cover
Contact Name
Ahmad Zaki
Contact Email
ahmadzaki@wiraraja.ac.id
Phone
+6287850346467
Journal Mail Official
feb@wiraraja.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja, Jalan Raya Sumenep Pamekasan KM. 5 Patean Sumenep 69451
Location
Kab. sumenep,
Jawa timur
INDONESIA
Performance : Jurnal Bisnis dan Akuntansi
ISSN : 23389583     EISSN : 23562919     DOI : https://doi.org/10.24929/feb
Core Subject : Economy,
PERFORMANCE : Jurnal Bisnis & Akuntansi adalah jurnal yang memberikan wacana keilmuan tentang akuntansi, bisnis dan manajemen secara praktis. Artikel yang dipublikasikan pada jurnal ini meliputi berbagai bahasan dimulai dari hasil kajian khusus, evaluasi kritis sampai dengan penelitian empiris. Jurnal Performance “Bisnis & Akuntansi” dipublikasikan dua kali dalam satu tahun : Maret dan September.
Articles 86 Documents
IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA BUMD KABUPATEN SUMENEP (STUDI PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) BHAKTI SUMEKAR SUMENEP) Furqani, Astri; Andini, Isnani Yuli
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 3 No 1 (2013): Jurnal Performance "Bisnis dan Akuntansi"
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.009 KB)

Abstract

Perbankan Syariah seperti halnya perbankan pada umumnya merupakan lembaga intermediasi keuangan (financial intermediary institution) yakni lembaga yang melakukan kegiatan menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk kredit atau pembiayaan. Pengoperasian Bank Syariah ini tidak terlepas dengan tuntutan pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) seperti yang diamanatkan oleh PBI No 11/33/PBI/2009 tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS). Konsep Good Corporate Governance antara Bank Konvensional dengan Bank Syariah pada dasarnya adalah sama, namun yang menjadi pembeda diantara keduanya ialah adanya syariah compliance yaitu kepatuhan pada syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Implementasi Good Corporate Governance (GCG) Bank BPRS Bhakti Sumekar sebagai salah satu BUS. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam studi kasus ini menggambarkan Implementasi Good Corporate Governance (GCG) di PT. BPRS Bhakti Sumekar. Peneliti dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara, dan dokumentasi. PT. BPRS Bhakti Sumekar belum sepenuhnya melakukan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dengan baik. Lima prinsip tata kelola yang baik yaitu Transparency (keterbukaan informasi), accountability (akuntabilitas), Responsibility (pertanggungjawaban), independency (kemandirian), dan fairness (keadilan), khususnya yang perlu diperbaiki dalam akuntabilitas pelanggaran di titik Kode Etik. Kata Kunci: Good Corporate Governance, Perbankan Syariah, Syariah Compliance
Pola Pikir Dan Kepemimpinan Mahasiswa Pada Ketua Bem Fakultas Di Universitas Wiraraja Sumenep Arfiyanto, Dedy; Susandini, Aprilina
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 4 No 2 (2014): Jurnal Performance "Bisnis dan Akuntansi"
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.686 KB)

Abstract

Mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan tentunya melalui sebuah proses berkader dan berkiprah baik didalam organisasi intra maupun ekstra kampus. Bagian dari proses menuju kepemimpinan yang sebenarnya tidak terlepas dari lingkungan dimana mereka berkiprah sehingga membentuk pola pikir dan tindakan dalam kepemimpinan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan menggunakan metode kualitatif, peneliti terlibat langsung dan terus berinteraksi dengan sumber data sehingga pola pikir mahasiswa dapat di ketahui secara jelas. Dalam hal mahasiswa karena yang terpenting adalah pola pikir,maka pola pikir disini menjadi penentu dalam hal perjalanan hidup. Dan perjalanan hidup mahasiswa baru  bisa dikatakan benar- benar hidup ketika mahasiswa memiliki passionnya masing - masing. Passion bagi mahasiswa itu sangatlah penting karena untuk menentukan tujuan kita ingin kemana kedepannya passion lah yang sangat menentukan.Passion itu berasal dari diri sendiri ketika seorang itu sudah memiliki visi dan misi dalam hidupnya. Visi dan misi itu tidak muncul dengan sendirinya, akan tetapi itu berasal dari  kesadaran seorang mahasiswa untuk merubah hidupnya Rata-rata ketua Bem memiliki warna Kuning yang mengindikasikan bahwa pemilik warna kuning biasa bekerja sistematis, kurang mampu berfikir paradok dan terperangkap dari cara kerja stabil dan tradisi sehingga dalam beberapa hal dia dipandang orang lain sebagai orang yang rigid dan kurang fleksibel. Mereka juga percaya bahwa orang yang bagus dan hebat adalah mereka yang bekerja sistematis, prosedur, detail, terorganisasi dan bertanggung jawab. Hal ini juga dibuktikan dengan program kerja mereka yang mengikuti pendahulunya tanpa ada inovasi lain untuk mencoba program kerja baru sehingga iklim organisasi akan lebih nampak. Kata Kunci: Pola Pikir, Kepemimpinan, Ketua Bem Fakultas
PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA BEBERAPA RESTORAN MASAKAN ORIENTAL DI KOTA SURABAYA Wibowo, Tony Susilo; Dwiarta, I Made Bagus
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 1 (2015): Jurnal Performance "Bisnis dan Akuntansi"
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.477 KB)

Abstract

 Culinary industry competition getting tougher to make some employers continue to innovate at a restaurant for some things like menu, places, atmosphere and service that became the mainstay of the restaurant. In so doing, it needs one innovation ability of human resources quality and competence in their field. Innovation will be a reminder for consumers who feel the restaurant services and in turn will increase the revenue thus achieved profit restaurant that is optimal.The selected researchers research object was 3rd Restaurant Oriental cuisine i.e. Kapin, X O Cuisine and Paradise Dynasty which respectively have 3 and 2 branches of the restaurant. This research uses the concept of job characteristics expressed by Hackman and Oldham (1976), which are further subdivided into 5 independent variables namely a diversity of tasks, task identity, task meaningful, autonomy and feedback as well as the dependent variable turnover intention, while the analysis on research using multiple linear regression with the respondent an amount of 120 people that consists of all the employees of the restaurant. Data processing results shows that the diversity of the variable assignments and most influential task ID with a value of beta X1  0,676 and the beta X 2 of 0,538 so that these two variables have a positive and significant impact on the turnover intention because the variable is greater than 0.05 alpha. While the 3 other variables i.e  tasks meaningful, autonomy and feedback does not affect significantly to turnover intention. Keywords: Job Characteristics, Turnover intention.  
EVALUASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA BANK MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) SUMENEP Christiani, Dewi; Syahril, Syahril
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 1 (2015): Jurnal Performance "Bisnis dan Akuntansi"
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.786 KB)

Abstract

Perusahaan yang suskses adalah perusahaan yang dapat memenuhi peraturan yang berlaku juga bisa merencanakan aktivitas dengan baik pula.Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan dan media untuk memberikan manfaat serta membangun kualitas kehidupan yang lebik baik bersama dengan para pihak yang terkait utamanya masyarakat disekeliling dan lingkungan sosial dimana perusahaan tersebut berada, upaya untuk memperkuat kinerja perusahaan sekaligus pembangunan yang berkelanjutan.Bank Mandiri KCP Sumenep sebuah perusahaan yang mempunyai kebijakan program CSR dimana kebijakan tersebut merupakan kontribusi sebagai bentuk pelaksanaan CSR dari Bank Mandiri Kantor Pusat, sehingga Bank Mandiri KCP Sumenep tidak mempunyai wewenang sendiri untuk memberikan keputusan secara langsung atas bantuan dana CSR kepada masyarakat atau pihak-pihak yang terkait.Dari hasil penelitian data yang diperoleh menghasilkan bahwa Bank Mandiri KCP Sumenep telah melaksanakan program CSR dengan baik terhadap masyarakat sekeliling dan lingkungan sosial walaupun masih belum dikatakan maksimal sempurna sesuai peraturan yang berlaku, yaitu: berdasarkan Peraturan Menteri Negara ?Per-05/MBU/2007 Pasal 11 ayat 2(e)? tentang ruang lingkup bantuan program BL BUMN. Kata Kunci:Corporate Social Responsibility (CSR).
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEIKATAN PADA ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KERJA DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN SUMANEP Hermanto, Bambang
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 1 (2015): Jurnal Performance "Bisnis dan Akuntansi"
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.025 KB)

Abstract

Dalam organisasi, Sumber Daya Manusia merupakan factor yang sangat menentukan dan mempunyai andil yang cukup besar, karena merupakan modal  terpenting dalam menggerakkan aktivitas dalam organisasi. Selain itu, karyawan juga berfungsi sebagai alat utama untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi yang telah ditetapkan.Untuk mencapai hal tersebut, organisasi dan karyawan harus dapat bekerja sama secara efektif. Sedangkan untuk mencapai kerja sama yang efektif, organisasi harus dapat memikirkan bagaimana karyawan dapat bekerja dengan kemauan yang kuat dan semangat yang tinggi. Seperti halnya karyawan yang mempunyai keinginan-keinginan tertentu yang ingin dipenuhi oleh organisasi, maka sebaiknya organisasi juga mempunyai keinginan agar karyawan mau melakukan jenis perilaku tersebut. Oleh karena itu, tugas manajer untuk memotivasi (mengarahkan) karyawan agar mau melakukan pola perilaku tertentu yang dapat menunjang keberhasilan organisasi. Mengingat bahwa sumber daya manusia merupakan unsur yang sangat penting, maka pemeliharaan hubungan yang terus menerus dan serasi dengan para karyawan dalam setiap bentuk organisasi sangat berpengaruh.Berkaitan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia, maka sumber daya yang diolah adalah sumber daya manusia yang menjadi sumber daya terpenting dalam organisasi. Aktivitas-aktivitas utama dari fungsi manajemen sumber daya manusia, menerapkan pelatihan, penentuan beban kerja berdasarkan deskripsi kerja, melakukan pendelegasian wewenang serta penetapan struktur organisasi, pemberian kompensasi dan melakukan evaluasi terhadap pekerjaan yang telah dilakukan oleh para karyawan.Keikatan karyawan terhadap organisasi ini yang mendapat perhatian dari manajer maupun ahli perilaku organisasi, berkembang dari studi awal mengenai loyalitas karyawan yang diharapkan ada pada setiap karyawan.Keikatan pada organisasi yang merupakan suatu kondisi yang dirasakan oleh karyawan yang dapat menimbulkan perilaku positif yang kuat terhadap organisasi kerja yang dimilikinya.Kata Kunci: Keikatan Pada Organisasi, Prestasi kerja.
“PEMBERDAYAAN PRODUK LOKAL MELALUI PENDEKATAN OVOP (ONE VILLAGE, ONE PRODUCT) DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SEKTOR USAHA KECIL MENENGAH ( STUDY KASUS PADA USAHA KECIL MENENGAH BATIK TULIS DESA KLAMPAR KEC.PROPPO PAMEKASAN)” Sakdiyah, Halimatus
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 2 (2015): Jurnal Performance "Bisnis dan Akuntansi"
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.522 KB)

Abstract

Pendekatan OVOP ini adalah suatu gerakan masyarakat yang secara integratif berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi dan kekayaan daerah, meningkatkan pendapatan para pelaku usaha dan masyarakat sekaligus meningkatkan rasa percaya diri dan kebanggaan terhadap kemampuan yang dimiliki masyarakat dan daerahnya. Penelitian ini bertujuan  memberikan kontribusi tentang pemberdayaan produk  lokal batik tulis desa Klampar Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan dengan pendekatan OVOP . Disamping itu nantinya penelitian ini berguna sebagai acuan pengembangan usaha antar daerah dalam program-program pemerataan pendapatan masyarakat.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif  dengan mengekplorasi data baik data primer maupun data sekunder. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara langsung dengan pelaku usaha batik tulis desa Klampar Kecamatan Proppo Pamekasan mengenai produk dari sumber dasar materiil sampai dengan pemasaran merujuk pada buku petunjuk teknis penilaian, klasifikasi dan pembinaan produk OVOPDirektorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian 2012.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pendekatan OVOP belum mencapai seratus persen berhasil dilakukan karena dari kriteria penilaian belum terpenuhi, produksi batik tulis Desa Klampar Kecamatan Proppo  Pamekasan menunjukkan desain-desain batik tulis Madura, sebagian masih menggunakan pola lama seperti carsena, sisik malaya dan sebagainya dan tetap patuh kepada aturan atau pakem walaupun sebagian besar mulai mengembangkan motif gambar dengan kreasi-kreasi baru, sejalan dengan permintaan pasar yang dinamis, upaya pengembangan produk OVOP belum dilakukan secara maksimal seperti pelatihan, pendampingan oleh tenaga ahli, promosi dan pameran, fasilitas HKI dan sebagainya dan Lemahnya kinerja pemasaran diakibatkan karena belum maksimalnya para pengrajin batik dalam menciptakan nilai pelanggan.Kata Kunci : Batik Tulis, One Village One Product (OVOP)
ANALISIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MELALUI PROGRAM TRANSMIGRASI UMUM Arfiyanto, Dedy
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 2 No 1 (2012): Jurnal Performance "Bisnis dan Akuntansi"
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.012 KB)

Abstract

Pembangunan  masyarakat  dan  pemberdayaan  rakyat  tidak  mungkin  dapat  dipisahkan  dari  arena  dan  kontek  dimana  ia  beroperasi.  Pemberdayaan  masyarakat  merupakan  bagian  dari  strategi  dan  program  pembangunan  kesejahteraan  sosial. Salah  satu  solusi  untuk  yang  ditawarkan  pemerintah  dalam  menanggulangi  kemiskinan  dengan  programnya  yaitu  melalui   program transmigrasi, dengan  tujuan  untuk  memberdayakan  masyarakat  membuka  lahan  baru  untuk  meningkatkan  taraf  hidupnya  dan  menetap  di wilayah  pengembangan  transmigrasi, dengan  mewujudkan  pusat  pertumbuhan  wilayah  baru  sesuai  dengan  rencana  tata  ruang  wilayah.Dalam penelitian  menggunakan  penelitian  yang  bersifat  kualitatif.  Dalam  hal  ini,  yang  menjadi fokus  penelitian a. Peran Dinas  Tenaga  Kerja  dan Transmigrasi, b. Pemberdayaan  masyarakat  miskin  di  daerah  transmigran.   dengan  populasi  46 informan dan  sampel  46  informn.  Sesuai  dengan  masalah  tersebut,  data  yang  digunakan  berupa  indept  interview, observasi, dokumen selanjutnya  dianalisa  dengan  menggunakan  diskriptif kualitatif.Hasil  analisa  menunjukkan  peran  Dinas Tenaga  Kerja  dan  Transmigrasi  sangat  berperan  aktif dan  dapat  memberdayakan  masyarakat  miskin  di  daerah  transmigran. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Kesejahteraan, Transmigrasi.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO RETAIL BAHAN-BAHAN BANGUNAN DI KECAMATAN DUNGKEK Ghufrony, Ahmad
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 6 No 1 (2016): Jurnal Performance "Bisnis dan Akuntansi"
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.182 KB)

Abstract

The purpose of this research is to examine and analyze the influence of service quality toward customer?s satisfaction, the influence of price level toward customer?s satisfaction; the influence of customer?s satisfaction toward customer?s loyality; and the influence of price level toward the customer?s loyality of store of building materials at Dungkek subdistrict. The approach of this research is explanatory research. Researcher used 100 respondents as the sample of this research, which applied purposive sampling as the technique of sample collection. Researcher also used Partial Least Square (PLS) to analyze the data.Based on the result of this research, there are some conclusions: (1) service quality significantly influences customer?s satisfaction; (2) price level significantly influences customer?s satisfaction; (3) customer?s satisfaction has significant influence toward customer?s loyality; (4) service quality significantly influences customer?s loyality; and (5) price level significantly influences customer?s loyality.One practical implication of this research is that in order to improve the business competitiveness, especially in store of building materials, continuous improvement of service quality is needed,which can be done by adapting the given service quality with expected result from customer. The better service quality which is given, the higher chance that customer will do the next transaction or that customer will be a potential customer who may give positive recommendation to other people. Price level factor also positively influences customer?s satisfaction and loyality because it is a necessity for retailers of bulding materials store to pay attention to price level issue in order to improve the customer?s satisfaction and loyality. Policies in determining price level will give a certain satisfaction level to customers. The determined price should be equal with what is given by retailers and must be competitive. Therefore, customer?s satisfaction and loyality will increase.Keywords: Service quality, price level, customer?s satisfaction, customer?s loyality.
PENGARUH INCOME SMOOTHING TERHADAP EARNING RESPONSE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BEI Alwiyah, Alwiyah; Sholihin, Charis
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 2 (2015): Jurnal Performance "Bisnis dan Akuntansi"
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.875 KB)

Abstract

The value in the financial statements as net profit the company is regarded as a signal that indicates the value of the company. It makes the investor attention centered on profits of a company. Investors often focus only on the profit information, regardless of the procedures used to generate the earnings information. As such, the company does not cover possible will do the alignment.This research was conducted to find out the influence of Income Smoothing toward Earning Response on manufacturing companies listed on the Indonesia stock exchange. To know the management actions influence profit Income Smoothing through financial reporting information to a market reaction if a financial report containing the information. The samples on this research there are manufacturing companies listed on the Indonesia stock exchange during the period 2010-2014. Data collected through purposive sampling method in manufacturing company that detected doing Income Smoothing. Analysis of linear regression used is simple. Through simple regression analysis note that the variable income Smoothing is not significantly to influential variables Earning Response. This is demonstrated by the results of the regression i.e. the value significance of 0.137 greater than (?) 0.10. Rated R and square are very low i.e. 0.141.Keywords: perataan laba (Income Smoothing), reaksi pasar (Earning Responce)
EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA PERBANKAN SYARI’AH PT. BPRS BHAKTI SUMEKAR Syahril, Syahril
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 6 No 1 (2016): Jurnal Performance "Bisnis dan Akuntansi"
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.04 KB)

Abstract

Konsep pembiayaan mudharabah pada BPRS Bhakti Sumekar ialah suatu perjanjian yang dilakukan antara bank dengan nasabah, dimana bank menyediakan 100% dana pembiayaan bagi usaha atau kegiatan tertentu nasabah, penerima dana sebagai pengelola, bank sebagai penyedia dana bank berhak mendapatkan keuntungan dari sistem bagi hasil atas usaha yang dilakukan nasabah yang besarnya ditetapkan di awal perjanjian atas kesepakatan atas dua belah pihak.Analisis pembiayaan merupakan proses mengetahui dan menentukan kemauan dan kesanggupan seorang nasabah untuk membayar hutangnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, disamping itu analisis ini dapat diketahui tingkat resiko dari pembiayaan yang diberikan. Karena analisa kredit diberikan untuk meyakinkan si nasabah benar-benar dapat dipercaya maka sebelum kredit diberikan bank telah terlebih dahulu mengadakan analisis kredit mencakup latar belakang masalah atau perusahaan prospek usahanya, jaminan yang diberikan serta fakto-faktor lainnya.Adapun analisa yang diberikan oleh bank dalam pemberian pembiayaan mudharabah ini bank sebagai penyedia dana. Bank wajib mengetahui permohonan tersebut layak atau tidak layak untuk diberikan pembiayaan. Maka bank melakukan analisa yuridis berdasarkan standart 5C yang digunakan oleh bank BPRS Bhakti Sumekar Sumenep yaitu : Charakter, Capacity, Capital, Colleteral dan Condition yang digunakan sebagai pedoman untuk melakukan tindakan dalam pengambilan keputusan pemberian kredit setelah bank melakukan analisa yang menghasilkan bank.Kata kunci: Analisis, Keputusan, Pembiayaan, Modal Kerja, Mudharabah, 5C.