER (STUDI KASUS: GURU HONORER DI SD NEGERI 01 PANGKALAN, SD NEGERI 10 PANGKALAN DAN MIS PANGKALAN, KECAMATAN PANGKALAN KOTO BARU, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA) Rahmi, Fadilatur; Junaidi, Junaidi; Fernandes, Reno
Jurnal Perspektif Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/perspektif.v2i2.68

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat mahasiswa Universitas Terbuka yang menjadi guru honorer di SD Negeri 01 Pangkalan, SD Negeri 10 Pangkalan dan MIS Pangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui human capital mahasiswa Universitas Terbuka sebagai guru honorer di SD Negeri 01 Pangkalan, SD Negeri 10 Pangkalan dan MIS Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini dianalisis dengan teori yang dikamukakan oleh Theodore W.Schultz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatis tipe studi kasus, teknik pemilihan informan purpose sampling dengan jumlah informan 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa human capital mahasiswa Universitas Terbuka sebagai guru honorer terlihat dari enam perilaku yaitu rajin bertanya dengan guru tetap termasuk aspek pengetahuan, memiliki sifat pantang menyerah termasuk aspek produktifitas kerja, memiliki ide dalam mengelola kelas termasuk aspek kreativitas, memiliki pengalaman dalam kegiatan ekstrakurikuler sehingga dekat dengan peserta didik termasuk aspek keterampilan dan memiliki ide dalam kegiatan sekolah termasuk aspek ide /gagasan.
Manjamu Niniak Mamak Vebri, Loveni; Hasti Hasmira, Mira
Jurnal Perspektif Vol 2 No 3 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/perspektif.v2i3.99

Abstract

This study aims to describe the public's knowledge of the punishment and sanctions of manjamu niniak mamak for offenders of traditional rules in Nagari Tandikek. Analyzed by Ward Goodenough's ethnoscience theory and using ethnographic types. The selection of informants was done by purposive sampling, the number of informants was 28 people. Data collection is done by observation, interview and documentation study. From the results of the study it was concluded that the customary rules were known to the Nagari Tandikek community, but there were differences in knowledge among the community regarding the existence of the Manjamu niniak mamak program for perpetrators of violating traditional rules. The functions held by the program for the management of makak for perpetrators of violations of traditional rules according to traditional elites are as follows; community signs violate customary rules, control community behavior, manabuih doso, restore the honor of mamak niniak, establish broken kinship relationships, repressive control, socialization of customary values ??and rules. While the knowledge of the general public among the gentlemen and mothers is as an apology for the perpetrators of the Muslim community and the community and acknowledging their mistakes. The young generation only considers the program of Manjamu ninik mamak as an event to return violators of the adat rules that have been expelled from the village.
PERILAKU SISWA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DI SMAN 3 KOTA PARIAMAN TAHUN 2018 Sari, Nadia Muspita; Erianjoni, Erianjoni; Sylvia, Ike
Jurnal Perspektif Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/perspektif.v2i1.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 3 Kota Pariaman tahun 2018. Penelitian ini dianalisis dengan teori atribusi yang dikemukakan oleh Fritz Heider. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif, teknik pemilihan informan purposive sampling dengan jumlah informan 41 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan mengunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku siswa dikelompokan menjadi dua yaitu perilaku positif dan perilaku negatif. Perilaku positif terdiri dari perilaku valisional, perilaku aktif, perilaku normatif, dan perilaku mandiri pada saat UNBK berlangsung. Perilaku positif ditunjukan oleh mayoritas siswa berasal dari jurusan IPA yang dibuktikan hasil UNBK lebih tinggi dan lebih banyak diterima di perguruan tinggi. Perilaku ini didominasi oleh kekuatan atribusi internal. Sedangkan perilaku negatif terdiri dari; perilaku stereotip, perilaku pasif, perilaku menyimpang, dan perilaku bergantung kepada orang lain. Perilaku ini ditunjukan oleh mayoritas siswa jurusan IPS yang dibuktikan hasil UNBK rendah dan sedikit diterima di perguruan tinggi.  perilaku ini didominasi oleh kekuatan atribusi eksternal.
Kinerja Dinas Perdagangan Kota Padang Dalam Melakukan Pengawasan Terhadap Penggunaan Bejana SPBU Di Kota Padang Sarevi, Nanda Dila; Mubarak, Adil
Jurnal Perspektif Vol 2 No 3 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/perspektif.v2i3.89

Abstract

Pelaksanaan Keputusan Direktur Jendral Perdagangan Dalam Negeri Nomor 23/PDN/KEP/3/2010 belum di implementasikan dengan baik oleh pemilik alat-alat UTTP salah satu diantaranya adalah kepemilikan Bejana. Seabanyak 11 SPBU di Kota Padang yang menggunakan Bejana tidak mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Akibatnya bejana tersebut tidak bisa dilakukan kalibrasi oleh Balai Metrologi dan menyebabkan status bejana tersebut menjadi ilegal. Pengawas kemetrologian Dinas Perdagangan KotaPadang terus melakukan pengawasan, pemeriksaan, serta memberikan himbauan kepada seluruh pemilik alat UTTP untuk mengimplementasikan hukum dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Dinas Perdagangan Kota Padang dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan Bejana SPBU di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dan random sampling yaitu Dinas Perdagangan Kota Padang, UTTP Balai Metrologi, SPBU, dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pengawasan Kemetrologian belum optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa kendala yang ditemui dilapangan seperti kurangnya jumlah tenaga ahli, sarana dna prasarana, anggaran. Upaya yang dilakukan adalah pengajuan untuk menambah jumlah persoil tenaga ahli, menggunakan sarana dan prasarana dengan baik, pengajuan tambahan anggaran kepada pemerintah dan melakukan sosialisasi serta himbauan kepada pemilik UTTP.
REMAJA PENGKONSUMSI PIL KOPLO DI DESA BATU AMPAR KECAMATAN KEMUNING KABUPATEN INDRA GIRI HILIR Septiana, Denis; Susilawati, Nora; Erianjoni, Erianjoni
Jurnal Perspektif Vol 1 No 4 (2018): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/perspektif.v1i4.49

Abstract

Pil koplo (nitrazepam) merupakan salah satu jenis narkoba jenis psikotropika. Pil koplo digunakan dikalangan medis untuk mengobati anjing gila. Namun, obat-obatan ini disalahgunakan oleh masyarakat terutama dikalangan remaja dengan cara dikonsumsi. Artikel ini bertujuan untuk mengungkap terkaitfaktor pendorong mengaparemajaDesamengkonsumsipilkoplo. Penelitian ini dilakukan di Desa Batu Ampar, Kecamatan kemenuning, Kabupaten Indragirihilir. Penelitian ini dianalisis dengan teorianomidari Robert K.Merton,dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studikasus. Hasil penelitian menunjukkan tujuantersebutterdiridari (1) pengaruhlingkunganpertemanan: a. hobinongkrong, b. ketersediaansaranadanprasarana (2)keluarga: a. anakbisamencariuangsendiri, b. sudahkecanduan. Dari hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaremajapengkonsumsipilkoplobanyakterdapat di DesaBatuAmpardansulituntukdihilangkankebiasaanmengkonsumsiobat-obatantersebut.  
Pola Interaksi Sosial Pedagang dengan Nelayan di Pasar Ikan Pantai Purus Padang Kecamatan Padang Barat Merliya, Merliya; Ikhwan, Ikhwan
Jurnal Perspektif Vol 2 No 4 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/perspektif.v2i4.159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi sosial pedagang ikan di pasar ikan pantai Purus Padang Kecamatan padang Barat. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori yang dikemukakan oleh James Scoot.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus.Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling dengan jumlah informan yaitu 20 orang. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola interaksi sosial pedagang dengan nelayan yaitu hubungan Patron-Klien.Hubungan patron-klien terjadi antara pedagang dengan nelayan pemilik kapal.Dimana yang bertindak sebagai patron yaitu pedagang, sedangkan yang menjadi klien yaitu nelayan.meskipun nelayan dalam hal ini sebagai pemilik kapal, namun hasil tangkapan yang sedikit yang disebabkan karena nelayan masih menggunakan alat tangkap tradisional membuat nelayan masih bergantung kepada pedagang. Hubungan patron-klien antara pedagang,dengan nelayan dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek sosial dan aspek ekonomi. Aspek sosial hubungan patron-klien diantaranya : hubungan nelayan dengan pedagang dekat, jarang terjadi konflik antar pedagang dengan nelayan, dan mengadakan arisan antar pedagang dengan nelayan. Sedangkan aspek ekonomi dari hubungan patron-klien antara pedagang dengan nelayan yaitu : sumber daya yang tidak seimbang antara pedagang dengan nelayan dan hubungan yang saling menguntungkan antara pedagang dengan nelayan
Fungsi Lain Masjid Raya Sumatera Barat Bagi Remaja Di Kota Padang Amrullah, Arif Zulfian; Erianjoni, Erianjoni
Jurnal Perspektif Vol 2 No 3 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/perspektif.v2i3.75

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan penyebab pengunjung remaja yang memanfaatkan Fungsi Lain dari Masjid Raya Sumatera Barat Bagi Remaja di Kota Padang. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini ialah teori yang dikemukakan oleh Robert K Merton yaitu fungsi manifest dan fungsi latent. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif serta teknik pemilihan informan purposive sampling. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dengan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk fungsi lain yang sering dilakukan oleh remaja di Masjid Raya Sumatera Barat yaitu, (1). Tempat wisata keluarga; (2). Ruang pertemuan dengan teman; (3). Lokasi berfoto dan; (4). Lokasi pacaran. Pengarahan dari pihak masjid juga belum terlalu diikuti oleh sebagian pengunjung sehingga mereka masih sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing.
the consequences that arise after the conflict between online ojek and conventional ojek at air tawar barat Arbi, Fazlaura Ramadhani; Susilawati, Nora
Jurnal Perspektif Vol 2 No 3 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/perspektif.v2i3.107

Abstract

The purpose of this investigation was to see how the consequences that arose after the conflict between online ojek and convensional ojek, The theory used in analyzing this research is conflict theory from Lewis A. Coser. The method used in this study is a qualitative approach with descriptive type and the choice of irformation is purpose sampling. Data collection is by means of observation, interviews with data analysis techniques proposed by Miles and Huberman. The reseults of the investigation show that arise after the conflict between online ojek and conventional ojek are (1) Tight Solidarity; (2) Territorial Boundaries; (3) Compromises and New Norms.
STRATEGI GAY DALAM MENCARI PASANGAN PERTAMA STUDI KASUS LIMA ORANG MAHASISWA GAY DI KOTA PADANG Hadley, Wahyu Ikhsan; Erianjoni, Erianjoni
Jurnal Perspektif Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/perspektif.v2i1.60

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai strategi gay dalam mencari pasangan pertama studi kasus lima orang mahasiswa gay di Kota Padang. Dalam mencari pasangan, pada saat pertama seorang gay memiliki strategi dan cara cara khusus untuk mendapatkan pasangan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Teknik pemilihan informan dengan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Data dianalisis dengan model interaktif dari Miles dan Huberman. Temuan penelitian ini adalah strategi gay mencari pasangan pertama studi kasus lima orang mahasiswa gay di Kota Padang: (1) mencari pasangan melalui media sosial; (2) mencari pasangan dengan mengunakan jasa dari pihak ketiga; (3) mencari pasangan dengan cara membangun hubungan menggunakan uang.