cover
Contact Name
Syahril
Contact Email
syahril@iainbengkulu.ac.id
Phone
+6281271987140
Journal Mail Official
maktabah@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
Rektorat Lantai 2 Jalan Raden Fatah Pagar Dewa IAIN Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Al Maktabah Jurnal kajian Ilmu dan Perpustakaan
ISSN : 25029355     EISSN : 26572346     DOI : http://dx.doi.org/10.29300/mkt
Core Subject : Science,
Jurnal kajian ilmu dan perpustakaan yang diterbitkan oleh Pusat perpustakaan IAIN Bengkulu untuk mewadahi para pustakawan dan peneliti dalam mengembangkan ilmu perpustakaan dan informasi.
Articles 34 Documents
Pengaruh Sosialisasi Cara Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Peningkatan Keterampilan Pemustaka Dalam Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Universitas Bengkulu Elnadi, Isran
AL Maktabah Vol 2, No 2 (2017): Desember
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v2i2.2324

Abstract

This studyis about the influence of socialization on how to use the library to improve users?skills in the usage of the collection at UNIB library. The aim of this study is to analyze users? skillsto find information in the library, and to know barriers faced by users to use the library?s facilities provided by UNIB library. The respondent of this research was 7 faculties, every faculties was took 10 students as the samples. There are two data used in this study; primary and secondary data. The primary data come from questionnaire survey, and the secondary data is supporting data from the interview and observation. The reaction of respondent about locker facility is 57%, the respondent not understand the usage of OPAC is 21%, the respondent that understand the usage of OPAC is 57%, confuse the usage of internet is 47%, understand the usage of internet is 23%, the respondent know how to search the collection in the shelf, including title, subject and author 34%, respondent know there is an photo copy is 27% and not 46%. The respondent that know the role of borrow and return the books 14%, do not know 51%, the respondent that know how to use library 64% because have good situation, for the right and the users? obligation in the library, the respondent gives 69%. Understand the reference of service is 60% and not 17%, very understand the reference of service 23%, and the respondent still confused of socialization of environment in the library is 57%, its mean the librarians should guiding the user so that the user of library know every room of the library.?
PENGEMBANGAN SISTEM LAYANAN PERPUSTAKAAN PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU Susanti R., Meri
AL Maktabah Vol 4, No 1 (2019): Juni
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v4i1.2041

Abstract

KehadiranTeknologiInformasi danKomunikasi mendorong adanya perubahan manajemenorganisasisecarakeseluruhan dan mengubah pendekatan organisasi dalamberhubungan dengan masyarakat.Halinitampak dalamberbagairagamlayananperpustakaanyang dilakukan olehorganisasi pemerintahdanlembaga-lembaganonpemerintah.akses perpustakaan melalui internetkarenasemakin meningkatnyaformat pustaka? dalam bentuk? elektronik? (digital) sehingga menimbulkan? perubahan padasistemlayanan perpustakaandalamsegalasegi.Kenyataan ini didukung olehkecanggihanteknologiinformasiyangsemakinluas penggunaannyadan cenderung semakinmurah.Duluberlanggananjurnalcetaksangat mahalmaka sekarang database onlinecenderung lebihmurah.Dengan berlangganan database onlinemaka fasilitasdanoperasionalsistemlayanannyapunberubah. Pustakawanharusberkembangsesuaidengan? perubahan.? Kirk Hasting(1996) menyebutkanbeberapapersyaratanuntukmenjadi pustakawan digital.Merekaharus membacasecaraterusmenerustetapiselektifdan melakukan eksperimentanpa akhir.Merekaharus mencintai belajar,mampu belajarsendiri,danberani mengambilresiko.Merekaharus memilikikeuletan terhadapteknologi baik potensinyamaupunkesukarannya.Aplikasi SLIMs ( Senayan Library Information Managemnet System)ini sangat membatu para pustakawan dalam melaksanakan tugas di perpustakaan , baik untuk pelayanan peminjaman dan pengembalian buku, untuk membuat laporan kegiatan UPT Perpustakaan seperti statistik kunjungan, laporan peminjaman, statistik anggota perpustakaan, rekap keterlambatan pengembalian
PERPUSTAKAAN DAN MASYARAKAT INFORMASI Masriastri, I Gusti Ayu Ketut Yuni
AL Maktabah Vol 3, No 2 (2018): DESEMBER
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v3i2.1373

Abstract

Perpustakaan sebagai salah satu lembaga/institusi yang merupakan salah satu wahana information resourch:knowledge resourch yang keberadaannya diharapkan mampu ?membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bang- sa. Semua ?kegiatan ?yang dilakukan? selalu mengandung unsur/nilai pembelajaran, pengembangan ilmu pengeta- huan dan teknologi, budaya ?maupun penunjang pendidikan. Sebagai based of learning keberadaannya senantiasa diharapkan untuk dapat memenuhi ?harapan masyarakat ?dalam memperoleh informasi atau data yang dibutuhkan. Perpustakaan sebagai pusat Sumber Informasi menjadi tulang punggung ?gerak majunya ?suatu institusi terutama ?di bidang pendidikan, dimana ?tuntutan ?untuk adaptasi ?terhadap perkembangan informasi sangat tinggi. Hal ini dikar- enakan ?pengguna dominan ?di kalangan ?akademisi ?yang mempunyai kebutuhan informasi sangat? tinggi sehingga perpustakaan harus berupaya mengembangkan diri untuk memenuhi ?kebutuhan pengguna. Perpustakaan sebagai lembaga yang berorientasi melayani masyarakat ?penggunannya harus tanggap dengan perubahan zaman jika tidak ingin ditinggalkan. Masyarakat informasi merupakan keadaan masyarakat ?ketika produksi, distribusi, dan manipu- lasi suatu informasi menjadi ?kegiatan utama. ?Jadi,? dapat ?dikatakan ?bahwa ?pengolahan informasi adalah ?inti dari kegiatan. Pada intinya masyarakat ?informasi ?adalah ?suatu kondisi masyarakat ?yang menjadi focus utama ketika se- gala sesuatunya berhubungan dengan ?informasi. Melihat fenomena seperti tersebut maka pengelola perpustakaan harus? tanggap ?dan ?mengembangkan perpustakaan ke arah ?perpustakaan digital agar bisa memenuhi ?kebutuhan masyarakat ?akan informasi dan tidak ditinggalkan ?oleh masyarakat.
TANGGAPAN PEMUSTAKA TERHADAP PEMASARAN JASA INFORMASI DI PERPUSTAKAAN (Studi kasus di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu) Rahmawati, Nanik
AL Maktabah Vol 3, No 1 (2018): JUNI
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v3i1.1223

Abstract

Permasalahan dalam penelitian? ?ini adalah tanggapan Pemustaka Terhadap Pemasaran Jasa Informasi di Perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu?. ?Tujuan ?penelitian ?ini adalah ?untuk mengetahui tanggapan pemustaka terhadap ?materi produk ?pemasaran informasi? ?perpustakaan, materi ?jasa? ?pemasaran informasi ?perpustakaan serta ?kredibilitas? pustakawan- nya.? ?Metode yang digunakan dalam ?penelitian ?ini adalah observasi, ?wawancara, studi kepustakaan, serta penyebaran angket kepada 50 responden. ?Hasil penelitian ?menunjukkan tanggapan pemustaka terhadap ?pemasaran jasa informasi? merupakan tolak ukur ?keberhasilan kegiatan ?perpustakaan. ?Kegiatan ?pemasaran ?jasa? informasi ?perpustakaan harus ?mencakup aspek kemudahan jasa, biaya jasa, kemampuan pustakawan, perilaku pustakawan, antusiasme pustakawan serta ?kemampuan pus- takawan ?dalam? ?menggunakan dan? memanfaatkan jasa informasi perpustakaan berpengaruh terhadap tanggapan pemustaka dalam ?memanfaatkan jasa informasi perpustakaan selanjutnya
Strategi Pengelolaan Sistem Close Access pada Layanan Perpustakaan Arlan, Arlan
AL Maktabah Vol 1, No 1 (2017): Juni
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v1i1.2320

Abstract

In many cases we still can find a close access system in library service in the open access information era. This system is very fragile to meet the library user?s need of information like fast, correctly, and easy to be accessed. How the close access system of library can fulfill the need of library user? By using the methode of literature study, the close access system of library has been analized based of the component of information system which are collections, the arrangement of the collections, information retrieval tools, and library user.
ARAH KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN IAIN CURUP MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0 Rodin, Rhoni; Mulliati, Mulliati
AL Maktabah Vol 4, No 1 (2019): Juni
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v4i1.2037

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis arah kebijakan pengembangan Perpustakaan IAIN Curup menghadapi era industri 4.0.Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan survey, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif analitik. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa arah dan kebijakan yang dilakukan dan dipersiapkan oleh pihak Perpustakaan IAIN Curup dalam menghadapi era 4.0 yaitu pertama, arah kebijakan layanan koleksi, melalui memperbanyak koleksi digital dan mengembangkan layanan perpustakaan untuk akses koleksi digital, mengembangkan akses ke sumbersumber pembelajaran terbuka atau open educational resources, meningkatkan kerjasama dengan perpustakaan lain untuk memperluas akses informasi; kedua, arah kebijakan sarana dan prasarana, melalui menambah sarana perpustakaan untuk akses yang lebih luas ke sumber informasi elektronik, meliputi penambahan server, penambahan PC, dan akses point, serta menambah kapasitas atau bandwidth internet; ketiga, arah kebijakan sumber daya manusia, melalui mendorong pustakawan untuk mengikuti Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan atau PKB. Baik yang diadakan lokal, regional, nasional bahkan internasional, melakukan riset atau kajian ilmiah kepustakawanan, dan study banding antar perpustakaan; keempat, arah kebijakan manajemen yang baik, melalui pengembangan sistem manajemen perpustakaan berbasis standard dan akreditasi pada acuan SNP Perguruan Tinggi No.13 Tahun 2017 juga standar lain seperti IFLA, menyusun standar operasional prosedur, dan membuat renstra pengembangan perpustakaan.
MANAJEMEN LAYANAN PUSAT PERPUSTAKAAN IAIN BENGKULU Hartanto, Toni; Syahril, -
AL Maktabah Vol 3, No 2 (2018): DESEMBER
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v3i2.1369

Abstract

Perpustakaan IAIN Bengkulu dalam ?upaya ?meningkatkan ?pelayanan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat ?akademis ?yang ?semakin ?beragam ?dan ?meningkat ?seiring dengan ?perkembangan ilmu pengetahuan dan ?teknologi, ?perpustakaan mempunyai posisi yang? strategis dalam ?penyediaan bahan ?pustaka ?dan ?informasi yang? diarahkan pada ?upaya ?pemberian layanan ?prima ?yaitu dengan ?meningkatkan ?aspek-aspek ?perpustakaan, khususnya aspek layanan, ?sarana ?dan prasarana, kualitas petugas layanan ?dan kemasan ?informasi serta kerjasama antar perpustakaan. Manajemen ?layanan ?perpustakaan IAIN Bengkulu sudah baik dengan ?melaksanakan rumusan visi, misi, dan tujuan perpustakaan, terlaksananya program kerja perpustakaan, pengelolaan dan penataan bahan perpustakaan dengan ?baik, kondisi sarana ?dan ?prasarana perpustakaan yang baik, layanan, ?ketatausahaan, dan pengawasan yang dilaksanakan setiap bulan.
Konsep Pengelolaan Arsip Elektronik Pratiwi, Titis
AL Maktabah Vol 2, No 2 (2017): Desember
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v2i2.2325

Abstract

The purpose of writing this article is to explain the concept of electronic records management. Electronic archives have an important role in the administration system. Electronic archives are archives that are created, communicated, stored, and accessible via electronic devices. The development of information technology requires that archives be processed electronically. In managing electronic archives, it requires special knowledge and skills in archival governance coupled with computer knowledge or information technology. Therefore, there needs to be a good collaboration between archivists as archival professionals with programmers as computer professionals to create a good electronic archival management system. Archives stored in electronic form may be images, sounds, video, text or otherwise that can be processed in computer programs and stored in electronic data storage media and can be accessed by electronic media.
JANJI PERPUSTAKAAN DIGITAL Fitriani, Susialia
AL Maktabah Vol 4, No 1 (2019): Juni
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v4i1.2042

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang selanjutnya disingkat ICT (Information and Communication Technology) realitanya saat ini berdampak pada berbagai sektor kehidupan, baik lembaga formal maupun non formal, tidak terkecuali pada sebuah institusi besar seperti perpustakaan, pemanfaatan ICT merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan kualitas layanan dan operasional pada perpustakaan. Performa perpustakaan kini telah beralih dari konsep konvensional menuju perpustakaan digital. Dalam memenuhi janjinya keberadaan perpustakaan digital diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kecepatan dalam proses layanan kepada pemustaka sehingga iklim belajar mengajar dan budaya membaca akan lebih tumbuh berkembang ke arah yang lebih baik lagi, sebagai harapan ketatnya kompetisi dalam segala bidang kehidupan tidak lagi disikapi secara canggung. Peran pustakawanpun sebagai salah satu sumber kekuatan perpustakaan harus ikut andil dalam memberikan sumbangsih bagi perkembangan perpustakaan digital, oleh karenanya sangat penting bagi seorang pustakawan untuk terus meningkatkan skill yang dimiliki dan tidak berjarak pada perkembangan ICT.
PERPUSTAKAAN DESA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI PEMANFAATAN BLOG Nurhasanah, Elis Heni
AL Maktabah Vol 3, No 2 (2018): DESEMBER
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v3i2.1374

Abstract

Perpustakaan desa yang melek informasi melalui wob blog. Weblog adalah salah satu bentuk perwujudan ?perpusta- kaan desa berbasis teknologi informasi, dan menjadi salah satu cara mudah ?bagi perpustakaan untuk berbagi infor- masi dan meningkatkan ?eksistensi perpustakaan tersebut di tengah-tengah masyarakat ?informasi yang tidak men- genal batas tempat ?dan waktu. Disisi lain, weblog ini juga dapat ?memberikan ?pelayanan informasi yang lebih baik bagi pengguna perpustakaan, terutama ?menyangkut ?berbagai ?fasilitas dan? sumber ?informasi yang dapat ?diakses pengguna perpustakaan. Kesempatan ?bagi pengelola? perpustakaan desa untuk menuangkan kreatifitas sebanyak- banyaknya bagi kemajuan ?perpustakaan desa dan menjadi jembatan ?bagi warga sebelum benar-benar berkunjung ke perpustakaan desa untuk mengetahui, tertarik, dan akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan perpustakaan

Page 1 of 4 | Total Record : 34